11 Situs Berkonten Viral Ini Bisa Banget untuk Referensi Menulis

by - Juni 08, 2016

Ide, itu yang paling dicari saat menulis artikel. 11 situs berkonten viral ini bisa membantu.


Saatnya roundup lagiii ...!

Bagi seorang content writer, hal pertama yang terpenting adalah selalu memancarnya ide-ide tulisan secara lancar. Makanya, kita sangat sangat sangat membutuhkan banyak source untuk bisa memancing ide tersebut menyembul dari sel-sel kelabu otak kita (ketahuan deh, fans-nya Hercule Poirot).

Selain untuk source ide, kita juga kan harus membaca kan? Sebagaimana tubuh, otak juga butuh gizi yang didapat dari membaca. Membaca juga nggak harus buku kalau sekarang kan? Bisa dari mana saja. Tinggal gimana kita memilih dan memilah informasi seperti apa yang baik untuk kita dan kita butuhkan. Persis sama kayak makanan kan? Kita bisa memilih, mana yang bergizi dengan nutrisi yang baik, mana yang makanan sampah.
Begitu juga dengan bacaan.

Saya sendiri selalu berusaha memenuhi nutrisi otak, supaya nanti keluarnya juga bagus. So, bacaan yang nggak penting, nggak perlu, nggak bermanfaat, nggak baik untuk otak, ya skip. Akhirnya terkumpullah feed-feed situs-situs yang saya anggap bergizi di Feedly.

Hmmm ... mungkin ada deh lebih dari 50-an feed dari situs-situs terupdate di sana, termasik situs-situs parenting, situs-situs lifestyle, news, dan techno/blogging.

Nah, sekarang saya mau share tentang situs-situs kesayangan saya yang update banget dengan topik yang cukup umum dan biasanya trending. Artikel-artikel di dalamnya bagus-bagus, dan hampir bisa dipastikan selalu viral. Selain itu ya, kalau saya sih, pengetahuannya itu lho. Jadi tahu banyak hal.

Situs-situs inilah yang menjadi "junjungan" saya untuk bisa menggodok ide setiap minggunya untuk menulis. Barangkali kamu juga butuh untuk sekadar brainstorming ide menulis kamu :)


1. Trending Post


http://trendingpost.net/
Trending Post berisi artikel-artikel yang topiknya cukup luas cakupannya, mulai dari News, Lifestyle, Celebrity, hingga Food. Banyak tips dan trik keren bisa ditemukan di sana, dan semuanya cukup inovatif. Sepertinya mereka juga menerima kiriman artikel dari pembaca.


2. Lifehacker


http://lifehacker.com/
Kalau Lifehacker ini, menurut saya, lebih techno dan lebih geeky ketimbang Trending Post. Kata-kata dalam artikelnya juga kadang bikin dahi agak mengernyit karena beberapa ada kata slang dan kata gaul yang dipakai.
Tapi pada dasarnya, topik-topiknya sih lucu dan sangat inovatif. Jarang saya temukan topik sejenis di situs lainnya.

3. About


www.about.com

Situs viral keren selanjutnya adalah About.com. Namanya 'about' ya di situ ada banyak artikel tentang segala sesuatu. Cakupan topiknya lebih luas lagi. Saya selalu mengunjungi web ini kalau membutuhkan sesuatu yang bagus. Misalnya kayak di kategori Style, tips-tipsnya cenderung umum nggak terlalu fashion banget kayak situs-situs khusus fashion semacam fashionista.com misalnya. Somehow, masih masuk akal untuk kita-kita yang awam ini.
Selain itu, para penulisnya punya keahlian di masing-masing kanal yang mereka asuh. So, ya, gimana kita pembacanya nggak trustful dengan kontennya. Iya nggak sih?

4. Instructables


http://www.instructables.com/

Nah, kalau soal per-DIY-an, ini nih situs rekomendasi saya.
Saat memulai Rocking Mama dulu, saya pernah memasukkan kategori DIY dalam salah satu kategori yang pengin saya kembangkan. Tapi ternyata berat ya, karena saya nggak mau menampilkan artikel DIY yang nggak saya coba sendiri. Kan aneh ya, bikin artikel DIY kok nggak do it yourself :))

Ah, pengiiin banget mraktikin yang lucu-lucu di situs ini.

5. WikiHow


http://www.wikihow.com/Main-Page

Nah, ini DIY situs yang lain lagi nih. Dan di sini, bener-bener deh, segala macam howto ada. Dari tutorial komputer sampai berkebun. Dari gimana cara berdoa sampai benerin mobil ada. Dari yang umum sampai yang absurd. Kadang ngekek sendiri. Semacam, ya ampun kayak ginian aja ditulis di WikiHow.
Tapi ya, banyak yang share dan suka ternyata. Hihihi. We never know what people like, huh?

6. Cracked


http://www.cracked.com/

Kalau nyari berita atau artikel seputar dunia hiburan, saya mengandalkan Cracked. Sebenarnya sih kategori lainnya juga banyak. Tapi yang bahas movie ini menarik, karena biasanya disajikan dari cara pandang yang berbeda.
Sayangnya, saya belum nemu yang cocok untuk Rocking Mama ya. Hihihi.

7. Listverse


http://listverse.com/

Nah, ini dunianya listicle. Saya mempelajari bikin listicle, struktur tulisannya dari beberapa artikel yang ada di sini. Kalau bahasannya sih emang rada absurd sih hahaha.
Ternyata orang-orang sonoh suka yang absurd-absurd dan nggak masuk akal juga yeuh.
Saya suka kategori Facts sama Books-nya. Banyak hal baru (meski lagi-lagi banyak juga yang absurd) hihihi. Tapi cukup menghibur lho, cara menulisnya.
Kayak yang 10 fobia yang barangkali pada belum tahu, baru tahu saya kalau ada Pentheraphobia, fear of mother in law. Hahaha. 


8. WatchMojo


http://watchmojo.com/

Yang ini kayak Listverse tapi dalam bentuk video. Yang Top 10 New Action Heroes itu ada Iko Uwais in Honorable Mentions lhooo ... Wuihhh. Tsakeeeep. :D Ada adegan The Raid dengan jelas di sana.

9. Buzzfeed


https://www.buzzfeed.com/
Nah, ini semua orang tahu ya, gudangnya artikel viral. Kalau liat di Buzzsumo.com, hampir seluruh kategori viral didominasi oleh artikel-artikel dari Buzzfeed. Sebenarnya sih alasan viralnya kebanyakan ya karena lucu, tapi kurang memberi insight. Jadi sekadar hiburan banget. Lagian mostly berupa meme atau gif ya, tapi memang lucu.
Doesn't need to be smart to understand pokoknya mah :)) Khas orang-orang penggemar hiburan. Kadang saya juga wandering around sekadar untuk ketawa ketiwi sih di sini. Mayan, penyegaran.

Cuma akhir-akhir ini, bintangnya emang lagi Donald Trump ya. Semua orang ngebully dia. Jadi agak membosankan. Hahaha.

10. Lifehack


http://www.lifehack.org/

Di sini saya menemukan sebaaaagian besar ide menulis saya. Banyak artikel bermanfaat di sini. Dari pernak pernik teknologi sampai keluarga. Feed dari Lifehack selalu menjadi feed pertama yang saya baca di Feedly. Kalau nggak ada yang menarik, baru saya ke feed-feed yang lain.

11. BoredPanda


http://www.boredpanda.com/


Ketimbang Buzzfeed, saya sebenarnya lebih suka artikel-artikel di BoredPanda. Lebih banyak value yang didapatkan oleh pembaca di sana. Banyak hal indah, yang lucu juga banyak, tapi nggak sekadar lucu-lucuan.


Nah, itu dia situs-situs dengan artikel viral yang bisa menjadi referensi. Bukan semata untuk nyontek artikelnya, tapi untuk dipelajari caranya membuat artikel bisa disukai oleh banyak orang, tapi nggak sekadar sensasi doang. Ada sesuatu yang ditawarkan di setiap artikel, yang khas dengan branding dan niche masing-masing situs.

Kalau sudah ketemu struktur dan formulanya, bisa banget lho kita terapkan untuk membuat setiap artikel kita di blog menjadi lebih menarik.

Kamu punya referensi situs lain yang penul dengan artikel-artikel yang viral? Share di kolom komen ya, saya juga mau lihat referensi yang lain.

Selamat menulis ya :)

You May Also Like

29 comments

  1. All hail Lifehack! Aku suka bangeeeeeet sama artikel-artikelnya Mbak. Bikin pikiran positive aja gitu. Gaya penulisannya juga oke banget. Harus banyak belajar dari sana :))

    BalasHapus
  2. Wowww..fear of mother in law.... *gedheg2 :D
    Ikutan baca2 feed di atas aaahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuuuk :)
      Terima kasih sudah baca, Mbak Uniek :)

      Hapus
  3. Kalau main ke blog ini selalu deh nemu info dan tips dunia blogging :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya.
      Terima kasih sudah baca :)

      Hapus
  4. Aku suka main-main di Buzzfeed, tapi nyoba quiznya hehe. Makasih atas rekomendasinya mbak (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, quiz-quiz di Buzzfeed lucu-lucu ya :)

      Hapus
  5. Sel-sel kelabu.... hehehehe. Aku tahu ituuuu.

    Another great round up post mbak. Share ya... kan sejalan sama sharing kemarin di Blogging Indonesia.

    Eh kok Rocking Mama gak masuk sih mbak. :d Trivia juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aeh. Ga bae selalu ngiklanin diri sendiri itu, Mas. :P

      Hapus
  6. 80% yang ada di sini disimpen di feedly. Hihihi. Makasih Mbak Carra :D

    BalasHapus
  7. Suka sama Bored Panda, pernah mampir di Wiki How, selainnya, belum pernah #pembaca konten berbahasa inggris gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Nggak apa, Mbak.
      Baca apa pun berguna kok :)

      Hapus
  8. Thank you, Mbak Berkat rekomendasi situs-situs ini, saya jadi ketemu ide-ide keren :)

    BalasHapus
  9. Terima kasih referensinya Mbak Carra. Lumayan, dapat asupan bergizi nih :)
    Kalau saya sih biasanya seneng sama tulisan di situs national geographic indonesia, mbak, banyak hal baru yang kadang tidak diketahui
    Anyway, Salam kenal ya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, national geographic kontennya udah deh, nggak usah ditanyain lagi ya :)
      Terima kasih ya, sudah baca :)

      Hapus
  10. Makasih referensinya mom Carra, langsung bookmarked juga nih.
    Banyak juga yang bisa digali jadi ide postingan, jadi nggak habis ide. Kalo aku males baca2 sih jadinya ya gitu2 aja yang ditulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, Mak, banyakin baca-baca. Biar 'isi' yang keluar juga makin variatif ^^

      Hapus
  11. Setiap ke sini, selalu banyak PR 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. Emang postingan ini kasih PR? Enggak ah, kayaknya.

      Hapus
  12. makasih mbak atas infonya,saya suka yang instructables.com

    BalasHapus
  13. Terima kasih banyak mbak, untuk rekomen situs yang berstatus viral buat belajar nulis konten xixixixix :D

    BalasHapus
  14. mkasih mba , sya single fighter wkkw mau bkin situs viral, juga perlu referensi krna gk ada modal bkin team :3

    BalasHapus
  15. aku paling sering kunjungi wikihow sama lifehacker disana banyak DIY yang aku suka dan penjelasannya lengkap pake bangt lagii.

    terima kasih atas blogpost ini neng

    BalasHapus
  16. Kudu main-main nih ke 11 situs ini. Biar ga stuck ngeblog

    BalasHapus