#PostsoftheMonth: November 2016

by - November 26, 2016



Hae!

Posts of the month datang lagi untuk bulan November 2016, setelah kemarin di Oktober saya libur post untuk kategori ini. Soalnya juga kan nggak setiap kali ada postingan seputar blogging, media sosial dan creative writing yang dipublish oleh teman-teman blogger ya.

Nah, kali ini saya sudah ada beberapa posts of the month untuk bulan November 2016. Ada beberapa artikel bulan Oktober ya, saya jadikan satu. Kesemuanya adalah artikel penting seputar blogging, media sosial dan creative writing yang keren-keren dari blogger Indonesia.

RoundUp Artikel Terbaik Seputar Blogging dan Menulis di Blogsphere Oktober - November 2016 

1. “Berusahalah Menulis Konten Berkualitas Untuk Blog Anda” (Wawancara Eksklusif Darren Rowse)



Ada yang belum tahu Darren Rowse?
Dia adalah seseorang di balik blog Problogger.net. Dia sudah diakui sebagai mahaguru bagi para digital marketers, terutama business bloggers di luar.
Pemilik blog blogguebo.com ini berhasil mewawancarai Darren Rowse secara eksklusif. Humble-nya para digital marketers luar ini memang sudah terkenal. Mereka biasanya memang dengan senang hati menjawab pertanyaan kita yang newbie. Mereka menjunjung tinggi harkat engagement di dunia maya.

Yuk, coba simak hasil wawancaranya dengan Darren khususnya tentang blog nonenglish. Sudah diterjemahin kok. Nggak usah takut nggak mudeng.

2. 10 Hal Krusial di Hari Bloger Nasional




Ini postingan saat Hari Blogger Nasional kemarin, dari Mas Belalang Cerewet.

Artikel ini mengulas hal-hal penting yang harus dipenuhi oleh seorang blogger. Satu kalimat yang menurut saya harus digarisbawahi dari artikel Mas Rudy adalah yang satu ini.

Tak perlu didikte oleh orang lain hanya karena terkesan keren atau kayaknya menghasilkan lebih banyak.

 Adalah penting memang bagi seorang blogger untuk menjadi dirinya sendiri, menjadi trendsetter bagi dirinya sendiri. Boleh saja, menganggap orang lain lebih keren, atau memandang rumput lain lebih ijo. Itu bisa menjadi motivasi. Tapi nggak berarti menjadi imitator, plagiator, copycat dan seterusnya.

Yuk, simak :)

3. “Pastikan Anda Menulis Konten Berkualitas dan SEO-Friendly” (Wawancara Eksklusif Neil Patel)



Yang satu ini masih dari blogguebo.com, yang kali ini berhasil mewawancara eksklusif Neil Patel. Siapa itu Neil Patel? Belum tahu Neil Patel? Ah, ayo silakan kenalan dengan mahaguru dari para mahaguru blogging ini. Silakan cek tulisan-tulisannya di NeilPatel.com, Quicksprout.com, Kissmetrics.com dan Crazyegg.com

Dalam artikel ini, Neil menjelaskan mengenai SEO, terutama bagi para blogger yang ingin serius menekuni monetizing.


4. 5 Cara Mendobrak Semangat Blogging Setelah Vakum



Kadang kita juga harus vakum dulu dari blogging. Saya sendiri merasa, godaan untuk nggak ngeblog dulu itu memang cukup mengganggu ya, apalagi kalau lagi sibuk di dunia nyata.
Saya pernah dulu berhenti ngeblog karena satu dan lain hal. Pas pengin balik lagi, susahnya juga minta ampun. Makanya sekarang saya selalu berusaha, meski sibuknya luar biasa, saya tetap nengokin blog. Tetep buka, liat-liat komen, atau nyari barangkali ada konten yang perlu diperbaiki.
Yang begitu nggak makan waktu lama dan nggak butuh effort buat mikir yang terlalu besar.
Pokoknya jangan sampai nggak nengokin blog.

Pada dasarnya, saya selalu melakukan hal-hal yang dilakukan oleh Mbak Anne Adzkia ini, kecuali nomor 4. Hahaha. FYI, saya sekarang semakin jarang mendapat job di blog. Tapi bukan karena saya nggak ngeblog, tapi saya lebih sangat selektif untuk terima job. Saya nggak mau sembarangan.

5. Cara Mudah Memasang Widget Instagram di Blogspot 




Yang ini ada artikel tutorial pasang widget Instagram di blog platform Blogspot.
Silakan ya, karena zaman sekarang integrasi media sosial ke blog itu perlu banget. Mbak Handriati cukup keren ngejelasinnya di sini.

6. Tingkatkan Pageview Blog dengan Update Postingan Lama




Yang ini adalah salah satu cara dalam usaha untuk menstabilkan traffic blog ya, yaitu me-repurposing content. Misalnya diupdate untuk kondisi sekarang, atau ditambahin dengan informasi terbaru.

Hanifa menguraikan beberapa cara repurposing content agar lebih update dan lebih berpeluang mendatangkan traffic dengan keren. Saya juga ada agenda untuk nulis ini, agak beda sedikit. Ntar ya, ngantre. Halah.


Nah, itu dia 6 #PostsoftheMonth untuk bulan November 2016, yang saya kumpulkan dari blog teman-teman blogger yang keren untuk disimak.

Saya sendiri bulan ini hanya sempat menulis 6 artikel saja (termasuk yang ini), dengan 2 artikel bukan soal tutorial menulis maupun blogging. Iya, saya mengubah jadwal ngeblog saya, menjadi sekali saja dalam seminggu. Semoga nanti saya bisa membagi waktu lebih baik lagi, sehingga lebih produktif lagi.

And my articles for this month are ...

  1. [SlideShare] Self Editing untuk Para Penulis Konten dan Blogger  
  2. Susah Mencari Ide Tulisan? Cobain 5 Blog Topic Generator Berikut Ini Deh! 
  3. Quora - Sahabat Content Writer untuk Menemukan Ide Tulisan yang Brilian dan Unik

Anyway, ada yang berbeda untuk artikel #PostsoftheMonth kali ini.
Saya pengin kamu memilih #PostsoftheMonth untuk artikel-artikel saya di blog ini. Untuk daftar lengkapnya kamu bisa lihat di Daftar Isi.


Tuliskan artikel mana yang menurut kamu paling bermanfaat atau paling kamu suka di kolom komen, dan alasannya ya. Kalau kamu berkenan juga, saya pengin dengar masukan atau saran kamu untuk perbaikan blog ini selanjutnya. Atau kamu juga boleh usul topik apa untuk bisa saya tulis di ini.

Bebas deh, yang penting tuliskan post mana dari semua artikel di blog ini yang paling oke menurut kamu (atau mau yang tiga bulan ini di atas juga boleh), lalu tuliskan apa pendapatmu.

Jika kamu berkenan, share postingan ini dan ajak teman-teman lain buat ikutan komen ya, biar saya dapat banyak masukan ;)

Ada 1 buku untuk komentator yang akan dipilih dengan undian (karena nggak ada jawaban bagus/jelek, benar/salah).
Ini dia bukunya.

It's My Startup - Lahandi Baskoro

Buku ini buku keren! Kamu bisa baca ulasannya di sini ya.

Untuk #PostoftheMonth berikutnya, saya juga akan memintamu untuk memilih artikel yang paling suka di blog ini, tapi dari bulan yang sama aja, dan apa pendapatmu. Dan setiap kali, juga akan ada 1 buku buat yang beruntung via undian.

Nah, saya tunggu komentar kamu di kolom komen di bawah ini, sampai ada postingan selanjutnya weekend depan :)

Terima kasih!


=== UPDATE ===

Selamat untuk Mbak Damar Aisyah, yang beruntung memenangkan buku It's My Startup!

Selamat!
 Sampai ketemu lagi di #PostsoftheMonth berikutnya ya!

You May Also Like

16 comments

  1. Aih Mbak Carra, susah deh kalo tugasnya nyari mana yang paling bermanfaat. Hiks. Semuanya bermanfaat, BANGET. Tapi kalo disuruh milih banget sih saya akan pilih yang ini: http://www.carolinaratri.com/2016/06/tips-self-editing-blogger.html

    Kenapa pilih artikel itu? Karena oh karena sungguh berguna buat saya yang sering typo dan gak telitian.


    Kalo dari artikel di atas, paling nampol emang tulisannya Mas Belalang Cerewet dan kutipan "Tak perlu didikte oleh orang lain hanya karena terkesan keren atau kayaknya menghasilkan lebih banyak".

    BalasHapus
  2. Waaah makasih mbak, saya jadi terharu blog saya masuk sini. Mmmuuaaaah...

    BalasHapus
  3. Makasih Mbaaaaak udah dimasukin ke Post of The Month lagi :D

    By the way, aku selama ini selalu ngikutin artikel-artikelmu. Menurutku, yang bener-bener membantu dan udah aku coba terapkan adalah tentang nulis di situs lain (http://www.carolinaratri.com/2016/05/menulis-di-situs-ugc.html) lalu self editing untuk penulis konten dan blogger (http://www.carolinaratri.com/2016/11/self-editing-untuk-para-penulis-konten.html) dan tips nulis konten kontroversial tanpa harus ofensif (http://www.carolinaratri.com/2016/08/tips-menulis-artikel-kontroversial.html) \o/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Fa. Keep writing ya.
      Makasih untuk jawabannya :-*

      Hapus
  4. Gak bisa milih post yg Round Up ini ya mbak? Setiap bulannya selalu nungguinnya ini - bukan karena pernah masuk tapi karena isinya emang keren2. Mbak Carra kurasinya smp masukin round up keren. Kayak misalnya tulisan Mbak Hanifa or mas Belalang. Gak akan saya tahu kalau gak dari sini. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dong, milih post round up. Kan termasuk artikel juga. Jadinya aku yakin, kalau ini bermanfaat :)
      Makasih ya, Mas :D

      Hapus
  5. Hallo mbak, maaf tadi buka di HP, belum komen di sini. Saya suka http://www.carolinaratri.com/2016/11/tips-mencari-ide-tulisan-dengan-generator.html. Sangat membantu kalau lagi mentok ide. Nah, kalau boleh milih satu lagi sih, saya suka juga yang http://www.carolinaratri.com/2016/11/self-editing-untuk-para-penulis-konten.html. Keduanya paling sering saya buka. Thanks ya Mbak.

    BalasHapus
  6. Kalo saya pilih 10 hal krusial hari blog nasional soalnya agak susah menjadi trendsetter dalam nulis blog memang harus punya gaya tersendiri kalo boleh pilih satu lagi saya pilih mencari ide

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milih artikelnya, yang ada di blog ini, Mbak.
      Bukan yang punya teman blogger lain.

      Hapus
  7. aku suka banget penjelasan mba soal eksternal link sama ngeblog itu mudah sim salabim. bacanya ngga cukup sekali, smapai aku quote pulak di instagram hahaha

    BalasHapus
  8. Kalo aku paling suka yang Quora - Sahabat Content Writer untuk Menemukan Ide Tulisan yang Brilian dan Unik mbak, karena selama ini di Quora cuma baca-baca aja, kok nggak kepikiran ya? Padahal aku juga seringnya nyari ide tulisan juga dari pertanyaan-pertanyaan orang. :D

    BalasHapus
  9. saya suka yang Quora .. ini sangat membantu sekali mba, karena saya hanyalah blogger newbie yang baru seumur toge. hehe

    Makasih mba

    BalasHapus
  10. Aku masang sosmed tp gambar kecil ajaaa

    BalasHapus