5 Online Tools Gratis untuk Membuat Blog Title Image yang Bisa Mendukung Konten



Disclaimer: artikel ini pernah muncul di web Kumpulan Emak Blogger. Ditayangkan ulang dengan berbagai update di sana sini :) Enjoy!

Apa sih yang pertama kali kelihatan kalau kita mengunjungi sebuah blog?

Header blog, yes. Lalu mulai turun, ke arah judul.
Nah, trend-nya sekarang pada bikin semacam featured image yang bagus, dengan judul artikel atau postingan yang sekalian didesain menjadi satu blog title image.

Apa sih blog title image?

Itu lho, image atau foto atau gambar yang biasanya dipasang pertama kali pada satu artikel. Kalau di blog ini ya ituuu ... yang di atas.

Beberapa contoh lain dari blog title image bisa dilihat sebagai berikut.


Contoh blog title image bentuk landscape

Blog title image bentuk portrait, biasanya ini untuk yang pengin pinterest-able


Kalau boleh dibilang sih blog title image adalah semacam intro sebelum mulai membaca artikelnya. Sebenarnya penting banget juga nggak terlalu, tapi kalau ada kok ya bisa bikin kontennya lebih meriah. Apalagi kalau artikelnya mau dishare ke media sosial, biasanya yang muncul adalah blog title image-nya kan. Kalau nggak bagus, bakalan lewat dah. Secara sekarang orang cenderungnya lebih suka yang visually appealing.

Blog title image juga bisa menguatkan gaya dan personality blog yang bersangkutan. Semacam untuk branding. Kalau memang cukup khas, maka style design blog title image bisa jadi senjata branding yang cukup ampuh lho.

Blog title images untuk blog ini juga saya bikin standar. Gambarnya yang model begitu, font-nya Sketch Block dan Dancing Script. Memang sengajah saya bikin standar, supaya kalau dilihat jadi lebih kelihatan berkonsep secara keseluruhan.

Tapi gimana sih cara bikin blog title image? Masa iya, blogger dituntut juga untuk menjadi seorang desainer grafis?

Nggak harus kok. Membuat blog title image yang bagus itu nggak sulit. Yang kita butuhkan adalah alat yang tepat. Berikut adalah 5 tool gratis untuk membuat blog title image lebih eye-catching.

5 online tools gratis untuk membuat blog title image

 

1. BeFunky (https://www.befunky.com/)



Tingkat kerumitan: Mudah
Saya hampir selalu pakai BeFunky untuk semua keperluan desain cepat, karena cepet loadingnya dan paling gampang.

Keunggulannya, BeFunky punya fitur Project Manager, jadi kamu bisa mengunggah WIP atau Work in Progress untuk diselesaikan secara online langsung sekali upload.

BeFunky cuma punya 3 atau berapa gitu untuk library fotonya. Jadi kita mesti punya photostock sendiri. Koleksi font-nya cukup lumayan dan menarik. Apalagi dia juga bisa "membaca" koleksi font punya kita sendiri yang ada di laptop. Jadi bisa dikombinasikan antara font kita dan font dia sendiri. Untuk filter foto juga lumayan, selain juga oke banget untuk bikin collage.

Di bagian Designer, kita bisa menemukan beberapa template yang siap digunakan. Meski nggak terlalu banyak dan nggak terlalu variatif.

BeFunky bisa dipakai tanpa signup. Jadi langsung aja pakai. Tapi kalau signup, ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh. Salah satunya adalah bisa menyimpan hasil desain kita secara online, jadi bisa sekalian menjadi cloud storage gitu.

Juga ditawarkan untuk menjadi member berbayar, yang pastinya ada keuntungan yang lebih banyak lagi, terutama workspace bebas iklan.

2. Venngage (https://venngage.com/)


Tingkat kesulitan: Mudah
Venngage memiliki banyak pilihan template blog title image yang cukup customizable. Setelah kita memilih template, kita juga dengan sangat mudah menyesuaikan size, font,  warna, dan juga efek gambar.

Venngage memiliki library lebih dari 500.000 stok dan ikon berlisensi CC0, yang berarti cukup memudahkan kita ya. Tapi kalau pengin pakai foto atau gambar sendiri sih ada juga tool import-nya.

Untuk menggunakan Venngage, kita perlu signup. Daftarnya sih gratis, tapi kalau mau nge-download blog title image yang sudah kita bikin, kita harus upgrade ke akun yang premium. Tapi kalau mau langsung embed gambarnya sih bisa langsung dari Venngage, dan gratis. Jadi kita simpan gambar kita tetap di akun tersebut.


3. Picmonkey (http://www.picmonkey.com/)


Tingkat kesulitan: Mudah
PicMonkey nggak punya library foto atau image yang bisa kita pakai untuk membuat blog title image seperti Venngage. Jadi kalau kamu mau bikin, ya harus memakai foto atau image punya kamu sendiri lalu diimpor.

Picmonkey ini cukup user friendly. Kita bisa melakukan adjustment ukuran, kecerahan, warna dan sebagainya tanpa kesulitan. Juga tersedia berbagai pre-set filter yang bisa diaplikasikan ke image, juga koleksi font yang cukup lumayan. Ada juga koleksi ikon tetapi cuma bisa ditempatkan di atas gambar.

Kita nggak perlu signup untuk menggunakan PicMonkey, dan kita bisa langsung men-download file jadinya ke komputer atau laptop.


4. Canva (https://www.canva.com/)


Canva ini sepertinya yang paling familiar. Saya sering melihat banyak template Canva bertebaran di blog-blog belakangan ini :D

Ya memang, koleksi template Canva cukup banyak, yang berbayar bisa kita ganti image-nya dengan yang kita punya. Font-nya juga lucu-lucu. Nggak cuma untuk blog title image, Canva juga menyediakan berbagai template untuk keperluan yang lain, hingga infografis pun. Tinggal gimana kita main-mainnya aja. Awas ya, ketagihan dan lupa waktu! Hehehe.

Di Canva kita harus signup dulu ya, untuk bisa makai. Tapi kayaknya ya, cukup worthy lah yah.

Sayangnya buat saya pribadi, Canva ini loadingnya lama. Nungguinnya malesin. Hahahaha. Nggak tahu deh, kalau di tempat lain. Saya nggak sabaran juga kali. :)))


5. Pixlr (https://pixlr.com/)


Tingkat kesulitan: Menengah
Pixlr adalah aplikasi web yang memungkinkan kita untuk mengimpor image dan mengeditnya. Pixlr nggak punya library stok foto atau image, jadi kita harus mengolah image punya kita sendiri, namun koleksi jenis font-nya cukup bervariasi.

Kita juga dapat memilih filter dari menu drop-down dengan mudah. Keunikan dari Pixlr adalah bahwa tool ini disupport oleh 28 bahasa yang berbeda, sehingga dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia.

Dari 5 tool online pengolah image, Pixlr sepertinya yang paling susah digunakan ya.


Nah, mau pakai yang mana sih, terserah kenyamanan masing-masing ya :)
Ada masih banyak tool online lain yang bisa kita gunakan untuk membuat blog title image. Kamu pun bisa google sendiri. Tetapi yang 5 di atas adalah beberapa yang sudah saya coba, dan rasakan pakai. So, tools tersebut adalah rekomendasi dari saya.

Kalau ada tambahan, silakan ditambahkan ya di kolom komen.
Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya ;)

20 comments:

Shanty Dewi Arifin said...

Wow ada banyak to? Taunya Canva doang. Which one is your favorit?

Carolina Ratri said...

BeFunky, Mbak :)

Ucig said...

Aku mau Coba favoritenya mba carra
Seringnya canva mba, nggak lama di aku tapi hrs tricky pas dpt pic ada watermark canva 😂😂

Fiberti said...

Banyak juga ya tools nya. Berguna sekali ini. Ah iya ide bagus untuk menyeragamkan font di setiap title image supaya terkonsep. Selama ini masih eksperimen lol. TFS mba.

innnayah said...

favoritku, canva. kalau dari hape, pake phonto

Ratna said...

Dari semenjak kenal Canva, langsung jatuh cinta sama aplikasi ini. Powerful enough for me.

Efi Fitriyyah said...

Aku tuh kalau pake canva suka sebel. Nemu template yang lucu ampun-ampunan eh berbayar. Ya ga jadi, sebel. Ngabisin waktu liat-liat kalau ujungnya kudu bayar hahaha.... Ada yag gratisan ga selera. Cobain yang lain ah. Makasih contekannya.

Coretan Bunda Erysha said...

Maaf apakah aplikasi ini bisa di download di play store ? Hee saya baru belajar ngeblogg. Jadi blum banyak tahu. Terima kasih 😄

Carolina Ratri said...

Untuk BeFunky sudah ada Appsnya. Bisa diunduh di Playstore gratis. Atau kalau untuk via HP bisa pakai VSCO atau Snapseed :)

Carolina Ratri said...

Yaaaa ada desain bagus ya ada hargalah Neng :)))))))))))

Carolina Ratri said...

Great! :)

Armita Fibriyanti said...

Hehe, iya pakainya Canva.. mau cobain yang lain ah :)

Carolina Ratri said...

Selera masing-masing, Mbak ^^ Iya, cobain yang lain juga. Siapa tahu ada yang lebih cocok.

Roma Pakpahan said...

Selama ini aku taunya Canva doang. Ternyata ada banyak pilihan. Thanks ya mbak 😍😍😍

Putu Ayu Winayasari said...

Ya ampuun, aku kira pake powerpoint, loh. Jian ndesit tenan. Akuh install ah. suwun mbak :*

Stu Mulyani said...

Kalau serung ganti-ganti template, benarkah mempengaruhi mesun pencarian pada googleMbak?

Apura said...

Canva biasanya lola... Coba favoritnya Mak Carra juga ah

Rhoshandhayani KT said...

Aku pakenya canva
Soalnyq 4 tool lainnyq baru tau siih, hehehe
Enak sih pake canva
Dan memang banyak orang2 yang pake template atau image bawaan dari canva

Waya Komala said...

Aku suka utak-atik Canva. Tapi kok belum pernah bikin untuk blog title image ya? hahaha.. ntar nyoba ah :)

Novi Ardiani said...

Kenapa suka sm be funky mba?.... Pasti udh dikutak katik semua ya,
Mau coba aah... Makasih ya mba Carolina Ratri.

Instagram