15 Ide Style Feed Instagram yang Bisa Kamu Sontek Supaya Akunmu Lebih Stylish



Hae!
Kemarin saya sudah bahas mengenai do's and donts dalam mengelola akun Instagram, terus ada pertanyaan yang mampir, "Kalau bikin warna setipe itu pakai apa ya, biar konsisten?"

Jadi bikin saya teride untuk ngumpulin beberapa style feed Instagram deh jadinya. Hehehe.
Mungkin ini juga bukan bahasan baru juga sih, banyak artikel yang juga sudah membahas hal yang sama. Tapi enggak apa-apa juga. Saya mau bikin versi saya sendiri.

So, beberapa lama mengamati, ada beberapa style feed Instagram yang sering saya temui. Semoga dengan dikumpulin begini, bisa kasih kamu ide pengin nata feed Instagram kamu dengan cara yang mana. Yang pasti, temukan style kamu sendiri, yang ada di sini sekadar jadi inspirasi. 

Aturannya apa sih, biar feed Instagram bagus, hingga mengundang banyak followers atau like?

Jawaban saya: nggak ada aturan.

Ada yang bilang mesti terang, clean.
Nggak juga, banyak juga yang pakai dark mood dan followersnya banyak.

Ada yang bilang, ini lagi ngehitsnya flatlay.
Nggak mesti juga. Banyak kok yang nggak pake flatlay dan melejit.

Ada yang bilang, pakai deh warna-warna selebgram. You know, yang cokelat-cokelat rada vintage gitu. Banyak yang ngelike nanti.
No, there's no guarantee at all.

Semua adalah masalah selera. Dan sense of art itu nggak ada yang salah atau yang benar kek gimana. Setiap orang bisa dan boleh punya preferensi sendiri-sendiri.

Bagaimanapun, kalau saya amati ya--jika ada yang ngefollow baru (kalau bukan temen sendiri), biasanya mereka akan melihat dulu SATU postinganmu di Explore. Tertarik dengan fotomu--mungkin karena kontennya yang kuat, atau style-nya yang sesuai seleranya--baru mereka lihat ke profil Instagram. Nah, baru di feed Instagram, kalau kamu memang menjanjikan kualitas yang sama dengan yang muncul di Explore, baru deh mereka follow.

Saya sendiri punya kriteria follow sendiri, dan justru bukan karena style feed Instagram. Tapi konten secara keseluruhan, saya butuhin atau enggak. Saya pribadi nggak pernah mewajibkan untuk saling follow dengan teman, malahan. Nggak mutualan nggak berarti nggak teman, kan?

So, saya emang woles sih. Hahaha.

Anyway, mari kita lihat inspirasi feed Instagram berikut ini, siapa tahu bisa bikin kamu keidean pengin ngestyle yang mana.



15 Style Feed Instagram yang Bisa Jadi Inspirasi Ide


1. Garis di tengah



Feed Instagram ini biasanya bisa kamu buat dengan menaruh quote berfont warna hitam di atas background putih.

Bagus ya, rapi. Kekurangannya adalah kamu mesti posting 3 foto sekaligus, biar posisinya tetap ada garis putih di tengah itu. Kalau mau hapus 1 foto, maka kamu mesti juga hapus ketiganya.



2. Style per baris




Nah, style yang ini hampir sama sih dengan yang garis di tengah di atas. Kita akan tergantung banget dengan modul 3x3-nya Instagram.

Istilahnya, hanya untuk mereka yang niat bener-bener konsisten sih malahan :))

Saya pakai style feed Instagram ini untuk Stiletto Book dan Stiletto Indie Book. 


3. Tiles theme



Kalau saya bilang sih, ini style papan catur :))

Saya juga pake style ini untuk IG @info.rumah.dijual. Followernya belum banyak sih. Silakan lo, yang lagi butuh rumah di Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya, difollow.

*selalu ada celah*

Menurut saya, ini ya masih mending ketimbang yang pake modul grid 3x3 di atas. Kalau ada foto yang mau dihapus, tinggal hapus juga foto sesudah atau sebelumnya. Feed pun sudah kembali rapi seperti semula.


4. Rainbow theme



Well, can you beat them?
Sudah pakai grid 3x3, masih pakai "aturan" warna juga. GILINGANlah ya.

Paling niat, tapi kalau discroll feed-nya juga emang beneran bagus sik. Tinggal kamu aja nih yang mesti pinter milih foto, lalu diplanning dulu pake feed planner. 

Oh ya. Kapan-kapan bahas berbagai Instagram feed planner deh. Di sini nanti saya mau bahas satu yang saya pakai. Tapi masih banyak juga tool lainnya. Next ya.


5. Puzzle theme



Yhaaa ... yang ini mah nyembah emang, sayanya.
Saya ada pakai sedikit efek puzzle ini di Instagram Stiletto Book. Tapi cuma sebaris doang juga sih. Ini mah nyebrang ke mana-mana. Hahaha. Perlu planning yang luar biasa.

Satu hal yang sering jadi kesalahan para Instagrammer kalau pake style feed Instagram ini.
Mereka sering nggak memikirkan, gimana kenampakan 1 buah foto saat melintas di timeline followernya. Karena apa? Karena puzzle-nya nggak bisa berdiri sendiri-sendiri sebagai foto mandiri.

Maksudnya gimana sih?


Kek gini misal. Nah, itu kalau nggak dilihat secara utuh di Feed kita, kan nggak keliatan barangnya apaan. Misal lewat di timeline, cuma sepotong-sepotong.

Kadang ya memang bikin penasaran. Ha tapi kalau sudahlah ga jelas--atau malah putih kosongan aja--lewat, dan terlalu banyak, ya aduh ... saya pribadi sih mending unfol aja. Atau maksimal saya mute deh. Apalagi ga ada faedahnya buat follower. Hahaha.

Style feed puzzle ini memang tricky. Silakan saja pakai, tapi sebisa mungkin pastikan setiap foto yang diposting itu bisa dilihat sebagai foto yang mandiri. Jadi lewat di timeline itu, jelas gitu. Terus setelah dilihat di feed, ohhh ... ini maksudnya.


5. Border theme







Nah, kalau yang ini, saya pribadi suka. Karena biasanya memang jadi benar-benar rapi dan clean deh, looks-nya.

Style ini lebih mudah sih, nggak perlu nurutin pola. Mau posting berapa aja, kapan aja, ga masalah. Mau dihapus juga nggak ngerepotin.

Ada yang putih seperti di atas. Ada pula yang dark borders seperti di bawahnya. Yang mana pun oke sih. Rapi.

Tapi, ada juga yang mixed border nih. Seperti ini.


Jadi mixed antara landscape dan portrait. Keren jug akan? Lucuk.


6. Rectangles



Yang ini juga mudah bikinnya.
Pastikan aja ratio aspectnya sama semua, lalu taruh di background putih. Ini feed yang tidak terlalu merepotkan :))


7. Same filter theme



Pakai Preview App Filter A8 dan C3.



Pakai Preview App Filter J3 dan F1

Nah, ini yang kemarin ditanyain yah? Biar bisa konsisten warna senada senuansa itu pakai apa?

Saya sekarang pakai Preview App. Ada beberapa filter yang disediakan di apps ini. (Cuma memang saya enggak pakai filter-filteran sih, cuma memanfaatkan untuk content planning). Nah, pilih saja salah satu filter yang kamu suka, lalu pakai filter itu terus untuk semua foto kamu.

Ini sebenarnya di setiap aplikasi editing foto tuh selalu ada. Biasanya ya namanya filter ini. Kita tinggal pilih aja. Di Snapseed juga ada. Ada juga yang pakai VSCO atau Lightroom, bukan Preview App. Bahkan di Instagramnya sendiri juga ada kan? Kita bisa pilih banyak lo! Semua filternya udah kamu keluarin belum?

Well, pankapan kita bahas khusus soal filtering ini deh ya. Walah. Jadi keidean banyak deh.

Di Lightroom namanya Preset, kadang malah ada yang jual preset-preset hasil kreasi mereka, lalu kita bisa beli, dan nanti ditambahin aja ke apps-nya. Itu kalau di Lightroom. Dan keknya preset lepasan ini cuma bisa di Lightroom ya. Di apps lain kok saya belum pernah liat. Ga tahu deh, silakan inform saya kalau ada update yah.


8. Bright Theme




Nah, style feed Instagram white background ini saya pakai di akun pribadi @carra.artworks. Nggak selalu putih sih memang. Tapi saya usahakan dominasi warna putih.

Style ini juga cenderung selalu rapi dan clean. Mau penataan komposisi berantakan juga nggak terlalu kentara, asal warna putihnya dominan.

Ini juga nggak harus selalu putih, tapi asal warnanya secara keseluruhan terang. Kalaupun ada abu-abu, hitam, ungu tua, asal nggak mendominasi, ya oke aja.



9. Dark theme



Yang ini kebalikan dari bright. Yep, banyak yang bilang, kalau cerah akan lebih mengundang untuk difollow.

Menurut saya sih enggak juga ya?
Dark theme juga menarik kok.

Kalau punya feed Instagram punya temen yang juga ber-style dark yang saya suka itu punya Ranny Afandi.

Cakep kan? Jangan keterusan scrolling ya. Ntar laper. #eh


10. Black and white theme




Yang ini juga menurut saya tingkat kesulitannya tinggi. Karena nggak semua orang bisa bikin foto black and white secara estetis. Godaannya jelas, kalau nggak kreatif bakalan monoton, dan akhirnya bikin bosan.

Sebaiknya pertimbangkan bener-bener kalau mau pakai style ini sih. Saran aja.


11. Colorful




Nah, kalau menurutmu, dengan pakai tone warna yang seragam itu membosankan, maka jangan merasa berdosa untuk membuat feed Instagram kamu lebih berwarna. Make it vibrant! Bikin yang colorful sekalian!

Cantik juga kan?


12. Monotheme




Yang jenggot itu sesuatu sekali yekan? :)) Ngekek pas pertama kali liatnya. Tapi kreatif banget!
Yang teh juga ya? Keren bats.

Saya sih sering juga menemukan ini di akun-akun bookstagrammer. Objek yang difoto dominasinya sama: buku.


13. Flatlay



Foto-foto flatlay tahu kan ya?
Yes, begitulah dominasi dalam style feed Instagram ini.

Saya juga menerapkan style ini di akun @carra.artworks. Kebanyakan flatlay karena memang pamer bullet journal dan sketchbook. Hahaha. Style ini memang cocok buat foto-foto objek benda mati sih. Dari beauty stuff sampai masakan. Gampang banget styling-nya juga. Makanya banyak yang pakai.


14. Doodles




Yang ini juga lucu yah? Ditambahin doodle-doodle gitu di fotonya. Tapi saya nggak tahu nih, bikinnya pakai apa :)) Ada yang tahu?

Lucu banget tapi. Saya juga pengin ngulik jadi beginian.


15. Color splash




Style feed Instagram yang ini juga bagus banget. Jadi ini antara grayscale dan colors gitu. Untuk objek-objek tertentu, warnanya dinaikin, sedangkan objek lain diturunin.

Kapan-kapan saya posting tutorialnya deh.


Laaaah ... Jadinya kok banyak lagi ini PRnya, hanya dari tulisan ini aja? Hahaha.
Lama-lama blog ini jadi khusus bahas pernak-pernik Instagram juga nih. Wakakak.

Hokeh. Itu dia 15 style feed Instagram yang sering saya lihat. Kamu pakai style yang mana? Males pakai style ya? Ya enggak apa-apa juga. Nggak ada yang mewajibkan juga sih.

Your Instagram, your rules.
Nggak ada yang bisa dan boleh mengaturmu sebagai pemilik akunmu sendiri yes?

Tapi, siapa tahu jadi terinspirasi setelah lihat 15 style di atas, yekan?
Yang penting lakukanlah dengan bahagia!

3 komentar:

  1. Hasil maksimal tapi butuh usaha yang maksimal juga mba carra. Emang butun niat banget ini untuk ngatur feed instagram gitu

    BalasHapus
  2. Ngeliat contoh-contoh feed ini kok, jadi semakin ngerasa feed saya sebatas remah kerupuk doang, ya :))

    Tapi terima kasih sharing-nya Mbak, menginspirasi untuk lebih kreatif lagi, nih :)

    BalasHapus
  3. Baru-baru ini aku konsisten pake filter yang sama nih. Soalnya pas observasi feed (tsaaah...) baru ngeh sering pake filter ini, akhirnya seragamin aja deh biar keceh. Aku salut banget sama content creator yang bisa go extra miles untuk feed IG mereka. Btw, thanks a lot sharing-nya!

    BalasHapus