Posts of the Month Juli 2016 - Serangkaian Blogpost dengan Topik Blogging atau Media Sosial Terbaik dari Blogger Indonesia

by - Juli 29, 2016

Artikel-artikel yang harus saya simpan di bulan Juli


Halo!

Ternyata nggak kerasa, sudah di akhir bulan lagi. Which means sekarang saatnya untuk nge-round up beberapa postingan artikel keren dari teman-teman blogger, yang membahas seputar topik blogging dan media sosial (sesuai dengan niche blog ini).

Beberapa hari belakangan, sepertinya saya makin kesulitan menemukan waktu untuk sekadar mencatat apa yang sudah saya pelajari di dunia tulis menulis online dan juga media sosial. Frekuensi ngeblog molor, saya menunggak beberapa tulisan guest blogging, dan juga nggak sempat balesin komen satu per satu, pun kadang nggak sempat untuk sekadar share artikel. Puji Tuhan sih masih banyak yang berkunjung dan ikut membaca, juga ikut berdiskusi sama saya. Terima kasih banyak ya!

So far saya masih berusaha menemukan ritme menulis kembali, dan menyeimbangkan nulis di blog dengan di media lain yang sekarang sedang saya kelola. Karena, ya, memang di sini kan saya nulis semua catatan mengenai apa yang saya pelajari tiap harinya. Dan, to be honest, catatan saya sudah numpuk, dan harus segera disimpan di sini, kalau nggak mau hilang. Hiks. Doakan sajalah, saya bisa bagi waktu lagi.

Anyway. Enough about me!
Round up time!

Berikut ini beberapa artikel blog lain yang saya kumpulkan selama bulan Juli, yang bisa membantu kita meningkatkan skill blogging ataupun tulis menulis pada umumnya.


1. 3 Plugin Untuk Mengamankan Blog WordPress Selfhosted - Guest Post di blog Mbak Isnuansa

Please, pay attention more on security!

Blog saya yang lama dengan sangat terpaksa nggak saya perpanjang lagi umurnya, karena terserang malware nggilani, yang mengarahkan pengunjung ke situs porno. Sebelumnya saya pernah terserang juga dan mengalami deface di web toko online saya yang sekarang juga sudah matik.

Dua pengalaman pahit sudah saya alami bersama Wordpress Self-hosted, yang kemudian membuat saya kapok menggunakannya. Terlalu rumit, buat saya yang gagap security blog. So, buat yang masih suka dengan Wordpress Selfhosted, please, pay attention terhadap security more ya. Ini bisa sebagai langkah awalnya. Jangan malas maintenance.


2. Konten Konten dan Konten - Demi Traffic Aku Rela... Tapi Capek  - Tulisan Blogger Indonesia


#DemiKonten aku rela! - Image courtesy of Tulisan Blogging Indonesia

Yes, everything is about content! Content is the king, and the writer is the god! :)))

Susah kan berburu ide konten?
Ya, kalau konten ala kadarnya sih, 10 menit juga dapatlah ya. Tapi konten yang akan dishare oleh ribuan orang, dibaca oleh ratusan ribu orang ... itu kadang perlu waktu berhari-hari buat nguliknya. Kadang sudah published pun masih diulik lagi, entah judulnya, entah ditambahin konten visual ini itu, dan seterusnya.

Tapi, tetep ya, semua bertolak dari awal. Yaitu, saat ide ditemukan. Dari mana ide konten bisa ditemukan, dan bagaimana caranya? Yes, people, ide itu dicari bukan ditunggu macam jodoh.
Di artikel ada caranya.
Cara buat menemukan ide konten loh, bukan buat menemukan jodoh. :P


3.  Ini Lho Cara Mengamankan Anak Dari Video Dewasa Di Youtube - Terren


Youtube!

Nah, ini penting ya, buat parents!
Banyak yang suka ngeliatin video ini itu ke anak di Youtube. Nanti kalau anaknya sudah bisa surfing sendiri di sana, pastikan nih kita sudah melakukan pengamanan kayak yang dijelasin Terren di sini.

PR buat Carra ya. Iya.


4. Tips: Menghemat Kuota Youtube - Lidya Fitrian


Biar makin asyik nontonnya ye!

Masih soal Youtube. Saya juga sudah liat iklannya beberapa kali di televisi soal ngirit kuota Youtube ini. Dan, Mbak Lidya Fitrian menjelaskannya di blog. Jadi lebih mudah diikuti, dan bisa dilihat lagi kapan-kapan.


5. Jangan Jualan Dulu Kalau Belum Memahami Statistik Blog WordPress! - Mendadak WP


Image courtesy of Mendadak WP

Saya pribadi selalu berprinsip, bahwa kalau melakukan sesuatu dan want to make the most of it, kita harus memahami dulu segala macam pengetahuan dasarnya. Kalau basic-nya saja nggak ngerti, bisa dipastikan nantinya juga kelabakan, atau kalau enggak ya jadinya nggak bisa mengerjakannya hingga optimal. Minimal kita nggak akan tahu apa yang bisa kita ulik supaya usaha kita membuahkan hasil.

So, saya selalu berusaha meluangkan waktu memang untuk mengulik hal-hal mendasar, baru kemudian secara bertahap meningkat ke yang lain. Sekolah aja kan kita nggak mungkin begitu lahir langsung SMA kan?

Yang dijelaskan di sini adalah kita kenali dulu segala macam tentang statistik blog. Gimana mau optimasi blog, kalau baca statistik aja nggak bisa?


6. Write a Product Review – Is It Okay to Write the Truth? - Febriyan Lukito


Image courtesy of Febriyan Lukito

Job review berceceran ditawarkan oleh brand, sayang banget blogger suka asal-asal saat nulisnya.

Asal-asalan gimana?

Ya, asal melunasi utang review. Udah dikasih barang gratis kok nggak ditulis reviewnya?
Kalau sudah gitu, kira-kira, brand yang sudah kasih produk bakalan kecewa nggak kalau baca tulisannya ya? Hmmm ... Coba dipikirkan lagi ya. :)

Saya pernah bahas mengenai artikel job review di web Kumpulan Emak Blogger ini. Dan kemudian dilengkapi lagi oleh artikel ini. Silakan disimak ya, and please ...tulis artikel job review yang bagus ya. Itu tanggung jawab dan tugas lho. Bukan sembarang biar dapat barang gratisan.


Kamu ada rekomendasi artikel serupa dengan artikel-artikel di atas? Please info ya!
Atau kamu ada rekomendasi blog yang khusus membahas tip-tip blogging, menulis dan seluk beluk media sosial yang menjadi andalan referensi kamu? Please info juga ya!

Terima kasih sudah membaca :)

You May Also Like

12 comments

  1. Ah... dimasukkan dalam round up Juli....

    makasih ya mbak. saya dah baca yang GP di mbak Isnuansa, yang lain habis ini deh.

    BalasHapus
  2. Ryan itu produktif banget ya, mayoritas itu blognya Febrian Lukito kan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, soalnya dia kan banyak bahas di niche yang sama denganku di sini, Mbak. Jadi ya, banyak yang harus kusimpan :D

      Hapus
    2. Namaku disebut mak Indah Juli.... arghhh.... malu aku jadinya. :D

      Hapus
  3. Makasih Mbak udah dikumpulin, yang Mas Feb udah baca dari kemarin2.

    BalasHapus
  4. Referensi buat akh baca juga nih round up-nya. Thanks Mbak Carra

    BalasHapus
  5. Baru baca yang punya Lidya aja, ntar mau mampir ke 5 artikel lainnya. TFS Mom Carra :)

    BalasHapus
  6. Belajar maniiing belajar maniiing. Aku PR banget soal ngreview Mba, huhu.

    Sama yang mengamankan WP selfhosted noted banget. Pernah kena hack juga soalnya.

    Makasih ya Mba Carra, nggak pernah bosan untuk berbagi. Tuhan berkati :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn. Makasih ya, Nyaaak. Saling mendoakan :-*

      Hapus