5 Tipe Artikel Blog yang Bisa Membawa Banyak Traffic

by - Agustus 17, 2020


Banyak cara bisa kita lakukan untuk meningkatkan traffic blog. Salah satunya adalah memilih tipe artikel blog yang paling banyak dicari oleh orang.

Kata Neil Patel sih begini:

“Blogging about the same thing over and over again is boring. That’s why you need to learn how to write different posts to keep your readers interested and engaged.”

Ternyata, ada beberapa tipe artikel blog yang dipercayai selalu dicari dan disukai oleh para pencari informasi dari search engine. Dengan menyediakan artikel-artikel yang paling dicari ini, maka logikanya trik ini bisa membuat jumlah kunjung ke blog pun naik.

Simpel saja memang logikanya.

So, artikel blog apa saja yang sering dicari ini?

Ini dia menurut data QuickSprout,

Tipe Artikel Blog Paling Dicari dan Bisa Bawa Banyak Traffic

1. Artikel Howtos

Menurut QuickSprout, tipe artikel howto adalah tipe artikel yang paling banyak dicari di search engine setiap harinya. 

Saat seseorang bingung melakukan sesuatu, maka secara otomatis, ia akan ke search engine dan kemudian mengetikkan frasa, “Bagaimana cara ….” Atau, "Cara untuk ..."

Jika kita ingin traffic artikel tinggi, ya pastinya kita harus menempatkan artikel tersebut di jajaran tertinggi hasil pencarian. Untuk mencapai jajaran tertinggi, maka artikel kita pun harus memenuhi beberapa syarat, salah satunya bisa memberikan manfaat untuk pembaca. 

Jadi, pastikan kontennya detail dan jelas, nggak mbulet, mudah dipahami.


2. Video

Sudah tahu kan, kalau kecenderungan pembaca artikel online itu adalah skimming, atau fast reading? Yes, itu dia tuh. Kadang menjadi penyebab mengapa artikel kita nggak banyak yang baca.

Zaman sekarang, ngeblog sudah nggak berarti menulis lagi. Zamannya sudah mulai beralih ke video. Jadi, tak hanya mereka yang bisa menulis yang bisa ngeblog sekarang ini. Kalau kamu cukup pede untuk tampil di depan kamera (nggak usah bilang nggak pede, wong sekarang aja banyak bloger yang suka IG live kok. Wqwqwq.), maka video blogging adalah cara yang paling baik.

Ditambah lagi dengan kecenderungan orang untuk semakin malas membaca, video blogging lantas bisa menjadi solusi yang tepat.

Ada data yang juga membuktikan, bahwa video blog cenderung meningkatkan traffic sebanyak 157%, dan membuat orang tinggal lebih lama di blog sekitar 105%.

So, pengin menurunkan Bounce Rate? Masukkan video ke dalam blog kamu deh.


3. Listicle

Apa itu listicle? Yaitu artikel yang berformat list atau daftar. Artikel yang sedang teman-teman baca ini termasuk tipe artikel listicle.

Format listicle memudahkan pembaca untuk skimming, dan ini memang risiko terberatnya. Namun, bisa jadi kekuatan, kalau kita bisa memasak tipe artikel ini dengan benar.

Saya sendiri paling suka membuat listicle, dengan alasan di antaranya:

  • Lebih mudah dibuat
  • Lebih cepat ditulis
  • Sumber idenya banyak


4. Review produk

Setiap orang yang akan membeli sesuatu cenderung akan mencari informasi dulu mengenai produk yang diincarnya. Dan, di mana lagi mereka bisa menemukan informasinya kalau enggak di blog kita?

Review produk nggak selalu berarti sponsored posts. Review buku, review film, adalah beberapa jenis review yang juga banyak dicari, tapi belum tentu merupakan sponsored posts.

Banyak juga bloger tekno yang memang mengkhususkan diri untuk menulis review gadget, dan tidak bersponsor.

Jadi, teman-teman pengin menaikkan traffic artikel blog? Cobalah untuk menulis review produk–yang tentunya disesuaikan dengan niche blog masing-masing–meski tanpa bayaran. Anggaplah traffic yang meningkat sebagai “bayaran”-nya.


5. Artikel kontroversi

Di internet banyak sekali kontroversi terjadi. Namanya kontroversi, means kontra dan versi. Yaitu versi-versi akan sesuatu yang saling kontra atau bertabrakan.

Menulis artikel kontroversi itu semacam “menakutkan” ya kan? Ada tuh teman yang bilang, nggak berani angkat isu kontroversial untuk ditulis, karena takut kenapa-napa nantinya.

Padahal, sebenarnya sih kita bisa kok menulis artikel kontroversi ini namun tetap smooth dan nggak ofensif. Salah satu caranya adalah menghindari keberpihakan. Kita angkat saja isunya, tapi nada tulisan kita tetap netral. Justru, bangunlah engagement dan diskusi panjang untuk membahas isu kontroversial ini di komen.

Kalau bisa begini, kan malah bagus. Traffic kita dapat, engagement pun naik.


Nah, itu dia 5 jenis atau tipe artikel blog yang bisa banyak mendatangkan traffic dari search engine. Jadi, apakah sudah ada kelima tipe artikel tersebut di blog teman-teman?

Kalau belum, yuk, ditambah!


Artikel ini pernah ditayangkan di indoblognet.com, dipublish ulang dengan modifikasi.

You May Also Like

0 comments