Hello Again!

by - Juni 04, 2022

Hello Again!

Halo!

Gimana kabar? It's been a while sejak terakhir saya mengupdate blog ini. Sudah pasti, blog ini kehilangan banyak pembaca loyal. Ya, gimana enggak? Setahun hiatus, bok! Tapi, kadang kita memang harus punya prioritas bukan?

Enggak, bukannya saya lantas mengabaikan keberadaan blog ini. Justru sesekali, saya juga login, hanya untuk mengecek atau mencari materi. Yah, di situlah saya sadar sendiri, bahwa saya ternyata sudah punya cukup banyak catatan di sini.

Jadi gini.

Saya kemarin baru saja mengerjakan satu artikel pesanan untuk Komunitas Emak Blogger. Di salah satu poinnya, saya menulis bahwa konsistensi tidak sama dengan frekuensi. Artinya, being consistent itu tidak melulu harus ngeblog setiap hari. Bahkan asalkan kita bisa ngeblog satu minggu sekali, atau satu bulan sekali, itu sudah bisa dinamakan konsisten ngeblog.

Sambil nulis itu, sebenernya saya tertampar sendiri.

Apa kabar blog akuhhh? Huhuhu. Satu tahun dianggurin, dicuekin. Ada sih rasa-rasa pengin balik ngeblog lagi. Tapi sungguh, dunia maya itu sekarang ramai betul. Mau ngeblog yang beneran, banyak betul aturannya.

FYI, sehari-hari saya sudah menulis untuk berbagai website dan ngeblog dengan berbagai aturan. Ya nama pun akan selalu ada goals dan KPI kalau buat klien, yekan? Lalu, kepikirannya, kalau nulis di blog sendiri juga kudu gitu dong ya?

Padahal ya, di blog sendiri, ya siapa yang ngatur? Ya kita sendiri atuh, yang punya blog ya kan?

Apalagi ya kayak blog ini, yang memang enggak menerima paid/sponsored post. Apalagi kemudian saya juga ingat, bahwa saya memulai ngeblog dengan niat untuk membuat catatan-catatan dari pembelajaran yang saya dapatkann sendiri. Kalaupun ada orang lain yang bisa ikut merasakan manfaatnya, ya itu kan bonus. Ya kan?

Mengapa justru tujuan saya ngeblog jadi berubah ya?

Saya kan enggak dituntut sama siapa-siapa kalau nulis di blog sendiri? Nggak kayak kalau saya nulis buat klien, sudah pasti ada goals tertentu yang harus saya capai. Di blog sendiri kan enggak?

Makanya, beberapa hari ini kemarin saya kepikiran melulu.
Dulu tujuan ngeblog saya kan enggak begini.
Dulu kan, saya nulis karena merasa dunia nyata yang saya jalani tuh "enggak cukup" untuk menampung pemikiran saya yang suka mbleber ke mana-mana.
Dulu saya nulis di sini buat catatan pribadi, apa-apa yang jadi kesalahan saya, apa-apa yang saya pelajari, karena saya pelupa akut.

Mengapa jadi berubah ya?

Entahlah.

And then, saya memutuskan untuk kembali ngeblog. Kembali ke "jalan yang benar".
Doakan saja, saya bisa menumpahkan semua ide dan pembelajaran saya lagi di sini. Meski saya juga tetap enggak berani mematok waktu, dan mungkin akan lebih banyak tulisan bersalut curhat, tapi sungguh, saya pengin update blog lagi ke depannya.

Biar saya nggak bebas menulis selama seminggu, tapi saya pengin ngelemesin free style writing lebih sering di mari.

So, semoga jadi lebih enteng ya, lebih ringan. Jangan anggap blog sebagai beban ya, Mak. Anggaplah sebagai tempat curhat, sekaligus untuk mencatat berbagai pembelajaran dan solusi dari masalah yang dihadapi.

Semoga orang lain yang punya sttuggling yang sama juga bisa memetik manfaatnya.

You May Also Like

8 comments

  1. Hallo mbak akhirnya balik lagi hehehehe.
    Aku banyak belajar dari blog mbak. Walaupun sampe sekarang juga masih aja harus banyak belajar tentang ngurus blog.
    Semangat untuk ngeblog lagi, karena aku tunggu pembelajarannya hehehe
    sehat teru juga iya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, kaget ada yang komen. Hahaha. makasih yaa~

      Hapus
  2. Hello again mbk. Pas banget lagi berkunjung pas ada tulisan ini. Pas banget aku juga lg merasa tujuan ngeblognya berubah dan kayak beban jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haee. Semangat ya. Ayok, kembali ke "jalan yang benar"! wqwqwq.

      Hapus
  3. Ternyat ku cydak sendiri. Bener sekali, sekarang ngeblog banyak aturannya. Padahal awal mula ngeblog cuma hafe fun. Tatkala ada DA/PA, KW endesbre endesbre, kok ya parameter blog jadi ngalahin KPI kerjaan kantor? Wkwkwkwkwk. Where's the fun, then?

    BalasHapus
  4. Akhirnya ada postingan terbaru lagi!
    Saya sering mampir buat ngecek loh mbak hehe.
    Banyak banget belajar dari blog ini dan dari buku Mbak Carra juga.
    Tetep semangat ngeblognya ya Mbak. Salam dari blogger baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yampun, aku terharu T___T ada yang masih berkunjung dan baca. Makasih ya. Kamu juga semangat ngeblognya!

      Hapus