Mencari Ide Tulisan dengan Buzzsumo

Disclaimer dulu: Ini bukan paid post yah. Hehehehe. Murni sharing dan berisi catatan saya, kena...



Disclaimer dulu: Ini bukan paid post yah. Hehehehe. Murni sharing dan berisi catatan saya, kenapa saya suka banget dengan tools ini.

Karena kita selalu dituntut untuk selalu punya ide tulisan, terutama kalau kita adalah seorang content writer yang harus menghasilkan tulisan baru setiap hari, maka tools yang paling penting (seenggaknya buat saya) adalah tools yang bisa membantu saya mencari atau mendatangkan ide.

Saya pribadi termasuk salah satu orang yang percaya, bahwa ide itu harus dicari, harus ditemukan, harus dijemput, bukan cuma ditunggu datang. Sekali dua kali kadang memang bisa kita bilang, "Belum ada ide tulisan."
Tapi kalau terus-terusan cuma menyerah dengan mengatakan begitu, akhirnya terbiasa cuma nunggu dan makin lama saja nunggunya.

Dan menunggu ide tulisan itu sampai kapan ya? Sampai ... *ilang sinyal*

Yah, baiklah.
Mari kita mencari ide sajalah ya.

Salah satu tempat favorit saya untuk mencari ide adalah Buzzsumo.
Di sana, saya bisa melihat dan mencari tulisan apa saja yang sedang trending dari berbagai keywords yang kita masukkan.

Click to Buzzsumo.com

Nah, untuk contoh saya akan memasukkan keyword blogging tips.
Kalau kamu memasukkan 2 kata, seperti blogging dan tips, maka nanti yang akan muncul adalah judul-judul artikel yang mengandung dua kata tersebut, yaitu blogging dan tips, namun nggak selalu berdampingan. Jadi bisa saja judul yang muncul adalah Blogging Quotes: Tips from Experts. Gitu misalnya.

Jadi, kalau kamu pengin mendapatkan hasil pencarian exactly blogging tips, maka kamu harus menuliskannya dengan tanda petik, menjadi "blogging tips". Gitu.

Dan kalau kamu sudah tulis keyword-nya, dan klik Go!, maka kemudian ada halaman search result seperti di bawah.


Nah, yang tertampil di atas adalah artikel-artikel blogging tips yang trending setahun belakangan. Mau mulai dari sini? Bisa.

Tapi kalau saya pribadi, saya lebih suka melakukan filtering lagi. Saya lebih suka menampilkan trending articles seminggu belakangan, karena mungkin issue-nya lebih update. Maka ada beberapa perubahan yang saya lakukan.


Beberapa hal yang harus disesuaikan:
  1. Filter by date: saya ubah ke Past Week. Kita juga bisa melihat-lihat artikel yang trending dalam sebulan terakhir, setahun terakhir, 24 jam terakhir, ataupun dalam 6 bulan terakhir. Sok, dilihat-lihat deh. Kadang kita bisa menemukan "harta karun" di masing-masing time filter itu.
  2. Perhatikan keywordnya yah. Seperti yang tadi saya jelaskan, hasilnya akan berbeda antara blogging tips dan "blogging tips".
  3. Kamu juga bisa menyesuaikan jenis konten yang kamu inginkan. 
Well, FYI, Buzzsumo memang layanan berbayar yah. Jadi kalau kamu masih menggunakannya secara gratis, ada keterbatasan jumlah pencarian yang kamu peroleh PUN ada daily limit untuk pencariannya. Sepertinya hanya bisa search sampai 3x saja.

Kalau sudah 3x search, maka kamu harus menunggu besok agar bisa melakukan searching lagi.

Kalau mau unlimited, ya harus bayar. Hehehe.

Tapi so far, cukup membantu saya sih meski terbatas hanya 3x search. Saya sering dapat "harta karun" ide hanya dengan 3 kali search itu. Yang perlu diperhatikan, kamu harus sudah tahu dulu keyword apa yang akan kamu masukkan, lalu langsung lakukan filtering. Sehingga kamu akan lebih efektif dan efisien memanfaatkan daily limit search-nya.

Kalau saya sendiri sih, saat ini, mendapatkan fasilitas mengakses Buzzsumo secara unlimited dari perusahaan tempat saya kerja remote. Hehehe. Jadi ya, lumayanlah ya. Saya sering memanfaatkan trending search dari Buzzsumo ini.



Coba lihat, saya memasukkan keyword "parenting tips". Ada berapa banyak "harta karun" saya dapatkan? Hehehe.

Saya tinggal klik saja satu per satu, urut dari yang dishare paling banyak pastinya ya, untuk mendapatkan ide tulisan. Kalau sudah dapat artikel trigger, maka kemudian akan saya kembangkan seperti saya pernah sharing soal menulis ulang soal ide inspirasi seolah-olah ide original tempo hari.

Hmmm ... coba-coba yang lain yuk!



Keyword kehamilan, untuk web berbahasa Indonesia yang trending seminggu terakhir

Bisa juga buat ngetest share dari blog sendiri. Huahahaha. Iyaaa ... cuma segitu angka saya mah. Da aku mah apa atuh. Bukan seleblog yang langganan menang lomba, JR pun nggak ada. :)))




Nah, Buzzsumo ini hanya salah satu tempat saja di mana saya bisa belanja ide. Ada beberapa tempat lain yang menjadi sumber ide. Nanti kita akan bahas lagi satu per satu ya. :)

Happy creating creative content, Pals!


You Might Also Like

11 comments

  1. Hmm, bagus juga nih idenya.
    Sip, makasih infonya mbak, segera dipraktikkan! :D

    ReplyDelete
  2. betul banget ide banyak bertebaran...biar gak gampang nyerah dengan alesan "belum ada ide" :-)
    makasih infonya

    ReplyDelete
  3. Menggunakan buzzsumo memang enak mbak. Tapi harganya... Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi, aku merasa cukup dapat ide lho kalau tiap hari cek, dengan keywords yang berbeda. Aku kumpulin artikelnya satu per satu yang punya topik yang masuk ke niche yang sama. Akhirnya terkumpul banyak :)

      Delete
  4. great place for create idea's....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep. Thank you for checking out :)

      Delete
  5. Halo Carolina,

    Saya termasuk yang senang menggunakan BuzzSumo. Salah satu fitur yang saya suka adalah melihat siapa influencer yang membagikan konten-konten tersebut lewat twitter. Dari situ kita bisa mengontak influencer apakah ia bisa membagikan konten kita. Satu kekurangan yang saya rasa, BuzzSumo belum maksimal untuk mencari konten-konten dalam bahasa Indonesia sehingga tidak banyak referensi konten dengan topik yang sama dalam bahasa Indonesia.

    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah nggak pernah colek influencer sih :)))
      Untuk yang bahasa Indonesia, saya juga tinggal masukkan keyword dalam bahasa Indonesia, terus muncul deh banyak artikel.

      Delete
  6. makasih mbak....jadi ga mentok nih ide untuk menulis nya...maklum lah masih amatir nih..hehe

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog