Instagram Threads: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

by - Juli 22, 2023

Instagram Threads: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Setelah Elon Musk mengumumkan pembatasan pada jumlah tweet yang bisa dibaca oleh pengguna Twitter, banyak aplikasi pesaing seperti Spill, Bluesku, dan Post berusaha untuk menarik pengguna baru. Tak ketinggalan juga Meta, perusahaan raksasa di balik platform media sosial Instagram. Maka muncullah aplikasi berbasis teks Instagram Threads, sudah tersedia di Google Play Store.

Menurut penelusuran ke berbagai sumber, aplikasi ini awalnya dikenal sebagai Barcelona dan pengembangannya dimulai di bulan Maret 2023. Namun, The Verge disebutkan bahwa proyek Threads ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak Januari, dengan nama 'Project 92'. 

Buat yang penasaran dengan aplikasi media sosial yang baru ini, coba yuk, kita telusuri bareng-bareng lebih jauh.

Apa Itu Instagram Threads?

Instagram Threads adalah platform yang memungkinkan orang-orang dapat membahas segala hal, mulai dari topik yang sedang tren saat ini hingga apa yang akan populer di masa depan. 

Threads akan terintegrasi dengan Instagram, memungkinkan pengguna Threads untuk menggunakan username Instagram mereka dan mengikuti akun yang sama seperti yang mereka lakukan di Instagram.

TechCrunch mencatat bahwa meski Threads sangat terintegrasi dengan Instagram, aplikasi ini adalah entitas tersendiri. Kontennya berfokus pada teks, mirip dengan Twitter, namun masih mempertahankan estetika Instagram. Aplikasi ini menawarkan fitur seperti tombol like, komentar, retweet seperti di Twitter, dan share. Pengguna juga dapat mengatur siapa saja yang dapat membalas postingan mereka, sama seperti fitur pengaturan privasi di Twitter.

Apa Saja Fitur Threads?

Threads memberikan fitur yang memungkinkan pengguna mengubah profil, memberikan balasan, melihat aktivitas akun, mengunggah konten baru, dan mencari konten tertentu. Berikut ini adalah penjelasan rinci mengenai fitur-fitur tersebut.

Profil

Pengguna bisa merujuk ke menu profil yang terletak di sudut kanan bawah dengan ikon orang. Di sini, pengguna memiliki opsi untuk memperbarui "Bio", menautkan situs web atau sumber lainnya, serta mengatur profil mereka sebagai privasi atau publik.

Reply

Fitur ini berfungsi sama seperti menu yang sudah kita kenal di Twitter, yaitu memungkinkan pengguna untuk melihat semua tanggapan yang mereka buat pada postingan.

Activities

Untuk saat ini, letaknya berdampingan dengan menu profil di sudut kanan bawah dan memiliki ikon berbentuk hati. Pengguna bisa mendapatkan pembaruan tentang aktivitas akun mereka seperti informasi mengenai pengikut baru, balasan, dan mention.

Mengunggah Threads

Pengguna dapat membuat postingan baru dengan menekan tombol yang berada di bagian bawah tengah dengan ikon notes. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memposting teks tanpa batas, menambahkan gambar, lokasi, atau menandai pengguna lain.

Pencarian

Terletak di sudut kiri bawah dengan ikon kaca pembesar, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari konten tertentu dengan memasukkan kata kunci.

Beranda

Berada di pojok kiri bawah dengan ikon rumah, halaman ini akan menampilkan postingan dari akun-akun yang diikuti pengguna. Di sini, pengguna dapat menyukai, membalas, mengulang postingan, membuat kutipan, dan membagikan postingan yang ada di Thread.

Bagaimana Cara Mendownload dan Mendaftar Threads?

So, buat kamu yang udah begah di Twitter, dan ingin memulai “hidup baru” *hasyah* enggak ada salahnya buat ikut gabung banyak orang di Instagram Threads ini.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang bisa kamu ikuti untuk mulai menggunakan aplikasi Threads.

Download Aplikasi Threads

Pertama-tama, kamu perlu mengunduh aplikasi Threads dari toko aplikasi resmi, yaitu Google Play Store untuk kamu pengguna Android, atau App Store bagi pengguna iOS. Cukup cari "Threads, an Instagram App" dan tekan tombol "Unduh" atau "Dapatkan" untuk memulai pengunduhan.

Masuk dengan Akun Instagrammu

Setelah mengunduh, buka aplikasi Threads dan masuklah dengan akun Instagrammu. Pastikan kamu menggunakan akun yang sama dengan yang biasa kamu gunakan di Instagram.

Atur Pengaturan Privasi

Di tahap ini, kamu akan diminta untuk mengatur privasimu. Threads memberikan beberapa pilihan tentang siapa saja yang bisa melihat kontenmu dan siapa saja yang bisa mengirimimu pesan. Pilihlah pengaturan yang paling sesuai dengan preferensimu.

Tambahkan Kontak

Langkah selanjutnya adalah menambahkan teman pentingmu ke dalam daftar teman di Threads. Kamu bisa memilih dari daftar teman Instagrammu atau menambahkannya secara manual dengan memasukkan nama pengguna Instagram mereka. Threads membuatnya lebih mudah bagi kamu untuk berbagi konten hanya dengan orang-orang tertentu.

Mulailah Berbagi Konten

Sekarang kamu siap untuk mulai berbagi konten dengan teman-temanmu melalui Threads. Pilih foto atau video dari galerimu, tambahkan teks atau stiker, dan pilih teman yang ingin kamu bagikan. Kamu juga bisa berbagi cerita dengan cepat dan mudah menggunakan fitur "Status".

Gunakan Fitur Kreatif Threads

Threads dilengkapi dengan berbagai fitur kreatif yang bisa kamu gunakan untuk mengedit kontenmu sebelum membagikannya. Kamu bisa menambahkan filter, efek, teks, stiker, dan lainnya untuk membuat foto atau videomu menjadi lebih menarik.

Coba Fitur Lainnya

Selain berbagi konten, Threads juga memiliki berbagai fitur lain yang bisa kamu coba. Kamu bisa melihat status teman-temanmu untuk tahu apa yang mereka lakukan sekarang, atau melihat cerita mereka dalam bentuk slideshow yang diurutkan berdasarkan waktu.

Cara Menggunakan Instagram Threads

Nah, untuk mulai menggunakan, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol di tengah bagian bawah dengan ikon catatan atau notes. 
  • Di sini, kamu bisa menulis teks tanpa batas, menambahkan foto, memberikan info lokasi, atau menandai teman dengan mention. 
  • Setelah itu, cukup klik kirim.

Sudah, gitu aja. Persis seperti Twitter.

Selain itu, kamu juga bisa membagikan unggahanmu di Threads ke pengguna lain, berikut caranya: 

  • Pilih unggahan di Threads yang ingin kamu bagikan. 
  • Tekan ikon pesawat untuk memulai proses pembagian. 
  • Kamu bisa memilih "Add to story" jika ingin membagikannya ke cerita Instagrammu, atau "Post to feed" untuk membagikannya ke umpan Instagrammu. 
  • Jika ingin membagikannya ke Twitter, pilih "Tweet". 
  • Kamu juga bisa membagikan ke platform media sosial lainnya dengan memilih "copy link" atau "Share via..".

Mudah kan ya?

Untuk printilan yang lain, kamu bisa eksplorasi sendiri, karena pada dasarnya Threads dibuat untuk memudahkan, dan semirip mungkin dengan Twitter. Namanya juga saingan.

Apa yang Perlu Diwaspadai/Diketahui Lebih Jauh tentang Threads?

However, seperti halnya aplikasi baru, akan selalu ada bugs, glitches, dan isu-isu yang masih harus dibereskan. Begitu juga dengan Instagram Threads ini. Beberapa hal berikut seharusnya bikin kamu aware kalau pengin punya akun di aplikasi ini.

Apa yang terjadi jika kita pengin menonaktifkan aplikasi Instagram Threads?

Ketika kamu memilih untuk menonaktifkan profilmu di Threads, satu hal yang jelas akan terjadi adalah unggahan dan interaksi kamu dengan pengguna lain akan menjadi tidak terlihat sementara hingga kamu mengaktifkan kembali akunmu. 

Namun, penting untuk dijelaskan bahwa menonaktifkan profil Threads tidak mengakibatkan penghapusan data Threads atau memengaruhi akun Instagram kamu. Data kamu tetap utuh, dan keberadaanmu di Instagram tetap tidak terpengaruh oleh tindakan ini.

Bagaimana data dari akun Instagram kamu digunakan di Threads?

Meta menjelaskan, bahwa ketika kamu membuat profil di platform Threads, secara inheren profil tersebut terhubung dengan akun Instagram yang kamu gunakan untuk login. 

Sesuai dengan Kebijakan Privasi Meta, data yang terkait dengan akun Instagrammu digunakan untuk berbagai tujuan, mencakup mengimpor informasi profil kamu ke Threads, menyesuaikan feed kamu sesuai dengan preferensi kamu, dan sebagainya. Ya, persis kayak cara kerja algoritme Instagram.

Selain itu, data yang dikumpulkan dari Threads juga dapat dimanfaatkan untuk mempersonalisasi dan meningkatkan pengalamanmu secara keseluruhan di Instagram.

Risiko data bocor dan dimanfaatkan? Ho ya jelas. But, that how it works right? Kamu kan sudah punya Instagram, datamu juga dimanfaatkan loh. Kamu yang suka main TikTok, juga sama. Kamu yang suka belanja di syopi, tokped, juga sama. Kamu yang punya mobile banking, juga sama. So … ?

Menghapus Threads

Untuk saat ini, kalau kamu hendak menghapus akunmu di Threads, maka akun Instagram kamu juga akan ikut terhapus. Masih menurut Meta, ini merupakan salah satu isu terbesar yang sedang mereka cari solusinya sih. So, mari kita tunggu saja.

Akhirnya, semoga penjelasan ini membantu kamu dalam memahami aplikasi Threads by Instagram. Perlu diingat bahwa selama kamu menggunakan platform ini atau platform sosial media lainnya, selalu berikan perhatian khusus pada privasi dan keamanan data pribadi kamu. Jika ada pertanyaan lebih lanjut atau jika kamu mengalami kesulitan, jangan ragu untuk mencari bantuan atau meminta klarifikasi. 

Ingatlah, penggunaan media sosial yang aman dan bertanggung jawab berarti kamu dapat menikmati semua fitur dan manfaat yang ditawarkan tanpa harus khawatir. Selamat mencoba dan semoga menikmati pengalaman baru dengan Threads!


You May Also Like

1 comments

  1. Sekarang threads rasanya sudah sepi, mungkin ini perasaan pribadi aja kali ya, tapi emang rasanya pas awal rilis dan sekarang jauh berbeda.

    BalasHapus