Caranya Menulis dengan Bagus, Rapi, Cepat, dan Efisien

by - Juni 18, 2023

Caranya Menulis dengan Bagus, Rapi, Cepat, dan Efisien

Apa kabar semua? Saya balik lagi, dan semoga kali ini benar-benar balik ya. Heuheuheu. Sekarang bahas yang basic-basic ajalah. Karena toh, sekarang saya juga nggak terlalu banyak beraktivitas di perblogan, dan bergeser ke arah website secara lebih umum. Ternyata bisa tahu caranya menulis dengan bagus, rapi, cepat, dan efisien itu penting banget loh!

Kita hidup di zaman yang serba ngebut dan penuh persaingan, jadi bisa tahu caranya menulis dengan gaya yang oke, rapi, cepet, dan nggak ribet itu bener-bener keren banget. Mau kita penulis, kerja kantoran, masih kuliah, atau cuma pengin bisa nulis buat kebutuhan sehari-hari, keterampilan nulis yang mantap bakal bikin hidup kita makin asyik dan penuh peluang. 

Tapi, jangan kira jadi master nulis itu gampang, Ferguso. Butuh usaha, latihan, dan paham beberapa trik jitu. 

Nah, di artikel ini, kita bakal ngobrolin gimana caranya menulis, atau setidaknya meningkatkan skill nulis, supaya makin kece, tajam, dan efisien. 

Kenapa Kudu Tahu Caranya Menulis dengan Bagus, Rapi, Cepat, dan Efisien?

Seorang penulis pro harus bisa menulis dengan bagus, rapi, dan cepat karena beberapa alasan berikut.

Kredibilitas dan Profesionalisme

Sebagai seorang profesional, caranya menulis yang bagus dan rapi dapat meningkatkan kredibilitas penulis. Pembaca cenderung menghargai dan mempercayai karya yang ditulis dengan baik. Selain itu, penulisan yang rapi menunjukkan profesionalisme dan perhatian terhadap detail.

Memangnya, siapa yang akan menganggap serius penulis yang juga menulis tidak dengan serius kan?


Baca juga: 5 Kesalahan Penulis Sehingga Artikel yang Dihasilkannya Kurang Bisa Dipahami


Komunikasi yang Efektif

Kemampuan untuk menyampaikan pesan atau cerita dengan jelas dan tepat sangat penting bagi seorang penulis. Penulisan yang baik akan memastikan bahwa pembaca dapat mengikuti alur dan memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis tanpa kebingungan atau ambigu. 

So, kalau ada pembaca yang gagal paham, jangan dulu menyalahkan pembaca tersebut karena mereka nggak paham. Coba tanya dulu ke diri sendiri, jangan-jangan caranya menulis yang salah.

Menghemat Waktu dan Sumber Daya

Penulis pro sering kali harus bekerja dalam tenggat waktu ketat. Caranya menulis akan menentukan apakah bisa memenuhi tenggat waktu, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Karena waktu adalah koentji, terutama buat penulis grosiran. Kalau enggak bisa nulis cepat dan rapi sekalian, bakalan membuka peluang revisi lebih besar. Dan, revisi berarti buang-buang waktu.

Daya Saing di Pasar

Dunia penulisan sangat kompetitif. Kemampuan untuk menulis dengan cepat dan menghasilkan karya yang bagus dan rapi dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi penulis dalam mendapatkan peluang, seperti kontrak penerbitan, kesempatan kolaborasi, atau pekerjaan freelance.

Ya, siapa yang mau kerja sama penulis yang udahlah lelet, hasil kerja juga nggak rapi. Hadehhh … *pengalaman pribadi*

Menjaga Kepuasan Pembaca

Pembaca modern memiliki banyak pilihan, dan mereka cenderung lebih selektif dalam memilih apa yang akan mereka baca. Penulisan yang bagus dan rapi akan menarik perhatian pembaca dan membuat mereka tetap terlibat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan popularitas dan kesuksesan penulis.

Pengembangan Karier

Sebagai penulis pro, menulis dengan bagus dan cepat dapat membuka peluang karier yang lebih luas, termasuk penerbitan buku, kontribusi artikel, dan proyek penulisan lainnya. Penulis yang dapat menunjukkan keahlian mereka dalam menulis akan lebih mungkin mendapatkan pengakuan dan kesempatan di industri ini.

Penerimaan Kritik dan Revisi

Menulis dengan rapi dan efisien juga memudahkan penulis untuk menerima masukan dan melakukan revisi. Dengan struktur dan gaya penulisan yang jelas, penulis dapat lebih mudah melihat di mana perbaikan diperlukan dan melakukan perbaikan dengan cepat.

Dalam kesimpulan, kemampuan untuk menulis dengan bagus, rapi, dan cepat adalah aset yang sangat berharga bagi seorang penulis pro dan dapat berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesan mereka dalam karier dan industri penulisan.

Tips dan Caranya Menulis dengan Bagus, Rapi, Cepat, dan Efisien

Lalu, gimana caranya menulis dengan bagus? Gitu aja mungkin susah sih. Apalagi ditambah rapi, cepat, dan efisien. Hahaha, iya, nggak gampang. Tapi bisa kok. Apalagi kalau penulisnya memang mau belajar dan punya semangat tinggi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu penulis pemula dalam menulis dengan baik, rapi, dan cepat.

Pelajari Dasar-Dasar Penulisan

Sebagai langkah awal, pahami dan kuasai dasar-dasar penulisan, seperti tata bahasa, ejaan, dan struktur kalimat. Menguasai dasar-dasar ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk penulisan yang lebih lanjut.

Praktik Menulis Setiap Hari

Seperti keterampilan lainnya, praktik adalah kunci untuk menjadi mahir dalam menulis. Dedikasikan waktu setiap hari, meskipun hanya 30 menit, untuk menulis tentang apa saja. Ini akan membantu melatih kecepatan dan ketepatan penulisan kamu.

Buat Kerangka atau Outline

Sebelum mulai menulis, buatlah kerangka atau outline dari apa yang ingin kamu tulis. Ini akan membantumu tetap fokus pada topik dan mengurangi waktu yang kamu habiskan untuk berpikir tentang apa yang harus ditulis selanjutnya.

Kenali Pembaca

Mengetahui audiens yang akan membaca tulisanmu akan membantu dalam menyusun gaya dan nada penulisan yang tepat. Ini akan membuat tulisanmu lebih efektif dalam menyampaikan pesan kepada pembaca yang dituju.

Baca dan Analisis Karya Lain

Membaca karya penulis lain, terutama yang berpengalaman, akan membantumu memahami berbagai gaya dan teknik penulisan. Analisis bagaimana mereka membangun kalimat, paragraf, dan menyampaikan pesan.

Kembangkan Kosakata

Memiliki kosakata yang luas akan memungkinkanmu untuk menyatakan pikiran dengan lebih tepat dan bervariasi. Ini akan memperkaya tulisanmu dan membuatnya lebih menarik bagi pembaca.

Tentukan Tempat dan Waktu Terbaik untuk Menulis

Menemukan lingkungan yang nyaman dan waktu yang tepat untuk menulis dapat meningkatkan produktivitasmu. Ada yang mungkin lebih produktif di pagi hari, sementara yang lain mungkin lebih suka menulis di malam hari.

Kalau sudah ketemu waktu yang pas, dan juga ritme yang sesuai, akan lebih mudah untuk bisa menulis dengan bagus dan cepat.

Belajar Mengetik Cepat

Kemampuan mengetik yang baik pastinya bisa membuat proses membuat artikel juga cepat. Ada banyak kursus dan alat online yang dapat membantumu memperbaiki keterampilan mengetik.

Beberapa program dan aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan mengetik contohnya seperti 10FastFingers, TypeRacer, dan Keybr. Sudah ada yang pernah coba?

Minta Feedback

Jangan ragu untuk meminta feedback dari siapa pun yang kamu anggap berkompeten. Buat buibu, suami dan anak-anaknya bisa tuh dikaryakan. Anggaplah, mereka mewakili awam yang akan membaca artikel yang ditulis. Kalau mereka enggak paham, maka berarti pembaca lainnya pun enggak paham.

Jika memang ada, minta pendapat dan saran dari yang sudah lebih berpengalaman. Dengarkan masukan mereka. Mintalah kritik konstruktif dapat sangat membantu dalam memperbaiki kualitas tulisan kamu.

Revisi dan Suntingan

Setelah menyelesaikan draf awal, luangkan waktu untuk membaca kembali dan menyunting tulisanmu. Ini adalah kesempatan untuk memperbaiki kesalahan, mengatur ulang kalimat, dan memastikan bahwa tulisanmu rapi dan terstruktur dengan baik.

Jangan Takut untuk Memulai

Terkadang, ketakutan atau kecemasan bisa menghalangi penulis pemula untuk memulai. Jangan takut untuk membuat kesalahan dan ingatlah bahwa setiap penulis hebat juga pernah menjadi pemula.

Ingatlah bahwa menjadi penulis yang baik adalah proses yang berkelanjutan. Jadi, bersabarlah dan teruslah berlatih dan belajar.


Baca juga: The 5 Golden Rules of Blogging - Tip Blogging Pemula yang Mesti Selalu Kamu Ingat Sejak Mulai Ngeblog


Sebagai penutup, penting untuk diakui bahwa setiap langkah yang kita ambil dalam perjalanan kita, porosnya terletak pada keinginan untuk tumbuh dan berkembang. 

Dalam dunia yang terus berubah, adaptasi dan pembelajaran tak pernah berakhir. Mari kita pegang erat nilai-nilai inti yang memandu kita, sambil tetap terbuka terhadap kemungkinan-kemungkinan tak terbatas yang ada di depan. Keberanian untuk menghadapi ketidakpastian, kekuatan untuk tetap berkomitmen terhadap tujuan, dan kerendahan hati untuk belajar dari kesalahan adalah bekal tak ternilai yang akan membawa kita melangkah lebih jauh. 

Mau jadi penulis seperti apa kita nanti di depan, akan bergantung pada sikap kita sekarang ini.


You May Also Like

2 comments

  1. Kadang yang sulit menemukan ide dan memulai menulis. Kalau sudah mulai, kadang sudah mengalir nulisnya..

    Baca postingan ini jadi ada tambahan referensi untuk menulis..haha menulis setiap hari di tengah kesibukan lain masih struggling..😀

    BalasHapus
  2. Hai, Rocking Mama, I a back on the deck!

    Ini numpang respons ke komentar Mas di atas Wahyudin Tamrin.

    Aku juga pernah lho di posisi itu susah menemukan ide menulis, karena kebetulan aku kadang-kadang punya ekspektasi agar tulisanku juga bisa nangking atau minimal terindeks di google.

    ... lalu browsing dan menemukan salah satu cara mengadopsi Tips Google Search Console Insight!

    Jika Mas Wahyudi sudah pasang tool Google Search Console, coba klik "Search Console Insight" dan temukan "harta karun" di sana ya!

    Kalau belum pasang, ya, kudu pasang dulu ne.

    Tinggal browsing saja pakai kata kunci "Cara Pasang Google Search Console" di browser.

    Ganbatte, Mas!

    Buat the one and only Rocking Mama and The Redcarra,

    Honestly, aku terinspirasi banget nih dengan tips caranya menulis dengan bagus, rapi, cepat dan efisien, terutama bagian "Praktik Menulis Setiap Hari" serta "Baca dan Analisis Karya Lain" which is what exactly I just did it!

    ... and it works!

    Once again, thanks pumpkin!

    BalasHapus