What Were in 2017 and What Will Be in 2018 for CarolinaRatri.com?



Hae!
Akhirnya update juga ini blog. Huahahaha.

Ya ampun. Lama juga ya saya liburnya. Ya, emang perlu sih sekali-sekali membebaskan diri kan? Lagipula, ini juga jadi resolusi saya tahun ini sih.

Eh, bentar. Saya emang mau ngomongin soal rencana tahun 2018, tapi saya pengin ngeround up dulu 7 artikel yang tayang tahun 2017 dan yang banyak dibaca oleh teman-teman selama setahun kemarin. Saya rangkum berdasarkan data Google Analytics.


7 Artikel terbaik CarolinaRatri.com di tahun 2017


1. Bagaimana Cara Membuat Judul yang Menarik? - Telaah Judul 7 Artikel Terviral Hipwee



Buat saya, nulis artikel (yang enak dibaca dan disukai oleh orang banyak) itu gampang-gampang susah, dan menjadi seni tersendiri.

Dan, buat saya, kesempatan pertama dan terbesar artikel itu akan dibaca dan disuka oleh pembaca adalah pada judul. Sudah beberapa kali saya eksperimen dengan berbagai formula judul, baik saya sebagai penulis maupun saya sebagai pembaca. Hingga akhirnya, saya berkesimpulan, saya nggak bisa main-main dengan judul. Begitu judulnya nggak menarik, maka bhay!


2. The 5 Golden Rules of Blogging - Tip Blogging Pemula yang Mesti Selalu Kamu Ingat Sejak Mulai Ngeblog


Pada awalnya kita ngeblog secara impulsif saja. Tanpa mikir. Pokoknya saya pengin bikin blog, yang kayak Raditya Dika (kalau kamu fans-nya blog Raditya zaman dulu).
Kalau saya siapa ya, dulu yang meracuni saya akhirnya mendaftar ke wordpress? Kok saya lupa. LOL.

Oh well. Ya, itulah kekeliruan kita sebagai blogger pemula.

Seharusnya, kita nih mengerti dulu beberapa golden rules of blogging, kalau memang pengin  seperti yang saya amati dari para blogger luar yang lebih sukses dan lebih dulu profesional ketimbang kita.


3. Tips Sukses Ngeblog ala Beberapa Master Blogger Luar Negeri



Rasa-rasanya ngeblog sejauh ini kok ya gitu-gitu saja ya hasilnya? Pageview stagnan di angka segitu. Apalagi unique visitor, tak pernah bertambah. Kolom komentar sepi. Job review? Beugh, boro-boro. Ikutan lomba juga nggak pernah menang.

Ya, paling ramenya kalau udah minta dikunjungi dan diminta komen #eh wkwkwkwk.

Apa yang salah ya? Kurangkah kemampuan blogging kita?

Hmmm ... nggak juga sih. Mungkin bukan kurang mampu, tapi kurang maksimal saja. Lospokus, seharusnya yang harus dipentingkan adalah meningkatkan kualitas konten, ini malah sibuk ngasih blink blink nggak penting sana sini.


4. Mau Blog Tumbuh Optimal? Coba Cermati Beberapa Statistik Blogging Ini Deh!


Jalan-jalan ke banyak blog, saya sering mendapatkan banyak sekali statistik dan data yang menarik. Semisal, survei-survei yang telah membuktikan, bahwa kalau kita melakukan ini maka traffic naik sekian persen. Atau, sekian persen blog yang menerapkan teknik A, ternyata ranked highly di Google.

Sering nggak baca artikel-artikel yang menyebutkan data seperti itu?
Kalau kamu sering bw ke luar, iya, bakalan sering kamu lihat.

So, I intrigued untuk menjadikannya satu. Barangkali bisa jadi pegangan atau inspirasi kita kalau mau nulis artikel di blog yes? Nggak ada salahnya juga ikutan kan? Siapa tahu hasilnya juga baik.


5. 5 Ide Curhat Berfaedah untuk Ditulis di Blog



Curhat di blog emang boleh? Ya, bolehlah! Tapi kalau curhatnya curhat berfaedah, tentunya akan bikin orang terinspirasi untuk berbuat baik yang sama.

Coba sini kasih saya nama blogger, yang nulis curhat dan lalu viral. Asal curhatkah mereka? Enggak, pasti. Ada nilai-nilai yang ditawarkan di balik tulisan beratus-ratus kata itu.

Jadi, kamu mau nulis curhat? Boleh. Nih, saya kasih beberapa topik curhat berfaedah yang barangkali bisa kamu kembangkan menjadi tulisan curhat yang siapa tahu (kalau kamu bisa mengolahnya dengan baik) akan viral.


6. Idea Mining: Google Trends dan Cara Memanfaatkannya Sebagai Tambang Ide



Buat yang pengin nulis based on trend (para content creator, dan blogger juga kalau mau) dan masih buta soal Google Trends, dalam artikel ini saya tuliskan beberapa hal soal Google Trends yang bisa kita manfaatkan untuk mencari ide tulisan hingga menembak keywords.


7. FAQ - Pertanyaan Seputar Blogging yang Sering DItanyakan oleh Para Blogger Pemula



Beberapa kali saya berkesempatan untuk sharing seputar dunia blogging dengan teman-teman, kadang ya offline, online via Facebook Group, dan yang paling sering akhir-akhir ini, melalui WA group.

Dengan background peserta yang memang merupakan blogger pemula, saya lihat pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan memang berbeda-beda, tapi ada beberapa yang selalu ada dan mampir ke saya.

Nah, barangkali saja, ada blogger pemula yang juga nyasar ke sini, dan masih pula punya pertanyaan-pertanyaan ini di benak masing-masing *tsah*, saya akan tuliskan beberapa FAQ yang paling sering saya temui disampaikan dalam kulwap atau sharing saya seputar dunia ngeblog.


Nah, itu dia beberapa artikel di CarolinaRatri.com dengan jumlah pembaca terbanyak.


Ada beberapa hal menarik yang saya catat dalam aktivitas ngeblog saya sepanjang tahun 2017 kemarin


1. Penurunan kuantitas


Saya hanya bisa menulis 54 artikel saja selama 2017 kemarin, secara kuantitas turun dari tahun 2016 yang berhasil menayangkan 89 artikel. 

Tapi, memang saya tidak mengejar kuantitas sih sejak awal saya punya resolusi tahun 2017. Bisa teratur update seminggu sekali, itu sudah cukup.


2. Mostly diakses dari mobile


6 dari 7 artikel terbaik di atas adalah yang beralamat mobile. So, makin yakin deh saya, bahwa mobile web itu penting.

Blog kamu sudah mobile friendly belum?


3. Peningkatan Traffic


Meski kuantitas jumlah artikel ter-publish menurun, tapi ternyata traffic meningkat. Nggak terlalu signifikan sih, tapi ya nambahlah, sekitar 25%.

Means, goal saya cukup berhasil, yaitu menyediakan artikel yang tepat bagi para pembaca segmented yang memang benar-benar membutuhkan informasi yang saya punya.

So, tujuan saya berbagi sudah cukup tercapai.
Puji Tuhan :)



And, what will be in 2018?


Ada beberapa niatan sih untuk saya lakukan di tahun 2018 ini. Saya belum berani merincikan, karena semua masih berupa planning yang belum tereksekusi.

But, a few yang saya sudah benar-benar niatkan:

1. Giving up as a blogger


Eits. Sebentar. Ini bukannya saya mau berhenti ngeblog. Saya masih ngeblog kok, tapi saya bukan blogger. Saya hanya punya blog, yang akan saya update saat saya ada hal yang perlu saya catat di sini.

Semoga sih masih bisa seminggu sekali. Tapi kalaupun enggak, ya, yang penting saya masih akan sesekali nengokin blog ini, terutama. Masih akan sharing juga kok. Tenang aja.

Saya hanya tidak akan membatasi diri di blog pribadi. Istilahnya, saya mau memperluas kotak saya lagi. Menyebarkan tulisan lebih luas lagi ke mana-mana. Saya nggak mau dibatasi blog.

Sehingga, dengan demikian, mungkin saya akan semakin menarik diri dari event, dalam kapasitas saya sebagai blogger.

I'll see you dalam kapasitas saya sebagai seorang marketing person yang sedang networking dengan para blogger :))))



2. I will be more into content creating


Saya sih nggak akan berhenti memproduksi konten tahun 2018 ini. Ada beberapa proyek berjalan dengan saya yang bertanggung jawab di bagian content. 

Tapi niat besar saya, saya ingin memperkaya lagi. Banyak deh niatan saya belajar ini itu. Makanya, saya mungkin juga akan hiatus dulu sebagai speaker, narasumber dan mentor selama tahun 2018. Yah, yang 27 Januari besok mungkin jadi the last one.

Saya rasakan, semua ilmu saya sudah saya share dalam berbagai kesempatan. Sekarang tinggal dikit, jadi saya perlu upgrade lagi. Sehingga saya butuh waktu untuk diam dan belajar dulu.

Saya akan kembali dengan ilmu baru tentang content creation. Hopefully.


3. Menambah panjang portfolio


Dengan mengembalikan tujuan untuk meningkatkan kualitas diri sendiri, maka saya ingin menambah panjang portfolio.

Untuk portfolio tulisan, saya harus bisa menerbitkan 1 buku nonfiksi mayor lagi tahun ini, dan 1 buku fiksi indie. Sedangkan untuk portfolio sketsa, saya belum tahu gimana caranya. Tapi saya pengiiin deh, dapat proyek ngilutrasi buku lagi.

Semoga dapat deh, tahun ini.


4. Mengembangkan bisnis


Plus saya lagi niat mengembangkan bisnis brand Rocking Mama. Ada beberapa strategi bisnis yang sudah saya ajukan untuk Rocking Mama, dan siap untuk dieksekusi.

So, saya mau fokus dulu di bagian ini, dan barangkali akan sedikit menyedot tenaga juga sih. Makanya, ada beberapa hal yang mesti saya geser prioritasnya, di antaranya ngeblog.




Nah, itu dia beberapa niatan besar saya tahun ini. Semoga diaminkan semesta :))) Tahun lalu, saya juga tulis niatan besar saya--meski tidak di blog--dan, Puji Tuhan, semua tercapai.
Saya jadi percaya akan harapan yang dituliskan itu biasanya juga jadi motivasi kita untuk mewujudkannya.

Iya nggak sih?

Selamat menjalani tahun 2018 yang lebih baik ya.

13 komentar:

  1. Amin. Semoga target 2018 ini tercapai ya mbak....

    Jangan ngilang ya mbak. kan nanti saya ndak dpt tulisan menarik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ngilang. Minimal masih ketemu di WA kan? :))))

      Hapus
  2. Aku baru baca tulisan ini dari Mas Dani. Judul2nya menarik bgt. Kudu aku buka nih 7 artikel itu. Aku termasuk blogger moody. Huhuhuu.. Klasik sih krn ada toddler yg menghabiskan waktu dan tenaga. Smg tahun inj bs lbh banyak konten nonacara di blog aku

    BalasHapus
  3. Wah saya pasti merindukan tulisan mba Carra nih. Soalnya tiap minggu saya suka nunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok merindukan, kenapa?
      Aku kan nggak berenti nulis juga. :)))))

      Hapus
  4. Aamin semoga tercapai semua ya. Ini baru anti mainstream. Kalau yg lain ngamuk2 udah punya blog tp nggak dianggep blogger karena nggak pernah nulis, ini malah nggak mau dianggap blogger meskipun blognya rame. Ntar kalau networking sama blogger, colek aku ya. Aku butuh aliran transfer sebanyak-banyaknya buat persiapan pensiun. Hahaaa. Btw aku juga ada penurunan kuantiatas konten. Tapi beda dengan dirimu yg malah ada kenaikan pv, pvku anjlok krn siapa sih yg butuh diy & craft? Beda dg konten ttg ngeblog, semua butuh, apalagi yg bikin suhu. Tp nggak apa2, aku ngejar kepuasan & branding saja. Meskipun sedih juga sih kalau nggak payu jadi buzzer lantaran pv kurang dahsyat wkwkwkwkw... loh kok ketawa? Hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Ntar kalau networking sama blogger, colek aku ya"

      Siapppp! :D

      Hapus
  5. Amiiin... Semoga niat berhenti jadi blogger dan semakin meluaskan jangkauannya tercapai. Marketer yang networking sama blogger itu keren banget loh.

    BalasHapus
  6. kayaknya bakalan lebih banyak konten-konten kreatif dari tiap niche ya mbak.

    BalasHapus
  7. Amiin utk resolusinya... Wah, Mbak Carra makin keren dan menginsipirasi nih^^

    BalasHapus
  8. Aku juga jarang ngeblog sekarang, lagi riweuh sama rumah tangga *alesaaaan :D
    Aku ngerasa makin ke sini kok tulisanku "kayak gini aja" ya, kalo mom Carra ngeblognya sesekali tapi kan berkualitas.

    BalasHapus