Shadowban Instagram: Apa yang Perlu Kamu Tahu



Suka bingung tiba-tiba engagement di Instagram menurun drastis--nggak ada yang ngelike, nggak ada yang ngefollow, apalagi ngomen. Padahal kayaknya semua normal saja.

Yah, kalau memang semua normal, tapi kamu tetap tak juga mendapatkan engagement apa pun hingga keesokan harinya, well, kemungkinannya sih kamu kena shadowban Instagram.

Saya sih sebenarnya sempat ngebahas soal shadowban Instagram ini secara sekilas di postingan soal algoritma Instagram yang berubah kapan hari.
Tapi, yah, mari kita bahas lebih detail lagi.

Mumpung template blognya baru juga nih. Gimana menurutmu? Bagusan ini apa yang kemarin? *lha, malah nanya template*

Balik lagi ke Instagram yuk.

Saya akan bahas secara ringkas aja deh, apa itu shadowban Instagram, gimana tanda-tanda kena shadowban, bagaimana cara menghindarinya, apa yang perlu kamu lakukan kalau kena shadowban, dan beberapa hashtag terlarang untuk digunakan di Instagram, yang bisa bikin kamu kena shadowban.

Beugh. Emang, kebanyakan aturan banget. Tapi ya sudahlah, sebagai warga Instagram yang baik--plus sebagai orang yang cuma nitip lapak di sana--kita mau nggak mau mesti nurut. Yekaaan?


Apa itu shadowban Instagram?


Shadowban Instagram. Image via PetaPixel


Shadowban adalah kondisi saat konten kamu diblock oleh suatu website, aplikasi atau layanan tertentu sehingga tak bisa dilihat secara umum. Parahnya, kondisi ini diberikan secara ujug-ujug aja gitu, tanpa peringatan, tanpa pemberitahuan.

Saya sendiri baru mengenal si block bayangan ini di Instagram. Saya belum pernah menjumpainya di media lain. Kayaknya kalau di Twitter, kalau mau di-suspend ya suspend, gitu. Ada pemberitahuan, bahwa mungkin kita melanggar aturan ini itu, lalu disuruh ngecek. Kalau ada kesalahan, kita bisa protes.

Di Facebook juga sama. Ada pemberitahuan, bahwa konten kita melanggar, misalnya karena nudity atau apalah, alasannya. Kalau ada kesalahan, kita boleh protes.

Di Instagram ini tau-tau aja gitu, nggak dimunculin di explore. Biarpun dikasih hashtag segambreng, ya enggak akan kelihatan di mana-mana. Cuma bisa dilihat oleh follower, itu pun ya cuma sebentar.



Apa saja tanda-tanda kita kena shadowban Instagram?


Ada beberapa hal yang kelihatan banget sih, di antaranya:

1. Engagement ngedrop drastis. 


Yang biasanya dapat 100 lebih likes, tahu-tahu cuma belasan. Yang biasanya dapat komen banyak juga kok enggak ada yang komen sampai seharian.

Saya pernah nih, dengan sengaja "menguji". Biasanya saya dapat like itu memang enggak terlalu banyak, karena postingan saya di Instagram bukan jenis yang populer. 40-an saja sudah bagus. Kali itu saya sengaja pakai hashtag yang terlarang.

Terus ... terus ya, saya cuma dapat 3 like dari follower doang. Hahaha.
Yep, itu langsung ya. Nggak ada jeda-jeda.


2. Nggak dapat follower baru


Normalnya, setiap kali kita posting satu saja, maka adaaa aja follower nambah meski cuma sebiji doang juga.

Nah, konon nih, kalau kita beli follower, taruhlah beli 2000 follower nanti akan ada follower drop. Bisa jadi hanya akhirnya cuma setengah, dan itu tuh terus berkurang. Nggak pernah nambah.

Ya, beli follower memang dilarang di Instagram. Ini saya belum pernah coba sih. Hehehe. Baru konon. Silakan lo, kalau mau ada yang "menguji". Wkwkwkw.


Nah, memang dua hal itu sih yang paling bisa kita pakai sebagai penanda kalau kita kena shadowban. Kalau mau lihat lebih pasti, kamu kena shadowban atau enggak, coba cara ini:

  • Posting di Instagram, pakai hashtag yang spesifik dan enggak populer. Yang kira-kira cuma kamu doang yang pakai.
  • Lalu, ganti akun. Kan biasanya pada banyak tuh akunnya :P coba search hashtag yang tadi dipakai.
  • Kalau enggak muncul, ya berarti kamu kena shadowban.



Kalau sudah kena shadowban Instagram, so ... ?


Nah, kita akan bahas apa tindakan yang bisa kita lakukan kalau sudah terkena shadowban ya. Tindakan pencegahannya sehabis ini deh nanti.

Kalau sudah telanjur kena shadowban gimana? Apa yang harus kita lakukan supaya shadowban-nya cepat ditarik?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:
  • Jangan pakai hashtag yang terlarang. Ya ya, nanti di bawah saya akan kasih bocorannya.
  • Postinglah secara normal, menggunakan handphone. Jangan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Latergramm, atau Hootsuite, atau apa pun yang bukan langsung dari Instagram-nya.
  • Kalau masih belum ditarik juga, berhentilah posting, like dan kasih komen dulu di Instagram. Cutilah dulu dari Instagram.
  • Kalau akunmu adalah akun Instagram Business, maka ganti dulu ke Personal.
Biasanya sih dengan beberapa langkah di atas, shadowban kamu akan ditarik juga.



Apa yang harus dilakukan supaya enggak kena shadowban Instagram?


Kalau kata Instagram team sih begini. Image via Meltwater.


Ya, mencegah tentu lebih baik daripada "mengobati". Mendingan kamu behaving aja deh di Instagram, ketimbang nyoba trik ini itu yang malah bikin kamu kena shadowban.

Garing tauk kalau enggak ada yang ngelike tuh. Iya nggak sih?

Jadi apa yang harus kamu lakukan supaya enggak kena shadowban?

1. Post natively


Artinya, jangan pakai bot atau aplikasi auto-posting.

Ini adalah jalan yang paling aman. Post langsung di Instagram, nggak usah pakai scheduler. Posting kek manusia biasa.

(((kek manusia biasa)))


2. Jangan nyepam


Memang enggak ada batas kita boleh posting berapa banyak di Instagram, tapi ya jangan berlebihanlah. Tiap menit posting selfie keliatan bibir doang, gitu kan ya genggeus. Kalau bikin genggeus rangorang, ya kamu bisa dilaporin juga. Hahahaha.

Jadi ya biasa ajalah.

Jangan pula nyepam di akun orang. Jangan follow atau like langsung banyak, pun tiba-tiba dapat follower 5000--yang bisa terindikasi beli follower.


Situs radianelephant.com sih menyarankan, jangan sampai melebihi 150 likes, 60 komen, dan 60 follow/unfollows per jam.



3. Hati-hati dengan penggunaan hashtag


Maksimal memang Instagram bisa "menerima" penggunaan hashtag sampai 30 biji. Tapi ya, keknya nggak perlulah sampai full 30 hashtag. Ini namanya hashtag abusing. Big no no buat Instagram.

5 - 10 saja sudah cukup. Ini menurut beberapa orang influencer luar ya.



Lalu, apa saja hashtag yang terlarang digunakan di Instagram?


Here are some of them.


Sumber: Radiant elephant


 
Sumber: Plannthat.com


Oke, hashtag terlarang lainnya, bisa kamu simak di Chirpstory, tempat saya ngumpulin materi tweetnya #MakminSpesialisMalam Kumpulan Emak Blogger ini ya. Hehehe.

Ya, banyak soalnya, cyin!

Nah, ada baiknya, kalau kamu mau pakai hashtag itu kamu cek dulu deh, termasuk ke hashtag terlarang apa bukan. Cara ngeceknya juga ada di tautan Chirpstory di atas. Soalnya hashtag ini kadang ya safe, terus tahu-tahu di-ban tanpa pemberitahuan gitu aja.

Jadi, emang rempong ya.


Nah, semoga hal ini bisa jadi bekal kamu kalau pengin jadi influencer di Instagram. Kalau cuma mau kek saya, buat nyimpen foto doang mah, nggak usah pedulilah. Yang penting bahagia.

6 comments:

  1. Saya baru tahu ada hastag terlarang Mba. Wah kalau gitu saya harus hati-hati. Kalau saya lebih suka template yang ini Mba. Terus sekarang Mba Carra udah pasang iklan adsensenya ya ☺️👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha. Makasih lo, Mbaaaak, udah diperhatiin, ada adsensenya juga. Wkwkwkw. Gpplah ya, sekadar jajan, Mbak. Semoga iklannya nggak terlalu mengganggu yah. Hehe.

      Delete
  2. hahaha, saya kena shadowbanned gara-gara hastag mirror selfie. Biasanya dapat like puluhan ini cuman dapat like dari follower doang. Akhirnya saya pindah dari akun bisnis ke personal. Cuti ngelike dan log out selama 2 hari dari IG dan menghapus hastag tersebut. Alhamdulillah IGku lancar deh. Sempat khawatir karena akun utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Syukurlah, Mbak, udah normal lagi.
      Iya sebenarnya sih shadowban enggak akan ngaruh apa2 kecuali ke exposenya aja yg kurang. Tapi kalau keseringan shadowban juga mungkin bakalan kenapa2 juga.

      Delete
  3. Wah ternyata memang ada list hashtag terlarang ini, ya. Lagian ada juga orang yang pake #hairychest wkwkwk *geliii*

    Makasih sharing-nya, Mba! Selalu menambah wawasan :D

    ReplyDelete
  4. Banyak juga hashtag yang di-banned ya mba.. Baru tau aku.. Untung yang biasa aku pake enggak ada.. :D Tapi aku kayaknya juga suka kebanyakan ngasih hashtag di postingan IG, meski enggak sampai 30 juga sih.. Hihi.. TFS ya mba..

    ReplyDelete