3 Jenis Konten Interaktif untuk Lebih Menarik Minat Pembaca (Bonus: Mengurangi Bounce Rate)



Sudah bikin konten tertulis yang cetar? Sudah juga bikin konten visual yang apik; image-image yang bercerita juga video yang keren? Sudah cukup? Hmmm. Mungkin belum. Mau cobain bikin konten interaktif?

Yang kek apa tuh, konten interaktif?
Konten interaktif itu adalah konten yang membuat pembaca langsung terlibat gitu. Misalnya polling, kuis, dan sebagainya itu loh.

Bisa emang?
Bisa banget.

Yes, konten interaktif termasuk salah satu konten yang bisa banget menarik perhatian target audience, dan bisa "memaksa" mereka untuk tinggal lebih lama di blog kita. Nah, ini nih yang bisa menurunkan angka Bounce Rate.

Sudah tahu kan, kecenderungan perilaku para pembaca online? Mereka itu kalau mau baca, nggak mau lama-lama, maunya cepet, tapi fully informed, langsung tersolusikan tanpa perlu baca lama-lama.

Ya, kek gitulah, karakter pembaca online.

Nah, konten interaktif ini bisa jadi salah satu cara untuk "memaksa" mereka untuk tinggal lebih lama.

Meski konten interaktif ini menjadi salah satu jenis konten "primadona" lantaran bisa menarik pembaca, tapi teteup ya, sifatnya suplemen alias tambahan saja. Konten utama kita tetap pada tulisan. Jadi, jangan sampai, posting cuma berupa embed polling tanpa ba bi bu. Kita mesti berpikir secara keseluruhan. Beri konten irresistible berupa tulisan, tambahkan konten visualnya, terus tambahin lagi konten interaktif. 

Sejujurnya saya juga belum pernah coba sendiri nih, konten-konten interaktif ini. Tapi kemarin sempat saya kumpulkan pas saya masih mengasuh portal mamah-mamah muda itu, demi untuk menambah kekayaan jenis konten yang disajikan. Tapi ya gitu deh, nggak sempat dipakai.

Hokeh, sebelum saya sedih lagi :)) mari balik ke topik yah.

Jadi, ketimbang sourcenya terbuang percuma karena hanya ngendon di Trello saya, maka mendingan kan saya share aja di sini. Siapa tahu ada yang mau cobain di blog. Nanti kalau benar ada yang cobain, boleh colek saya dan kasih pendapatnya ya. Saya kan kepo. Hehehe. Nanti entah saya tambahin di sini, atau bikin artikel baru lagi, kita lihat saja. Ok?

Ok. Dan, ini dia.

3 Jenis Konten Interaktif yang Bisa Ditambahkan di Blog

1. Polling



Mau bikin polling di dalem blog kamu? Bisa nih, pakai ini. Easypolls

Cara menambahkan Easypolls juga gampang banget.
Buat akun, masukkan pertanyaan-pertanyaanmu, beri beberapa opsi, dan pilih desain serta warna. Udah, itu aja!

Kalau sudah lengkap semua, kamu akan bisa lihat kode yang bisa disematkan. Jajak pendapat yang kamu buat dapat disematkan di salah satu halaman artikel di blog kamu, atau kamu dapat menautkan ke homepage.

Easypolls gratis untuk digunakan, tetapi halaman utama polling akan menampilkan iklan banner di bagian bawah. Nggak apa-apalah. Nggak terlalu mengganggu juga.


2. Online quiz


Ada yang suka ikut online quiz lucu-lucuan itu enggak sih? Kek yang sering ada di Buzzfeed, atau situs-situs sebangsanya. Yang kek, "Which Spice Girl Are You?", atau "How Minnesotan Are You?", "How Much Do You Know about Tacos?" gitu loh.

Ngerti kan?

Kamu juga bisa bikin loh.

Ada beberapa tools sih yang direkomendasikan. Salah satunya, Qzzr. Gampang banget nih, bikin pertanyaan-pertanyaannya, desainnya juga oke. Bahkan kamu dapat menambahkan gambar bekgron sendiri, ataupun nambahin gambar untuk setiap opsi multiple choice.

Nah, dulu saat saya masih ngurusin portal mamah muda itu, Qzzr ini memang ada opsi free account. Sehingga saya pernah coba, meski belum diaplikasikan ke situsnya.

Tapi sekarang sudah enggak ada produk gratisan lagi. Jadi berbayar. Tapi kita bisa free trial 14 hari. Ya, kalau sekali doang bisa sih. Hahaha. Cukup itu mah 14 hari buat kuis. Wqwqwq. Habis itu, ga usah dipakai lagi. *dikeplak, ngajarin nggak bener*

Tapi ada kok tool quiz maker lain yang free. Salah satunya Flexiquiz. Hanya saja, keknya Flexiquiz ini enggak bisa embed di blog. Paling-paling kita bisa bikin kuisnya di TKP, lalu sematkan tautan di artikel. Jadi, kurang okelah kalau buat Bounce Rate yak.

Well, coba deh nanti saya riset lagi (dan mungkin juga nyobain) tools quiz maker yang lain.
Will be updated upon nanti yah.


3. Kalkulator Online



Mungkin kamu pernah nyobain kayak kalkulator simulasi KPR, atau kalkulator kalender cina yang online gitu?

Nah, ini nih tools-nya.

Kamu bisa pakai Calculoid.

Dengan Calculoid, kamu dapat membuat halaman kalkulator khusus yang dapat memproses banyak titik input untuk menghasilkan hasil. Kamu dapat, misalnya, menunjukkan kepada pelanggan berapa banyak uang yang mereka hemat untuk beralih ke pencahayaan LED berdasarkan jumlah perlengkapan, tagihan daya bulanan, dan jam mereka menyalakan lampu.

Ya pokoknya kek Excell deh, asal kita sudah punya rumusnya, maka akan mudah untuk dibikin deh kalkulatornya.

Nah, untuk pakai Calculoid ini memang ada akun gratisannya, tapi ya gitu deh terbatas banget. Kalau yang berbayar, bisa langsung disetting untuk menerima online payment, yang gratisan enggak. Bisa dieksplor lebih jauh di bagian Pricing yah.

Oh iya, dan soal currency. Sepertinya saya baru liat euro sama dollar aja. Nggak liat rupiah dalam opsinya. Boleh dicek aja deh, kalau ada yang mau coba yah.

Next, kalau ada alternative to Calculoid, dan saya sudah coba, saya akan update lagi.



Yep, internet adalah tempat yang pada dasarnya interaktif. Mengapa menjadikan kontenmu hanya satu arah? Sepertinya, di era berikutnya, konten interaktif bakalan lebih berkembang. Tools-nya saya kira juga akan bertambah. Kita lihat saja.

Konten interaktif dapat membawa lebih banyak nilai tambah kepada audiens dan strategi konten. Kamu dapat menggunakannya untuk memulai dialog, mengenal pembaca blogmu secara lebih dekat, sambil menghibur mereka dan memberi informasi. Keren kan?

So, apakah kamu sudah siap bereksperimen dengan konten interaktif dalam blog kamu?



3 komentar:

  1. Keren banget kak. Beneran ga kepikiran sebelumnya ada jenis konten seperti ini. Langsung coba nih.....

    BalasHapus
  2. Belum berniat untuk membuat konten interaktif yang terpenting bagi saya sekarang rutin bisa mengisi setiap minimal satu minggu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada yang mewajibkan juga kok. Just an idea. Thanks anyway ;)

      Hapus