10 Situs Hosting Video Terbaik

by - Desember 19, 2019



Zaman sekarang, marketing harus hadir dalam berbagai format. Dan video adalah salah satu format terfavorit. Coba deh, sekarang, mana ada brand atau bisnis yang enggak memanfaatkan konten video ini? Lama kelamaan, blogging juga sama saja. Enggak cukup dengan tulisan doang. Sekarang saja, banyak kok teman blogger yang sudah mulai melengkapi kontennya dengan vlog atau podcast.

Makin canggih deh pokoknya ya.

Tapi ... Menyematkan video itu quite something. Tricky.

Ya udah, tinggal unggah aja ke blog gitu doang kan?

Errr ... no. Kita butuh tempat khusus di dunia maya untuk menyimpannya. Karena file video itu pastilah gede. Satu video--dengan resolusi yang bagus--biasanya akan butuh size bergigabytes. Beberapa kali saya unggah video punya klien itu minimal adalah 1 GB dengan play time 10 menitan, dengan resolusi tinggi.

Sekarang, berapa kapasitas server blogmu?

Unggah video langsung ke hosting server itu bakalan makan tempat. Ini alasan pertama. Alasan kedua, bandwidth. Kalau ada yang bilang, "Kok enggak sewa hosting yang unlimited aja? Kan banyak yang harga murah sekarang."

I tell ya, baby. THERE'S NO SUCH UNLIMITED SPACE.
Enggak ada itu unlimited bandwidth. Apalagi tambah kata MURAH.

Kalau ada, boleh info saya ya, disertai detail spesifikasinya. Boleh email aja ke mommycarra@yahoo.com, boleh kasih penawaran dan pricelist sekalian. Ntar saya pindahin deh semua hosting blog yang saya urus ke situ.

Anyway ....

Mau pasang video yang resolusinya kecil aja, biar ngirit tempat? Bakalan blur, nggak enaklah ditonton.

Lalu gimandong? Ya, mesti pakai hosting video tersendiri.

Selama ini pake apa? Youtube-lah ya. Kek orang-orang.
Tapi ada lo, ternyata situs hosting video lain yang bisa juga kita manfaatkan buat nitip video buat ditayangin di blog ataupun situs lainnya.

Mari kita lihat.

10 Situs Hosting Video Terbaik


1. Youtube




Of course, saya mau bahas Youtube dulu yang pertama. Di mana lagi, yekan?

Youtube adalah media sosial berbasis sharing video terbesar yang bisa kita pakai sekarang ini. Manalah gratis lagi. Bahkan, kalau memenuhi kriteria tertentu, kamu malahan bisa dapat penghasilan dari video-video yang kamu unggah.

Dan, menurut Youtube stats sendiri, sekarang ini video yang diupload setiap harinya kalau ditotal bisa sampai 300 jam panjangnya.

So, well yeah, karena gratis ini, makanya kamu enggak bisa ad free ya. Customization-nya juga terbatas. Maksimum file adalah 128 GB, atau 12 jam video. Mudah embed-nya ke blog ataupun web, dan sudah pasti terpercayalah ya.


2. Facebook



Facebook merupakan platform oke lainnya yang bisa dimanfaatkan buat nitip video. Yah, udah tahu dan familier pake sih pastinya.

Keunggulan lain sih, bisa sekalian pamer juga di Facebook-nya sendiri, selain bisa embed ke web atau blog.

Facebook bisa menampung video sepanjang maksimal 240 menit, atau maksimum sebesar 4 GB. Memang enggak sebesar Youtube, tapi lumayanlah ya. Bisa live streaming juga. Tapi resolusinya juga terbatas, maksimal hanya 720p aja.


3. Vimeo



Situs hosting video ketiga yang oke adalah Vimeo. Pertanyaannya: sekarang Vimeo masih diblokkah oleh pemerintah? (ketahuan males ngecek) Kalau iya, well, mesti pake VPN sih ngaksesnya. The bad news is--kalau masih diblok--pemirsa videomu juga mesti pake VPN liatnya, meski sudah embed ke blog atau situs lain.

Yah. Indonesia.

Vimeo menawarkan basic plan yang gratisan, juga ada Plus Plan, Pro Plan, Business Plan, dan Premium Plan. Cencunyah dengan fasilitas dan fitur masing-masing.

Buat yang gratisan kamu bisa unggah video sampai maksimal 500MB setiap minggunya. Plan tertinggi, Premium Plan, punya storage sebesar 7 TB.

Vimeo juga dilengkapi dengan beberapa marketing tools yang cukup useful, misalnya seperti user friendly dashboard, video analytics, dan seterusnya.


4. Periscope




Agak berbeda dengan situs-situs hosting video sebelumnya, Periscope hanya memungkinkan kita untuk merekam secara live, tapi enggak bisa upload video yang sudah pre-recorded. Live streaming yang kita lakukan bisa disimpan, dan ditonton oleh mereka yang barangkali ketinggalan live-nya.

Sangat user friendly. Ada live chat, supaya terjadi komunikasi dua arah selama live streaming. Bisa dicoba kalau misal kamu mau bikin semacam webinar gitu.

Tapi ingat ya, videonya hanya disimpan selama 24 jam aja. Jadi kayak Stories gitu.


5. DailyMotion




Pasti belum terlalu familier ya dengan situs hosting video satu ini? Padahal DailyMotion ini bisa dibilang pemain cukup lama di area hosting video lo.

Beberapa orang yang suka memanfaatkan DailyMotion ini bilang, dasbornya adalah yang paling simpel dari semua platform. Meski demikian, file sizenya terbatas juga sih. Maksimal file size 2GB saja, atau 60 menit doang, walaupun storage dan bandwidthnya unlimited.

Tapi video-video di DailyMotion ini bisa dimonetasi kalau mau. Juga tersedia fasilitas embed, supaya bisa dipasang di blog ataupun situs kita.


6. Wistia


Wistia ini juga sepertinya belum populer di sini. Saya sendiri juga belum pernah coba, tapi konon, Wistia punya tools marketing yang paling lengkap. Jadi memang paling cocok nih buat naruh video-video bisnis. Wistia terintegrasi degan Marketo, WordPress, Mailchimp, dan sebagainya.

Wistia menawarkan akun gratisan (dengan fitur terbatas pastinya), dan akun berbayar (yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita). However, kalau mau pakai Wistia, perlu juga mempertimbangkan mengenai besaran file, karena bandwidthnya ada batasan.


7. Sproutvideo




Sproutvideo enggak menyediakan akun gratisan, tapi kalau memang butuh situs hosting video berfitur lengkap, barangkali kamu bisa mempertimbangkan Sproutvideo ini.

Sproutvideo menyediakan space sebesar 500 GB, dengan bandwidth 500 GB juga. Kalau kurang, kita bisa nambah sebesar $0.08 per giganya.


8. Jetpack



Yes, Jetpack is not just a WordPress plugins. Jetpack menyediakan akun gratis, ataupun berbayar: Personal Plan, Premium Plan, dan Professional Plan.

Enggak cuma menyediakan ruang buat nitipin video, Jetpack juga memberikan banyak tools yang bisa kita pakai untuk meningkatkan performa situs ataupun blog kita.

Ya, kali kalau kamu punya blog atau situs berplatform Wordpress, Jetpack ini bisa dicoba, karena memang didesain dengan baik untuk digunakan di WordPress.


9. Brightcove



Brightcove juga merupakan salah satu situs hosting video premium yang bisa dicoba juga. Enggak ada akun gratisan ya. Semua berbayar, but memang dia ini targetnya adalah para high quality player di video.

Kamu bisa sekaligus ngedit video di Brightcove, jadi emang enggak cuma tempat buat nyimpen doang. Juga tersedia fasilitas live streaming, bahkan kamu bisa membuat interactive video juga di sini. Customized abis deh pokoknya.


10. Vidyard



Seperti Brightcove, Vidyard menyasar bisnis, para marketing professional, dan high quality video player, sehingga ia menawarkan fitur-fitur yang lebih. Ada sih akun gratisannya, tapi yah you knowlah, pasti fiturnya paling terbatas.

Vidyard supports 4K video dan immersive 360-degree videos. Juga tersedia fasilitas live streaming, unlimited storage and bandwidth, juga ada fitur-fitur interactive videos.

Bisa dicoba ;)


Nah, banyak kan pilihannya? Tinggal kebutuhanmu aja nih, kek gimana.

Selamat memilih!

You May Also Like

0 comments