Kelamaan Hiatus? 5 Alasan untuk Balik Lagi Nulis di Blog

by - April 27, 2020



Siapa di sini yang blognya seakan “mati segan hidup tak mau”? Dibiarkan hiatus berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun? Nggak pengin balik lagi nulis di blog, emangnya?

Blog merupakan sarana menulis digital masa kini yang sudah berkembang sejak lama. Walau hanya menulis curhatan atau pengalaman kecil yang dialami, menulis di blog bisa jadi sarana yang ampuh untuk “melampiaskan” yang ada di pikiran. Setelah dijalani, kegiatan ini memang sangat menyenangkan karena bisa membuat otak rileks dan pikiran terang benderang.

Coba diingat-ingat, saat pertama kali punya blog, pasti kamu semangat banget ngisinya, yekan? Lalu setelah ada kesibukan lain, blognya jadi terbengkalai. Saking sibuknya, jadi tidak ada celah sedikit pun untuk meng-update blog dan jurnal maya itu lalu jadi hiatus selama satu minggu, satu bulan, atau malah satu tahun.

Di sinilah, jiwa seorang bloger lalu diuji dalam hal konsistensi juga eksistensi.

Padahal menurut informasi di kalangan teman-teman, ada banyak lo yang sukses meninggalkan profesinya sehari-harinya sebagai karyawan dan fokus menjadi seorang full time bloger. Bahkan ada yang tadinya bergaji 20 juta sebulan, yang dengan berani meninggalkan penghasilan tetapnya untuk terus menulis di blog. Ckckck.

Kalau kamu begitu, tentu akan ada banyak orang yang mengira “gila” atau “bunuh diri”, karena meninggalkan sesuatu yang sudah nyaman. Padahal, apa yang tidak mungkin? Menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar pun menghasilkan, kok. Pundi-pundi uang pasti datang dengan sendirinya, jika hobi yang sesuai panggilan hati dilakukan dengan sungguh-sungguh. Akan ada banyak keuntungan yang datang, jika konsisten menulis di blog.

Jadi, kalau suatu saat tiba masanya kamu sulit membagi waktu dan blogmu jadi “mati segan hidup tak mau, coba perhatikan 5 alasan berikut ini untuk balik nulis di blog lagi.


5 Alasan untuk Balik Nulis di Blog Setelah Sekian Lama Hiatus

1. Memberikan manfaat untuk banyak orang

Apa pun tulisan kamu, sadarilah bahwa itu akan memberikan manfaat bagi banyak orang. Tidak ada yang sia-sia, bahkan sekadar curhatan pun dapat menjadi pelajaran bagi yang lainnya.

Blog memang biasanya berisi hal-hal yang mempunyai nilai tersendiri. Bukan hanya untuk “melampiaskan” emosi penulisnya, tapi ada pesan yang tersampaikan darinya. Apalagi jika ditulis dengan sepenuh hati, pasti mendatangkan banyak pembaca yang merasa related, pernah mengalami kejadian yang sama.

2. Tantang diri untuk konsisten

Ini penting untuk kemajuan diri. Keseriusanmu dipertanyakan, kedisiplinan diri digembleng. Jadi, demi blog yang selalu terpelihara dan bisa bermanfaat bagi banyak orang, kamu harus bisa menantang diri sendiri untuk terus konsisten menulis dan meng-update blog.

Hasilnya tidak hanya upgrade diri, tapi juga dikenal luas oleh para pembaca karena bisa mengukuhkan sebagai full time bloger. Dan jika sudah menyandang predikat “full time blogger” maka bersiaplah untuk menerima berbagai tawaran pekerjaan yang datang.

Yuk, semangat makanya!

3. Menyebar informasi

Semua yang tertulis di dunia maya dan dibaca oleh para peselancarnya adalah informasi. Jadi, berbangga dirilah karena kamu menjadi salah satu tim penyebar informasi.

Ini amanah yang cukup berat lo! Jadi, pergunakan “wewenang” itu sebaik mungkin agar apa yang kamu tulis dapat menyampaikan informasi yang baik, benar dan terpercaya.

4. Blog adalah portofolio

Ingat, membuat blog itu adalah membangun portofolio. Dengan terus menulis dan rajin memelihara blog, kemampuanmu jadi semakin hebat dan wawasanmu jadi semakin luas.

Ini adalah modal dasar untuk menjadi seorang bloger profesional yang kamu ukir sendiri di dalam jurnal maya. Sebuah ukiran portofolio yang kokoh, yang di kemudian hari bisa dipakai untuk menawarkan jasa kepada klien yang membutuhkan.

Nah, kamu bisa balik lagi nulis di blog setelah hiatus, dan mulai lagi dengan niatan ini, ya!

5. Mendapat networking yang luas

Menjadi bloger, pastinya mendapat teman baru, kenalan baru, klien baru.

Networking kamu jadi meluas dengan sendirinya. Semuanya ini tentu juga membawa manfaat tersendiri, seperti ilmu yang baru dari para kolega dan berbagai kesempatan kerja. Apalagi jika mendapat networking para bloger-influencer yang bisa mempromosikan blog kita ke followernya atau koleganya.

Perkembangan dunia maya itu jauh lebih cepat dari dunia nyata, lo! Tanpa disadari, kamu sudah menjalin hubungan dengan orang-orang yang mumpuni dan kilen-klien yang siap menyewa jasamu.

Nah, dari semua hal di atas, konsisten adalah kunci untuk tetap eksis menulis di blog, dan menghindarkanmu dari hiatus berlama-lama.

Yuk, yuk, balik lagi nulis di blog dan semangat!

You May Also Like

2 comments

  1. Huhuhu. Akhirnya akupun mengaktifkan blogku lagi. I blog hence I exist. Gak ngeblog berbulan-bulan itu rasanya memang sangat bikin merasa tertekan. Gak ada yang keluar dari otak dan rasanya gak menghasilkan apa-apa.

    BalasHapus
  2. Aku hiatus karena selalu ngeblank Mbak. Nggak tau mau nulis apa di blog. Lama banget baru bisa dapat ide tulisan lagi, idenya pun selalu sesuatu yang ngga penting untuk orang lain.

    BalasHapus