5 Niche Blog yang Paling Hits di Tahun 2020

by - Mei 07, 2020



Banyak bloger yang menginginkan blog, atau situsnya, bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah, selain tentunya memberikan manfaat pada banyak orang.

Nggak main-main, bahkan ada beberapa blogger yang orientasinya berfokus untuk menghasilkan uang melalui Adsense dan sejenisnya. Nggak salah sih, karena nyatanya blogging adalah pekerjaan digital masa kini yang bisa menjadi peluang baru dalam berpendapatan. 

Tapi untuk sampai pada tahap menghasilkan secara profesional tentu bukan perkara mudah. Niche blog atau situsmu harus hits, alias banyak dicari dan digemari.

Niche sangatlah penting untuk diperhatikan para blogger, agar dapat menarik banyak pengunjung. Para pembacalah yang menentukan rating blog atau situsmu, yang pada gilirannya memengaruhi pendapatanmu. Semakian banyak views dan semakin tinggi traffic, maka jurnal mayamu akan semakin menghasilkan. 

Untuk itulah blogger harus memilih niche yang sekiranya “menjual” dan dilirik banyak orang. Tanpa niche yang pas dengan keadaan sekarang, maka tidak ada yang minat membaca blog atau situsnya. 

Jadi, sudahkah menentukan niche blog yang tepat? Jangan khawatir, ini ada rekomendasi 5 niche blog yang paling hits di tahun 2020 yang bisa dijadikan pilihan.


5 Niche Blog yang Cocok untuk Tahun 2020

1. Bisnis


Di era digital yang semakin modern ini, mencari uang tidak hanya bisa dilakukan secara biasa alias “ngantor” seperti kebanyakan orang. Zaman ini memberikan berbagai kemudahan yang bisa dilakukan secara daring, termasuk mendapatkan Rupiah atau mencari penghasilan. Apalagi, kegiatan berselancar di dunia maya itu sangat praktis karena tidak terlalu memakan waktu dan tempat. 

Banyak orang pula sekarang mulai melirik bisnis online, lantaran adanya efek pandemi COVID-19. 

Oleh sebab itu, situs atau blog dengan niche kekinian seperti cara-cara berjualan online, tutorial mendapatkan passive income, tip menjadi youtuber, dan sejenisnya akan sangat menarik untuk dikunjungi. 

Coba dalami kemampuanmu dalam dunia maya ini, lalu bagikan pengetahuannya dalam tulisan di seputaran “mendapatkan uang secara online”. Dijamin, berpeluang besar untuk berhasil.

2. Keuangan

Pada kenyataannya, masih ada banyak orang yang bingung dalam mengatur keuangan. Ini bisa menjadi alasan bahwa niche jenis ini banyak dicari. 

So, kalau kamu memang punya pengetahuan di bidang ini, ada bagusnya juga untuk kamu angkat sebagai materi utama niche blogmu.

Jelajahilah lebih luas seluk-beluk keuangan, dan berbagai implementasinya dalam hidup sehari-hari. Nggak perlu terlalu canggih, karena orang sekarang cenderung mencari yang ringan-ringan saja, yang terasa masuk akal, praktis, aplikatif, dan terjangkau untuk dilakukan. 

Selain mengatur keuangan sehari-hari, berbagai tema investasi juga banyak diminati. Karena, orang semakin sadar, bahwa kita enggak selamanya bisa bekerja. Akan ada saatnya, kita harus istirahat, tetapi harus tetap ada pemasukan.

3. Food

Lagi masa pandemi begini, orang-orang akan lebih aware betapa pentingnya mengolah makanan dengan baik, bergizi, dan pastinya, yang murah. Murah maksudnya ya yang bisa hemat, gitu.

So, kalau kamu punya koleksi resep-resep makanan yang simpel, gampang dibuat sendiri, dengan bahan yang juga mudah ditemukan, ini bisa jadi niche blog yang bakalan laris nih tahun 2020 ini.

Kalau kamu biasanya sudah punya niche food blog tetapi lebih banyak fokus mereview resto atau kafe, mungkin ada baiknya kamu pertimbangkan untuk membelokkan sedikit niche-nya, karena sepertinya dalam beberapa waktu ke depan, enggak banyak orang yang akan datang ke kafe atau resto.

Atau, kalau masih tetap ngereview makanan, ya reviewlah makanan yang bisa diantar dan dipesan secara online.

4. Kesehatan

Informasi tentang kesehatan adalah hal yang penting untuk diketahui. Apalagi di zaman sekarang. Sebelumnya saja, kesehatan juga sudah menjadi sebuah gaya hidup yang ngetren. 

Nggak hanya tentang pola hidup sehat, ada banyak juga hal lain yang bisa dibagikan, mulai dari kesehatan fisik, hingga kesehatan mental. 

So, kalau memang kamu punya basic tentang kesehatan, nggak ada salahnya kamu berbagi seputar tip-tip mejaga kesehatan tubuh, makanan yang sehat dikonsumsi, olahraga yang bisa dilakukan oleh para orang tua, dan lain-lain akan mendatangkan banyak pembaca.


5. Lifestyle

Nah, jangan salah ya. Jangan rancukan 'lifestyle' dengan niche gado-gado, alias niche tak berniche. Beda.

Lifestyle di sini misalnya seperti gaya hidup frugal, gaya hidup minimalis--yang sekarang lagi ngehits, terus serba-serbi film itu juga bisa jadi gaya hidup.

So, kalau kamu memang memiliki atau menganut gaya hidup tertentu, bagus juga tuh dijadikan niche blog, sehingga bisa menjadi referensi bagi orang lain.



Nah, sudah terbayang kah, niche yang cocok dengan passion-mu? 

Selamat menulis!

You May Also Like

4 comments