[Guest Post] Ini Dia 4 Tipe Social Media Junkies. Kamu Termasuk yang Mana?

Guest post ini pernah tayang di www.RedCarra.com, dan ditulis oleh Febriyan Lukito . Siapa sih...

Guest post ini pernah tayang di www.RedCarra.com, dan ditulis oleh Febriyan Lukito.



Siapa sih yang gak pakai social media sekarang ini? Ayo, acungkan tanganmu ke atas kalau nggak punya akun FB, Twitter, Path, Instagram. Yahhh, setidaknya satu di antara empat itu deh, pasti ada kan? Walau gak tahu juga ya aktif atau gaknya. :D

Kalau yang aktif banget itu dikasih nama Social Media Junkies, alias pecandu social media banget deh, sebentar-sebentar dia SosMed an. :D Kalau dari tulisan One To Advice, kalau ada 16 – 20 ciri yang dituliskannya itu ada dalam diri kalian, maka kalian bisa disebut sebagai junkies.

Nah, dari sekian banyak, ada 4 tipe social junkies nih berdasarkan pengamatan saya pribadi. Mau tahu gak apa aja?

1. Social media junkies Trend Setter


Yang pertama ini adalah orang-orang yang sering jadi pembuat tren di social media. Atau ada yang sekarang menyebutnya dengan istilah Buzzer. Biasanya adalah para selebritis karena banyak followernya dan apa yang dikatakan atau digunakan oleh mereka ini akan menjadi tren seketika. Salah satunya adalah si Kambing Jantan – Raditya Dika.

Twitternya yang memiliki 11.7 juta seringkali membuat hastag yang dibuatnya itu menjadi Trending Topic di Twitter, misalnya adalah #PertanyaanNgeselin. Trend setter di sini bisa dalam artian baik ataupun buruk ya, tergantung pada masing-masing.

Ciri utama tipe trend setter ini adalah jumlah follower jauh melebihi jumlah yang difollownya. Dan aktif banget di masing-masing akun social media mereka. Seringkali disebut juga sebagai kalangan seleb, baik itu #SelebTwit, #SelebIG, #SelebBlog dan lainnya.

2. Social media junkies Follower


Yang kedua ini adalah orang yang juga masuk dalam kategori penggila social media dan tidak bisa hidup tanpa social media, tapi dia hanya suka follow orang saja. Saya pribadi sih mengelompokkan diri saya ke dalam yang ini. Suka banget follow akun-akun orang dan akhirnya bingung sendiri karena timeline (FB/Twitter/IG) penuh dengan share dari semua orang yang di follow.

Ciri utama dari tipe follower ini adalah jumlah Following di setiap akun social media mereka lebih besar daripada followers-nya (saya bangetsssss). Terus tahap lebih lanjut dari tipe ini adalah tipe yang agak berbahaya menurut saya, yaitu tipe stalking. Kalau dah masuk dalam tipe stalking ini, ada baiknya segera diperiksa.

3. Social media junkies 'Only Me'


Yang ketiga adalah social media junkies bernama only me. Yaitu akun-akun social medianya disetting private semuanya. Tidak ada yang bisa lihat. Dan bahkan cenderung tidak membiarkan bahkan teman terdekatnya untuk follow. Kalau teman terdekat saja tidak diperkenankan untuk follow, ada baiknya kamu sebagai teman mengecek kondisi dia. Saya sih lebih khawatir dengan kondisi real-nya gimana.

Ciri utama dari social media only me ini adalah PRIVATE account di setiap social media yang dimilikinya. Sebenarnya mereka ini eksis di dunia maya, namun hanya untuk kalangan tertentu saja. Tidak boleh semua orang mengetahui update yang dia lakukan di social media.

4. Social media junkies Haters!


Tipe berikutnya adalah para haters. Seperti yang saya tuliskan di tipe pertama di atas, ada trend setter yang menyebarkan hal yang tidak baik. Biasanya mereka ini dikenal dengan penyebar haters. Nah tipe social media junkies haters ini lebih banyak ditemukan di akun-akun selebriti.

Ciri utama tipe yang ini adalah kebiasaan #Nyinyir terhadap apa saja yang diupdate oleh para selebriti. Mereka ini sering mengomentari status-status selebriti dan terkadang komentarnya sangat pedas. Tapi jangan salah, selebriti juga menyayangi mereka loh, karena keberadaan haters ini sering mem-boost keberadaan selebriti itu.

Seperti yang saya tulis di atas, saya mungkin termasuk yang followers, tapi mungkin saja dari persepsi kalian berbeda lagi. Jadi sebenarnya balik lagi, penilaian diri sendiri dan penilaian orang lain terhadap diri kita bisa berbeda. Termasuk dalam hal social media junkies ini.

Siapa tahu menurut kalian, saya ini termasuk yang trend setter (bikin tren apaan ya yang enak?). Kalau kalian sendiri, termasuk dalam tipe yang mana? Atau mungkin ingin menambahkan tipe social media junkies lainnya?

----

Ditulis oleh Febriyan Lukito for fun only – www.febriyanlukito.com & Blogging Indonesia


Mau nulis guest post untuk blog ini juga?
Kirim aja artikelmu dalam format .doc terlampir melalui email ke mommycarra@yahoo.com ;)

You Might Also Like

2 comments

  1. Kok nggak ada ya dari 4 tipe itu? Hhhmm sepertinya follower deh, tapi jumlah followingku lebih sedikit daripada jumlah followers :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba, biar Mas Ryan besok nambahin lagi. Hehehe.

      Delete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog