[Sponsored Article] Bagaimana Seorang Freelancer Sebaiknya Berpenampilan?

Karena pekerjaannya yang 'free', apakah kemudian penampilan juga jadi ikut 'free'?...

Karena pekerjaannya yang 'free', apakah kemudian penampilan juga jadi ikut 'free'?


Mentang-mentang bekerja di rumah, lalu kita bisa seenaknya pakai baju? Ah, nggak ada janji ketemuan sama klien ini, mandinya ntar aja dan boleh dong pakai piyama seharian.
Ya emang sih, sebagai seorang freelancer, kantor kita adalah di mana laptop kita berada. Mau di meja makan, di kamar tidur, di dapur ... atau kalau saya, kadang juga berarti nulis di food court mal atau nulis di taman.

Namanya juga FREElancer, ya kita bebas mau menyelesaikan tugas kita kayak gimana juga. Termasuk mau pakai baju kayak gimana pun.

Well, sebenarnya itulah kesalahan kita.

Berdandanlah meski seharian hanya di rumah

Barangkali karena toh nggak akan ketemu siapa-siapa seharian, makanya kita pikir ya nyantai aja sih. Apalagi emak-emak kayak saya. Selain kerja, juga kadang diselingi main sama anak-anak, siapkan makanan buat mereka. Bahkan di tengah-tengah kerja, juga harus ganti galon air mineral. Kebayang kan, kalau bajunya nggak nyantai? Bakalan bikin mood nggak enak juga.

Namun menjadi freelancer, nggak lantas membuat kita bisa seenaknya juga sih. You know what, bahwa sebenarnya mood kerja kita juga dipengaruhi oleh apa yang kita kenakan lho. Coba aja deh, buktikan. Satu hari, kamu cobalah nggak mandi dan pakailah daster atau piyama seharian. Lalu lain hari, cobalah mandi sepagi kamu bisa dan kenakan pakaian yang pantas selayaknya orang yang bekerja. Ya kamu nggak perlu pakai A skirt dan blazer kayak orang kantoran gitu juga sih. Tapi minimal, kenakan baju dan bawahan yang layak meski santai. Misalnya, kalau perempuan ya, jeans legging dipadu dengan blouse longgar yang santai motif bunga-bunga yang nggak gerah dipakai.

Coba deh, rasakan beda mood-nya.

So, sarannya ya harus punya beberapa baju yang pantas namun santai untuk dipakai selama bekerja hanya di rumah. Favorit saya adalah celana legging ¾ dan blus yang panjangnya melebihi pantat dari bahan yang adem. Atau celana aladin juga enak banget. Kalau mendadak perlu keluar, juga ngga bingung. Lagian kadang kalau buat pekerja freelance yang nge-remote perlu juga sesekali skype-an sama klien. Masa iya, klien mau di’suguhi’ baju daster?

Sesuaikan dengan klien

Selain itu, sebagai freelancer, kita harus belajar untuk menyesuaikan diri secara cepat, terutama dalam hal penampilan, dengan klien. Jika kamu bekerja untuk klien perusahaan, maka saat harus meeting atau ketemuan, kenakanlah pakaian yang formal. Kalau klien kamu adalah perusahaan start-up, di mana dress-code-nya lebih nyantai seperti jeans dan T-shirt, ya sesuaikan saja.
Emang penting banget bagi kita untuk bisa nge-blend dengan klien ya.

Lho, jadi harus punya banyak baju dong? Hmmm, iya, mau nggak mau seorang freelancer memang akan memerlukan lebih banyak style penampilan ketimbang pekerja lain, karena ya itu tadi, kita bekerja secara bebas pada siapa saja.

Nah, makanya kayak saya gini bakalan selalu mantengin kali-kali ada online shop yang lagi sale. Iya, jadinya ya, jangan salahkan emak-emak yang suka banget sama diskonan ya. Soalnya ya itu, keperluan lebih banyak ketimbang uangnya. LOL. Jadi harus pinter-pinter spending-nya.

Sale, memang lantas jadi momen yang ditunggu. Dan, kapan itu ada sale? Sale itu juga musiman. Sekarang sudah menjelang Ramadan dan Lebaran kan? Iyes, musim sale sebentar lagi tiba!

Dimulai oleh Lazada nih, Gaes!

Ramadhan Festival di Lazada! Yippie! Diskonan!

Dari tanggal 1 Juni hingga 11 Juli 2016, Lazada ngadain Ramadhan Festival, di mana produk-produknya akan didiskon hingga 80%.

Yep, 80%!

Memang sih kalau dilihat-lihat, produk fashion yang didiskon merupakan fashion muslim, tapi ada banyak juga tuh yang bisa jadi pilihan buat nambah koleksi pakaian ala freelancer kita. Kayak yang ini misalnya.

Diskon 65%, Gaes!


Can you see the price? Uwow!

Ya, gitu deh. Lagian, saya sudah beberapa kali belanja di Lazada Indonesia, dan belum pernah dikecewakan. Semoga enggak pernah ya. Hehe. Momen sale kayak gini, nggak akan saya lewatkan demi bisa upgrade penampilan saya, apalagi kalau bisa menambah produktivitas kerja.

So, ayo siapkan ATM-nya sekarang, sisihkan bujet. Biar bisa belanja dengan smart pas sale-nya udah dimulai.


You Might Also Like

4 comments

  1. Waduh mau ada sale lagi nih, siap-siap intip ah :D
    Btw kalo di rumah, aku biasanya cuma pake celana pendek dan kaos aja hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau di rumah mah kayaknya pengin santai aja ya, Mak :)

      Delete
  2. Kalo di rumah enaknya dasteran mbaaak :D piyeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa, kalau di rumah untuk istirahat ya enggak apa-apa. Atau sambilan di rumah.
      Ini konteksnya kan buat freelancer yang emang kantor utamanya di rumah :)

      Delete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog