Update Instagram Terbaru: Hati-Hati buat Kamu yang Suka Kepalsuan



Halah. Judulnya. *self-ngakak* Siap-siap! Instagram berbenah lagi! Dan update terbaru Instagram kali ini menyasar para pengguna yang suka memanipulasi.

Instagram--menurut pengamatan saya--memang paling heboh deh acara bebenahnya. Kenapa? Entahlah. Saya juga nggak tahu. Hawong saya bukan pegawe Instagram. Ya kali. Saya juga cuma nebak-nebak, dan hasil membaca berita aja yang berseliweran di mana-mana.

Ndilalah, saya juga pegang beberapa akunnya orang. Jadi mau nggak mau saya mesti tahu update apa saja yang dilakukan Instagram ini. Buat apa? Ya kan kalau tahu mereka ngapain, saya juga jadi tahu mesti ngapain untuk mengantisipasi mereka ngapain itu.
*ngapain-ception*

Anyway, setelah beberapa lama mengubah-ubah algoritma--yang bikin kesel--terus ternyata dibalikin lagi ke chronological (meski tetep nggak fully choronological lagi seperti awal), kali ini Instagram mulai menyentuh para pengguna yang suka akan kepalsuan.

(((suka akan kepalsuan)))

Nggak hanya itu, mereka pun bakalan mengubah tampilan profile pengguna, supaya itu--yang namanya angka--jadi nggak terlalu mengintimidasi.

Maksudnya gimana sih? Ya udah, mari kita lihat aja satu per satu.



Beberapa Update Instagram Terbaru yang Harus Kamu Tahu


1. Penutupan akses dari third party apps ke Instagram

Saya tahu ada beberapa apps ataupun semacam tools yang bisa menolong kita menambah follower, ataupun jumlah like dan komen. Biasanya sih dengan sistem exchange. Tukeran gitu, kita follow berapa orang, dan kita pun mendapatkan follower.

Sebenarnya saya juga nggak ngerti sih, di mana istimewanya. Bukankah "aturan"-nya memang begitu ya? Kita follow orang ya wajar kalau kita difolbek. (Meski ada kasus istimewa, di mana kita follow lalu ga difolbek, lalu karena ga ada folbek juga jadi unfol lagi. Tapi keluarkan ini dari fakta kali ini.) Lalu, kenapa mesti memakai aplikasi third party seperti itu?

Katanya sih, yang follow bisa lebih banyak ketimbang kalau manual.
Entah juga sih, saya nggak tahu. Karena saya nggak pernah pakai :))
Coba yang pernah pakai, sharing dong pengalamannya di sini. Boleh deh ditulis di kolom komen secara anonim, kalau keberatan namanya tertulis. Ntar akan saya loloskan.

Saya lupa sih namanya apa, tapi yakin saya pernah mendengarnya diperbincangkan di antara teman-teman sesirkel.

Nah, sekarang third party apps semacam ini sudah tak bisa lagi dipergunakan. Aksesnya ke Instagram sudah diblock, sehingga tak bisa dipakai lagi. Kamu yang "kedapetan" memakai tools ini akan mendapatkan semacam warning dalam feed kamu.

Sebenarnya perubahan ini bakalan menguntungkan kamu lo.
Untuk memakai third party tools semacam ini tuh, kamu harus menyerahkan password akun Instagram kamu secara sukarela pada si aplikasi kan?
Lalu, kalau terjadi semacam kasus Cambridge Analytica, gimana? Siapa yang marah-marah?

Makanya, kalau kamu memang menggunakan third party tools ini, segeralah untuk merecovery akunmu deh. Putuskan semua aplikasi yang nggak perlu, lalu segera ganti password.
For your own sake.

Lalu, buat kamu yang nggak merasa memakai tools semacam ini, kamu pikir feed kamu nggak akan terpengaruh?

Well, menurut Instagram, meski kamu nggak memakai tools third party seperti ini, tapi mungkin kamu akan mengalami drop jumlah follower dan likes juga. Kenapa? Ya, soalnya bot third party ini memang menyebarkan kepalsuan ke mana-mana. Bahkan pada kamu, yang tak pernah menyentuh aplikasi-aplikasi penambah follower ini.

Acara pembersihan fake followers dan likes dari third party apps ini sudah dimulai sejak minggu ketiga November kemarin, dan masih berlangsung sampai sekarang.

So, jangan kaget kalau kamu mengalami penurunan jumlah follower dan juga likes. Gosah panik, dan tetap lakukan aktivitas seperti biasa.


2. Selain membatasi third party apps-nya, Instagram juga me-remove akun-akun bot

So, buat kamu yang kemarin sempat beli followers demi apa pun--saya nggak mau menyebutkan ya, ntar dibilang julid--maka bersiap-siaplah mengalami penurunan jumlah follower.

Apalagi yang kemarin belinya yang murah meriah--alias follower luar negeri pasif. Terus nama-nama akunnya rada-rada aneh gitu. Bakalan dibabat habis deh sama Instagram.

Hahaha. Iya, bok. Saya tahu. Hawong saya sempat coba gara-gara kepo dan penasaran--tapi bukan di akun utama saya lo. Ya kali saya "mengorbankan" akun kesayangan. Wqwqwq.

Iya, saya beli followers, yang pasif luar negeri pernah, yang aktif Indonesia pernah. Pokoknya pernah semua deh, demi ingin melihat efeknya seperti apa.

Dan, akhirnya saya ngomel. Kenapa? Ngedropnya luar biasa, bok :)) apalagi yang pasif itu. Beugh. Paan, ga jelas =))

Nah, sekarang dengan jadwal pembersihan dari Instagram ini, sebaiknya kamu yang kemarin mau nginfluence-tapi-sadar-diri-pengaruh-sedikit-lalu-beli-aja-biar-cepet mulai siap-siap yah. Instagram sendiri sudah "mengaku" secara publik, bahwa mereka sedang mengembangkan tools untuk mendeteksi adanya bot, fake followers, dan fake likers, serta memperingatkan akun aslinya.


3. Instagram mengubah interface profile

Sekarang pastinya kamu akan melihat profile Instagram seperti ini kan?




Nah, selanjutnya kamu harus siap-siap untuk melihat profile yang seperti ini.



Yang kiri itu untuk akun pribadi, yang kanan untuk akun bisnis.
Apa hayo, yang beda?

Lingkarilah gambar yang berbeda.
*halah*

Yes, angka jumlah followers dan following dikecilin, sehingga nggak terlalu mengintimidasi. Begitu keterangan resmi dari Instagram. Juga, penghapusan jumlah post.

Saya sih paling seneng itu jumlah post ilang. Genggeus soalnya. Entahlah. Hahaha. Nggak tahu kenapa penting dicantumin juga.


4. Instagram menambahkan fitur alt text description

Apa itu alt text description?
Kalau saya menarik kesimpulan sih, alt text description ini fungsinya kayak alt text yang ada di blog ini nih. Yang harus kita isi demi SEO yang baik.

Jadi, bisa membantu rangorang untuk menemukan konten yang paling pas dengan yang mereka butuhkan.

Tapi *CMIIW* sepertinya alt text di Instagram ini agak istimewa sedikit, lantaran ia ditambahkan untuk membantu mereka yang punya kebutuhan khusus di indra penglihatannya. Kalau saya nggak salah mengartikan, mereka yang butuh ini bisa membuat alt text ini terdengar. Jadi mungkin bakalan ada voice search juga seperti Google.

I don't know. Itu hanya sependek saya bisa menyimpulkan. Untuk realisasinya, mari kita tunggu saja. Soalnya ini baru sebatas pemberitahuan aja nih dari Instagram.

Kalau kepo lebih lanjut bisa intip langsung di Instagram Press ini.




Nah, itu dia 4 perubahan paling besar yang sedang dibuat oleh Instagram belakangan ini, dan juga dalam beberapa bulan ke depan.

So, kamu sudah tahu begini, bisa mulai siap-siap ya.
Sebenarnya sih, kalau kamu mempergunakan semua media dengan baik dan benar, serta normal, kamu tak perlu khawatir dengan berbagai perubahan yang terjadi.

Bagaimanapun, Instagram sebagai pebisnis punya kewajiban untuk melindungi para pelanggannya. Hal ini berlaku untuk bisnis apa pun. Jadi, apa pun yang mereka ubah--dengan update Instagram terbaru mereka--sebenarnya adalah untuk kebaikan kita juga.

Kalau kita nyaman dan puas, berarti bisnis mereka juga lancar.
Sama-sama butuh soalnya kan?

Jadi, mari menjadi user yang normal saja.

13 komentar:

  1. Nah itu yang alt text, kemaren semepet pengen nyoba tapi pas ngetik kok nggak keluar teksnya HAHAHA. Apa harus ku update lagi yah...

    BalasHapus
  2. Itu pahanya palsu atau asli? Wkwkwk.... Bbrp hari lalu aku diunfollow. Trus yg unfollow itu bikin pengumuman gede kalau sedang ada masalah sama akunnya sehingga unfollow sendiri. Jadi dia minta mantan followers untuk follow dia lagi. Aku jelas males dong, nggak akrab ini. Tur yo salahmu dhewe pakai aplikasi macem2. Wkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sing mesthi, dudu pahaku sih.
      *ditapuk Mbaklus*

      Hapus
  3. Gak gitu aktif juga di Instagram dan jarang cek jumlah followers. Paling folback temen atau org2 yg seminat/hobi.

    BalasHapus
  4. Horee...saya user normal juga. Makasih, Mak infonya keren banget. Jadi mudeng yang tadinya gak ngerti 😁

    BalasHapus
  5. Rasanya perubahan no.2 yg akan berpengaruh besar sama bisnis2 online terselubung. Wkwkw

    BalasHapus
  6. Aku malah baru tahu, beberapa waktu ini terasa normal sih abik likes maupun penambahan followers. hemm...cara normal, mau naikin 30 akun lagi aja lama amat yak wkkwkw

    BalasHapus
  7. Pesan sponsor terakhirnya bener banget tuh, asal mainnya normal, semuanya pasti akan baik-baik sajahh. Update terbaru aplikasi saya belum ada perubahan tampilan seperti di atas sih. Mungkin bentar lagi ya. Makasih banyak ya Mba sharing-nya!

    BalasHapus
  8. Hihihi canggih juga instagraam, untungnya aku ngga pake yang palsu palsu, sayang uangnya. Mending yang organik sajaa hehee

    BalasHapus