5 Elemen Ruang Kerja yang Perlu Dimiliki Freelancer Agar Kerjanya Lebih Nyaman

by - April 13, 2020



Buat para freelancer, ruang kerja di rumah itu penting. Setidaknya dengan adanya ruang kerja, kita bisa lebih konsentrasi untuk mengejarkan pekerjaan.

Yes, saat ini, status sebagai pekerja full time freelancer makin banyak disandang para kaum pekerja milenial. Banyak alasan yang melatarbelakangi keputusan untuk bekerja sebagai seorang freelancer. Salah satunya adalah faktor keleluasaan atau ketidakterikatan dengan kontrak kerja yang terlalu mengikat.

Namun, sebagai freelancer, ada saja hal-hal yang kurang nyaman yang masih dirasakan, seperti bingungnya menciptakan suasana working space yang menyenangkan. Sudah ada satu ruangan di rumah yang bisa dijadikan ruang kerja, tapi galau harus menyiapkan apalagi untuk ruang kerjanya.

Kalau kamu termasuk yang masih bingung dengan ruang kerja, coba deh simak artikel ini sampai selesai ya.

5 Elemen Ruang Kerja Freelancer

1. Meja kerja yang kokoh dengan drawer di sampingnya

Saat berencana untuk membuat kantor, meja kerja adalah furniture pertama yang harus kita pikirkan. Bagaimana kita mau kerja kalau tidak ada meja, kan? Meja kerja yang ideal adalah meja yang kuat dan mampu menampung berbagai alat perkantoran yang kita butuhkan.

Untuk freelancer, komputer, printer, alat tulis, dan dokumen-dokumen penting harus ada dalam satu meja. Agar terjangkau dengan mudah dan efektif, meja yang dipilih harus mampu menampung semua barang tersebut. Desainnya pun harus menarik agar betah saat harus bekerja dalam waktu yang lebih lama.

Meja yang luas juga bisa lo, kamu bikin tambah 'cantik' dengan hadirnya kaktus atau sukulen-sukulen kecil. Pasti jadi lebih meriah deh.

2. Kursi dengan desain unik dan sandaran yang nyaman

Elemen ruang kerja utama lain yang harus ada adalah fkursi. Kursi adalah salah satu penunjang utama dalam peningkatan performa saat bekerja.

Kalau harus berlama-lama kerja di kursi yang keras, mana tahan, yekan? Punggung rasanya akan lebih cepat pegal dan badan terasa lebih cepat kaku, terutama di bagian punggung, bokong, paha, dan kaki.

Untuk urusan memilih kursi, sebaiknya kamu pilih saja kursi yang nggak hanya berdesain lucu, tapi juga proporsional. Kursi yang proporsional adalah kursi yang tingginya mampu kita sesuaikan dengan tinggi kita saat sedang duduk dan membantu tubuh untuk duduk tegak namun tetap santai.

3. Komputer atau laptop dengan performa terbaik

Makin baik performa komputer atau laptop yang kamu punya, makin meningkat juga kinerja kita saat bekerja dari rumah. Betul?

Kerja sebagai freelancer sama seriusnya dengan bekerja sebagai karyawan kantor biasa. Bisa jadi tantangan dan juga tuntunannya lebih banyak, apalagi saat banyak proyek yang perlu diselesaikan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Realistis rasanya apabila freelancer juga membutuhkan piranti digital yang memadai dan bisa mengakomodasi semua pekerjaan. Misal sebagai freelance blogger, mempunyai komputer atau laptop yang bisa digunakan untuk menulis saja, rasanya belum cukup. Akan lebih baik lagi kalau bisa digunakan untuk edit foto, edit video, desain, dan browsing tanpa harus mengalami crash. Kapasitas RAM yang besar bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kinerja kita.

Deadline mepet bisa terkejar deh ;)

4. Koneksi internet yang lancar

Freelance masa kini sudah pasti membutuhkan koneksi internet yang kencang dan unlimited. Kenapa? Selain interaksi dengan klien tidak bisa selamanya face-to-face, data yang harus dikelola oleh para pekerja freelance pun banyak yang membutuhkan koneksi internet.

Akses internet sangat memudahkan para freelancer untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang penting bagi kebutuhan research untuk menyelesaikan proyek-proyek dari klien.

See? This is a very crucial thing to be considered too.

5. Wall planner

Well, memiliki kantor sendiri di rumah dan kerja sendirian, siapa lagi yang akan mengingatkan semua kegiatan dan agenda yang kita punya kalau bukan diri kita sendiri?

Penting sekali bagi para freelancer untuk mempunyai planner di dinding ruang kerja. Elemen satu ini mampu mempermudah para freelancer untuk melakukan pengecekan planner, tanpa harus bolak-balik cek planner yang ada di buku atau di laptop. Buat saja yang sederhana, mencakup planner harian, mingguan, dan bulanan.

No more missing deadline, deh!

5 elemen penting dalam ruang kerja ini jangan sampai dilewatkan ya. Bisa membantumu agar lebih nyaman bekerja, bisa konsentrasi penuh dan tambah semangat.

Walaupun freelancer, ruang kerja tetap dibutuhkan dan didesain sesuai keinginan kita. Ingat, kita kerja di rumah di mana sewaktu-waktu bisa mendapat 'gangguan' kecil dari anggota keluarga lain (kalau ada), jadi kita memang membutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk bisa konsentrasi.

You May Also Like

0 comments