5 Istilah Penting yang Perlu Kamu Ketahui Dulu Kalau Mau Belajar SEO

by - Juni 29, 2020

5 Istilah Penting yang Perlu Kamu Ketahui Dulu Kalau Mau Belajar SEO


Siapa yang belum paham tentang SEO, tunjuk tangan! 

Tenang, kamu enggak sendirian. Saya sudah belajar SEO selama 4 tahun, dan belum khatam juga sampe sekarang. Dipikir-pikir, belajar SEO itu bisa jadi strata satu sendiri. Hmmm ... Saya baru semester 7 kalo gitu yak, kira-kira. Bentar lagi lulus harusnya. Tapi ya, enggak ada yang tahu dengan pasti sih, semester akhirnya berapa.

Kalau istilah SEO sendiri, pastinya kamu sudah tahu. Minimal pernah dengar. Kata SEO sendiri sudah wara-wiri di dunia maya, terutama bidang marketing dan penulisan, sekian lama. Namun ternyata memang ada saja dari kita yang masih gagal paham, ya? 

Oke, buat kamu yang benar-benar baru dengar sekarang istilah SEO ini, baiklah, sekarang mari kita belajar SEO, mulai dari yang paling dasar banget sekali! 

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah artinya. 

Jadi, apa sih SEO itu, dan apa kepanjangannya?

SEO singkatan dari Search Engine Optimization, atau dalam bahasa Indonesia, Optimisasi Mesin Pencari

SEO menurut Wikipedia adalah: 

Sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.
Agar lebih bisa dicerna, kurang lebih dalam kalimat yang mudah dan sederhana adalah sebagai berikut: 

SEO adalah cara untuk membuat tulisan kamu secara alami ada di halaman pertama mesin pencari. Hal ini menuntut kamu untuk menulis dengan baik dan dengan prosedur yang benar. Kalau sudah ada di halaman pertama mesin pencari, tentu semua orang akan berkunjung ke tulisanmu, dan trafik situsmu jadi lancar. 
Gitu deh kurang lebihnya, sekaligus sudah memberikan alasan, mengapa para webmaster berlomba mengoptimasi situsnya masing-masing.

Sekaligus juga menjawab, kayak kemarin ada yang nanya sih meski enggak ke saya langsung, "Nggak ngerti kenapa rangorang ribut banget sama SEO ini. Kenapa sih dengan SEO? Heboh amat."

Nah, ya gitu deh.
Kalau situs atau blogmu teroptimasi dengan baik, pada akhirnya, meski kamu enggak ngapa-ngapain pun, traffic blog atau situsmu tetap lancar. Kalau saya bilang sih, SEO adalah bentuk investasi pada blog atau situs. Investasi yang murah, karena ada pula investasi yang "mahal" yaitu dengan ads.

Lalu, apakah itu “menulis dengan baik dan dengan prosedur yang benar?” 

Yuk, kita pahami lebih lanjut sekalian belajar tentang 5 istilah yang perlu diketahui dalam SEO, di bawah ini.

5 Istilah Terpenting yang Mesti Dipahami Kalau Mau Belajar SEO

1. Kata Kunci atau Keyword 

Kata kunci adalah kata atau bahkan frase (gabungan kata) yang menjelaskan tentang isi tulisanmu. Kata-kata inilah yang akan diketik orang pada mesin pencari. 

Oleh karena itu, keyword sungguh perlu untuk berada dalam tulisanmu agar bisa diidentifikasi oleh mesin pencari. 

Bagaimana cara menentukannya? Saya pernah cerita panjang x lebar x tinggi sih, tentang keyword research ini. Boleh dibaca, buat yang belum pernah baca. Yang udah baca, boleh dibaca lagilah. Wqwqwq.

2. Search Engine atau Mesin Pencari 

Dari tadi membicarakan mesin pencari, apakah itu? 

Mesin pencari adalah penyedia jasa mencarikan data yang kamu butuhkan di dunia maya. Contohnya Google, Yahoo, dan sebagainya yang akan menampilkan tulisan-tulisan yang sesuai dengan yang dicari. 

Hasil pencarian itulah yang kemudian membutuhkan SEO, agar tulisan kamu bisa sampai di halaman depannya. 

3. Search Engine Result Page (SERP)

Yup, SEO akan membuat tulisanmu berada di halaman depan pencarian, atau terpilih menjadi salah satu yang teratas dalam Search Engine Result Page (SERP). 

Inilah tujuan dari teknik SEO.

4. Alami atau Organik dan Non Organik 

Kata “alami atau organik” juga muncul di atas dan sering terdengar berseliweran. 

Maksudnya adalah tulisanmu yang muncul di halaman pertama mesin pencarian itu karena usaha-usaha berteknik SEO yang dilakukan sendiri. Tidak membayar atau beriklan, atau non-organik. Iklan memang bisa masuk sebagai hasil pencarian, tapi tentu saja harus ditukar dengan sejumlah uang sesuai perjanjian. Tulisan yang berbayar akan ada kata “iklan/add” di sampingnya.  

FYI, praktik untuk mengusahakan agar tulisan bisa ada di atas ribuan tulisan lain yang bertema sama itu dapat dilakukan secara 'curang'. 

Ada saja orang yang mengutak-atik sedemikian rupa tulisannya, agar bisa muncul di halaman pertama dengan cara yang disebut dengan black hat SEO. 

Misalnya dengan content stealing dan scrapping (mencuri dan memotong), juga plagiarism (menyalin) tulisan orang untuk dijadikan konten tulisan kita. Cara lain adalah dengan menjejalkan sekian banyak kata kunci, atau Keyword Stuffing, sehingga tulisannya masuk ke berbagai macam kategori. 

Masih ada beberapa teknik black hat SEO yang sebaiknya kamu hindari. Memang bisa lolos aja sih dari pengawasan, tetapi begitu ketahuan, ya akibatnya blog atau situsmu bisa dicopot dari database hasil pencarian. Istilahnya dapat penalti.

Karena itu, ayo, berfokus saja pada “menulis dengan baik dan dengan prosedur yang benar”. 

5. Traffic atau trafik

Trafik adalah lalu lintas pengunjung pada situsmu. 

Semakin banyak kamu memiliki artikel dengan tulisan yang baik dan benar, semakin lancar trafiknya. Sebagaimana yang sudah disebutkan, tujuan utama dalam belajar SEO adalah membuat tulisanmu berada di halaman pertama mesin pencari.

Karena itu, kamu harus meningkatkan volume trafik atau tingkat kunjungan pengguna internet dengan tulisan yang berteknik SEO. Dengan demikian, pengunjung situsmu pun akan jadi lebih berkualitas, atau sesuai dengan kriteria pembaca yang kamu harapkan.

Sampai di sini, sudah semakin paham tentang SEO dan berbagai istilahnya belum? 

Kalau sudah, kamu bisa mneruskan dengan membaca beberapa artikel lanjutannya ini:

Memang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin. 

Nah, tarik napas sebentar untuk mencerna apa yang sudah dibaca. Setelah itu, pasti akan terlihat, bahwa sebetulnya membuat tulisan yang dioptimasi itu cukup sederhana, kok. 

Selamat menulis!

You May Also Like

2 comments

  1. Terimakasih kak untuk artikelnya bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Paling sebel tuh kalo udah googling pengin dapet informasi, eh masuklah ke web yang ternyata isinya cuma keyword aja semuaaa

    BalasHapus