11+ Situs Penyedia Free Images CC0 Kesayangan Saya

Kebutuhan akan gambar-gambar keren yang bisa mendukung artikel-artikel yang saya tulis makin men...



Kebutuhan akan gambar-gambar keren yang bisa mendukung artikel-artikel yang saya tulis makin meningkat. Apalagi sekarang saya makin sering menulis artikel pesanan untuk website lain. Bisa saja sih memang saya ambil dari pencarian image Google dengan memberikan kredit. Tapi ternyata makin ke sini, jadi makin nggak enak juga makenya. Punya kamera sendiri seharusnya bisa jadi solusi, tapi ternyata ruang gerak kita buat motret juga makin sempit. Album foto kita mau seberapa banyak sih, hingga fotonya bisa nggak habis-habis? Bagaimanapun, kalau ada yang lebih praktis, ya saya mendingan melakukan yang praktis aja. Solusinya, mencari gambar atau image yang berlisensi CC0.

Apa itu CC0?

CC0 merupakan singkatan dari Creative Commons Zero, yang berarti material-material tersebut bebas dipergunakan bahkan untuk keperluan komersial sekalipun, tanpa diwajibkan membayar hak cipta dan lain sebagainya. Nah, lebih jauh mengenai CC0, bisa kamu lihat di sebelah sini langsung deh.

Singkat cerita, saya mengumpulkan situs-situs penyedia gambar-gambar berlisensi CC0, dan menuliskannya di sini. Karena, siapa tahu ada yang juga butuh :)

Ini dia 11 Situs Penyedia Free Images Berlisensi CC0 Kesayangan Saya


1. Pixabay.com


Yang ini kayaknya semua sudah tahu, dan semua udah pakai ya. Yang saya suka adalah hasil filter search yang oke (termasuk pencarian berdasarkan hue foto atau warna nuansa foto), tagging yang berfungsi dengan baik, dan kategorisasinya. Pixabay juga menyediakan vector illustrations, yang seringnya saya pakai untuk bikin infographics. Image-image-nya hasil unggahan para kontributor.

2. Pexels.com


Berbeda dengan Pixabay, Pexels ini semacam aggregator. Jadi dia ngumpulin foto-foto CC0 dari berbagai situs dalam satu tempat. Lumayan banget buat menghemat waktu. Tapi ada juga foto yang merupakan hasil unggahan kontributornya langsung.

3. Unsplash.com


Unsplash menyediakan 10 foto baru setiap 10 hari sekali. Jadi kalau mau terus terupdate, subscribe aja sekalian. Buat saya, kurang bersahabatnya Unsplash adalah tampilan interfacenya yang memajang foto gede-gede di homepage instead of thumbnails. Bisa sih diganti ke tampilan thumbnails, tapi nggak default.

4. Kaboompics.com


Yang saya suka dari Kaboompics adalah kita bisa langsung download dari tampilan homepage, tanpa harus masuk ke tampilan masing-masing foto lebih dahulu. Buat saya ini nilai plus yang besar lho, menghemat waktu loading dan tenaga :D

5. lifeofpix.com


Life of pix juga memungkinkan kita untuk download langsung dari thumbnail di homepage, nggak perlu masuk ke halaman foto secara khusus. Tapi kayak Unsplash, tampilan default homepage-nya berupa foto-foto gede yang dijembrengin ke bawah. Meski begitu kita ubah ke tampilan thumbnail ya jadinya ringkas juga sih. Sayangnya lagi, kategorisasinya nggak kelihatan di homepage, jadi kita harus search dengan kata kunci yang harus kita kira-kira sendiri.

6. jaymantri.com


Situs ini berplatform tumblr, jadi ya bisa kamu bayangin deh. Biasanya kategorisasinya payah, dan nggak ada tags atau semacamnya yang bisa kita pakai buat membantu menemukan tema foto yang kita cari. So, we have to scroll dowwwwwwwwnnnnnn underrrrrrrrr untuk melihat apakah ada foto yang cocok dengan yang kita mau. Meski begitu, fotonya sih keren beud.

7. Morguefile.com


So far, inilah situs free images CC0 yang punya database paling besar. Konon. Maka, mari kita manfaatkan :lol: Sayangnya tak ada kategorisasi yang ditampilkan pada laman webnya, jadi kita hanya bisa mengandalkan keywords pencarian. Meski begitu Morguefile juga menyediakan foto-foto berbayar yang juga bisa langsung diakses di tempat, kayak iStock, Getty, Dreamstime dan lain-lain. Jadi kalau kurang puas sama foto-foto yang ada di Morguefile, kamu bisa langsung beli foto-foto terbaik dari para penyedia foto tersebut.

8. Compfight.com


Compfight ini semacam aggregator untuk foto-foto yang ada di flickr. Jadi, tak semua foto bisa digunakan secara bebas di sini, tergantung masing-masing lisensi dari masing-masing pemilik. Jadi jangan kecewa kalau sampai beberapa kali, kamu tak juga menemukan foto CC0 yang cocok :D Tapi kalau ada, biasanya kualitasnya juga bagus banget.

9. Gratisography.com


Gratisography merupakan proyek pribadi milik Ryan McGuire, seorang visual artist yang punya ciri khas tersendiri dalam karya-karyanya. Dan, iya sih, lucu-lucu fotonya yang di sini :lol: Nggak ada yang biasa.

10. Picjumbo.com


Foto-foto di Picjumbo juga bisa didownload langsung dari homepage, nggak perlu masuk ke laman foto khusus. Dan iya, sekali lagi saya bilang, ini sangat menghemat waktu dan biaya. Karena kita nggak perlu harus buka laman lain dulu baru bisa download. Hal lain yang saya suka, karena navigasinya yang user friendly, dan kategorisasi yang jelas.

11. Free-stock.photo


Di sini kita nggak cuma bisa mengunduh foto-foto berlisensi CC0, tapi juga video-video yang berlisensi sama. Hummm, kan sekarang vlog-vlog lagi mulai ngehits ya. So, barangkali ini bisa jadi source tambahan nih buat kamu yang baru mulai nge-vlog :D


Nah, 11 situs penyedia free images ini bisa jadi tempat yang oke buat nyari foto-foto keren bebas hak cipta buat mempercantik artikel blog kamu, kan? Semoga nggak ada lagi comot mencomot foto sembarangan :)

Dan, karena saya menemukan beberapa lagi maka saya masukkan sekalian di catatan ini ya.

12. http://pickupimage.com/
13. http://www.pdpics.com/
14. http://skitterphoto.com/
15. https://stocksnap.io/
16. http://barnimages.com/
17. http://magdeleine.co/browse/

Nah. Happy blogging, everyone!

You Might Also Like

41 comments

  1. pantes..do rocking mama kok foto orang bule semua...., sempat mikir yang ounya foto apa ga marah..eh..ternyata ada image gratis..

    terimakasih..mba..udah kasih infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, untuk Rocking Mama harus foto CC0 kayak gini, Mbak :)

      Delete
  2. Wah, kebetulan nih mba lagi cari yang free selain google.
    Menurut mba Carra sendiri dari beberapa situs di atas yang lebih menarik yang mana mba?

    Makasih mba infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku paling banyak pakai yang pixabay sama pexels. Tapi lama-lama udah mainstream. Sekarang mau coba yang lain hahaha.

      Delete
    2. okeyy... deh mba. semoga gambar yang di cari ada. :D

      Delete
    3. Ngggg... Google bisa menyediakan free image? Maksudnya kalau searching gitu ya. For info, hasil pencarian Google itu tidak berarti otomatis FREE lho :D.

      Delete
  3. Wah, aq nyariin artikel ini di redcarra, ternyata redcarra udh gk ada ya mbk.... Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh di sana masih ada kok. Mungkin nanti akhir tahun ini deh baru expired :D Ini baru nyicil aja mindahin, Mbak :D

      Delete
  4. Asyikk, bookmark dulu.
    Aku baru pake yang pixabay aja, ntar nyoba yang lainnya.

    ReplyDelete
  5. kalo aku biasanya pake pixabay mba..
    banyak juga ya ternyata penyedia image gratisan :D

    ReplyDelete
  6. pernah nyoba yg pexels doang kak

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillaah....akhirnya ketemu juga.... :D

    ReplyDelete
  8. Aku pake pexels.. Tapi penasaran sama yg lainnya.. mamacie, mommy, udh share artikel ini *peluk mommy*

    ReplyDelete
  9. Aseeek. Nambah referensi baru buat pendukung postingan blog. Makasih Mak. I love you full. Bumi dan bulan PP (dikata bus? :D)

    ReplyDelete
  10. waah... banyak yang saya gak tahu, makasih infonya :)

    ReplyDelete
  11. Wah nambah ilmu baru, biasanya saya cuma langsung ke pixabay atau freepix aja buat cari foto.. hehe

    ReplyDelete
  12. Aku baru tau CC0, terima kasih ilmunya 😆

    ReplyDelete
  13. Tauku cuma pixabay doank...makasi ilmunya :)

    ReplyDelete
  14. Aaaa, ini yang aku butuhin Mbaaak. tengyuuuh ya infonya

    ReplyDelete
  15. Cateett.... makasih mbak Carra

    ReplyDelete
  16. Kereen...kereennn..makasih Mamak :D

    ReplyDelete
  17. ouwhh... pantesan smeua image di blog nya mak carra keren2. ternyata ada penyedia nya ya. gratis pulak ^^ eh mak, tp kalo pakai gambar dr situs2 ini, perlu gak nyantumin source pic nya??

    ReplyDelete
  18. mantap-mantap, biasanya saya langsung ke pixabay aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pixabay emang paling banyak kok koleksinya :)

      Delete
  19. makasih mba artikelnya :) lagi nyari selain pixabay sama picjumbo, eh nemu banyak list di sini. yeay!

    ReplyDelete
  20. paling sering pake yang dari unsplash. Keren banget gambarnya

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog