7 Cara Menulis Judul Artikel Viral - Praktikkan Setiap Saat!

Ah, sepinya blog saya ini. Tapi nggak apa-apa. Saya malah menikmatinya. Kayak punya dunia send...



Ah, sepinya blog saya ini.

Tapi nggak apa-apa. Saya malah menikmatinya. Kayak punya dunia sendiri, yang mau apa-apa terserah saya sendiri. Hahahaha. Padahal saya terlalu sering menyarankan orang supaya don't blog for yourself, kalau pengin blognya ramai. LOL. Tapi ya gitu deh, saya lagi dikasih mainan sama beberapa orang, jadinya sekarang lebih suka main di portal tetangga. Jadi, kalau lagi nulis di blog sendiri gini kok ya rasanya kayak 'pulang' gitu. Nyaman. Mungkin karena memang nggak terlalu berniat untuk saya populerkan. Jadi nggak terlalu banyak usaha yang gimana-gimana juga saya lakukan untuk blog ini.

Anyway, malah kebanyakan intro yah.

Sebagaimana saya membuat blog ini pada awalnya, yaitu sebagai catatan pribadi dan sebagai tempat sementara untuk menuliskan apa-apa yang perlu saya ingat agar kemudian mudah saya temukan lagi, maka saya mau menulis hasil ulikan saya mengenai judul yang viral.

Zaman sekarang, ngetop di SERP aja nggak cukup. Branding dengan mengandalkan media sosial sendiri, nggak cukup. Kalau mau bisnis konten (iya, di sini blogging juga termasuk. Blogger itu kan pebisnis konten kan ya? Iya, seharusnya.), sekarang harus juga memperhatikan efek yang lain. Yaitu efek viral. Tadinya, saya, yang cetek, mikir viral itu hanya berlaku untuk marketing produk. Ternyata enggak. Bisnis konten pun sekarang harus viral juga. Kalau kata salah seorang guru konten saya, viral adalah salah satu dari formula kesuksesan konten. Vitamin Z. Ah, tentang Vitamin Z ini pengin juga sih saya catat di sini. Terutama hasil pengamatan saya. Entar deh, kapan-kapan.

Nah, dari yang sudah-sudah saya lakukan, saya akhirnya bisa merumuskan sesuatu. Dan, oh sekadar mengingatkan, saya juga belum sukses bener meramu judul artikel yang pas ini. Belum ketemu benar soul-nya. Tapi ketujuh cara ini, so far, yang paling oke dipraktikkan.

7 Cara Membuat Judul Artikel Viral yang Menarik


1. Claim it loud


This Video Is So Funny It Will Make You Spit Milk Out of Your Nose

Bandingkan dengan judul 'A Funny Video Everyone Should Watch'. Kira-kira lebih nampol yang mana? Orang akan lebih terpicu untuk penasaran pada judul pertama. Dulu, pernah ada fase di mana judul kedua memang menarik. Tapi seiring perkembangan, sekarang judul kedua sudah nggak bombastis lagi. Judul yang pertama lebih nampol. So, kita penulis memang harus kreatif untuk menemukan kalimat nendang seperti itu. Gimana caranya? Latihan. Hanya itu sementara ini saran saya.

2. Gunakan kata 'Anda', 'Kamu', atau apapun sebagai kata ganti orang kedua


Hal ini menunjukkan 'relation'. Apa-apa yang related to real people itu lebih bisa menarik orang untuk mendekat. Semacam, mencari teman senasib sepenanggungan.

'Ingin Segera Resign? 5 Hal Ini Mungkin Perlu Kamu Renungkan Lagi, Coba Deh Dicek!'

Poinnya adalah menarik kita-kita yang mau resign dari kerjaan. Related? Jelas. Ada berapa banyak orang yang pengin resign dari kerjaan sekarang ini? Banyak.

3. Use numbers


Segala macam angka itu menarik perhatian. Catatan saya yang di sebelah sini lebih menjelaskan lagi mengenai kesaktian angka dalam sebuah artikel. Buka lagi saja, kalau butuh.
Tapi ternyata nggak cuma angka di atas angka satu aja yang laris jadi penarik. Angka '1' itu sendiri juga bisa laku banget untuk judul.

'Lakukan 1 Cara Ampuh Ini, Maka Kamu Pasti Akan Dapat Pacar Besok Pagi'

Gitu maksudnya. Well, it's about claiming too sih. Tapi angka juga. Jadi campurkan satu formula dengan yang lain dah. It makes a better title.

4. Ini, Itu, dan Mereka


Maksudnya?

Ya, kayak contoh-contoh judul di atas.

'Lakukan 1 Cara Ampuh Ini, Maka Kamu Pasti Akan Dapat Pacar Besok Pagi'.
'Ingin Segera Resign? 5 Hal Ini Mungkin Perlu Kamu Renungkan Lagi, Coba Deh Dicek!'

Formulanya: 'People Who Do THIS Are More Likely to Be 'THAT Guy''

This, that, and people.

Hmmm, penjelasan yang ini agak susyeh ditulis yahhhh. Ntar deh, kalau menemukan kata yang tepat bisa di-rephrase. LOL. Maab.

5. Menulislah selayaknya manusia


Saya berkali-kali cerita, barangkali juga ada yang udah bosen denger atau bacanya, bahwa saya pernah sharing dengan salah seorang klien bahwa penulis konten jarang yang bisa menulis dengan manusiawi. Sayangnya, pas saya cerita ini, tetep ada yang nggak mudeng dan ngetawain. Nggak tahu juga, ngetawain apanya. Kata 'manusiawi'nya? Entahlah. Lebih jelasnya, ada di artikel ini.

Nggak mudeng kok ngetawain? Ya, begitulah manusia. Nggak mudeng, bukannya cari tahu. Malah ngetawain. Aneh.

Ah sudahlah, nggak penting.

Adalah penting memang untuk memasukkan unsur 'manusia' dalam tulisan kita. Tunjukkan bahwa yang menulis adalah 'real people' yang punya 'pain' sama dengan pembaca. Dan tulisan itu merupakan hasil perenungan, pengamatan, percobaan, dan pengalaman yang sesungguhnya (meskipun sebenernya kita nulisnya hanya berdasarkan riset).

Kayak artikel saya ini, '12 Resolusi Tahun Baru Terbaik untuk 12 Zodiak Berdasarkan Karakter Mereka'. Banyak yang bilang, 'ramalan' saya bener banget. Hmmm, apakah saya bisa meramal? Enggak, itu merupakan hasil riset dan kesimpulan saya berdasarkan data karakter dari berbagai sumber yang saya dapatkan :D

Saat menulis, usahakan selalu bayangkan dalam pikiran, kalau kita lagi ngobrol sama orang. Dengan begitu, tulisan akan lebih mengalir dan, tentu saja, enak dibaca. Lebih manusiawi.

6. Tentang Waktu


Waktu adalah kemewahan buat orang-orang millenials. Siapa sih yang sekarang punya waktu yang banyak?

Maka kemudian bertebaranlah artikel atau tips mengenai time management. Nah, angkatlah sang waktu ini sejak judul.

'Cuma Punya Waktu 5 Menit? Tetap Bisa Cantik dengan 7 Langkah Makeup Berikut Ini'

Saya kemarin sempat ngepost status nyari beauty tips cepat di Facebook. Sayangnya, nggak banyak yang mau jabanin. Ya sudah, kayaknya memang pada belum tergugah untuk bikin artikel yang viral dan menarik :D Saya harus cari cara lain buat create something like this.

7. Break the Rules


Dulu saran dari pakar menulis untuk judul itu adalah harus singkat, padat, dan jelas. Padat dan jelas, itu masih berlaku hingga sekarang. Singkat? Enggak lagi. Coba lihat judul-judul artikel viral zaman sekarang. Panjang kayak sepur.

Tapi meski panjang, nggak sepanjang judul headlines koran di lampu merah juga sih. Kita harus tetep cerdas mengolahnya. Cerdas dan elegan. Menarik minat orang, tapi juga nggak murahan.

Dan itu ... susah.

Caranya gimana untuk menulis judul yang kayak gitu? Latihan. Trial and error. Dan siap-siap, error-nya lebih banyak ketimbang benernya. *grins* Ya, namanya juga belajar toh?
Dan, bisa jadi dalam waktu yang nggak berapa lama, semua poin yang saya tulis ini dipatahkan oleh seseorang yang breaking the rules. Iya, bisa aja toh? Makanya, harus selalu berpikir out of the box dan kreatif. Itu, harus saya akui, ada sedikit faktor keberuntungan dan bakat pada diri seseorang :D


Nah, segitu dulu catatan saya tentang creating viral titles. Kalau ada formula baru, nanti akan saya update lagi di sini langsung.

Selamat menulis!

You Might Also Like

86 comments

  1. Eh baru tahu blog mbk yang ini :) postingannya oke banget seperti biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Esti. Iya, Mbak, ini tempat persembunyianku. Hahahaha.

      Delete
  2. syiik..dapat ilmu baru, makasih mbak Car....aku pernah ke stiletto lho...Januari lalu hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhooo iya. Kan yang sama IIDN Semarang kemarin kan? :D

      Delete
  3. Udah lama banget ga nulis...
    Nyoba nulis lagi aah. ;)
    Thanks ya, Mba Carolina, sukses terus nulisnya, Mba.

    ReplyDelete
  4. Mbak, kalo judulnya gitu apa gak kepanjangan?
    Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, itu, Mbak, breaking the rules :D Tinggal gimana kita mengolahnya aja sih. Tapi juga nggak harus selalu panjang kok. Kalau memang bisa singkat, ya, nggak usah dipaksain panjang ;)

      Delete
  5. Berlaku nggak ini, Mbak, untuk resep makanan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga.
      Ini Dia Resep Kue Cubit Paling Enak Seantero RT Saya << Claim it loud! Hahahahaha.

      Delete
  6. Nuhun ilmunya Suhu, sangat bermanfaat *salim* :D

    ReplyDelete
  7. Bikin judul masij kepaku sama keyword,,duuh gimana ya,,pentingkah? Palingan ngasih kalimat bombastisnya pas share di socmed.,intronya gt biar gag link aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memasukkan keywords juga nggak masalah kan? :) Tinggal diulik-ulik aja. Biar SEO friendly sekaligus viral. Kan bagus ;)

      Delete
  8. Keren Mbak Carra sharenya.. :D
    Ijin linkback ya untuk di TBI mbak. Tadi ada share juga di FB sih.

    ReplyDelete
  9. belajar buat praktek.. semangat nulissssssssss.. kemudian lanjut semedi nyari ide :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat semedi. Jangan lupa sajennya yang lengkap :D

      Delete
  10. dan postingan ini pun viral dalam sekejap.. nuwun ilmunya ya mbak kereen.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Viral gara-gara Mbak Injul ini mah. Sama-sama :-*

      Delete
  11. Oooo... gtu ya mbak. Hrs diingat dan dipraktekkan nih. Tfs ya mbak..

    ReplyDelete
  12. hai mba Carra thank you sharing nya ya .. udah lama nyari-nyari artikel ini soalnya tiap bikin judul kurang menarik hihihih.

    ReplyDelete
  13. Oce-oce, praktekin satu-satu ilmu ya. Makasih mba Cara

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Aih. Dikunjungi penulis buku keren XD
      Sama-sama, Mbak. Selamat menulis.

      Delete
  15. Ngangguk keras di poin ke-7, yang saya baca juga memang judul harus sesingkat mungkin.. tapi memang akan kalah menggiurkan dengan judul seperti "Heboh.. wajah Anak arts A dan B ternyata..." dan kadang isinya gak nyambung.. Fiuhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu yang kumaksud kayak headlines koran lampu merah.

      Delete
  16. cihuy, ma'aciiih banget maaak :)
    Mau coba ah

    ReplyDelete
  17. Baru tau blog yang ini.
    Duh paling nggak bisa deh kasih judul artikel, baik fiksi atau non fiksi, kok susah ya huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini blog pengungsian sebenernya Mak Li. Hahahaha.

      Delete
  18. Mba Carra, makasih ilmunyaa. Siap praktek :)

    ReplyDelete
  19. Makasih mbak, mau coba ahh kapan-kapan

    ReplyDelete
  20. Aduuh, aku dapet ilmu lagi dari mamah Carra..
    Makasih sharingnyaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((Mamah Carra)))
      Itu apanya Mamah Dedeh ya?
      =)))

      Delete
  21. Rumah sepi aja kayak gini mba e gmn dengan rumahku.. Ais dah gagal fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa, tadinya sih sepi. Gara-gara dishare sama seleb nih =)))

      Delete
  22. Bermanfaat banget,Mbak. Makasih ilmunya :-)

    ReplyDelete
  23. Waah menarik, aku yang pake angka udah pernah nyoba :)

    ReplyDelete
  24. Iya, Mbak, aku juga kali pertama ngerasain blogku jadi viral. Padahal aku gak pengin terkenal. HALAAAAH wkwkwkkwkw

    Tengkyuhhh Makkk sharing-nya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong. Nggak pengin terkenal hehehe.

      Delete
  25. dan mulailah tekun berguru di malam Sabtu :)
    makasih guru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alah. Jangan panggil saya guru, Mbak. Apeu-laaaah. Saya juga masih belajar kok :)

      Delete
  26. ma'kasih ilmu nya mba :) segera dipraktekan....

    ReplyDelete
  27. Sayang ga begitu percaya ama zodiak, makanya ga pernah bkn postingannya. Kunci bikin postingan viral bikin judul yang agak bombastis atau mengarah ke hal2 berbau gimana gitu. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau laki-laki umumnya emang nggak peduli zodiak. Tapi ya, itu bukan poinnya sih :)

      Delete
  28. Halo Mba Carra, salam kenal. Mba aq suka perhatiin akun sosmed tabloid atau majalah,biasanya mrk pakai viral saat posting artikel, tp begitu qt ke tkp(buka artikelnya), judul aslinya beda. Yg paling bagus gmn mb? Sekadar utk menggiring pembaca di sosmed, atau langsung saja pakai judul viral pd artikel yg qt buat?makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang seperti itu juga nggak bisa dipastikan yang begini lebih baik daripada yang begitu juga sih.

      Bikin judul/pengantar yang bombastis sih menurutku memang salah satu cara buat menarik pembaca. Tapi kalau sampai ke TKP, isinya beda sama sekali dengan yang diiklankan, kok ya kayak nipu orang. Kalau aku, baik pengantar link atau judul itu sama pentingnya. Mau viral, ya pakai di keduanya. Tapi jangan sampai nipu orang.

      Delete
    2. Makasih mba jawabannya.. Pokonya tetep buat ke2nya bombastis gicu yah. Klo contoh yg aq amati, isi artikel masih sesuai mb sama pengantar link nya,cuma di judul saja, judulnya tetep pakai keyword dan standar

      Delete
  29. siaaaap dicoba & dipraktekkan....
    trimikisih sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
  30. Praktekan Cara Ini Agar Blogmu Bergelimang Job Review Dalam Satu Jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpah. Komen ini nyaris ku-mark as spam :))))) Untung sempat liat nama komentatornya.

      Delete
  31. Buatku nyari judul yg tepat tp bombastis itu susyeee bingits mbak. Aku kira selama ini jdul yg simple itu lebih baik. Okesip noted.
    Insyah segera dipraktekkam

    ReplyDelete
  32. Mbuat judul memang gampang2 susah
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul. Gampang-gampang susah memang, Pakde :)

      Delete
  33. Waahhh...bagus banget tips nya..
    Harus langsung kupraktekkan ini.
    Thanks a lot sharing ilmunya mbak..

    ReplyDelete
  34. selamat siang mba, kalo untuk buku yang recomended bwt pemula dlm dunia tulis- menulis atau blogging apa ya? biar bisa belajar tentang dunia blogging. terima kasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya baru aja nulis buku dan sudah terbit. Blogging: Have Fun and Get the Money, isinya tips-tips blogging dan sekaligus teknik menulis dasar. Sudah ada di toko buku :)

      Delete
  35. Waahh ternyata oh ternyata oh begitu dan banyak ooohhh lagi.

    Makasih informasinya Mba. Penting bgt buat sy yg lg belajar nulis konten supaya bs viral 😊

    ReplyDelete
  36. Bagus infonya mba. Bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  37. Wah dapat ilmu baru nih. Terimakasih Mba, segera dipraktekkan :)

    ReplyDelete
  38. Halo Mba..
    saran dari mba carol oke punya.. saya suka gaya bahasanya juga.. LUGAS
    Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Terima kasih sudah berkunjung, dan membaca :)
      Semoga bermanfaat :)

      Delete
  39. tanpa mengikuti trik di atas, bisa gak memancing content menjadi viral? terus terang saya termasuk orang yang tidak begitu menyukai judul yang "seo" seperti itu, agak kaku menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja, lalu amati hasilnya. Siapa tahu Anda bisa break the rules :)

      Delete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog