Checklist 17 Hal yang Harus Kamu Lakukan dan Pahami Kalau Mau Menjadi Blogger Serius

Ada berapa tips ngeblog yang ada di dunia maya, yang bisa kita temukan dengan gugling? Ratusan...



Ada berapa tips ngeblog yang ada di dunia maya, yang bisa kita temukan dengan gugling?

Ratusan! *iklan wafer*
Nggak, mungkin malah bisa jadi jutaan, kalau kamu juga memasukkan source-source blog luar yang punya ide-ide gila itu. Tapi, kalau dibaca-baca, sebenarnya hampir semuanya sama. Makanya, saya jadikan satu saja di sini, biar bisa jadi checklist apa yang saya lakukan sudah bener apa belum. Sehingga lebih mudahlah buat kita untuk mengarahkan blog kesayangan masing-masing hingga optimal.

Yep, setidaknya 17 tips ngeblog ini selalu ada di setiap artikel mengenai blogging *terutama yang source luar ya, karena saya kebanyakan follow dan dapat source-nya dari blogger luar*.

1. Lakukan penyegaran terhadap template blog secara periodik


Yes, ini tips pertama yang sering banget ada di artikel sukses ngeblog di luar. Selain untuk menyegarkan mata pembaca tetap, ternyata trik ini cukup mampu untuk mengembalikan semangat kita ngeblog secara konsisten lho. Coba aja, kalau template baru kita pasti jadi semangat nulisnya kan?

2. Pastikan kita punya About Me yang representatif


Yang satu ini kayaknya pernah dibahas di blog Mbak Lusiana Tris di beyourselfwoman.com ya. Silakan diubek-ubek aja tuh blognya. Mengapa dan bagaimana laman 'About Me' ini ngaruh ke branding, juga dijelaskan dengan kata-kata versi Mbak Lusi: sederhana dan khas ibu-ibu :))

Saya juga barusan beresin bagian 'About Me' ini. Buat saya, 'About Me' ini memang merupakan laman di mana para pembaca akan benar-benar menemukan siapa kita sebenarnya. Jadi, ya memang harus diseriusin bikinnya, jangan alakadarnya. Saya bahkan melengkapi bagian 'About Me' dengan portfolio, karena so far kebanyakan orang memang mencari info kontak di laman 'About Me' ini.

So far, saya merasa 'About Me' yang sudah saya tulis sudah mendingan ketimbang yang sebelumnya. Tapi kalau menurut beberapa artikel, sepertinya saya masih harus beresin beberapa poin lagi, di antaranya adalah urutan hirarki representatifnya, dan kalau perlu bikin media kit. Ini yang belum. Kapan-kapan akan saya lengkapi. Nah, kalau punya checklist gini kan enak, jadi tahu mana yang kurang. Iya nggak sih?

3. Organize the categories carefully


Nah, ini nih common mistakes para blogger. Kategori yang berantakan.

Di blog sebelumnya, saya ada belasan kategori dan subkategori. Di blog yang ini saya lebih padatkan lagi. Kuncinya ada pada penentuan keyword kategori. Saya selalu percaya, kategorisasi menjadi penentu navigasi blog yang baik. Dan, Google suka pada web atau blog yang bernavigasi baik. Logika saya juga mikirnya, bot Google akan crawling dari atas ke bawah. Kalau template kayak blog ini, berarti yang pertama kali kena crawl adalah kategorisasi. Jadi saya harus membuatnya optimal, supaya dengan mudah kena di keywords dan personal branding yang saya inginkan.

Bener nggak ya, logika saya kayak gitu?

Tak hanya Google, tapi pembaca blog sendiri juga lebih gampang saat berkunjung. Kategorisasi artikel yang ada pada blog juga bisa menjadi pedoman topik apa saja yang kita bahas dalam blog, sehingga punya jalur dan rel yang jelas. Pembaca yang baru saja datang berkunjung akan tahu gambaran global bahasan artikel-artikel yang kita tulis hanya dengan melihat pada kategorisasi.

Kategorisasi ini juga sangat membantu kalau blog kita mau mulai berniche. Kadang kalau kita lagi ragu-ragu pengin menulis sesuatu, lalu bertanya-tanya sendiri. Ini masuk niche blog gue nggak ya? Tinggal cek aja di kategori. Ada yang cocok nggak kategorinya? Kalau enggak ada yang bisa masuk, berarti tulisan tersebut berada di luar niche.

4. Manfaatkan footer juga dengan optimal


Kebanyakan blogger menyarankan, agar tak mengabaikan footer. Kalau template-nya nggak menyediakan footer, ya mungkin bisa kita tambahkan secara manual dengan coding HTML.

Hmmm, saya sendiri sebenarnya belum terlalu memaksimalkan footer ini ya. Bahkan di blog ini, footernya saya buat seminimalis mungkin. Aeh, nggak cuma footer yang saya bikin minimalis sih, semua juga minimalis. Soalnya konsep saya di sini memang clear and clean *kayak iklan sabun muka*.

Tapi di beberapa artikel memang saya temukan, bagaimana cara memaksimalkan footer. Nanti semoga sempat juga saya catat di sini yah.

5. Buat kalender editorial

 
Penginnya saya kasih foto editorial calendar saya, tapi pas nulis ini nggak saya bawa. Ntar saya ganti kalau sudah ada foto ya!

Nah, ini saya sudah mulai pakai sekitar 3 bulan ini. Gara-gara ketularan saya harus bikin buat Rocking Mama, jadinya blog juga saya bikin deh sekalian. Kayaknya para blogger dalam negeri sudah mulai ada juga yang memakainya ya, biasanya disebutnya dengan blog planner.

Biasanya saya bikin per minggu buat blog, soalnya masih agak-agak tergantung mood :)) Kalau editorial kalendernya dibikin bulanan, suka lebih sering nggak cocoknya :P Tiba-tiba pengin nulis yang lain. Gitu-gitu deh. Kalau buat Rocking Mama, saya ada kalender editorial sampai setahun. Meski kemudian, saya break down-nya per bulan dan per minggu.

Apa sih pentingnya kalender editorial buat blog? Blog kan suka-suka aja? Hmmm, tambah panjang antrean catatan nih :)) Kapan-kapan semoga inget nulis ya. Jadi panjang kan ide topiknya :D

6. Awas, blogger burnout!


Kadang semua terasa overwhelming untuk bisa menjadi blogger 'yang sesungguhnya'. Ngeliat pada 'bergelimang' job review, atau pada menang lomba, terus kepikiran, giliran eikeh kapan, Ya Allah? Kenapa ngeblog dari enam bulan yang lalu, eikeh nggak dapat apa-apa juga? Rasanya capek banget ...

Hyap! Ngeblog itu bukan kerjaan sehari dua hari, mas broh mbak sis. Apalagi kerjaan semalam macam Bandung Bondowoso. Setiap hari kita harus konsisten nulis dan kalau perlu pasang kacamata kuda, nggak perlu dengerin orang mau meragukan kita atau meremehkan kita kayak apa. Dan, hitungan bulan, itu belum ada apa-apanya. Keep writing! Till your arms drop!

Ih, kok ngeri.

7. Awas, kehabisan ide!


Beugh, semua-mua sudah ditulis. Nulis apa lagi nih? Padahal sudah ikhtiar mau nulis one day one post, biar ramping. Biar DA naik bla bla bla ...

Mau ngeblog berarti harus siap brainstorming ide setiap hari. Temukan mood booster nulis setiap hari.

8. Ajaklah pembaca untuk meninggalkan komen


Apalah tulisan jika nggak dibaca oleh orang? Apalah ngeblog kalau nggak ada komen?
Tapi gimana caranya memancing orang buat komen?
Nah, hasil penelusuran saya, ada ternyata trik khusus untuk memancing komen.
Apa aja?

Bentar ya, saya rangkum dulu :))

9. Juga tinggalkan komen di blog lain


Yang berarti kita harus mau nggak mau harus blogwalking, dan tinggalin jejak. *jewer diri sendiri* No more silent reader ya. *iya, saya usahakan*

Coba datangi setidaknya 1 blog baru setiap hari << ini adalah salah satu saran yang paling banyak saya temui di setiap artikel ngeblog. Kenapa harus begitu? Sudah pastilah ya, untuk memperluas networking.

10. Belajar edit foto

Sumber: pcmag

Karena sekarang tulisan aja nggak cukup. Harus juga mempresentasikan diri dalam bentuk gambar, gaes. Yep, foto!
Foto ala kadarnya sekarang juga nggak begitu menarik. Coba, cari referensi foto yang baik itu yang kayak apa. Mau nggak mau kita juga harus belajar fotografi, atau minimal olah foto.

Tulisan tanpa gambar itu garing, gaes. Gambar yang nggak berbicara itu juga ga asik.

Terus yang kayak apa? Ayo, ayo, cari tahu!

11. Melek detail


Misalnya, kalau kamu mau mengunggah foto ke dalam artikel blog, jangan lupa isi juga meta descriptionnya, meta tag-nya, juga caption-nya. Karena ini cukup membantu banget buat SEO blog.

Lalu kalau insert link juga perhatiin, mau do follow atau no follow. Sebaiknya dibikin agar bisa 'open in new window/tab', lalu kalau ada metatag-nya juga diisi.

Printilan, nyebelin, tapi kalau diisi bisa cukup membantu performa blog kita.

Saya sendiri pengalaman, segala macam yang detail itu memang lebih bagus. Gambar atau sketsa, kalau bisa detail, biasanya juga akan lebih 'hidup'. Begitu juga tulisan, dan nggak ketinggalan, keseluruhan penampilan blog kamu. Ayo, bareng-bareng sekarang mulai mikirin sampai ke detail-detail ya!

12. Awas, jebakan plagiarisme!


Kadang karena kita nggak ngerti mengenai hak cipta, kita jadi melanggarnya. Nyari image di google. Lalu asal tempel di blog. Kalau dipermasalahkan, jawabannya, itu image punya Google kok! Kalau di Google kan berarti milik umum!

Ah. Ayo, belajar mengenai Google, dan belajar agar tahu apa saja etiket yang ada di dunia maya. Lalu, ayo, kita terapkan pada diri kita sendiri dulu sebelum kita nyinyirin orang. Demi kemaslahatan umat.

13. Dan, tahu bagaimana harus bersikap jika karya kita dicuri


Saat kita sadar etiket, sekaligus juga kita harus sadar bahwa dunia maya ini penuh dengan orang-orang, yang meski tak kita lihat tampangnya secara langsung, tapi mereka ada. They do exist!
Dan, begitu kita pencet tombol 'publish' itu berarti kita sudah mengizinkan bahwa properti pribadi kita menjadi milik umum.

Lalu, kalau dipergunakan oleh orang lain tanpa bertanggung jawab bagaimana? Apa yang harus kita lakukan?

Saya menemukan beberapa cara yang bisa kita lakukan jika seseorang sudah mempergunakan foto kita tanpa izin. Kapan-kapan semoga bisa saya catat juga di sini.

14. Brand yourself!


Ayo, melek personal branding! Ada banyak cara untuk bisa melakukan personal branding pada diri kita sendiri sebagai blogger. Salah satunya, yang harus dilakukan sejak awal kita mulai ngeblog, adalah memutuskan merek diri kita sendiri, lalu mempergunakannya di seluruh media sosial yang akan kita punya. Artinya, nama blog, nama akun Twitter, Facebook, Instagram, email dan lain-lain sebaiknya sama semua.

Ini sudah disarankan sejak lama oleh para blogger luar. So, ayo, yang belum segera saja rebranding ya :D

15. Sesekali tawarkan newsletter

Sumber: clhs.osceolaschools

Nah, ini. Kalau di sini kayaknya masih sebatas newsletter otomatis via blog langsung atau paling banter via Feedburner ya.
Ada yang udah cobain Mailchimp?

Mailchimp adalah web penyedia desain newsletter yang customized. Gratis kok, meski ada juga paket yang berbayar. Saya pernah pakai Mailchimp untuk bikin newsletter buat kantor saya yang eksportir furniture itu. Lumayan buat ngupdate produk-produk baru pada customer. Lalu, kira-kira gimana ya, kalau Mailchimp juga kita pakai untuk mengoptimalkan performa blog? Kira-kira ngaruh nggak ya?

Saya belum tahu. Secepatnya pengin saya coba :)

16. Keep learning


Selalu ada perkembangan baru di dunia teknologi informasi, termasuk di dalamnya blogging. Orang yang akan mendapatkan hasil, adalah mereka yang nggak pernah berhenti belajar.
Sepakat?

Sepakat dong!
So, keep learning new skills. Not only about blogging, tapi juga printilan-printilan di sekitarnya, misalnya belajar infografis, belajar edit foto yang lebih baik. Belajar nulis yang lebih baik lagi. Dan seterusnya.

17. Think about monetizing


Nah, akhirnya monetizing.
Yep, kalau kamu udah mikirin monetizing di depan, saya kira, mindset kamu harus diubah sedikit. Apalagi kalau soal ngeblog. Kamu ngeblog, belum apa-apa udah mikirin dapat uang, bakalan mendegradasi komitmen kamu sendiri.
Percaya deh, sama saya.

Monetizing the blog is good. Dan bukankah setiap orang berharap ke sana? Nggak salah kok. Bagus! Kan berarti kita punya objective saat ngeblog. But, as an objective, ya taruhlah di bagian belakang. Namanya objective, itu bukan di depan. Kalau di depan itu meja pendaftaran #mulaingawur


Nah, itu dia tips-tips ngeblog umum yang selalu ada di artikel mana pun.
So, kamu sudah melakukan yang mana aja nih, dan yang belum melakukan yang mana aja?

Ayo, satu per satu diberesin yuk :)

Btw, dari satu postingan ini aja, bisa saya break down jadi ide artikel berapa banyak ini ya? :))
Yah, semangattt!

You Might Also Like

67 comments

  1. Yang terakhir itu paling penting mbakkkk.... jangan pernah berpikir soal monetizing sejak awal ngeblog. Like you wrote: have fun first then get the money. Dan dapatkan uang dari blog itu banyak opsi, gak cuma dari JR doang kan ya

    ReplyDelete
  2. Yeiiii aku disebut blogger terkenal. Tapi itu banyak banget, aku pusing. Mau coba mailchimp itu ah. Kayak chipmunk gitu ya sepintas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kan nggak langsung dikerjain semua. Namanya checklist kan ya satu per satu :D
      Iya kayak chipmunk. Ini anggota keempat chipmunk.

      Delete
  3. Langsung bookmark Mba Carra. Great sharing. Blog planner blm punya, baru catat manualdi kertas, hahahaa..
    Di tunggu sharing selanjutnya Mba. Masih banyak itu yg belum dijelasin :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiklah. Ditunggu dengan sabar ya :))

      Delete
  4. Thanks mak tips"nya. Dan setuju, ngeblog itu ga cuma sehari dua hari. Saya aja udh 4 tahun ngeblog baru sering dapet job review :v

    ReplyDelete
  5. Poinnya banyak banget dan bikin melek. Ya ampun, aku harus terus belajar lebih baik lagi. Makasih banyak tipsnya ya Mba.

    ReplyDelete
  6. Blog planner? Buat sih, tapi sering ngawurnya mba.

    PR juga nih buat beresin about me. Makasih artikelnya mba,kece..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, sama-sama bikin keren blog :)

      Delete
  7. kalender, kalender... paling susah ini mbak. masih lebih sering tergoda mood. resiko blog gado-gado ya gini deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog gado-gado sama tergoda mood sih sebenernya nggak ada hubungannya :))))

      Delete
  8. Mau aku terapin semua yang diatas ah, bikin aku makin semangat ngeblog nih mba. Blog planner itu ternyata penting banget yah.. harus bisa.. harus bisa ! :D.

    ReplyDelete
  9. blm semua nya sih aku lakuin :D.. tp so far udh coba bgt utk konsisten dlm menulis, juga BW :D.. dan emg sengaja bikin blog dgn niche traveling dan kuliner, spy tulisan ga gado2 kemana2..

    ReplyDelete
  10. Setuju banget dengan point yang terakhir. Kebetulan saya baru ngeblog akhir April 2015, dan karena saya memfokuskan diri pada traveling, akhirnya banyak kenal travel blogger juga. Sempat ditanyain sih udah seberapa jauh memonetize blog atau misalnya dapat job review apa saja. Tapi gak tau ya, sejauh ini saya belum terlalu berpikir kesana. Gak ngoyo lah, ada ya dikerjain, nggak ya tetap asik asik aja. Soalnya masih berusaha mencari dan menggali kesenangan jalan2 plus berbagi lewat blog nya dulu. Saya pikir soal itu bisa menunggu, nanti pasti ada waktunya. Kalaupun nggak, ya setidaknya tetap enjoy dalam ngeblog.

    Makasih banget mbak, postingan ini bagus sebagai reminder dan daftar cek juga.
    Salam kenal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, makasih ya sudah mampir ;)

      Delete
  11. Sebenarnya mau ganti template blog tahun ini, udah bosen sama pink *hiiy* hahahha hanya saja belum sempat *alesaaan* hahahaha o iya ngomong niche, emang udah mau me-niche-kan blog *cieeeee* cenderung ke lifestyle sajaa :D
    Nah, mauu banget bikin blog planner.. harus kayaknya nih karena ada bbrapa jadwal jadi terbengkalai huh..

    Ini blog baru kok nggak ada tumpengnya untuk selametan yaak *:D :P *kabuurr

    ReplyDelete
  12. Oh iya mau edit About Me kok lupa terus. Template blog ganti nggak ya? Terlanjur sayang, tapi pingin yang baru juga sih buat penyegaran #halah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Banyak maunya ya, Mak. Sama dong. :))

      Delete
  13. Awalnya karena ingin membereskan rumah. Ok. Menulis nanti kalau sudah selesai tantangan rumahnya. Nyatanya pekerjaan rumah tidak selesai-selesai. Padahal menulis bagi saya kartasis.

    ReplyDelete
  14. Udah lama nih ga ganti template :D

    ReplyDelete
  15. bebenah...bebenah...lalu saya puyeng mana dulu yg mau dibenahin ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Satu per satu aja dipikirinnya. Kalau diliat keseluruhan emang bikin puyeng :D

      Delete
  16. Mungkin ini OOT mak. Kalo saya pilih niche ttg kehidupan rumah tangga, namanya blogger apa Mak? Hehehe

    Trus apakah ada blogger luar atau dalam yg ngangkat topik ini jg? Kalo ada, siapa Mak? Pengen berguru nih. Hehe. Trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah tangga? Nggak usah dinamain kan nggak apa-apa. Nichenya yang penting, bukan namanya :) Untuk referensinya, aku masih banyakan yang parenting nih. Ntar aku infoin kalau nemu yah :)

      Delete
  17. ada beberapa yang belum dilakukan.
    makasih mba infonya.
    *langsung catet

    ReplyDelete
  18. Hohooo...satu postingan ini adalah rangkuman bukumu mba..padatttt merayap

    ReplyDelete
  19. Ahhhh... banyak yg belum beres kakaak *tutupmukapakewajan
    Udah lama juga ga ganti template. Ishh udah 1,5 tahun ternyata. Masih pusing juga soal katagori. Kayaknya banyak hg hadus diberesin nih. Tfs mbaak

    ReplyDelete
  20. Wah, PR saya banyak banget ini. Thanks a lot infonya,Mbak :-)

    ReplyDelete
  21. Mbak Carra,
    Terima kasih untuk artikel ketje penjawab kebingungan dan kegalauan saya sebagai blogger on-off hehe.
    Pe-er saya uakeeeh tenan lihat poin-poin di atas. But, better late than never, right? :)

    Salam kenal yaaa..
    Harus rajin BW, comment n berguru sama blogger2 lain nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali ;)
      Jangan dilihat keseluruhannya. Lihat per bagian, beresin satu per satu ;)
      Semangat!

      Delete
  22. Eerr... hmmmm..... *blushhh* mendadak otak ngebul. Wkwkwkwkwk....

    Makin banyaaaakkk peeerrr nya nih, apalagi aku blogger moodyan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal bagaimana point of view-nya. Kalau dilihat banyak ya banyak banget. Kalau dilihat per bagian, beresin satu per satu pasti nggak kerasa beratnya ;)

      Delete
  23. Abis baca inu jadi kepikiran agenda terdekat: ganti template edit about me bikin planner, brainstorming bikin newsletter (meskipun siapa gue). Tengkyu sharenya, Mak. I love you full bumi - bulan PP (maksudnya to the moon and back) :D

    ReplyDelete
  24. Pagi-pagi lari (blog) pagi mampir di blog wanita sekaliaen belajar ngeblog dari (rahasia wanita) siapa tau bisa dapat teh apa kopi, hehehe thank's tips nya ya Mbak Carolina :)

    ReplyDelete
  25. Masih harus banyaaaaakkk belajaaarrr akuuuu...

    ReplyDelete
  26. Langsung cek blog sendiri :)
    Makasih infonya mak carra ^^

    ReplyDelete
  27. semakin tercerahkan dengan tulisan ini. Thanks alot ya Mak buat tips-tips kerennya...

    ReplyDelete
  28. Banyak PR nih. Aku yang udah ceklis cuma sering gonta-ganti template aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lainnya coba juga dibenahin, Mbak :)

      Delete
  29. Mulai ninggalin jejak sejak dibilang "Jangan jadi SR"
    huuhuu.....siap.

    HAturnuhun tipsnya teh....

    ReplyDelete
  30. Good information ... ijin share ya Mbak. Makasih

    ReplyDelete
  31. hualah banyak amat hehe... tapi bermanfaat banget, makasih sharing-nya :)

    ReplyDelete
  32. bukmak, bukmak, bukmaaaak...
    mbak, ini bermanfaat banget buat aku (professional) blogger pemula. hihi. ngeblog dah lama, cuma dulu msh jd tempat curcol aja. bahkan nama blognya aja ga jelas. hihi. aq sungkem dulu deh ma mbak carra... keep sharing ya mbak... makasi... :)

    ReplyDelete
  33. Saya sedang burnout nih mbak. Ide tulisan sih ada, tapi entah kenapa malas aja mau menuangkanya hiks..

    ReplyDelete
  34. ceklistnya banyaakk... hmmmm..tahan napas, keluarin lagi
    kayaknya mesti bebenah pelan-pelan.

    ReplyDelete
  35. Nungguin no 8 wakaka, tfs y mba, manfaat bgt *lope2

    ReplyDelete
  36. Asyik.... siap mba Carra. Siap laksa akan atu-atu... :-)

    ReplyDelete
  37. Waaaah setelah baca ini
    Semangat nya jadi fresh lagi...
    PR saya yg utama ya di About me

    ReplyDelete
  38. Ninggalin jejak ah hihii
    Makasih Mbak Ratri, moga2 bisa kulaksanakan :D

    ReplyDelete
  39. Wahh banyak Belajar nih! Coba praktek satu per satu 😆😆

    ReplyDelete
  40. Mba, aku secret admirermu (lhaa kok bilang) hihiii
    Kadang aku baca tapi ngga komen...berguna banget tipsnya mba, makasih yaa

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog