Mengapa Blogger Perlu Menulis Guest Posting di Blog Lain, dan Apa Saja Etikanya?

Let's guest blogging!   The amazing thing about guest posting really is the amount of peo...

Let's guest blogging!

 

The amazing thing about guest posting really is the amount of people you will meet through it. This means either the comments of your posts or simply the relationship with the people owning the blog. ~ Leo Wildrich


Sudah baca beberapa guest posting yang ada di blog ini kan? Ada beberapa yang sudah tayang, bisa kamu baca di sebelah sini.

Kenapa sih kita harus guest blogging? Ya, nggak harus juga sih. Hanya saja ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari guest blogging ini. Di antaranya adalah kita bisa mendapatkan backlink berkualitas (karena seharusnya dalam artikel guest blogging itu kita diperkenankan menambahkan link ke blog kita meski nggak banyak), dan juga bisa menambah network dan pembaca blog baru. Apalagi kalau kita lagi dalam rangka ngebranding diri sendiri. Guest blogging bisa sangat membantu.

Saya sendiri sudah beberapa kali menulis guest posting untuk blog teman-teman yang lain, seperti di blog Mas Febriyan Lukito, ataupun di blog Mas Dani Rachmat. Guest posting lain yang sampai sekarang saya lakukan adalah di web milik Kumpulan Emak Blogger. Saya juga masih terus mencari di mana saya bisa menulis guest blogging.

Dibayarkah kita untuk menulis guest blogging ini?
Tidak. Ini lebih kepada semangat berbagi, itung-itung 'jual diri', memperkuat personal branding, memperluas networking, dan dapat teman baru. Bonusnya yang terbesar adalah mendapatkan backlink, seperti yang saya sebutkan di atas. You know-lah ya, backlink berkualitas zaman sekarang makin susah didapatkan. Selain dengan blogwalking, menulis guest blogging juga merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkannya.

Nah, lalu apa saja yang harus diperhatikan kalau mau menulis guest post untuk bisa ditayangkan di blog atau website lain?

Nggak terlalu ribet. Seperti juga menulis untuk media pada umumnya, selalu ada etika nggak tertulis yang harus kita patuhi. Lebih cenderung ke "what to do when and what to do after". Halah apalah apalah. Ya gitu deh pokoknya. Bahasanya gaya bener.

Yuk, coba kita lihat langsung aja "aturan umum" nulis guest posting. Untuk blog penerima guest posting akan saya sebut host ya, sedangkan untuk penulis guest post akan saya sebut ... ya guest-lah.

Quotes and Image via JH Webworks


Etika Umum Menulis Guest Posting di Blog atau Web Lain


1. Perhatikan topik yang diminta oleh host


Sebelum mulai menulis, ada baiknya lihat dulu topik apa saja yang ada dalam blog host.

Cara tahunya gimana?
Coba cari kategorisasi dalam blognya. Ada kan, misal parenting, resep masakan, tutorial dan seterusnya. Nah, dari situ kita bisa lihat topik apa saja yang ditulis oleh host.

Jadi kita harus menulis dalam topik yang ada dalam blog host ya?
Diusahakan begitu. Kalaupun ternyata topik blog host tak sesuai dengan topik yang biasa kita tulis, kita bisa kok menyiasatinya. Misal nih, kita biasa nulis kulineran, sedangkan host punya kategori bahasan film. Nah, kita bisa tuh nulis film-film yang topiknya kuliner. Banyak kan? Jadi memang tergantung kreativitas kita tuh, untuk nge-mix adonan topik.

2. Tanyakan berapa link yang diperbolehkan dalam satu artikel guest blogging


Tanyakan pada host, berapa link minimal dan maksimal yang diperbolehkan dalam satu artikel guest posting. Kalau blogger luar sana sih kebanyakan memperbolehkan ada 4 link dalam body artikel yang menuju ke blog kamu. Nah, supaya lebih clear, ada baiknya ditanyakan dulu. Masing-masing host punya toleransi sendiri-sendiri soalnya.

3. Hormati boundaries dan perhatikan disclaimer host


Meski kita pinter nge-mix topik, tapi juga harus menghargai policy host. Misalnya nih, host tidak menginginkan postingan yang berhubungan sama minuman keras. Maka jangan menulis mengenai topik tersebut, meski sudah dimix dengan topik lain. Jadi, tanyakan apakah ada batasan topik? Apakah ada bahasan tertentu yang 'terlarang' untuk dibahas di blog host?




Quote and Image via Writes and Authors

4. Bring your personality. 


Jangan karena kita menulis di website lain atau di blog orang, lantas kita meninggalkan 'identitas' kita. Jangan ya. Tetaplah menulis sebagai dirimu sendiri. Yang biasa ngocol ya ngocol, yang biasa serius ya serius. Tetap pertahankan apa yang menjadi ciri khas tulisan, mau kayak apa pun akan membawa 'angin segar' untuk blog host.

5. No plagiarism!


Ini jelas banget!

Tulisan kamu harus original, dan belum ditayangkan di blog kamu. Ini, selain menghindari kena hukuman Google karena double content, juga penting untuk memperlihatkan bahwa kamu menghargai blog milik host. Siapa sih yang mau menerima 'tulisan bekas'? Nggak ada.

Begitu juga dengan ilustrasi atau image yang kita pakai dalam artikel guest blogging. Kalau dalam tulisan kita ada image-image yang kita ambil atau comot dari website lain, jangan lupa untuk menyertakan link sumber image tersebut ya. Saya sendiri nggak mentolerir image comotan tanpa sumber :) Nggak bagus buat citra blog.

6. Promote!


Nah, setelah tulisan guest posting kita dipublish oleh host, promosiin dong :D Kan biar banyak yang baca. Biar host juga ngerasain 'angin segar' yang kita bawa :D Ini kan simbiosis mutualisme. Jadi ayo ayo, promosikan ke semua medsos yang kamu punya :D


Quotes and Images via JH Webworks


7. Balas komen 


Dan, setelah dipublish, ada baiknya dalam beberapa hari sekali kita sempatkan waktu untuk mengecek apakah ada komen yang masuk menanggapi artikel kita tersebut. Kalau ada, segera balas komen itu. Yaaa, kurang lebih perlakukanlah seperti kalau ada komen yang mampir ke blog kita sendiri. Kan akan di-reply kan? Atau enggak? Ehehehe.

Nah, nggak berbeda jauhlah sama yang sering kita lakukan biasanya di blog sendiri kan?

Dan ada beberapa web atau blog besar yang menerima guest posting, lho! Tapi entar aja deh, saya post dalam artikel tersendiri aja ya.

Meanwhile ... ada yang tertarik untuk menulis guest post di blog ini? Iya, saya juga menerima guest posting. Syaratnya tentu saja ada, di antaranya topiknya adalah seputar blogging, creative writing, marketing, freelancer's life seperti yang sudah ada di kategori-kategori di atas. Selain itu, saya mengizinkan ada 1 link keluar menuju ke blog kamu (dan link-nya dofollow), namun tidak menuju blog atau web yang dikomersialkan. Yep, hanya boleh menuju ke blog pribadi kamu aja. Hal-hal lain bisa deh nanti dibicarakan via japri, karena akan berbeda-beda untuk jenis tulisan. Saya juga berhak untuk tidak menayangkan artikel guest berdasarkan pertimbangan yang mungkin bersifat subjektif. Jadi, silakan hubungi saja kalau mau nanya-nanya :)

Nah, kalau mau menulis guest posting untuk blog ini, sila kirimkan artikel kamu via email ke mommycarra@yahoo.com, dalam format .doc atau .docx. Sertakan ilustrasinya kalau ada, jangan lupa sumbernya.

Happy writing!

You Might Also Like

19 comments

  1. Jadi tercerahkan juga untuk dofollow ini hihihi, biar ga salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah terlalu parno sama dofollow - nofollow :) Woles aja.

      Delete
  2. siapa yg nggak mau dong menyambut tamu seperti mbak, mau dong ditamuin sama mbak Carra di blogku

    sebelumnya yang pernah jadi guest di tempatku ada Febryan Lukito dan 2 teman lainnya
    kalau jadi guest pernah juga .., tapi mau jadi guest di sini aku nggak pede he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asyik. Nanti aku jalan-jalan deh ya ke sana. Sambil liat-liat kategorinya :D
      Kenapa nggak pede? Kan boleh cerita-cerita juga seputar kegiatan blogging :)

      Delete
  3. pgn bgd sbnrnya mbak ra, tp aku suka nggak pede. maluk.
    btw makasih sharenya ya mbk,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa nggak pede? Kenapa malu?
      Apanya yang bikin malu? :)
      Yuk, nulis.

      Delete
  4. Sekarang lagi mulai menjamur guest blog ya Mbak. Saya baca2 kt y memang salah satu cara nambah backlink berkualitas seperti yg Mbak bilang. Terus kita juga mesti parno dengan dofollow kt y...klo kita pasang nofollow buat link ke wikipedia misal..malah jd aneh kt y, soalnya wiki udah termasuk web yg kredibel.. bener gitu ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. "mesti parno dengan dofollow" << mesti ga parno dengan dofollow, benernya.

      kita pasang nofollow buat link ke wikipedia misal..malah jd aneh kt y, soalnya wiki udah termasuk web yg kredibel.. bener gitu ya Mbak? << nggak juga. Semua tergantung kita kok, terserah kita. Kita nggak harus selalu merekomendasikan web lain.

      Delete
  5. Blog Mom Carra tentang blogging, bingung kalo mau menulis untuk guest posting di blog ini hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan bisa cerita tentang pengalaman blogging, Mak :D Atau pengalaman nulis. Hihihi.

      Delete
  6. Noted...seru juga blogposting ya. Saya sempet beberapa kali sih ..tapi musti ditambah sepertinya :)

    ReplyDelete
  7. Pengen sebenernya, cuma saya newbie. Malu euy. Udh gitu emang ga bisa nulis seputaran creative writing, freelance dan sejenisnya. Nulisnya lebih ke persoalan emak-emak hihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak harus di blog ini juga kok, Mbak :) Coba deh, cari-cari. Ada banyak kok teman blogger yang bersedia tukeran artikel blogpost :)
      Semangat!

      Delete
  8. Wah.. makasih artikelnya mb. Saya malah baru tahu kalo ada guest blog ini. Jadi pengen lebih tahu banyak

    ReplyDelete
  9. Pengen banget tapi sayang niche saya tentang wisata, jadi nggak bisa ya.

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog