Mau Uji Nyali Menulismu? Ayo, Menulis di Situs Lain!

Uji nyalimu dengan menulis di media lain! Menulis di blog sendiri? Banyak banget keuntungan...

Uji nyalimu dengan menulis di media lain!



Menulis di blog sendiri?
Banyak banget keuntungannya. Kita bebas berekspresi, kita bebas mau menulis apa saja semau kita. Mau liat sebagaimana bagus tulisan kita? Coba ikutan lomba, atau giveaway, yang memaksa kita untuk menulis sesuai 'aturan'. Kalau menang, berarti ada kemungkinan tulisan kita sudah lumayan bagus.

Saya sendiri saat menulis di blog pribadi menggunakan indikator komen dan sharing untuk mencari tahu, apakah tulisan saya sudah cukup bagus dalam artian bisa menjawab permasalahan dan bermanfaat untuk orang lain atau belum.

Tapi ... indikator seperti ini juga nggak selalu bisa dijadikan patokan. Selain itu, masa nggak kepengin mencoba sesuatu yang baru?
Pengin nantangin diri sendiri untuk menulis bagi pembaca yang jangkauannya lebih luas?
Pengin sedikit keluar dari zona nyaman?
Pengin lebih terkenal?

Nah, kalau gitu, coba menulis untuk website lain!
Kalau di luar sudah banyak sekali website, blog atau UGC yang menyediakan tempat bagi para penulis untuk menjadi penulis tamu, atau guest writer, atau guest blogger.
Sebentar, UGC?
Apa itu UGC?

UGC adalah singkatan dari User Generated Content. Adalah website-website yang kontennya diisi oleh para user, biasanya sih terdiri atas banyak user. Kalau di Indonesia contohnya adalah Kompasiana.
Blog itu sebenernya juga termasuk UGC sih, terutama yang masih gratisan macam wordpress, blogspot atau tumblr. Tapi pada akhirnya kan blog ada yang berdomain sendiri dan kemudian dikelola oleh perseorangan ya. Jadi yang kayak gitu, jadinya nggak termasuk UGC lagi.
Social media itu sebenarnya juga bisa dikatakan sebagai UGC.

Nah, di Indonesia memang belum banyak UGC yang benar-benar user friendly, dengan ada editor dan bisa memberikan keuntungan bagi kontributornya, misalnya jangkauan pembaca yang luas, fee kompensasi meski nggak banyak, tulisan diedit oleh tim editor internal hingga kita bisa belajar menulis lebih baik.

Tapi, kalau kamu mau coba a bit stepping out of your comfort zone aka blog, kamu bisa mencoba menulis di 8 situs berbasis UGC rekomendasi saya ini.

1. Boomee.co



Boomee.co

Kalau saya lihat-lihat, ini target pembacanya adalah young adult. Antara 18 - 35 tahunlah ya. Image-image-nya kayaknya unik, kemungkinan mereka punya desainer sendiri untuk membuat segala macam meme dan image.

Kalau soal audience, nggak kelihatan sih view per artikelnya. Meski di Fanpage, sudah di-like oleh 20ribu orang, tapi engagement-nya rendah. Tapi boleh juga kalau mau dicoba :)

2. Hipwee


Hipwee.com
Nah, untuk saat ini, Hipwee paling megang traffic UGC di Indonesia ya kayaknya. Ini karena target audience-nya adalah para millenials hingga Gen-X nyambung semua. Untuk kepopuleran, well, bisa dilihat nih dari top shared article di Hipwee ini.

Most shared article dengan 416.143 shares
Scoop topiknya luas banget, tapi ya kayaknya yang harus sesuai dengan anak muda ya.
Sayangnya, kabarnya sekarang artikel ter-publish tanpa terfilter oleh editor lagi. Jadi, masalah tata tulis, ya sudahlah ya.

3. Rocking Mama


RockingMama.id
Nah, kalau ini ... anu ...
Ya pokoknya yang satu ini target audience-nya buat emak-emak muda usia 23 - 40 tahun. Penulisnya sih bebas, boleh mas-mas, om-om, bapak-bapak, adek-adek, embak-embak, tante-tante, eyang-eyang. Bebas. Asal topik dan gaya bahasanya ditujukan buat para mahmud aka mamah muda.

Berada di bawah management Zetta Media, UGC ini juga punya editor, seperti UGC yang lain, yang menjaga kualitas tulisan agar tetap prima dan tetap enak dibaca meski pakai bahasa gaul sehari-hari. Editornya nggak galak kok, malah cenderung nggak tegaan. Tapi ya jangan disalahartikan ya. #eaaaa

Untuk pageview sih, masih kalah ketimbang portal Zetta yang lain, yang punya range target audience yang lebih luas. Tapi yah, bisa dibilang berkembang. Jadi, kalau pengin punya pembaca lebih luas dan juga tulisan yang diedit menjadi bagus, ya silakan uji nyali dengan mengirimkan tulisan ke Rocking Mama :)
*sruput es teh dulu biar nggak awkward*

4. Zetta Media Portals: Trivia, Ributrukun, Virala, Moola, Kamantara dan lain-lain


Trivia.id
Nah, ini nih 'kakak-kakak'nya Rocking Mama.
Sebenarnya kita 10 bersaudara ya. Tapi yang sementara ini yang ngehits ya dua ini; Trivia.id dan Ributrukun.com

Trivia hampir sama dengan Hipwee, baik target audience maupun topiknya. Nah, kalau Ributrukun itu bisa dibilang hampir mirip sama Rocking Mama, karena ngomongin soal keluarga juga iya, mirip ke Kamantara yang sama-sama portal Zetta dan ngomongin soal self wellness juga bisa (meski nggak sedalem Kamantara).
Pageview-nya? Udah jutaan dua-duanya.

Silakan uji nyali menulismu di sana ya. Dan dapatkan 'ketenaran'mu. Halah.

Ributrukun.com
 Selain Trivia dan Ributrukun, juga ada Virala.id (UGC khusus industri kreatif), Kamantara (self wellness), Moola (keuangan), Rula (untuk cewek-cewek), LevelUp (bisnis), Bagaya (portal khusus cowok) dan Bola Media (khusus berita sepakbola).
Silakan kepoin satu-satu :) Semua menerima kontribusi tulisan dari umum dengan topik masing-masing.

5. Medium


Medium.com
Awalnya saya kira Medium ini UGC berbahasa Inggris, sampai kemudian saya lihat salah seorang teman penulis share artikel yang dia tulis di Medium, yang menggunakan bahasa Indonesia. Barulah saya ngeh, ternyata bisa juga kita nulis dalam bahasa Indonesia di UGC ini. Jadi, saya baru aja sign up kemarin, dan belum banyak bereksplorasi.

Kalau dilihat-lihat, boleh juga kalau dijadikan tempat untuk backlink ke blog kita.

6. Katanium


katanium.com
Yang ini termasuk baru nih. Mungkin usianya baru beberapa bulan. Konon, situs ini diciptakan sebagai tempat interaksi para blogger Indonesia. Kita boleh mengisinya dengan artikel baru, maupun memfungsikannya untuk perujuk traffic ke blog kita.

Lumayan kan?

7. Mojok.co


Mojok.co
Nah, kalau suka topik bahasan yang serius, satir, sinis dan agak nakal, kamu bisa nyoba nulis di Mojok.co. Ini UGC dikelola oleh timnya Puthut EA.
Pageviewnya sih belum sebombastis UGC yang lain ya, tapi Mojok punya 'masyarakat' sendiri yang sangat loyal, kalau saya amati. Lingkarannya juga cukup distinctive, unik.
Nggak seperti UGC yang di atas, Mojok menawarkan honorarium untuk setiap artikel yang lolos dan dimuat. Karena itu pastinya filternya lebih ketat.

Cocok banget buat uji nyali kan? :D

8. Basabasi


Basabasi.co
Nah, kalau kamu punya passion di dunia sastra yang sebenar-benarnya, kamu bisa gabung ke basabasi.co. Di sana ada ruang bebas untuk nulis cerpen, puisi, cerber, review buku sastra dan sebagainya.
Kalau tulisan kamu lolos, seperti Mojok.co, basabasi.co akan memberi kamu honorarium yang cukup lumayan.


Nah, itu dia situs-situs UGC yang bisa banget kamu coba, untuk mengasah keterampilan menulismu, uji nyali apakah tulisan kamu sudah benar-benar bagus atau barangkali perlu diperbaiki.

Kamu menulis di blog pribadi sih oke, tapi sampai seberapa jauh sih kamu bisa menjangkau pembaca? Pasti terbatas. Kalau kamu pengin expanding your audience, menulis di situs lain adalah salah satu cara yang sangat efektif, meski nggak dibayar. Apalagi kalau kemudian kamu diizinkan untuk menautkan blog kamu di situs tersebut. Kalaupun enggak, minimal, nama kamu akan dibaca oleh orang. That's branding.

Kebanyakan sih udah mikir duitnya duluan, jadi entah sadar apa enggak, hal itu membuatnya kerdil dalam berpikir.
Think about something you will gain more. Duit akan datang kemudian kalau nama kamu sudah dikenal, kalau kamu sudah punya portfolio. Barangkali kemudian kamu akan ditawari oleh brand-brand besar untuk mengisi situsnya karena salah satu stafnya baca artikel kamu di suatu tempat yang selain blogmu.

Tapi, nggak usah ngoyo juga. Sesuaikan semua dengan irama kita masing-masing. Sambil mengasah kemampuan, kita juga menambah wawasan. Juga networking.

Yuk, tingkatkan value diri sendiri dengan menulis dan terus menulis!

You Might Also Like

33 comments

  1. Waaaahh banyak yah...
    Ini istilahnya web bersama gitu ya mbak...

    Jadi penasaran pengen nulis di portal lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, web bersama.
      Yuk, cobain yuk :)

      Delete
  2. Udah lama pengen nyoba,tapi gak kesampean mulu mak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa nggak kesampean? :) Sibuk?

      Delete
  3. Simpen dulu postingan ini Mbak Carra. Mihihihi. Sayah menemukan harta karun!

    ReplyDelete
  4. wow!
    I already writing in Medium tough, but in English hehe

    ReplyDelete
  5. Bukan ga kepengen nulis di UGC, mba. Tapi, ya gitu. Jarang ada kanal sulap-sulapan, gimana dong? Hhuhuhu..

    ReplyDelete
  6. Aku pengin nulis di RM lagi ih.
    Kemarin dah sukses mbobol mental blok tinggal dilanjutkan, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutkan! :))
      *lalu anteng nunggu kiriman*

      Delete
  7. belum pernah kepikiran nulis di situs lain, wong nulis di blog sendiri aja masih malas-malasan... :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya, keseringan nulis di luar, blog sendiri jadi keteteran sih biasanya ;))

      Delete
  8. Penasaran pengen coba-coba jadinya. semoga aja bisa ikut mejeng tulisan saya di salah satu UGC di atas

    ReplyDelete
  9. waaahh...seluk beluk dunia menulis XD saya pikir selama ini tidak seperti itu, ternyata seperti ini selama itu *HAHAHA iniituiniitu* saya tandain yah kak postingannya :D *pip#sdidinding*

    ReplyDelete
  10. Wah Medium sama Hipwee udah punya, Mbak. Tapi belum pernah nulis di Hipwee. Baru bikin akun doang muehehehe. Coba ah next time~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, dicoba dong. Sayang udah punya akun :)
      Selamat nulis!

      Delete
  11. pengen nyoba, cuma kadang bingung nulis apa ya, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih bagus sih, tetap seputar pengalaman pribadi. Bisa juga kok nge-rewrite dari artikel yang sudah pernah muncul di blog sendiri.
      Nggak usah jauh-jauh kan? :)

      Selamat nulis!

      Delete
  12. Aku pengen nyoba, tapi termasuk belum merasa siap buat nulis di tempat lain. Tapi bukankah aku harus berani mencoba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok mbulet, Cha? :))
      Jadinya, mau nulis enggak? Hahaha.

      Delete
  13. Wah harus di coba nieh... uji nyali.. thanks inphona mbak...

    ReplyDelete
  14. Wahh... saya dah lama gak uji nyali nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya udah sering, Mas? Di Trivia? :P

      Delete
  15. SETUJU!
    Nulis di tempat lain ibaratnya uji nyali getoohh @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sooo ... apakah sekarang nyalimu sudah teruji, Mbakyu? :)))

      Delete
  16. menarik nih perlu dicoba buat asah kemampuan menulis

    ReplyDelete
  17. Jleb jleb

    Sukaa ama tulisannya mba Carra :)

    Nanti saya coba satu satu

    ReplyDelete
  18. Sepertinya Basabasi cocok dgn saya tuh gan. Seneng nulis berbau sastra kayak puisi, sajak dll. Wah kudu beneran bagus ya tulisannya, biar lolos. Hehe... Tenkiu infonya gan..

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog