[Guest Post] 3 Strategi SEO yang Penting dalam Bisnis Online

Artikel Guest Post ini pernah tayang di www.Redcarra.com dan ditulis oleh Rio Quiserto, pengelola Du...

Artikel Guest Post ini pernah tayang di www.Redcarra.com dan ditulis oleh Rio Quiserto, pengelola Duwitmu.

Untuk membangun SEO, pebisnis perlu memahami strategi yang aman dan efektif.


SEO adalah cara dan teknis menarik pengunjung melalui mesin pencari. Karena mesin pencari paling banyak digunakan ketika orang mengunjungi internet, maka penting buat pebisnis online memahami cara kerja SEO dan menggunakannya untuk meningkatkan trafik.

Menurut riset, hampir 70 sd 80% orang mencari informasi melalui mesin pencari atau search engine. Oleh sebab itu, para pebisnis online harus mengetahui cara supaya situs mereka muncul di mesin pencari.

Hasil mesin pencari yang paling penting adalah muncul di halaman pertama (page one). Karena mayoritas berhenti di halaman pertama dan tidak melanjutkan ke halaman kedua.

Dengan mengerti strategi membangun Search Engine Optimization (SEO), internet marketer bisa menarik banyak pengunjung.

Bagaimana cara membangun SEO yang efektif dan aman? Berikut ini 3 strategi SEO yang penting dipahami pebisnis online.

1. Menyajikan Konten Terbaik


Kita perlu pahami bagaimana mesin pencari bekerja. Pada dasarnya, search engine ingin menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari oleh pengguna.

Search engine tidak ingin menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna. Karena jika konten yang dihasilkan tidak sesuai, itu akan mengecewakan pengguna dan ujung-ujungnya search engine tidak akan digunakan lagi.

Oleh karena itu, mesin pencari sangat berkepentingan dengan konten yang bagus. Sebisa mungkin search engine akan berupaya menampilkan konten yang berkualitas.

Apa kriteria konten yang bagus?

  • Membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Jika informasinya cocok dengan yang dicari, sudah pasti pengunjung akan senang dan betah di situs. Tulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan pengunjung. Ini untuk memastikan bahwa informasi disampaikan dengan baik.
  • Tulis untuk manusia. Pembaca adalah manusia. Maka tulis untuk manusia. Meskipun banyak aturan mengenai cara penulisan SEO, tetapi menulis sesuatu yang enak dibaca itu jauh lebih penting. Selain itu, mesin pencari sudah semakin canggih. Mereka bisa memahami artikel dengan baik.

2. Memahami Keyword (Kata Kunci)


Proses pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci. Berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pencari tersebut, situs yang sesuai dan relevan akan muncul.

Misalnya, pengguna menggunakan kata kunci ‘bisnis online’ ketika mencari informasi mengenai jenis usaha. Maka situs – situs dengan kata kunci ‘bisnis online’ yang akan dimunculkan oleh mesin pencari.

Oleh sebab itu, pebisnis online yang menggunakan SEO harus memahami ‘kata kunci’ yang digunakan oleh pengunjung atau target market mereka.

Apa yang menjadi kata kunci di usaha atau bisnis mereka? Bagaimana mereka berkomunikasi dengan kata atau istilah yang relevan, yang kemungkinan besar bisa menjadi kata kunci yang digunakan oleh mereka.

Kemudian, perlu mengkaji kata kunci apa yang penting dalam usaha ini namun belum banyak persaingannya. Artinya, belum banyak situs sejenis yang menarget kata kunci.

Ini penting karena kata kunci yang relevan tapi belum banyak digunakan oleh situs–situs pesaing bisa efektif digunakan karena belum banyak kompetisi.

Untuk memahami kata kunci dengan baik, pebisnis perlu paham target pasarnya. Apa yang mereka cari, istilah yang mereka pakai.

Intinya, dalam SEO, pemahaman nasabah tetap penting.

3. Membangun Backlink


Dalam SEO, salah satu faktor penting adalah membangun backlink.

Apa itu backlink? Simpelnya, ini adalah link yang diberikan oleh pihak lain ke situs kita. Jika link tersebut diklik maka pengunjung akan diantarkan ke situs yang diberikan link tersebut.

Backlink adalah bukti bahwa pihak lain menganggap bahwa situs kita penting sehingga layak diberikan sebagai referensi. Mesin pencari menangkap sinyal backlink tersebut dan menggunakan sebagai salah satu faktor penting dalam meranking hasil pencarian.

Ada banyak cara membangun backlink. Bahkan banyak pihak yang dengan berani mengklaim bisa membangun backlink dengan cepat dengan hasil yang luar biasa.

Namun, yang perlu dipahami sejak awal bahwa yang penting bukan kuantitas tapi kualitas backlink. Cara mencari backlinks secara massal dengan menggunakan software otomatis sangat berbahaya.

Walaupun bisa menaikkan ranking situs yang dibacklink secara cepat di halaman pencarian, cara ini juga sangat rentan terdeteksi algoritma Google yang bisa berakibat fatal, yaitu penurunan ranking di search engine (biasanya hampir untuk semua keyword) sampai dengan penalti hingga deindex (jika spamming massal yang dilakukan cukup brutal).

Google fokus menghajar cara backlink yang berlebihan dan tidak berkualitas. Ini dikenal sebagai Google Penguin. Beberapa tahun belakangan, Google Penguin sudah mengakibatkan banyak situs jadi korban.


Lalu, apa kriteria backlink yang berkualitas?


Pertama, relevan. Backlink diberikan oleh situs dalam niche atau topik yang sama. Misalnya, situs tentang computer sebaiknya mendapatkan link dari situs teknologi.

Kedua, contextual links. Ini adalah link yang berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini berkualitas adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis).

Ketiga, situs dengan authority tinggi. Link yang berasal dari situs–situs yang bisa dipercaya, nilainya jauh lebih baik dari yang tidak jelas.


Kesimpulan


Buat yang ingin berkecimpung dalam bisnis online, pemahaman mengenai SEO adalah wajib. SEO merupakan cara untuk menarik pengunjung ke situs karena mayoritas menggunakan mesin pencari ketika mencari informasi di internet.

Untuk membangun SEO, pebisnis perlu memahami strategi yang aman dan efektif. Semoga 3 tips di atas bisa membantu.

---


Mau nulis guest post untuk blog ini juga?
Kirim aja artikelmu dalam format .doc terlampir melalui email ke mommycarra@yahoo.com ;)

You Might Also Like

14 comments

  1. strategi ini juga bisa diterapkan di blog personal gak ya? :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget.
      Malah memang harus 3 ini dulu deh yang dikerjain. Baru yang lain-lain :)

      Selamat nulis!

      Delete
  2. asikkk langsung praktekin, ahhh, makasih artikelnya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Zata.
      Terima kasih ya, sudah baca :)
      Selamat nulis!

      Delete
  3. Makasih Mbak Carra ditayangin lagi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Iya, Mas. Yang penting-penting memang harus ditayangkan lagi :D

      Delete
  4. Aku mengabaikan SEO selama ini, eh ada sih satu dua post untuk ikutan lomba SEO dan selalu kalah hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. AKu juga belum mahir juga Mak. Belajar bareng yuk :)

      Delete
  5. Ilmu tambahan buat untuk SEO blog personal. makasih udah share mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) Semoga bermanfaat.

      Delete
  6. Mba carra, BW itu bisa jadi backlink ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Tapi nggak selalu dan terlalu berkualitas :)

      Delete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog