[SlideShare] Self Editing untuk Para Penulis Konten dan Blogger



Sebelumnya, saya pernah menulis tentang self editing buat teman-teman blogger di blog ini.

Terus, tanggal 16 Oktober 2016 yang lalu, saya berkesempatan untuk mengisi materi Editing pada workshop #Lifegoals yang diadakan oleh Zetta Media Network, bertempat di Kolase Coffee, Seturan Yogyakarta.

Ya, kebetulan banget materinya juga soal editing. Jadi saya menyuplik sedikit tulisan sebelumnya soal self editing, yang kemudian saya lengkapi dengan pengertian dan peran editor, serta pentingnya penulis juga berperan sebagai editor (seenggaknya untuk blog sendiri).

Sebelumnya, mau nanya dulu.
Apakah kamu-kamu sering melakukan self editing dulu sebelum mem-publish artikel blog kamu? Atau kamu tipe yang sudah nulis, langsung publish?

Kalau kamu belum biasa melakukan self editing, dan memandang self editing itu kurang perlu untuk kamu, maka ya, kayaknya artikel dan slide berikut nggak akan berguna. Hahahaha.

Tapi kalau kamu pengin tulisan kamu lebih rapi, lebih nikmat dibaca, dan disuka, maka barangkali kamu harus mencoba untuk menjadi self editor untuk blog kamu sendiri.

Jadi, ini dia slide yang saya bikin untuk workshop #Lifegoals Zetta Media yang lalu.
Untuk yang sudah mendaftarkan email untuk mendapatkan tip-tip blogging di blog ini, nanti akan saya kirim link agar bisa men-download format PDF-nya ya ;)
Tapi sabar. Ngantre, bo. Hehehehe.




Please, jangan diperjualbelikan materi dari saya nanti, dan juga harus digunakan secara bertanggung jawab. Jika saya menemukan ada hal-hal yang sekiranya mengganggu, saya nggak segan-segan menghapus email kamu dari list :)

Kalau kamu ada pertanyaan seputar slide di atas, boleh tanyakan di komen. Atau colek saya di Twitter atau Facebook ;)

4 comments:

Mirwan Choky said...

Mau dong mbak.

Red Carra said...

Mau apa? :))

lianny hendrawati said...

Aku biasanya habis nulis kulihat lagi masih ada typonya nggak.
Ya cuma merhatiin salah ketiknya aja, untuk yang unsur 5W 1H belum kuterapkan *lupa lagi lupa lagi.

kula kitu said...

Mau donk kak Tutorialnya di email ke kulakitu.id@gmail.com

Instagram