Reader-Friendly Blog: Yang Kayak Gimana?

Sebagai seorang penulis blog, tentu kita tak hanya memikirkan diri sendiri ketika sedang menulis. Maksudnya, begini. Apa sih tujuan ki...



Sebagai seorang penulis blog, tentu kita tak hanya memikirkan diri sendiri ketika sedang menulis.

Maksudnya, begini. Apa sih tujuan kita menulis di blog? Kalau tujuannya adalah berbagi, baik berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi perasaan aka curhat, maka tentulah kita mengharapkan ada pembaca yang sudi mampir ke blog kita. Betul ga?

Ini kalau tujuannya adalah berbagi ya. Kalau tujuannya, "Pokoknya gue nulis. Perkara mau dibaca apa engga, mau disukai apa engga tulisan gue, mau dikunjungi apa engga, bodo amat!", itu sih pilihan masing-masing blogger :P

Kalau yang begini, sok sajalah blognya mau diapain. Tapi jangan nanya, "Kok, blog saya nggak ada yang komen ya?" Atau, "Pageview si mbak yang itu kok bisa sampe 100 ribu per hari ya? Saya sepuluh PV aja susah."

Hehehe. Just a thought sih. No baper please.

Nah, kalau kamu ngeblog dengan tujuan supaya dibaca oleh orang lain, ada baiknya kamu memosisikan dirimu sebagai pembaca blog, selain sebagai penulis blog sendiri.

Maksudnya begini.
Kadang kita menulis dan mendekorasi blog yang menurut kita pribadi enak dan nyaman. Tapi, pernahkah terpikir, bahwa mungkin saja pengunjung blog berpikiran lain?


Nah, berdasarkan pengalaman dan pengamatan, berikut ini adalah beberapa checklist blog yang nyaman dikunjungi.


1. Loading cepat





Yep. Blog yang bagus dan bakalan sering dikunjungi adalah blog yang loadingnya cepet. Gimana caranya ngecek kecepatan loading?

Ada banyak tools, di antaranya ada PageSpeed Insight punya Google, ada SpeedTest.net, Fast.com, Pingdom, dan lain-lain. Kamu bisa googling dengan keyword web speed test. Masing-masing sih punya standar sendiri-sendiri soal kecepatan, tapi ya bisa kamu rata-rata deh kalau memang kamu coba banyak dan hasilnya beda-beda.

Contoh, blog ini di Pingdom hasilnya seperti ini.

Sedangkan menurut PageSpeed Insights-nya Google, saya punya PR banyak untuk performance blog ini :)))))


Ya itu yang versi desktop, kalau buat mobile-nya udah cukup lumayan.

Yah, nanti diberesin. Kalau sempat. Kalau nggak lupa. *dikeplak*



2. Tampilan simple, tak terlalu banyak pernak-pernik, animasi ataupun musik



Minimalist Template by ThemeXpose


Pernah nggak mengunjungi suatu blog di malam hari, ketika anak-anak sudah tidur dan suasananya sudah lengang, lalu tiba-tiba blog yang dikunjungi ada backsound MP3-nya? Saya sering!

Dan, alhasil, saya terlonjak kaget, dan langsung pencet simbol X di sudut. Hahaha.

Jadi begini, buat sebagian besar pembaca blog, jika mereka ingin mendengarkan musik, mereka akan prefer mendengarkan dari media masing-masing. Jadi sebenarnya, mereka nggak butuh diputerin musik di blog yang mereka kunjungi.

Tapi tapi ... kan bisa tinggal dimute aja.
Ya, baiklah. Memang bisa dimute. Tapi saya pribadi sih, berpikir-pikir lagi kalo mau berkunjung lagi. Ehe~

Lagian, segala macam pernak-pernik, seperti animasi-animasi yang nggak perlu, dan juga backsound MP3 itu bisa melambatkan kecepatan loading dan menambah kuota blog yang harus diloading oleh pembaca. Seharusnya cuma 1.35 MB ternyata harus ngeload 1.8 MB, misalnya. Kan nambah jadinya.

Iya, jadi begitu logikanya, yes?

Buat sebagian besar pembaca, juga rada risih ketika harus membaca sebuah blogpost ketika ada animasi salju-saljuan atau burung-burung yang beterbangan sana sini. Membuat capek mata lebih cepat.

Jadi, please deh, pertimbangkan lagi kalau kamu pengin menghias blog dengan animasi-animasi ya?



3. Background terang




Blog dengan background yang terang tentu saja lebih bersahabat bagi mata pembaca. Pembaca tak harus memicing-micingkan mata, seperti ketika membaca blog dengan background hitam, misalnya.

Saya sendiri kadang mbrebes mili ketika membaca blog dengan background gelap. Iya, padahal sebelumnya saya juga suka pasang background hitam.

Tapi semenjak mata saya suka perih-perih saat membaca-baca artikel atau blog, saya langsung berusaha untuk menyukai background terang.

Ya, memang sih. Blog itu kan ibarat "rumah" kita ya. Ya, terserah kita mau gimana mendekorasinya. Tapi ah ... susah menjelaskannya kalau sudah sampai ke masalah begini ya.

Saya pribadi sih prefer mendengarkan kenyamanan "tamu" saya sih, supaya mereka suka dan balik lagi.

Gitu aja sih.


4. Navigasi yang mudah


Image via SpyreStudios

Apa yang dimaksud dengan navigasi?

Navigasi dalam blog, misalnya adanya arsip blog, postingan terkini, atau postingan terpopuler di sidebar dengan jelas.

Juga ada menubar seperti About Us dan lain-lain, yang dengan gampang diklik dan ditemukan. Juga ada kotak search, untuk membantu para pembaca menemukan postingan yang diinginkan dengan memasukkan kata kunci.


5. Font yang cukup jelas


Image via KeyCDN

Sila dicek di blog masing-masing. Apakah font yang dipakai cukup jelas?

Berwarna kontras dengan background, berukuran tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, serta bentuk huruf yang standar, nggak keriting-keriting atau terlalu lebay bentuknya.


6. Kemudahan komentar


Image via WP Beginner


Kalau mau komen saja sudah susah menemukan kotak komentar, wah, sudah bisa dipastikan bakalan fakir komen blognya.

Atau mungkin untuk bisa komen, kita mesti melalui beberapa langkah nan rumit, atau harus jadi member dari fitur tertentu. Seprti Disqus misalnya. Bagi sebagian orang, Disques mungkin memang lebih praktis. Tapi kalau komen melalui Disqus, kita pun harus punya akun di sana.

Jadi pastikan, kotak komen langsung terlihat ketika sebuah blogpost ditampilkan. Pastikan orang komen tanpa harus melalui banyak kerumitan. Biar hidup sajalah yang rumit. Komen jangan terlalu rumit.

Jika ingin menggunakan captcha, silakan pilih captcha yang gampang dilihat dan dibaca. Sayangnya di blogspot tak ada pilihan captcha.

Jadi kalau saya boleh menyarankan, ketimbang memakai captcha, lebih baik kita memoderasi komen saja. Saya pribadi sih mengerti betapa menyebalkannya komen spam. Dan ini memang perlu kita filter. Salah satu caranya dengan captcha. Tapi saya cukup bermasalah juga dengan captcha. Apalagi kalau pas BW dari HP. Wogh. Ga keliatan sama sekali!

Jadi, saya suka mengurungkan niat buat nulis komen (meski nggak selalu itu juga sih penyebab saya nggak ninggal komen. Ehe~)

Selain itu, di blog yang berplatform blogspot, sering tidak diberi keleluasaan untuk mengisi nama dan URL non blogspot. Padahal ini cukup penting buat para blogger yang nggak pakai blogspot. Jadi, saya menyarankan, please set ulang kolom komentar dengan mencentang kotak “anyone”.
Jadi, pengunjung nonblogspot juga bisa menuliskan URL blog mereka.



Nah, itu tadi beberapa checklist agar blog kita nyaman dibaca dan dikunjungi.

Blogmu sudah memenuhi semuanya belum? Kalau sudah, well done!
Kalau belum, yuk, kita perbaiki pelan-pelan!

Nah, saya juga butuh masukan dari kamu.
Menurut kamu, blog ini kurang apa nih? Apa yang perlu diperbaiki?
Tell me ya. I'll be glad to hearing from you.

Semangat!

You Might Also Like

23 comments

  1. Blog saya belum memenuhi poin pertama. Saya belum pernah ngecek kecepatan loading. Dan malah baru tau kalo perlu dicek. Thanks mbak ^^

    Oiya saya paling sebel kalau BW, blognya kebanyakan pasang iklan. Kadang ada pop up bermunculan juga. Bacanya jadi gak nyaman. Gak betah lama2.

    ReplyDelete
  2. Mbrebes mili.... kebayang, pasti sedih bangetitu pas bacanya, huahahah!

    ReplyDelete
  3. Blog mbak Carolina memang simple dan nggak banyak pernik. Aku sih suka aja. Blog aku mungkin yang masih banyak warna hehe. Oiya. Aku kurang suka ada blog yang terlalu blink-blink. Apalagi ada musik mp3. Reflek langsung kuclose. Kaget, mak! :(

    ReplyDelete
  4. Saya langsung periksa blog saya. Semoga udah sesuai seperti Mba Carra bilang heehee πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  5. Kurang sering update *kidding*
    Soalnya saya selalu nunggu2 sih, minggu ini dapat ilmu apa lagi dari blog mbak Carra.

    Kalau untuk blog saya sendiri, terkendala agak gaptek, saya bingung mau memodifikasi themes gratisan untuk mengganti font menjadi yang -menurut saya- lebih menarik dan user friendly.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Kurang sering update ya?
      Yahhhh, semoga nanti ke depannya jadi bisa lebih me-manage waktu lagi deh ya. Makasih ya, udah sering mampir ke sini :-*

      Delete
  6. Aaah... Aku kok poor juga nich Mak Cara😭 minimalist is the best, tak tahu kalo 5tahun lagi apalagi trendnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok 5 tahun. Tahun depan aja bisa berubah trendnya =))))

      Delete
  7. Segera ceki-ceki blog setelah baca ini. Dulu jaman jahiliah πŸ˜‚ pernah pake musik, pernah juga background gelap huhuhu.

    ReplyDelete
  8. Sekarang aku perhatikan teman-teman yang pakai blogspot harus pilih-pilih gambar buat verifikasi akunnya. Sejujurnya itu mengganggu dan memperlambat proses komentar. Belom lagi kalau saya salah pencet hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya. Tapi kita nggak bisa pilih captcha sih Lia kalau di blogspot. Makanya aku mendingan dimoderasi aja, nggak pakai captcha.

      Delete
  9. Saya masih punya masalah di kecepatan load, kayaknya file image yang jadi masalah, pelan pelan harus di perbaiki nih!

    Dan saya suka blog yang simple gak terlalu rame.

    Kayak blog ini.

    ReplyDelete
  10. aku sebel pernah ada kursor yang bentukanya aneh-aneh, jadi pusing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha! Sama, Nay! Aku pun. Blink-blink, or berbuntut. Hadeh.

      Delete
  11. banyak PR yang harus dibenahi ternyata biar blognya enak.
    makasih mbaknya, walau pemula semoga blog saya bisa cepat reader-friendly juga hehe.

    ReplyDelete
  12. Wah poin yang nomor 1 itu aku ga pernah cek xD Abis ku kira loading cepet itu tergantung kita sewa hosting yang harga berapa, hihi.. Ternyata perlu juga dicek2 yaa.. Makasih mbak ilmu nya, keep sharing ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarpun hosting yang paling mahal, kalau full animated ya berat :))))) Berat di pembaca, bukan berat di pemilik blog :D

      Delete
  13. Waaa untung banget nemu artikel ini.
    Untuk aku yang baru mulau nge-blog, it's really informative!
    Moga bisa benahi blog jadi lebih bagus dan sesuai untuk readers, ya

    Thanks, Mba :)

    ReplyDelete
  14. Untuk komen, aku sekarang masih pakai capcha sekaligus moderasi gara-gara banyak spammer masuk meski sudah pakai akismet. Dulu sehari bisa 700 lebih masuk komen spam, sekarang sehari paling cuma 40 an aja, berkurang banyak.
    Untuk loading, blogku masih kurang cepat loadingnya.

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog