3 Jenis Konten Penyelamat Saat Kamu Nggak Mood Nulis tapi Mesti Update Blog

by - Februari 04, 2018



Hae!
Seharusnya saya mau nulis soal update algoritme Facebook hari ini. Tapi, nggak tahu kenapa, setiap kali mikirin soal "algoritme Facebook" itu mood saya langsung drop. Hahaha.

Malas aja gitu nulisnya. Jadi, ya sudahlah. Saya tunda aja deh. Tapi barusan saya sih ngedraf tip promosi blog ke Facebook untuk web Komunitas Emak Blogger. Seharusnya sih kalau nggak hari ini ya besok kemungkinan udah tayang.
So, saya kira itu dulu deh untuk update soal Facebook-nya.

Saya mau bahas yang lain aja. Ketimbang nggak jadi nulis kan? Wkwkwk.
Ya gitu deh. Saya kadang juga tergantung banget sama mood. Udah planning mau nulis A sejak kemarin-kemarin, sudah pas waktu nulis tiba-tiba malas bahas itu. Kalau moodnya diturutin, ya bakalan nggak jadi nulis.

Supaya jadi nulis, ya udah nulis yang lain aja kan? Nggak usah planning-planningan lah!

Nah, saya mau bahas konten aja. Lagi-lagi konten.

Kadang, saat ngeblog kita mentok. Benar-benar mentok. Ya, kayak saya gini. Ide sih ada. Tapi kok nggak mood amat buat bahas. Udah dikasih kopi segalon, udah dipasangin playlist keren-keren, udah ada camilan sebakul, kalau moodnya nggak mau bagus ya gimana dong?

Mau menyerah?

Kalau yang lain mungkin iya. Mungkin sekarang juga ada yang diem-diem komen sendiri dalam hati, kalau gue mah lagi nggak mood ya udah nggak nulis.

I just can't!!!


Tapi saya tuh nggak bisa kayak gitu. Gimana caranya, saya tetap harus nulis setiap hari. Karena kalau enggak, bisa makin parah. Nanti kalau sempat berhenti nulis, mulainya LEBIH SUSYEH LAGI!

Nah, salah satu cara untuk bisa membangkitkan mood nulis lagi adalah dengan menuliskan hal yang memang pengin kita tulis saat itu, atau menulis hal yang nggak biasanya kita tulis.

It works for me everytime!

Saya punya 3 jenis konten yang selalu bisa 'menyelamatkan' mood saya saat stuck, pun ditulisnya bisa cepat. Dan akhirnya hari saya terselamatkan, karena akhirnya bisa update blog/artikel. Hehehe.

Ini dia.


3 Jenis konten yang bisa menyelamatkan hari bad mood saya


1. Round up atau kurasi


Round up atau kurasi itu apa? Itu lo, sebuah listicle--artikel berbentuk list--yang isinya sih tinggal ngumpulin aja dari mana-mana.

Misalnya kek gini.

Ngumpulin foto gerhana bulan

Nah, artikel itu saya bikin dengan ngumpulin foto-foto yang tersebar di Twitter dan Instagram tentang Super Blue Blood Moon tempo hari.

Effort-nya nggak terlalu susah. Nulisnya juga cepet, asal diupload-upload aja fotonya terus dikasih sumber.

Di blog ini saya juga cukup sering bikin round up. Ini salah satunya, round up quotes yang bisa menyemangatimu untuk terus ngeblog.

Round up quotes

Yang kek gini cukup cepat juga bikinnya.
Gampang nyarinya, cepat bikinnya, nggak terlalu banyak mikir ... dan voila! Blog pun terupdate. Hehehe.

Kamu misalnya bisa tuh ngeround up quotes bahwa memasak itu menyenangkan, buat foody blog kamu. Atau, quotes pentingnya kesehatan, buat health blog kamu. Atau, quotes film-film paling seru, buat blog review film kamu.

Atau, kamu juga bisa ngeround up atau mengurasi artikel-artikel di blogmu sendiri lo. Misalnya kamu kumpulin deh artikel-artikel soal resep dengan bahan utama ikan, misalnya, dalam satu artikel. Terus, dikasih internal links deh ke masing-masing artikel.

Gampang kan?


2. Repurpose Content


Repurposing content ini berarti mengulik ulang sebuah konten, dan mengubahnya ke dalam bentuk konten yang lain.

So far, ini belum terlalu sering saya lakukan sih.
Misalnya begini, saya punya beberapa slide yang saya unggah di Slideshare. Kayak yang self editing ini nih.

Materi workshop tentang Self Editing


Lalu saya repurpose. Saya tulis ulang jadi artikel utuh.
Nah, ini yang dinamakan repurposing.

Repurposing content ini bisa kamu ambil dari slide, infografis, foto-foto bahkan video.

Ohiya, saya melakukan repurposing content di web Masyarakat Sehat sih untuk konten-konten liputannya yang diambil dari Channel Youtube INAHEALTH TV. Tapi belum ditayangkan di webnya, masih direview sama Redaktur.

Channel Youtube INAHEALTH TV


Kalau yang liputan ini ya beda sih cara masaknya sama artikel populer biasa. Tapi metodenya sama, repurposing.

So, kalau kamu pernah bikin infografis atau vlog di Youtube, bisa tuh kamu transkrip ke dalam bentuk tulisan, dan post deh sebagai artikel.

Atau bisa juga ambil dari punya orang lain, asal kamu cantumkan sumber ya. Akan lebih baik juga kalau kamu minta izin dulu sama yang punya konten. Konten-konten populer di Youtube kan banyak yang bisa dengan bebas ditulis ulang, asal pastikan medianya aja yang umum gitu.


3. Article completion


Ini bener nggak istilahnya, nggak tahu deh. Hahaha. Artinya itu lo, kamu melengkapi lagi artikel yang sudah tayang di blog kamu.

Salah satu artikel yang direpost, dilengkapi keyword dan internal link.


Misalnya, ada artikel-artikel lama yang mesti diupdate soal datanya, nah, itu bisa kemudian kamu post sebagai artikel baru. Bisa kamu lengkapi gambar atau imagenya, kamu tambahin infografis, atau tambahin video.

Atau mungkin kamu masukin keyword baru, atau internal / external link baru.

Ya, pokoknya diupdatelah itu artikel! Terutama sih artikel yang sebenarnya laris, tapi masih ada informasi yang ketinggalan. Lengkapi, lalu publish jadi artikel baru.

Kalau mau ya dikasih disclaimer, kalau artikel ini direpost dengan beberapa update. Atau, misal di judul kamu tambahin [Update] gitu juga ok.
Kalau enggak, juga nggak apa-apa sih. Hahaha.


Nah, itu dia 3 jenis konten yang biasanya menyelamatkan saya, supaya saya tetap bisa menulis meski moodnya lagi nggak bagus.

Kamu punya trik lain untuk menyelamatkan mood nulis yang lagi ndlosor? Tulis di kolom komen ya!

You May Also Like

16 comments

  1. Saya biasanya coba Posting draft tulisan yang sudah tertimbun.. Atau nulis portofolio kegiatan anak selama 1 minggu. Repurposing juga berarti ya? 😅

    BalasHapus
  2. Alamakjannn!!! Ketampol kiri kanan depan belakang atas bawah. Saya niatnya mo mulai nulis Februari tapi apa kabar udah tanggal segini mood gak balik-balik! LoL! Makasih Mbak Carra!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa deh ah. Orang aku sendiri juga moodnya kok nggak balik-balik :)))))

      Hapus
  3. Yang nomer 1 tuh kayanya perlu aku coba nih. Walopun ttep kalo lagi males mau segampang aja juga jadi males dilakuin. Hihi :)

    BalasHapus
  4. Dapat pencerahan lagi..
    Kalau yang nomor 1 udah sering jadi penyelamat hahaha (",)

    BalasHapus
  5. Kalau saya sih kalau lagi males nulis tampilin aja foto hasil jepretan sendiri yang menurut saya unik. Dan kasih deh deskripsi menurut pendapat pribadi beres. He..he..

    BalasHapus
  6. Kalau aku sih nulis aja bagaimana perasaan saat itu atau apa yang baru aja dilakuin. Biasanya malas itu cuma di awalnya, kalo udah ngetik beberapa kalimat pasti nanti ngalir aja kayak keran. Hehehehe. Bener gak sih, Mbak?

    BalasHapus
  7. widih,, ide bagus ini mbak, seringkali memang bingung harus ngapain pas nge down. TFS ya mbak, bisa langsung saya praktekin nanti ahahahah

    BalasHapus
  8. Trimikisiiii idenya untuk tips writer's block. Bulan lalu semangat banget update blog sampai pake scheduler. Begitu jeda, huweeee...kok jedanya ga ketemu garis finish huhuhu

    BalasHapus
  9. Mbaa yg buat script buat INAHEALTH TV kah? Hehe salfok

    BalasHapus
  10. Ngahahaha, aku tuh sering nunda2 buat tulsan. Ndlosor ajaaa

    BalasHapus
  11. Terimakasih atas tipsnya kaka, sangat mudah jadinya menulis kalau keadaan lagi gak mood.

    BalasHapus
  12. Sering banget ngalamin ini gw,haha

    BalasHapus
  13. Kebetulan lagi ngalamin...untung solusinya ketemu disini

    BalasHapus
  14. Kalau kakak biasanya dalam 1 hari nulis berapa artikel ya. kalau sy nulis satu aja kok berat kadang rasanya.mungkin karena blog saya blm menghasilkan juga

    BalasHapus