Sudah Bikin Resolusi Ngeblog 2020? Ini Cara untuk Konsisten!

by - Januari 27, 2020





Sudah membuat daftar resolusi ngeblog tahun ini?

Nah, sekarang saatnya kamu mulai memikirkan bagaimana caranya untuk bisa konsisten melakukan atau menepati resolusi itu hingga bisa terwujud pada akhir tahun 2020 nanti.

Karena, percuma juga kan, kalau sudah bikin resolusi dan akhirnya hanya sekadar janji ngeblog yang lebih oke tahun ini, tapi cuma numpang lewat doang? Sayang banget kan? Padahal sudah ada niat di awal.

Nah, supaya nggak sekadar menjadi janji tanpa bukti, lakukan beberapa hal berikut ini deh.

1. Realistis

Nah, coba kamu perhatikan daftar resolusi yang kemarin sudah dibuat. Apakah cukup realistis? Hal ini patut diperhatikan karena menjadi awal tanda-tanda, apakah resolusi tersebut benar-benar bisa kita lakukan atau tidak.

Katakanlah begini. Resolusi ngeblog kamu tahun ini adalah ngeblog lebih sering. Kamu pengin bisa posting setiap hari. Sedangkan, sehari-hari kamu sudah sibuk banget dengan urusan pekerjaan, yang kadang bikin kamu pulang ke rumah larut malam.

Nah, kalau kek gini, realistis enggak resolusinya?
Enggak sih, kalau menurut saya.

Untuk bisa membuat resolusi yang realistis, yang harus selalu kamu ingat adalah bahwa tak ada sesuatu pun yang instan hasilnya. Semua harus melalui usaha dan cobaan.

Saat mulai membuat resolusi seharusnya kamu sudah bisa membayangkan apa saja usaha dan cobaan yang mungkin harus dihadapi di depan. Akan bagus juga, kalau kamu sudah punya rencana yang matang pula untuk bisa mewujudkannya.

Setelah ada bayangan dan rencana yang matang, tanyakan pada diri sendiri, sanggupkah kamu menjalaninya? Kira-kira akhir tahun nanti, apakah kamu masih bisa survive dengan resolusi itu?

Kalau jawabannya tidak, ada baiknya kamu agak menyesuaikan resolusi tersebut agar lebih realistis. Ini juga berlaku untuk segala jenis resolusi sih, enggak cuma resolusi ngeblog doang.


2. Tak perlu terlalu banyak

Kebanyakan janji memang membuat peluang untuk nggak menepati akan lebih besar.

Jadi, daripada membuat banyak resolusi, akan lebih baik jika kamu hanya membuat dua hingga tiga resolusi ngeblog aja untuk diwujudkan tahun 2020 ini. Hal ini akan membuatmu lebih fokus dan tentu saja menjadi lebih gampang untuk merealisasikan hal-hal yang sudah kamu rencanakan.

Dan, ingat, tetap realistis ya.


3. Tuliskan

Apa yang dituliskan, memang akan lebih mudah diingat. Jadi, tuliskan apa yang sudah kamu rencanakan tahun ini ke atas kertas.

Kamu bisa membuat kartu resolusi sendiri, seperti kartu ucapan Lebaran atau Natal, dihias dengan berbagai pernak pernik yang lucu. Atau juga bisa memanfaatkan whiteboard atau papan styrofoam. Tempelkan kertas-kertas berisi resolusi di atas papan tersebut, dan letakkan di tempat-tempat yang mudah terlihat.

Kalau saya sih pake bullet journal. Hehehe.

Mau pake media apa pun enggak masalah sih. Yang penting, bisa bantu kamu untuk selalu ingat pada si janji awal tahun ini.


4. Make a plan

Selanjutnya, setelah kamu punya resolusi ngeblog yang realistis, kamu juga akan membutuhkan rencana step by step yang realistis juga.

Misalnya, ketimbang hanya pengin meningkatkan intensitas ngeblog, mendingan kamu mikirin gimana caranya meningkatkan kualitas kontenmu. Perbanyak konten organik, yang bermanfaat buat pembaca misalnya.

Perkaya lagi juga jenisnya. Enggak cuma teks doang, tahun ini juga mau perbanyak infografis. Atau, mungkin tahun ini kamu mulai bikin podcast.

Nah, dari sini kemudian kamu bisa membuat daftar apa saja yang bisa dan harus dilakukan. Misalnya, bikin jadwal, kapan harus siapkan materi podcast. Kapan take-nya, terus editnya gimana?

Mungkin kamu tetap hanya ngeblog seminggu sekali--atau bahkan sebulan sekali--tapi sekali bikin konten kamu sudah menyeluruh. Sekali nyiapin materi, kamu bisa produce blog post berupa tulisan, sekalian infografis (untuk dipost di Instagram), slide (untuk dipost di SlideShare), podcast untuk didengarkan oleh mereka yang lebih suka ngedengerin, bahkan sampai video untuk dipublish di Youtube.

Tuh! Lengkap kan? Padahal dari materi yang sama. Sekali sebulan aja, kamu mikir. Dapat banyak media.


5. Track your progress

Resolusi yang ditulis dan diletakkan di tempat yang mudah terlihat akan membuatnya menjadi semacam reminder untukmu. Dari situ, kamu lebih mudah untuk memonitor diri sendiri, sudah sampai seberapa jauh kamu sudah menjalani resolusi tersebut, dan melaksanakan rencanamu.

Inilah mengapa kamu harus membuat rencana-rencana pendek setiap bulan. Rencana pendek selalu lebih mudah dilakukan, ketimbang rencana satu tahun kan? Catat apa saja yang harus kamu ingat selama proses resolusi itu berjalan.

Misalnya begini. Di bulan pertama minggu pertama, kamu akan memproses ide konten untuk blog post. Misalnya saja kamu pengin bahas mengenai hobi yang bisa dijadikan bisnis. Minggu kedua, kamu memproses ide ini untuk dijadikan infografis dan slide untuk SlideShare. Minggu ketiga, kamu mencari narasumber untuk interview bagaimana mengembangkan hobi menjadi bisnis. Ini akan menjadi bahan untuk podcast-mu. Minggu keempat, kamu mendatangi sebuah outlet yang kamu tahu ownernya memulai bisnis tersebut dari hobi. Konten ini kamu siapkan untuk menjadi materi video.

Nah, dengan begini, rencanamu akan bisa dibuat dan dilaksanakan setahap demi setahap kan? Progress-nya juga akan traceable, sampai sejauh mana kamu bisa merealisasikan resolusi ngeblogmu ini. Kalau ada yang perlu diperbaiki, kamu bisa melakukan di bulan berikutnya.


6. Gagal itu biasa

Yes, gaes! Gagal itu biasa.

Resolusi dibuat agar kita semangat untuk membuat keadaan yang lebih baik. Selalu ada kesulitan pada saatnya nanti, dan kemudian menggagalkan rencana kita menuju kondisi yang lebih baik itu.

Well, that’s okay. Nggak perlu khawatir, insekyur, or baper. Kamu selalu bisa start over again. Kalau kamu gagal, selalu ada jalan untuk memperbaikinya lagi.



Yang pasti, yuk semangat untuk 2020 yang lebih baik!

You May Also Like

3 comments

  1. Menambah semangat saya untuk menghidupkan blog pribadi lagi. Terimakasih sudah sharing

    BalasHapus
  2. Resolusi saya sih pingin makin konsisten aja sih mbak dan makin banyak nambah backlink.

    BalasHapus