7 Panduan Sederhana untuk Memilih atau Membuat Desain Layout Template Blog yang Nyaman

"Content is the king." Hukum tersebut sudah menjadi hukum absolut terutama kalau kita m...

"Content is the king."

Hukum tersebut sudah menjadi hukum absolut terutama kalau kita mau menggarap blog atau website yang baik dan ingin bertahan lama. Pembaca nggak akan datang lagi kalau konten blog kita nggak berisi informasi yang mereka butuhkan, neither if our blog is poorly written. Ya, gimana bisa betah kalau dibaca aja nggak enak. Betul?

Namun, konten dalam blog, mau nggak mau, juga harus didukung dengan "kondisi lingkungan" yang juga harus nyaman. Ya, gimana mau enak dibaca kalau blognya terasa crowded dengan segala macam animasi nggak penting yang bikin kita terdistraksi dari tulisan? Pernah merasa risih nggak, saat membaca sebuah blog lalu ada banyak kerlap kerlip di sana sini, warna mencolok sana sini, atau yang bergerak ke sana ke sini? Pembaca blog jadi nggak fokus ke tulisan, dan "terganggu".

Nah, yang terdeskripsi di atas adalah sedikit ilustrasi bahwa blog layout atau blog template itu juga ngaruh banget ke nyamannya kita berada di suatu blog.

Kemarin dalam postingan Checklist 17 Hal yang Harus Kamu Lakukan dan Pahami Kalau Mau Menjadi Blogger Serius, saya menaruh tentang blog layout atau blog template ini pada poin pertama. So, gimana sih sebenernya template blog yang enak dilihat dan bikin betah baca itu? Coba kita lihat yuk.

7 Tips Sederhana untuk Memilih atau Membuat Desain Layout Template Blog yang Nyaman

7 Tips Sederhana untuk Desain Layout Template Blog


1. Keep your personal branding

 "Bardot" Blogger Theme Black and White | Sumber: Etsy

Kita cuma punya kesempatan sekali saja untuk memperkenalkan diri siapa kita, yaitu pada header blog. The header image should communicate exactly what the blog is about and the tone you’re after. Jadi, please decide it carefully.
Design your header toughtfully. Gunakan font dan warna font yang tepat, dan menggambarkan karakter personalmu. Lalu pilih tagline blog kamu baik-baik. Make sure the image is easy to read visually (jangan terlalu banyak pernak pernik nggak penting yang bikin orang jadi hilang fokus.)

Saya sendiri masih belum menemukan header yang paling pas untuk blog ini. I just want it simple and clear, dengan menampilkan nama saya (ini bukan sekadar karena narsis lho ya :P ) dengan tagline di bagian bawahnya. Cuma "Carolina Ratri" terus di bawahnya "Jurnal Menulis Kreatif, Desain Grafis, dan Komunikasi Visual" gitu doang. But, I don't know, masih belum ketemu klik-nya.

2. Jangan menggunakan template yang terlalu crowded

Fallish Blog Template. Terlalu crowded. | Sumber: blogaholicdesigns.com

Biasanya, yang bikin template blog terlihat kacau adalah penggunaan background yang motifnya terlalu ramai, lalu ada menu yang juga menggunakan font yang ramai, terus ada judul dengan font lain lagi yang juga ramai. Semua ramai, seakan ngomong sendiri-sendiri, nggak ada yang mau ngalah. Nah tuh.

Sebenarnya untuk mengatasi hal ini sih cukup mudah. Pilihlah satu elemen dalam template tersebut yang lebih menonjol ketimbang lainnya. Misalnya nih, pengin font menu yang lebih stand out, karena memang di menu sidebar maupun menu di atas itu mengandung keyword yang menggambarkan topik blog kita. Maka, pilihlah template dengan font menu yang mencolok. Ingat, hanya font menu yang mencolok. Background usahakan jangan yang menarik perhatian, lebih safe kita pilih yang putih polos saja. Begitu juga dengan font judul. Kalau bisa font-nya sama dengan menu.

Kalau pengin background-nya yang ramai, pilih font menu, font judul dan yang lainnya yang simpel. Jangan tambahin dengan cursor yang juga blink-blink. Cukup background aja yang ramai, tapi pastikan orang tetep enak bacanya ya. Sebenernya, saya nggak terlalu rekomendasi template blog dengan background ramai ini. Kalau bisa sih putih saja polos ya. Lebih enak dan nyaman di mata. Tapi, ya, kalau emang maunya background-nya nggak putih ya make sure aja, orang bacanya nggak perlu mengerutkan dahi atau memicingkan mata.

3. Warna itu sangat krusial


Minimal Clean Blogger Template | Sumber: gooyaabitemplates.com
Seperti sudah berkali-kali saya sebutkan di atas, warna itu berperan sangat penting. Pilihan pualing tepat tetaplah hitam di atas latar putih. Please jangan memakai warna pink di atas biru, atau hijau muda di atas hijau tua. ADUH banget! Pilihan warna putih di atas hitam pun bikin mata jereng, apalagi yang pakai warna-warna aneh. Please ...

Sebisa mungkin gunakan hitam di atas putih. Itu untuk font. Nah, kalau untuk header, kamu bisa pakai warna yang mewakili karaktermu. Di sanalah kamu bisa bereksplorasi. Namun, itu pun *seperti juga sudah saya sebutkan* jangan sampai bikin orang ilang fokus. Inti sebuah blog tetaplah konten. Jadi giring orang untuk tetap fokus pada tulisan, bukan header.

Cara ngeceknya gampang sih sebenernya. Coba amati blog kamu sekitar 20 detik. Kalau matamu terus-terusan tertarik ke titik tertentu di luar panel yang berisi konten, berarti bagian itulah yang mengalihkan fokusmu. Jadi misalnya nih. Pandangi 20 detik, tapi mata kamu nggak bisa tetap stay di konten. Matamu seakan bergerak sendiri terus ke arah header. Nah, itu berarti header kamu distracting. Kalau bisa harus diperlembut distractingnya. Caranya, bisa mengganti warna, mengganti font, atau mengecilkan ukuran.

4. Bersihkan sidebar

Clean and Simple Blogger Template | Sumber: creativemarket.com

Biasanya yang cukup bikin blog kita ada crowded memang sidebar, karena diisi dengan berbagai macam banner komunitas dan lomba. Ohohohoh. Hayo, siapa yang sidebar blognya isinya banner semua? :))))

Nggak apaaaa, bukannya nggak boleh. Tapi ya, itu yang bikin kelihatan sumpek sih. Jadi, kalau memang lombanya udah selesai ya bisa kali dihapus aja bannernya. Kalau banner komunitas kayaknya banyak yang mewajibkan untuk pasang di blog ya. Ya, nggak apa-apa pasang aja.

Nah, tinggal elemen lain nih yang harus diperhatikan.

Dalam buku "Blogging: Have Fun and Get the Money" saya ada list, widget atau gadget apa saja yang NGGAK perlu dan NGGAK penting-penting amat buat dipasang di sidebar blog :D

Lho, ujung-ujungnya kok promosi? Hahaha. Sengajaaaa ... :P
Yang penting saya mau sarankan saja, please jangan terlalu penuh juga itu sidebar. Yang standar harus ada adalah sedikit about me, search box, popular posts, recent posts, recent comments, follow blog. Sudah.

5. Make it sharing-friendly

Sumber: www.elegantthemes.com

Ya, jangan lupa untuk mengecek apakah desain template blog yang kamu pakai punya widget sharing ke media sosial dengan mudah. Siapa tahu kan, artikel kamu worth sharing banget. Uhuy! Jangan sampai orang kalau mau sharing musti ngopi URL ke laman facebook mereka dulu. Lebih enak kan sekali klik terus bisa langsung share kan?

Yep, ini penting banget deh. Cuma banyak yang belum merhatiin.

6. Pastikan foto punya ukuran yang tepat


New Minima Colored Blogger Template | Sumber: gooyaabitemplates.com


Nah, ini juga penting nih. Kadang banyak blogger entah nggak tahu entah mengabaikan atau entah nggak bisa cara edit foto. Jadinya foto yang dipasang ukurannya lebih besar ketimbang frame blognya. Jadi fotonya mbleber ke mana-mana deh. Ini sih seharusnya nggak ngaruh ke konten juga sih ya, tapi ampun deh, jadi nggak enak dilihat :-|

Jadi, sebelum mengunggah foto tersebut ke dalam postingan blog, sebaiknya diedit dulu ya. Cari ukuran paling tepat dan ideal untuk dipasang di blog, catat berapa kali berapa pixelnya lalu gunakan format itu setiap kali kamu insert foto di postingan.
Ada yang belum tahu gimana caranya mengukur foto yang pas untuk postingan blog?
Atau perlu bikin tutorialnya juga nih? :D

Foto yang sama ukurannya di setiap artikel blog memang keren. Dilihat pun rapi. Saya sendiri suka banget datang ke blog yang rapi. Saya juga pengin gitu, cuma ya itu moody-nya :))) Kadang males juga ya edit-edit foto hahaha. Hadeh. Cemana ini nulis tapi nggak menerapkan pada diri sendiri? Jangan dicontoh deh! *self keplak*

7. Fast loading


Untuk cek speed test bisa ke gtmetrix.com

Nah, ini nih yang paling penting ya. Pastikan loading blog kita harus cepat. Dan ini bisa DENGAN MUDAH kita dapatkan dengan menghilangkan semua animasi yang nggak penting, copot widget musiknya, dan semua blink-blink-nya.

Yes, semua yang widget atau gadget itu bisa memperlambat loading blog. Udahlah bikin nggak fokus, bikin kaget (kalau ada musiknya), plus loading lama. Siapa yang betah hayo ngendon di blog seperti itu? Hehehe.



Nah, gimana nih? Sudah all checked belum?
Kalau belum, ayo, kita benerin bareng-bareng ya! Saya juga ada beberapa PR ini buat bikin blog ini tampil oke. Kalau bisa sih lebih oke ketimbang blog saya yang lama heuheuheu. Bener deh, move on ke blog baru kayak gini ternyata sama beratnya dengan move on dari mantan #eh

Semangat!

You Might Also Like

46 comments

  1. Sukaaa...siap praktekkan. Makasih Mbakyu Carra :)

    ReplyDelete
  2. Heheh seringkali ada postingan di dalamnya ada percakapan yang warnanya dibeda-bedakan, dan itu sumpeh emang bikin pusing kepala :D

    ReplyDelete
  3. Template saya sederhana sj. Template blogger perempuan biasanya lebih menarik dan agak ramai.
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti saya termasuk luar biasa ya, Pakde :P

      Delete
  4. All checked, Mbak. So far, I love my black and white template on my blog, meski masih kurang simple menurut saya.

    Untuk banner, believe it or not, saya nggak pasang banner konunitas apapun. :v --> entah apakah habis ini ditendang sama mereka atau enggak, lol

    Saya memang pengen pengunjung blog saya baca dengan nyaman, dapat resep yang nggak ribet dan memanjakan mata mereka dengan foto yang bagus (eh, ini kadang suka kelewat ding hehehe) tanpa iklan atau banner yang bejibun.

    Don't get me wrong ya, no offense :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, yang begitu udah bener banget Mbak Dy :)

      Delete
  5. Thanks mbak Cara. Aku banget nih yang dulu sukanya heboh" hihi. Sekarang aja alhamdulillah udah sadar kalo milih template yg simpel" aja :D tinggal dicek kecepatannya. Semoga aja ga lola :v

    ReplyDelete
  6. Thank you tipsnya mba. Saya baru ganti template. Dan entah kenapa kok jadi oon buat kutak katik blog sendiri. PR di blog saya; pengkategorian tulisan, pasang akun socmed, pisah2in halaman (eh apa sih namanya) sama ngecilin foto. Entah kenapa gambar yang keluar gede semua huhuhu

    ReplyDelete
  7. hmmmm... kadang emang kebanyakan widgetsih..

    ReplyDelete
  8. Setuju dengan beberapa point di atas, umumnya saya juga lebih suka blog yang tampilannya clean tapi informatif bagian home nya. Impresi pertama menentukan banget soalnya. Duluuuu banget waktu awal-awal ngeblog tahun 2008, memang sempat terjebak seperti point nomor dua itu, namanya juga baru kenal blog :-D

    Nice tips mbak, bermanfaat banget nih.

    ReplyDelete
  9. Saya nih suka galau sama template hihihi
    Maksih tipsnya mbk Ratri :)

    ReplyDelete
  10. Makasih mba tipsnyaa, langsung ngaca hehe punyaku masi bleber..belum utak atik lagi nih mba, mencari semangat :)

    ReplyDelete
  11. Mbak Cara, mampir blogku dong, udah oke belum sih template dan conten-nya *modus*

    Makasih tips-nya mbaaak, kangen ke Stiletto lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Siaaap, nanti siang jalan-jalan ke sana :D
      Ayo, ke sini lagi!

      Delete
  12. Huaa saya geng galau template Mak. Thanks tipsnya, ada 1-2 hal yang harus diperbaiki hehehe

    ReplyDelete
  13. tahun 2007 an dulu itu, blogku ada jam dengan gambar santa claus dan guest box juga hehehe.

    ReplyDelete
  14. Duh, kayaknya template saya perlu banyaaakkk sekali pembenahan deh :(

    ReplyDelete
  15. Aku kayake beneran butuh fitur share it deh. Hiyawn, nunggu hari libur lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Selamat bebenah, Cha :-*

      Delete
  16. Mak Carra....
    Penyelamatkuuuu
    Lagi cari cari template yang oke memang dan beberes blog biar terlihat lebih professional
    Makasih banyak yaaaa...semoga segera eksekusi #plak #kebanyakan alesan saya mah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Selamat bebenah, Mbak Aya.

      Delete
  17. Replies
    1. Hahaha. Semangat, Mbaaak *hap hap hap*

      Delete
  18. tuh, kan .... ya, sudah, saya bookmark aja blognya, daripada semua post saya bookmark wkwkwk

    mbak, widget follow log dan searh mana ya, biar saya nggak ketinggalan post mbak Ratri gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Rahayu. Iya, ini templatenya nggak bisa dipakein gadget follow. Tapi ya saya suka karena fokus ke tulisan dan rapi.
      Kalau mau follow, coba ke https://www.blogger.com/home setelah Mbak Rahayu login ke gmail. Nah, di bagian bawah nanti ada bagian Reading List, klik aja tombol 'Add' atau 'Tambahkan', terus masukkan URL blog yang mau difollow, klik Add/Tambahkan. Sudah :)

      Makasih ya, Mbak, sudah mau baca artikel di sini :) *salim*

      Delete
  19. Haduh template saya ancur banget mba huhuhu
    Masih pakai template bawaan dan apa adanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak apa-apa pakai template bawaannya. Malah minim risiko rusak :)

      Delete
  20. makasih tipsnya, buat yg nubie kaya saya kadang malah kelamaan di pilah pilih desain template

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Memang ya, aku juga gitu kok. Kalau udah pilah pilih template sama utak atiknya, jadi lupa nulis deh :D

      Delete
  21. GTmetrix ?? ga ngerti bacanya mbaa.. jelasin donnk..

    ReplyDelete
  22. Saya mesam mesem trus langsung cek blog sendiri, sidebarnya masih rame, hehehe...
    Makasi ya mbaaa...

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog