Behind the Scene - How to Write Viral Content Workshop with Ollie

Behind the Scene - How to Write Content Writer Workshop with Ollie Berawal dari pesan WhatsApp...

Behind the Scene - How to Write Content Writer Workshop with Ollie


Berawal dari pesan WhatsApp seorang Ollie Salsabeela pada saya.

"Mbak Ratri, tanggal 17 aku diundang suatu acara di Jogja. Mungkin kita bisa bikin workshop menulis buat Rocking Mama sekalian."

Yang kemudian membuat saya langsung semangat menghubungi Mbak Indah Julianti, sang sesepuh KEB yang kebetulan banget sekarang berdomisili di Jogja. Saya nggak akan melewatkan kesempatan ini. Saya pernah juga dihubungi oleh Mbak Ollie pas bulan Februari, tapi tanggalnya nggak cocok. Jadi, saya harus menunggu lagi jadwal Mbak Ollie kosong. Syukur-syukur pas Mbak Ollie ada acara sekalian ke Jogja, jadi nggak terlalu ngerepotin aja gitu maksudnya.

Puji Tuhan, akhir bulan Februari itu, Mbak Ollie ngasih kabar kalau bakalan ada di Jogja pas pertengahan bulan Maret. Saya mikir cepat, bahwa saya harus menggandeng komunitas kalau mau ada yang bantu saya mikir, dan juga pasti bakalan lebih fokus dan pesertanya lebih targeted. Komunitas mana lagi yang cocok buat saya tembusin, kalau bukan Kumpulan Emak Blogger?

Gayung bersambut. *Halah, bahasanya kayak zaman Balai Pustaka.* Mbak Indah Juli juga langsung semangat dan menghubungi Makmin KEB pusat. Maketu Icoel ternyata juga langsung bilang oke, begitupun dengan Makpon Mira Sahid. Maka kemudian, saya dan Mbak Indah langsung diskusi. Tanggalnya sendiri sempat labil, gara-gara acaranya Mbak Ollie yang juga berubah jadwal. Tapi untunglah, di tanggal 9 Maret itu justru malah pada bisa datang karena ngepasi hari libur.

Amazingnya, saya dan Mbak Indah nggak pernah ketemuan langsung buat bahas ini. Kami hanya chat via WhatsApp, yang kemudian ada Mbak Lusi yang nimbrung, dan Mak Ika Koentjoro selaku PIC event KEB di Jogja. Sama sekali nggak pernah ketemu. Hari Senin tanggal 7 Maret kami sempat janjian buat lihat lokasi, tapi ternyata gagal juga. Masing-masing ada kesibukan yang nggak bisa ditinggal.

Foto milik Mbak Indah Juli


Dan, tanggal 9 Maret pun tiba.
Saya sedari pagi udah nervous ga keruan. Nyadar deh, kurang persiapan. Bakalan ada 60 orang hadir dalam workshop ini, plus ada sponsor segede Telkom yang support. Saya sampai di lokasi sekitar pukul 12.30-an, dan ruangan masih dikunci. Ketemu sama Mbak Lusi, saya akhirnya bisa membuka ruangan dengan sedikit salah paham sama bapak-bapak Satpam. Hahaha. Ampun! Maafkan dan terima kasih, Mbak Erna, Telkom, Pak Satpam, Pak OB. Ngerepotin gini. *salim satu-satu*

Foto milik Bun Erlina Ayu


Setelah pukul 14.00 lebih sedikit, acara bisa dimulai. Molornya nggak terlalu banyak. Hore! Fantastis! Hahaha. Tahu sendiri kan, jam ngaretnya orang-orang Indonesia. Puji Tuhan deh, kita nggak terlalu banyak molor. Dibuka oleh Mbak Erna yang mewakili Telkom, memperkenalkan produk-produk keren dari Telkom.

Foto milik Mbak Ollie

Mbak Liya Swandari sempat jadi trending topic di grup Zetta Media, karena tangan kiri gendong babynya, tangan kanan ngetik. Gambaran seorang rocking mama sejati :))) | Foto milik Mbak Ollie

Foto milik Mbak Ollie

Pukul 14.30-an, Mbak Ollie sudah memulai sesinya. Materinya padat banget! Dengan latihan-latihan yang dikerjain dengan semangat oleh para peserta. Sesekali kami juga bercanda di tengah-tengah sesi. Mbak Ollie ngajar dengan santai dan interaktif, sehingga materi bisa tersampaikan dengan baik. Setelah itu sih sebenernya peserta diberi kesempatan untuk mengembangkan hasil latihan selama dua jam sebelumnya menjadi sebuah tulisan utuh di Rocking Mama. Tapi ternyata waktunya sudah habis.

Foto milik Mbak Lusi Tris


Ada banyak hadiah dari Telkom yang disediakan dan didapatkan oleh para peserta. Ah, senangnya ngeliat wajah-wajah yang semringah itu. Sudah dapat ilmu, dapat bingkisan juga. Selain itu, kesempatan kopdaran dan saling memeluknya yang paling saya nanti sih sebenernya. Hehehe. Nggak tahan nggak pelukin emak-emak itu satu-satu. Bener deh :D

Terima kasih banyak, Mbak Ollie :) | Foto milik Mbak Ollie


Special thanks to:
  • Mbak Ollie dan Mbak Gita yang sudah menyempatkan diri datang, dan juga seluruh tim Zetta Media, Mas Ega, Stevie dan semuanya yang nggak bisa hadir langsung di Jogja. Termasuk Prima dan timnya, yang seru :D para gadis-gadis muda yang penuh semangat. Tulisannya saya tunggu ya.
  • Mbak Erna, dan seluruh jajaran Telkom. Terima kasih atas bingkisan yang banyak, tempat yang nyaman, dan fasilitas yang keren. Semoga kita bisa bekerja sama lagi ke depannya.
  • Mbak Lusi, Mbak Indah, Mak Ika, panitia perkasa andalan saya :))) Ayo, kita bikin lagi.
  • Mbak Weka, yang di saat-saat terakhir menjadi dewa penolong. Maaf, nodong jadi MC-nya dadakan. Heuheuheu.
  • KEB, KBJ dan semua peserta yang sudah hadir.
Aduh, jadi kayak kata pengantar skripsi ya ini. Hahaha. Iya, saya emang nggak mau ngomongin workshop-nya kan. Saya kan cuma mau curcol behind the scene-nya :D Untuk workshop-nya nanti pasti ada banyak #UpdateEmak dari emak-emak KEB deh. Tungguin aja. ;)

Dan, aduh, saya pengin ngadain lagi kayak ginian. Kalau diadain lagi, pada mau datang lagi kan? :D
Terakhir, saya tunggu tulisannya di RockingMama.id ya :D

----

Disclaimer: maaf, foto-fotonya pinjam sana sini ya. Soalnya saya mah nggak sempat motret :))))

You Might Also Like

16 comments

  1. Asyik banget acaranya Mak, waah kapan ya bisa ikutan juga, Sip deh KEB.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kapan-kapan bisa menyeberang ke sana ya, Mak :)

      Delete
  2. Selamat ya mak sukses acaranya. Semoga nanti bisa buat di kaltim juga ya mak.

    ReplyDelete
  3. Yah pak satpamnya nggak baca blog, gatau dong kalau disalimin. Bikin dong karaker rockingmama sejati. Kan udah ada satu tuh kiri bayi, kanan laptop wkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Pak Satpam ga baca blog, makanya berani minta maaf. Kalau ketemu langsung, malah takut :))

      Delete
  4. Wah keren acaranya Mbk, walo kesannya mendadak tapi sukses ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Karena banyak yang support, Mbak :)

      Delete
  5. Mak Liya semangat banget tuh, si debay untung angler bobonya. Rocking mama emang ngerock Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempet bangun juga sih. Tapi Mbak Liya emang rocking mama sejati lah :))

      Delete
  6. Makasih ya mak acaranya :) keren bangeet 😊😊😊😊

    ReplyDelete
  7. Salut bingits atas terselenggaranya acara yang fenomenal inih mak Carra..sukses..

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((fenomenal)))
      Sayang Mak Juli nggak ikutan yaaa ...

      Delete
  8. Selamat dan semangat, Mbak Ra dan tim. Senang bisa datang dan dapat ilmu. Terima kasih untuk acaranya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Phie. Jangan kapok ta undang-undang ya :D

      Delete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog