[Guest Post] Ini Dia Cara Mudah Tulisan Muncul di Page One Google

Guest post ini pernah tayang di www.RedCarra.com, dan ditulis oleh Febriyan Lukito . Ini Dia C...

Guest post ini pernah tayang di www.RedCarra.com, dan ditulis oleh Febriyan Lukito.


Ini Dia Cara Mudah Tulisan Muncul di Page One Google

Disclaimer: faktor – faktor yang saya tuliskan di bawah ini dalam cara mudah agar tulisan muncul di page one Google hanyalah sebagian kecil saja. Masih banyak faktor lainnya yang harus dipertimbangkan agar tulisan kamu benar-benar di nomor satu di Google.

Sejak saya pindah menggunakan self-hosted domain, ada satu hal yang menjadi pusat ketertarikan saya, yaitu SEO atau Search Engine Optimization. Yang saya artikan secara gampangnya adalah mengoptimalkan apa yang ada di website atau blog agar muncul saat dicari oleh orang (dengan keyword tertentu). Dan ternyata baca-baca soal SEO itu gak seperti yang saya bayangkan.

Kalau saya bahas semua dalam satu postingan mengenai SEO on page ini, yang ada akan menghabiskan ribuan kata yang mungkin akan membuat kalian sendiri mulai bosan. Jadi untuk kali ini saya ingin share sedikit dulu ya, mudah-mudah nanti bisa saya share lagi di kemudian hari.


Cara Mudah Tulisan Muncul Di Page One Google


Dari berbagai cara yang saya ketahui, saya akan share lima SEO on page yang bisa dipraktikkan langsung, saya sudah menggunakannya juga.

Tentukan kata kunci alias keyword yang ingin ditargetkan


Tentunya saat kita ingin tulisan kita muncul di halaman pertama google, ada satu hal penting yang perlu disiapkan. Yaitu keyword alias kata kunci apa yang akan digunakan untuk mencari tulisan tersebut. Misalnya saja dalam tulisan mengenai Cara Mengatasi Iphone Yang Tiba Tiba Mati. Keyword yang dimasukkan adalah iphone mati tiba tiba.

Untuk mencari keyword yang tepat, kita harus berpikir kalau kita sedang mencari di Mbah Google, kata apa yang kita masukkan.

Baca juga: Cara mendapatkan keyword yang tepat untuk tulisan

Kata kunci ada di URL


Cara optimasi SEO on page kedua yang bisa digunakan adalah memasukkan keyword pada nomor satu di atas pada URL tulisan tersebut. Baik pengguna wordpress maupun blogspot, mengganti URL ini sudah diakomodasi oleh mereka. Pada awalnya, baik di WP ataupun Blogspot, URL akan sama dengan judul. Nah, tinggal klik edit di bawah judul untuk pengguna wordpress dan untuk pengguna blogspot hanya perlu menyetel tautan permanen khusus.

Catatan penting, kalau bisa keyword di awal URL.

SEO - Kalau bisa keyword di awal URL


100 kata pertama dalam tulisan mengandung kata kunci yang dimaksud


Perhatikan tulisan ini, apa kata kunci yang digunakan untuk tulisan ini? Jika jeli, akan melihat juga bahwa dalam paragraf pertama sudah ada kata kunci tersebut. Ini salah satu SEO Tips berikutnya, yaitu keyword yang dimaksudkan tercantum dalam 100 kata pertama.

Catatan: penggunaan huruf tebal, miring dan garis bawah disarankan karena membantu robots mesin pencari mengidentifikasi mana yang penting dalam tulisan itu.
Update dari Carra: huruf tebal, miring dan garis bawah ini sekarang sudah nggak terlalu ngefek lagi untuk Google Pigeon. Tapi kalau mau makai, juga nggak masalah.

Gunakan H2 untuk keyword yang diinginkan


Sebelumnya saya tuh gak tahu apa itu H1, H2, dan seterusnya. Pertama kali membacanya saat mengecek seberapa optimized blog saya di chckme.com. Di sana barulah saya tahu ada yang namanya H1, H2 sampai H6.

Agar tulisan kita menjadi optimized di mata mesin pencari dan masuk di nomor satu Google, kita harus memasukkan keyword yang kita maksudkan di dalam H2. H2 sering disebut dengan subheading. Bagi pengguna blogspot lebih mudah dalam melakukan subheading di dalam tulisan ini dibanding pengguna wordpress.

Tapi sejak perbaikan terakhir (wordpress 4.3 – Dolly), Wordpress pun sudah member kemudahan untuk subheading ini. Hanya perlu menambahkan ## di depan judul heading yang diinginkan lalu enter – jadilah yang namanya H2.

Akhiri dengan kesimpulan


Artikel yang bagus untuk SEO selalu terdiri dari 3 bagian besar, yaitu pembuka, isi dan penutup. Nah, selalu akhiri tulisan dengan kesimpulan dan menyertakan keyword yang dimaksudkan dalam paragraf kesimpulan atau penutup ini. Seperti pada contoh di bawah ini. Jangan lupa berikan link pada tulisan itu sendiri.

Itu sih 5 tips SEO ala-ala saya yang selama ini saya gunakan. Tapi sekali lagi saya ingatkan bahwa tips SEO itu banyak banget dan cara mudah agar tulisan muncul di page one Google yang saya tuliskan di atas hanyalah yang bisa dipraktikkan langsung. Tapi 5 cara mudah tulisan muncul di page one Google itu hanyalah TOOLS. Yang harus diingat adalah membuat konten berkualitas – Content Is The King.

---

Artikel ini ditulis oleh Febriyan Lukito untuk blog www.RedCarra.com
Twitter: @feb_ryan24

Mau nulis guest post untuk blog ini juga?
Kirim aja artikelmu dalam format .doc terlampir melalui email ke mommycarra@yahoo.com ;) Hanya artikel yang lolos seleksi yang akan ditayangkan.

You Might Also Like

46 comments

  1. Dipindah ke sini juga ya... makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. GUest post yang bagus, harus ikut pindahanlah, Mas :D

      Delete
  2. Wooww.. tulisan Mas Ryan memang selalu bernas. Mau ikutan praktekin juga aaahh...

    ReplyDelete
  3. Makasih mba sharing postingannya... Ngga jadi ikutan photocontest buku mba, krna suami sakit minggu lalu, dan blum kepegang jg bukunya @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa. Nanti bakalan ada lomba review juga kok :)

      Delete
  4. Terimakasih mba tips nya sangat membantu buat saya yg baru belajar SEO :D
    Berati tulisan ini masih ada lanjutannya dong ya? hehee
    Ditunggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutannya tersebar dan saya pun lupa di mana aja. Ada di tulisanbloggerindonesia ada di bloggerkekinian, ada juga di febriyanlukito. hahahaha.

      Delete
  5. Dapat ilmu lagi. Makasih banyak, Mbak... :)

    ReplyDelete
  6. Simpel sepertinya tapi prakteknya yang susah haha

    ReplyDelete
  7. Baru tau kalau huruf tebal, miring dan garis bawah ini sekarang sudah nggak terlalu ngefek lagi TFS Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Iya. Untuk Google terbaru, udah nggak gitu ngefek lagi :)

      Delete
  8. Tulisannya berasa padet ilmu banget nih. Selalu ngangguk-angguk tiap baca. Hehe. Makasi infonya ya Maaaak.

    ReplyDelete
  9. 100 kata pertama. Ini malah seringnya pembuka yg apalah apalah isinya. Kudu dirombak lagi kalo gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya. Jangan buang-buang perhatian pembaca di paragraf pertama ya :)

      Delete
  10. Terima kasih sudah sharing ttg Optimasi SEO: agar bisa page one. LanjutkN berbagi :D

    ReplyDelete
  11. setujuuu sama tipsnya...
    cuma terkadang suka pada males dipraktekin ya maak :)

    makasih sharinyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih. Dikunjungi pakar SEO. Hihihi. Jadi, ada tambahan gak nih, Mak ketjeh?

      Delete
  12. Makasih ilmunya mba Carra, sebenarnya udah dipraktekin sih. Tapi biar makin mantap

    ReplyDelete
  13. Makasih sharenya...bermanfaat banget buat saya yang baru belajar menulis... Semoga bisa dipraktekkan ;)

    ReplyDelete
  14. Wah nambah ilmu lagi. Makasih Mbak Carra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mak :) Happy blogging!

      Delete
  15. Hhhm jadi 100 kata pertama ya? Bukan kalimat pertama. Ok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess 100 kata pertama :)

      Delete
    2. Prakteknya banyak menggunakan kata pertama terus di bold dan dilink back ke tulisan itu sendiri. Saya sering lihat yang gini tapi saya pribadi sih gak terlalu memanfaatkan ini. Balik ke masing-masing orang sih mbak.

      Delete
  16. Yah... saya jarang ngasih kesimpulan kalau menulis. Pernah sih dikasih seperti itu oleh sepupu saya yang sudah ngeblog sejak tahun 2000-an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mulai sekarang coba dibiasakan untuk menambahkan kesimpulan :)

      Delete
  17. Sering baca ilmu SEO tapi belum sepenuhnya bisa diaplikasikan. Tips yang ke5 itu sering aku lewatkan. Suka lupa kasih kesimpulan.

    ReplyDelete
  18. seo sebenarnya tergantung dari tujuan blognya kepengen seo atau jenis yang lain si, dan juga tergantung dari keyword yang dipake juga kalo ga salahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Actually, kalau nggak pakai SEO ya visitornya segitu-segitu saja. Atau kalau nggak, mengandalkan bw dan sharing di medsos, which is agak melelahkan.
      Berdasar pengalamanku yang nggak seberapa sih :)
      Dan iya, bergantung keyword yang dipilih.

      Terima kasih sudah baca :)

      Delete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog