7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan oleh Kita Saat Membuat Laman About Me

7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan oleh Kita Saat Membuat Laman About Me Baiklah. Ini baha...

7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan oleh Kita Saat Membuat Laman About Me


Baiklah. Ini bahasan kesekian dalam topik apa saja yang harus kita siapin kalau mau menjadi blogger serius, yang sedang saya telusuri satu per satu seperti yang pernah saya tulis di sini.

Membuat laman 'About Me' itu gampang-gampang susah. Kadang malesin, karena dengan narsisnya kita akan memamerkan diri. Tapi ya, kalau udah jadi blogger itu seseorang sudah pasti jadi narsis. Iya nggak sih? *dikeplak* Sementara juga kadang kita nggak tahu harus menulis apa, sehingga kita malah mengabaikan about me ini. Atau malah karena saking bingungnya, jadi nulis apa saja ke mana saja?

Padahal, about me ini penting banget. Buat kasih gambaran orang, kita ini siapa, suka membahas apa di blog, dan juga bisa membantu orang (baca: klien) untuk tahu bagaimana circle pertemanan (baca: pembaca blog) kita sehingga mereka bisa tahu kita cocok nggak kalau diajak kerja sama.
Nah, panjang kan?

Jadi, dalam menulis About Me, hindarilah beberapa kesalahan berikut ini.

1. Nggak punya laman 'About Me'


Nah, ya. Ini adalah kesalahan pertama. Jangan sampai nggak punya laman About Me.

About Me is a must. Harus ada di blog atau website. Buat orang tahu bahwa ada orang beneran di balik web atau blog yang sedang ia kunjungi. Apalagi kalau web atau blognya dipakai buat jualan, atau bisnis. It's a must! Nggak semua orang mau membaca semua artikel kita buat tahu siapa kita. Nggak semua orang punya waktu buat baca, atau scrolling sampai beberapa halaman. Jadi, ringkas semuanya dalam satu laman About Me.

2. No story in it


Kayak saya kemarin nih. Ada cerita sedikit ya. Saya mau ngirim hadiah kuis ke seseorang, kebetulan hadiahnya buku. Nah, saya ini suka milihin hadiah yang cocok sama orangnya. Supaya saya bisa milihnya pas, ya saya kepoin kan blog si pemenang. Saya pengin tahu, apa dia itu seorang ibu, punya anak belum, ngantor apa di rumah dan sebagainya. Tapi ternyata, nggak terlalu banyak info yang saya dapetin.

Nah, begitu juga orang lain. Misal agency mau nyari buzzer, ya pasti ngepoin kan? Gimana mau tertarik kalau About Me-nya cuma, Hai! Selamat datang di blog saya. Udah.

Show them a little story. Jangan terlalu detail juga sih. Just a little story, yang menceritakan siapa sih kita, apa yang sedang kita kerjakan sekarang, dan apa yang sudah kita hasilkan. Beri gambaran, kira-kira blog ini pembacanya seperti apa, tapi nggak perlu terlalu vulgar. Caranya dengan menyebutkan niche blog, atau topik yang biasa dibahas di blog. Dengan demikian, orang tahu, pembaca blog kita ini siapa aja.

3. I can't find your name


Maunya sih, kalau memang mau serius, ya blognya jangan dibikin anonim.

Your name ya, bukan your spammy name. Seperti "Tukang Obat", atau "Jualan Rumah", atau "Sedia Pakaian Anak". No. NO. We, your readers, need your name. Is it Marni, Sumi, Joko, siapa pun.

Kalau nama kamu adalah nama yang "biasa", coba untuk membuatnya lebih spesial. Misal, nama "Budi". Ada banyak "Budi" di Indonesia. Kamu harus membuatnya menjadi mudah diingat orang, bahwa "Budi" ini adalah "Budi" kamu. Tapi gimana caranya ya, soalnya nama kamu ya "Budi" aja. Tambahkan saja nickname. Kayak "Budi Anduk" pasti orang tahu, ini "Budi" yang mana. Misalnya, "Budi Blogger Tekno". Atau "Budi Biru". Apa aja deh.

Nama ini nggak selalu nama asli kamu juga kok. Kita ngerti banget bahwa beberapa orang sangat melindungi privacy-nya. Pseudonyms are OK. Asal bukan anonim.

4. I don't know what you look like


When I want to hire you, then I need to know what you look like.

Iya dong. Masa mau mempergunakan jasanya, kita nggak tahu orangnya kayak apa. Udahlah ini di internet, orangnya juga nggak jelas. Aih, emang bisa dipercaya gitu? Begitu juga kalau saya pengin merekomendasikan seseorang ke orang yang lain, saya lebih suka merekomendasikan orang yang dikenal kan? Logikanya kan gitu.

Jadi, ayo pasang fotonya di About Me ya. Hehe. :D

5. Membosankan


Jangan terlalu panjang. Karena About Me memungkinkan kita untuk menulis tentang diri kita sendiri, dan sebagian orang cenderung untuk mulai hilang fokus kalau udah dikasih kesempatan buat narsis, maka sebaiknya keep it simple and short. Nggak usah terlalu banyak basa-basi..

Yang perlu diceritakan, sekali lagi, adalah nama kamu siapa, pekerjaan kamu sekarang apa, pernah ngerjain apa saja, punya blog apa saja. Yang penting, semua tentang karya bisa kamu tuliskan. Buatlah itu About Me sekaligus menjadi CV. Nggak perlu menceritakan kondisi keluarga secara mendetail, apalagi sampai menyebutkan nama anak-anak ataupun menyebutkan sekolah mereka. Juga nggak perlu sebutkan hal-hal lain yang bersifat pribadi. Keep it professional.

6. Nggak ada hirarki


Siapa yang bilang About Me itu sepele? Justru di About Me kita bisa branding sebaik mungkin. So, kalau kamu pengin dikenal karena sesuatu, maka tonjolkanlah sesuatu itu di About Me.

Dari beberapa sumber blog luar yang menulis tentang how to write a better About Me, kita harus menerapkan itu H2, H3, dan seterusnya. Tebalkan huruf pada kata-kata yang penting, yang menunjukkan siapa kamu dan apa pekerjaanmu.

7. Nggak memainkan kekuatan


So, kalau kamu seorang desain grafis, SEHARUSNYA kamu membuat About Me yang menggambarkan pekerjaan kamu tersebut. Kalau kamu seorang video maker, seharusnya About Me-nya juga berupa video yang keren. Kalau kamu penulis? Ya, sajikan dengan tulisan yang ciamik.

Nah, dua poin terakhir ini saya sendiri juga belum nih. PR banget nih. Saya memang pengin menampilkan CV yang keren kayak yang sering saya liat di web-web atau blog lain.
Nih, saya kasih lihat beberapa yang About Me-nya cakep yah.

About Me Claire B.


About Me Marlin Jackson


About Me Joel Reed

About Me Adham Dannaway

About Me Dashing Dish

See, kalau dilihat-lihat para blogger di atas memang memaksimalkan blognya sebagai portfolio, dan mereka serius banget membuat About Me-nya, meski kadang ya ada yang kocak. Tapi mereka nggak asal ada About Me.
Kebanyakan akan membahas niche pekerjaannya. Misalnya kalau desainer web ya spesialisasinya di desain yang bagaimana, kalau tentang konten ya spesialisasi konten apa. Para profesional yang fokus akan niche tertentu pastinya akan lebih menarik daripada para profesional yang segala bisa.

Jadi, memang ini perlu dipikirin bener.

Saya sendiri beberapa hari kemarin udah berusaha memperbaiki laman About Me saya, tapi saya rasanya masih kurang membahas area niche skill saya. Masih terlalu banyak ngomongin diri sendiri :)) Yah, enggak apa-apa. Nanti sekalian diperbaiki dengan infografis yang (semoga bisa) ketjeh, dan bikin kamu mupeng bikin juga. Muahahahaha.

Meanwhile, coba dilihat laman About Me masing-masing yuk. Masih ada kesalahan-kesalahan di atas nggak? :)

You Might Also Like

123 comments

  1. Keren yak itu foto-foto di atas. Bikinin #eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dituker sama makanan-makanan yang di foto-fotomu itu ya, Mbak Dy :)))

      Delete
  2. Jleb.. About me ku singkat banget. PR nih. Thanks mba

    ReplyDelete
  3. Kece2 bener about me-nya mereka yak. Pas liat punya sendiri, tweweweng..... :D :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiyahahahaha ... Busui ntar aja bebenahnya kalau udah sempet!

      Delete
  4. Wah kudu bebenah lagi my about me

    ReplyDelete
  5. Asyik. Aku malah lupa, about me ku kapan ya terakhir diubah

    ReplyDelete
  6. Wah, Keren-keren banget about me nya. Harus review punya sendiri, dah sesuai apa blm..

    ReplyDelete
  7. Saya belum pasang about me mak. :)

    *Harus segera pasang nich*

    ReplyDelete
  8. Beberapa hari ini about me sedang hangat dibicarakan lagi ya mbak. Dan untung aja nemu postingan ini. Saya jadi ngulik lagi about me saya sudah bener belum. Hihi. Makasih mbak.

    ReplyDelete
  9. Nah, tentang About Me, suka bingung mau deskripsikan apa. Interes saya banyak euy, dan ga punya profesi khusus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disesuaikan aja sama yang dibahas di blog :)

      Delete
  10. About me punyaku pasang foto keluarga. Kyknya perlu revisi biar terlihat lbh profesional nih...

    ReplyDelete
  11. Kudu edit lagi neh about me punyaku:(

    ReplyDelete
  12. About me punya saya kepanjangan nggak ya? Hmm..

    Makasih ilmu nya, mak.. :)

    ReplyDelete
  13. Mommy Carra.. halaman About Me punyaku udah bener belum yaaa? Brb ke TKP kalau ini.. hiks.. itu caranya bikin foto bisa sebagus dan sekece itu gimana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto yang mana? Yang punya orang-orang itu? Itu foto biasa sebenarnya lho. Rajin latihan yuk!

      Delete
  14. baru melek..ternyata about me ..penting juga ya...selain isi postingan. Thanks share nya

    ReplyDelete
  15. kayaknyaaaa harus diedit lagi nih :D
    Thanks sharingnya mba :)

    ReplyDelete
  16. Aduh pake contoh nama Marni langsung berasa terpanggil hehehe... makasi idenya mba... aku mau evaluasi about me ku jadinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahah. Marni Mirna ya. Nggak sengaja lho, Mbak. Maap. Hehehehe.

      Delete
  17. Dari dulu suka bingung mau bikin About Me kayak gimana, etapi ternyata penting banget. Siap2 bikin laaah...

    ReplyDelete
  18. tutup muka karena belum bikin...

    ReplyDelete
  19. Waahhh nemu iniiih..
    Manfaat banget Mak
    Langsung cuz ke blog buat bebah benah

    ReplyDelete
  20. Makasih Mak sharingnya *langsung edit-edit about me* :D

    ReplyDelete
  21. Duh...ini artikel buat mata kayak habis minum kopi, bikin melek banget!

    About Me memang simple, tapi gag bisa dianggap remeh juga. Ciamik banget tulisannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih! Saya kehabisan kopi, malah :(

      Delete
  22. Uwaaawww... Banyak banget yang harus saya rombak. Tengkyuuh Mak 😘😘

    ReplyDelete
  23. Wow, keren mbak. Tapi masih bingung ngisi about me, jadi masih seadanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja lihat punya orang-orang, Mbak. Siapa tahu dapat ide :)

      Delete
  24. Makasih atas sharingnya mbaak. Langsung praktekin boleh nih ^^

    ReplyDelete
  25. Wow..kereeb bgts infonya..jadi pengin ngompliti about me yg minimalis..

    ReplyDelete
  26. alhmdulillaah udah lumayan sesuai about me saya, meski mmg tetap hrs ada yg direvisi.. Mkasih mak :-)

    ReplyDelete
  27. Baca postingan ini langsung ngecek "About Me" saya. Bagian nama itu jleb banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini kalau aku nggak tahu kalau ini Teh Epa, bakalan aku mark as spam nama kae gini =)))

      Delete
  28. suka iri deh setiap ngeliat about me yang ada sentuhan desainnya gitu. hihi tapi tulisannya asik nih, jadi bisa ngecek mana yang kurang di about me aku. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan, yang kurang apa aja nih jadinya? :)

      Delete
  29. Waw, keren2 about me-nya.... Doh, harus banyak introspeksi nih. Kesalahanku terlalu banyak :D.

    ReplyDelete
  30. Makasih y mak.. langsung deh saya survey about me sendiri hehehe

    ReplyDelete
  31. Makasih sharingnya mba...masih petlu dibenahi lagi nih ..

    ReplyDelete
  32. Wah trimakasih sharingnya. Saya jadi baru kepikiran buat ngebenahin halaman about me.

    ReplyDelete
  33. Baca tulisan ini jadi pengen benerin about me yang kayaknya seada-adanya banget. Sambil belajar skill yang lain biar bisa ditampilkan di about me juga.

    ReplyDelete
  34. Terima kasih sharingnya, Mbak Carra.
    Halaman abpit me saya ternyata perlu dipermak habis.
    Bahkan saat pertama buat blog, saya hanya menulis : selamat datang di blog saya. Selamat membaca.
    Jadi senyam-senyum baca postingaj ini hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh. Kesamaan nama, tempat dan kejadian adalah ketidaksengajaan semata lho. =)))

      Delete
  35. About Me-ku foto tampak punggung, Mbak Ra. Kelihatan nggaya, tapi sebenarnya karena males lihat kamera *melengos* hihi.
    Setelah baca tulisan ini, jadi mikir, butuh sentuhan baru di About Me-ku. Tengkyu sudah berbagi, Mbak Ra. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Ya nggak apa-apa sih tampak punggung fotonya, asal nggak bolong. #ehgimana

      Delete
  36. langsung deh intip about me sendiri, sudah pas belum. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  37. Wah Mak, punya Ida malah singkat banget, dan belum pernah diubah sejak kali pertama bikin blog di akhir 2011 lalu. Makasih ya Mak ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Boleh deh itu dibenahin pelan-pelan ;)

      Delete
  38. Masih bingung nambahinya dimana mba hehehe ditambah templatenya masih umum kyknya...makasi mba nice info salam kenal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali ;)
      Selamat bebenah.

      Delete
  39. Langsung ceki-ceki about me yang nampang di blog saya. Ada ga yah 7 kesalahan yang dijelasin diatas. hehehe

    Keren banget deh mak Carol.

    Warm regards,
    Zia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, apa aja nih yang perlu ditambahin? :)

      Delete
  40. Kalo aku dulu belajar ini dari beberapa beauty bloggger walaupun masih pas-pasan sih haha

    ReplyDelete
  41. About me yang lama ucapan selamat datang dan rangkaian puisi hehehe, sudah kuganti diiikiit terus pasang foto cantik *ntar mau ganti lagi kalo sudah nemu kata2 yang bagus #halah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((rangkaian puisi)))
      Hahaha. Selamat bebenah, Mak :-*

      Delete
  42. Huaa Mak, aku kurang no.5 sama no.8 :)) Makasih infonya ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. No. 8?
      Kayaknya cuma sampai 7 deh =))

      Delete
  43. Keren banget mak :) ...
    Diperbaiki ahh about me nya hihihihih

    ReplyDelete
  44. waaa....punyaku masih berantaan,harus dibenerin nih ^^
    makasih mak sharingnya^^

    ReplyDelete
  45. Sepertinya blog ku memang hrs di general check up trus di make over ... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASik. Bakalan fresh nih kayaknya :)

      Delete
  46. TFS Mbaaak. Kayanya puyaku udah hampir bener nih. Tinggal cakepin fotonya qiqiqiqi..... bedak...mana bedak?Lippen mana lippen...

    ReplyDelete
  47. Thank mak,, blm sempet ngedit bout me nih,, hihi

    ReplyDelete
  48. Ida tadi sudah komentar kok ilang ya Mak? Hehe... pasti internet Ida lagi masalah nie.

    Punya Ida ada About Me nya. tapi lama gak diupdate.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi nyangkut di bagian Spam. Tuh udah ada :)

      Delete
  49. Langsung meluncur ngliat about me di blog sendiri hahaha TFS Mbak :)

    ReplyDelete
  50. Ini bagus banget...TFS ya mba..
    masukan buat about me...

    ReplyDelete
  51. Nah about me memang penting ya mak, tapi kok ya emang 'malesin' banget buat dibikin ciamik dan rapi. Baca punya bloggers kece di atas jadi kepancing untuk ngerapiin.. Makasih ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyikkk ... jadi nggak males lagi :))

      Delete
  52. Komplit-plit koreksinya, makasih Mbak. Saya uprek-uprek dulu about me saya ya :)

    ReplyDelete
  53. Wew kudu ngedit nih klo begini
    About me punyaku asal banget dah isinya huhuhu

    ReplyDelete
  54. Bookmark ah, biar gampang nyarinya saat koreksi blog nanti

    ReplyDelete
  55. Jadi mikir..hahaha. harus nulis apaan ya buat about me ku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu malah yang di About Me di sidebar itu malah bisa jadi halaman about me sendiri tuh :))

      Delete
  56. about me kudu di laman ya mbak? dulu saya punya lamannya terus saya ganti ke sidebar. jadi...yang si sidebar dihapus, pindah ke laman lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. About Me di sidebar kan nggak bisa panjang. Sekadar info penting aja. Kayak nama, dan email. Di laman About Me kita bisa cerita panjang dan kasih info sebanyak-banyaknya. Yang sidebar boleh aja dipertahankan. Terus dilink ke laman About Me, untuk lebih detailnya.

      Delete
  57. Awalnya ga punya about me. Tadi nyoba bikin, walau belum sekece yang dicontohin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak apa-apa :) Yang penting, ada dulu.
      Bisa dibenahi sambil jalan :)

      Delete
  58. Aku jadi terpikir untuk segera metapikan laman about me di blog. Ewwww

    ReplyDelete
  59. Bookmark dulu ahh, udah kemalaman buat make over, takut besok kelupaan. :D

    Makasih, Mbak.

    ReplyDelete
  60. Baru inget kalau laman About Me-nya aku masih terlalu kepanjangan. Perlu pangkas dan perbaiki sana sini.

    Terima kasih untuk ilmunya, mbak ^_^

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog