Cheat Sheet Ukuran untuk Berbagai Image di Media Sosial

Karena ukuran image yang pas adalah koentji kerapian dan tampil optimal Hai! Seharusnya sekar...

Karena ukuran image yang pas adalah koentji kerapian dan tampil optimal


Hai!
Seharusnya sekarang saatnya saya bikin round up posts of the month. Tapi dodol banget, kemarin kan saya jalan-jalan via Feedly yang berisi feed blog teman-teman blogger. Maunya ya nyari info menarik, sambil siapa tahu ada yang cocok buat di-repost di portal sebelah.

Saya scrolling dan scrolling, baca yang menarik, kunjungi yang cocok, komen kalau memang mau komen dan seterusnya. Pas feed di Feedly habis, tiba-tiba saja saya langsung mark all as read. Dan jengjeng! Ternyata postingan yang seharusnya bisa masuk ke round up belum saya save dan bookmark dong. Hilang semua deh -__-! Beugh.
Akhirnya hanya tinggal feed 9 hari terakhir saja. Bah.

Saya berasa nggak optimal jadinya kalau nge roundup, karena sebelumnya ada postingan-postingan yang menarik tapi saya lupa punya siapa saja. Huhuhu.
Ya sudahlah. Saya libur dulu saja nge round up-nya.

Terus, beberapa hari kemarin, Mbak Indah Juli nanya soal ukuran image Pinterest exactly-nya berapa, soalnya blio bikin via Canva kok jadinya kegedean. Bla bla bla, saya diskusi, dan saya ingat kalau saya nyimpen cheat sheet dari Hubspot mengenai ukuran-ukuran exactly untuk masing-masing platform media sosial. Iya, saya emang suka nyimpen-nyimpen yang kayak ginian. Tapi ya gitu deh, tukang timbun. Saya nyarinya sampe ubek sana ubek sini, soalnya bookmarking saya itu di tiga tempat; Feedly, Twitter sama Facebook. Hahahaha. Kalau udah butuh gini, bingung deh, nyari di mana.

Akhirnya, saya mikir *tumben, mikir lo, Ra.* mendingan saya simpen di sini aja deh. Sekalian saya kasih catatan-catatan. Siapa tahu ada yang butuh juga.

Mengapa sih saya merhatiin ukuran sampe kayak gini?
Iya, saya mah dari sononya orangnya detail. Saking detailnya, kadang ya mumet sendiri. Kalau udah mumet, pundung. Duhdek.

Saya suka everything yang pas, nggak kurang dan nggak berlebih. Hahaha. Apasih? Maksudnya gini lho. Untuk image, terutama sih di blog, saya selalu ingatkan diri sendiri untuk ngepasin ukuran tampil di blog. Jadi kalau frame blognya 600 px, ya saya akan resize image-nya dengan lebar pas 600 px. Kalau frame-nya 1200 px, kayak portal sebelah, ya saya selalu siapkan image selebar 1200 px.

Kenapa harus pas?
Karena image yang pas dan optimal seperti itu menguntungkan. Pertama, biasanya sih loadingnya jadi lebih ringan, karena pas dengan frame web atau blognya. Jadi sesuai aja gitu. Kedua, pasti lebih rapi dilihat. Kalau image-nya kegedean, ya kalau templatenya responsif bisa menyesuaikan. Kalau nggak? Ya, mbleber ke mana-manalah itu image. Biasanya terus image-nya lebih gede ketimbang tulisan kontennya, atau malah merangsek ke area sidebar.

Wah, itu menggelitik jiwa so-called-web-OCD saya banget tuh :)))))) OCD saya memang cuma di desain web dan blog sih. Risih banget kalau ada yang nggak rapi. Hahaha. Kalau meja kerja, boro-boro OCD. Bisa numpuk aja udah bagus.

Nah, itu di blog. Gimana dengan media sosial?
Sebenernya kalau di medsos sih saya nggak terlalu OCD-OCD amat. Tapi saya berasa kelilipan juga kalau ada image yang pecah saat diunggah. Beugh. *ambil tetes mata* Apalagi dengan header-header media sosial itu. Kayak header Twitter saya, pecah tuh. Tapi masih bisa saya cuekin, soalnya nggak liat tiap hari ya. Kalau saya nggak ke profil kan nggak liat. Hahaha. Lain sama cover Facebook, tiap hari keliatan. Saya juga risih kalau ada cover Facebook yang kepotong-potong. Hadeh. Saya emang riwil.

So, untuk membuat semua optimal dan enak dipandang, ya harus rela resize-resize supaya pas. Nah, tapi ya masa tiap kali mau bikin image mesti screenshoot terus diukur pakai Photoshop? Saya kan nggak bisa hafal angka juga. Jadi, cheat sheet ini selalu jadi sontekan. Cuma ya gitu, kalau butuh, baru ubek-ubek itu kok ya lama-lama bikin kepala botak.

Jadi, saya simpen di sini aja deh.
Btw, ini sebenarnya bentuk awalnya adalah infografis yang panjaaang sekali di Hubspot. Saya pecah saja per media sosial, biar gampang dilihat dan dicari.

Ukuran Image Optimal untuk Masing-masing Media Sosial

Facebook


Facebook's Image Size Cheat Sheet
Yang penting dari Facebook adalah:
  • Ukuran cover: 851 x 315 px
  • Profil image: 180 x 180 px
  • Thumbnail untuk shared link: pokoknya dibikin lebar 1200 px

Google +


Google +'s Image Size Cheat Sheet
Yang penting dari Google + adalah
  • Cover photo: 1080 x 608 px
  • Profile photo: 250 x 250 px
  • Shared thumbnail lainnya lebih kecil ketimbang Facebook ya.

Instagram


Instagram's Image Size Cheat Sheet
Nah, kayaknya Hubspot masih pakai layout Instagram yang lama nih, belum yang update. Tapi saya kira ukuran image-nya masih sama sih. Untuk image, Instagram sekarang juga nggak harus selalu square ya, bisa portrait ataupun landscape, asal jangan terlalu jauh perbandingan antara lebar dan tinggi image-nya. Bakalan tetep kepotong ntar. Perbandingannya paling optimal 4 : 5 itu, kalau nggak salah.


Linkedin


Linkedin's Image Size Cheat Sheet
Buat yang suka ngoprek di Linkedin ya.

Saya sendiri masih belum bisa banyak jalan-jalan di Linkedin. PR banget deh, waktunya. Havft.
Padahal sekali saya share di sana, banyak juga yang nanggapin loh. Apalagi circle saya di sana agak-agak berbeda dengan circle saya di Facebook maupun di Twitter. Harusnya bisa saya manfaatkan ya.
Tapi, ah ... ntar deh. Semoga bisa atur waktu lagi.


Pinterest


Pinterest's Image Size Cheat Sheet

Pinterest ini sebenarnya fleksibel sih ukuran image-nya.
Yang di atas itu adalah ukuran optimal image tampil di boards dan di home. Kalau diklik, kan masuk ke image besar. Nah, kalau saya nggak salah, size optimalnya adalah 600 px pada lebar. Kalau tingginya, nggak terbatas. Makanya banyak infografis disimpan juga di sana kan? Soalnya mudah dilihat.


Tumblr


Tumblr's Image Size Cheat Sheet
Ini kayaknya untuk template Tumblr standar ya? Sekarang banyak template Tumblr yang lucu-lucu. Tapi saya nggak mainan Tumblr, jadi barangkali yang punya Tumblr bisa ngecek, apakah ukurannya benar segini atau enggak. Silakan nanti infoin yah, kalau ada perubahan :) I'll be glad menambahkannya di sini.

Dan, kenapa Tumblr masuk ke platform media sosial ya? Bukan platform blog? Hmmm ...


Twitter


Twitter's Image Size Cheat Sheet
Kayaknya cover Twitter ini emang paling gede di antara semuanya. Saya pecah mulu kalau masang. Hahaha. Ntar deh kapan-kapan dioptimize.


Youtube


Youtube's Image Size Cheat Sheet
Buat yang main Youtube ya. Saya sih pengin banget ngoprek Youtube. Tapi nggak punya video apa pun buat disimpan di situ. Abisnya ya gitu deh, udah dasarnya saya nggak suka ngomong on record gitu, plus saya kurang piknik. Hahaha. Mau videoin apa coba ya? :)))


Nah, itu dia ukuran-ukuran image optimal untuk berbagai media sosial yang populer.
Semoga bermanfaat bagi yang butuh.
Yang nggak butuh atau semacam "Haih ... ribet!", yasudahlah. Hahaha. Nggak usah diperhatiin.


credit

Infografis-infografis di atas saya dapatkan dari Hubspot.

Happy social media-ing!
*halagh* Follow my blog with Bloglovin

You Might Also Like

10 comments

  1. Satu lagi postingan buat dipantengin. Hihihi... OCDnya bermanfaat banget kak. Pasti jadi kece banget kalo udah pada pas semua. Kirain blog ku itu responsif kan themenya. Eh kapan tahu dibuka dimana gitu lhakok belang blentong. Wkwkwkwkwk. Makasih Mbak Carra! Share ya sharee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya. Kadang satu browser sama browser lain tampilannya beda. Di kompi satu sama di lepi lain juga beda. Makanya musti tetep dikasih standar ya. Malesin sih, tapi demi kerapian. Hihihi.

      Delete
  2. Uwoooohh.... Wajiiib bookmark inii ^o^. Samaaa mba, aku pasang di twitter juga selalu pecah gambarnya :D. Tp mau rapihin lagi deh inii ..

    ReplyDelete
  3. Saya biasanya pakai 1 ukuran untuk postingan ke semua sosmed (sekitar 1000 x 1000 piksel).
    Tapi kalau ada cheat sheet ini, kayaknya bisa diuatak-atik lagi.
    Makasih banyak mbak infonya~ :D

    ReplyDelete
  4. Wow ini bermanfaat banget buat anak kecanduan sosmed kaya aku. Tapi kalo beda beda semua gitu, mayan juga ya mikir utak atiknya. Kebiasaan selama ini satu gambar untuk semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya yaaa. Beda-beda semua yaaaa.
      Nggak apa. Pake aja yang kira-kira dipakai di semua :D

      Delete
  5. Bookmarked!
    Aku biasanya satu ukuran aja untuk semua *cari gampang :D
    Yang di blog aja suka nggak sama, ada yang kecil ada yang gede, nggak beraturan banget haha.

    ReplyDelete
  6. Ah... penting banget inih. langsung bookmark.haha. thanks for sharing ya, mbak 😊

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog