Resolusi Tahun Baru untuk Blogger? Nih, Ada 5, Tapi Juga Jangan Lupakan yang Paling Penting!

Hai, semua! Apa kabar? Tahun 2017 sudah seminggu lewat. Beberapa hari belakangan saya mengamati banyak bloggers yang membuat postinga...



Hai, semua!
Apa kabar?

Tahun 2017 sudah seminggu lewat. Beberapa hari belakangan saya mengamati banyak bloggers yang membuat postingan kaleidoskop, apa saja yang telah mereka raih selama tahun 2016 kemarin. Ada juga yang nge-round up the best articles di blog masing-masing (termasuk saya).

Ajang pamer?
Mungkin.
Tapi, ada yang lebih penting dari itu. Yaitu soal mengetahui kekuatan, kelebihan, sekaligus kekurangan diri sendiri. Karena saat kamu mengetahui di mana letak kekuatanmu, di saat itu pulalah biasanya kamu akan mengetahui juga di sebelah mana kamu paling lemah.

Betul?
Iyain aja, biar cepet.

Anyway, sebelum dan setelah moment 1 Januari terlewati, biasanya lantas ada banyak resolusi yang wira wiri di dunia maya, apakah itu di blog, di media online, maupun di media sosial. Ada pula beberapa prediksi ini dan itu.

Dan, yah, namanya juga prediksi. Ada kalanya saya empretin aja sih berbagai prediksi ini, apalagi kalau nggak ngenakin. Hahaha.

Yah, tapi gini. Meski biasanya dibuat berdasarkan pengamatan sekitar yang lebih banyak sifat subjektifnya, tapi ada beberapa prediksi yang memang layak untuk diperhatikan. Ini saya sedang membahas prediksi perbloggingan tahun 2017 nanti lho ya.

Lalu dari beberapa prediksi para mastah blogger, terutama sih kalau saya ya dari para mastah luar ya, ada beberapa resolusi yang sebaiknya dilakukan oleh para blogger untuk tahun ini jika ingin tetap update dan nggak tenggelam di antara blogger baru yang akan muncul dan lebih "bersinar".

5 Resolusi Blogger untuk Ngeblog yang Lebih Baik di Tahun 2017



1. Create your unique personality



Kalau belum punya ciri khas, maka tahun ini sepertinya tahun yang tepat untuk mulai memikirkan personal branding, yang mana tercakup pula di dalamnya adalah personality, originality, dan authority.

Mengapa?
Karena dunia blogging semakin keras, kawan!

Seenggaknya kalau kita punya ciri khas, dan bisa mempertahankannya, orang akan selalu ingat juga. Kayak beberapa seleb blogger "keluaran lama", beberapa dari mereka saya lihat juga nggak terlalu ngoyo nge-vlog, instagram pun asyik-asyik aja. Infografis? Tetep seadanya. Tapi blognya tetap rame kok.

Itu semua karena alasannya satu, mereka cukup berhasil menancapkan ciri khas mereka masing-masing. Misalnya, coba deh, Raditya Dika. Etapi udah nggak aktif ya, sayang banget. Padahal kalau dia bisa bertahan ngeblog kayak dulu, hmmmm ... kelibas semua para blogger sekarang dengan segala printilannya itu.

Atau, barangkali masih ada yang suka nyambangin blog Shitlicious? Meski nggak seaktif dulu, tapi saya yakin, yang dateng masih jutaan.

Dan, oh, saya masih ingat juga blog Chika Nadya. Masih aktif sampai sekarang. Dan hebat banget, di tengah arus dotcomisasi begini, dia teteup ya, bertahan di wordpress. Saya dulu sempat sering saling tandang sama Chika, tapi ya gitu deh. Saya terbawa arus. Hahahaha.

Meski beberapa dari mereka sudah nge-vlog, tapi kekuatan mereka tetap pada tulisan.
So, mau ada perubahan trending apa pun, kalau kita sudah punya suara dan ciri khas, we would never need to go anywhere.

So, let's start to define your personality, now!


2. Konten yang lebih baik

Image via Buffer Blog

Konten macam mana sih yang lebih baik?
Apakah konten kita kurang bagus selama ini?

Nah, itu yang bisa menilai adalah bloggernya sendiri.

Yang pasti, yang bisa kamu jadikan pedoman dan bantuan untuk menilai, adalah dari pageview, komentar, dan juga jumlah share yang mungkin ada.

Saat orang-orang berkomentar baik, apalagi kalau they ask for more, atau ada kata-kata "Saya tunggu update berikutnya.", that means they enjoy your posts.

Saat mereka menge-share tulisan kamu, tanpa kamu minta, itu juga bisa menjadi indikasi, bahwa kontenmu sudah pas dengan apa yang mereka butuhkan, dan mereka suka.

Saat mereka datang ke artikel kamu, meski nggak ngomen dan nggak ngeshare, tapi kamu bisa melihat jumlah pageview yang menonjol dibandingkan artikel lain. Apalagi kalau dilihat dari Google Analytics tuh bagian organic search-nya leading, nah, itu berarti ada banyak orang yang mencari informasi yang kamu berikan melalui search engine.

Selanjutnya apa?
Bikin yang serupa.

Mungkin melanjutkan topik yang diminta oleh pembaca blogmu, atau membahas topik yang serupa namun lebih in-depth. Kembangkan pula topik tersebut ke beberapa topik lain yang lebih berkaitan. Jangan pula berhenti di satu jenis konten. Top articles dalam blog kamu itu bisa kamu ubah menjadi slide, yang kemudian kamu upload di Slideshare. Atau kamu bikin gambar berseri yang menarik, untuk diposting di Instagram.

Banyak cara untuk memoles konten supaya lebih menarik, lebih bagus, lebih readable, likable and sharable.

Yuk, eksplor lebih lagi.


3. Mempelajari hal baru

Image via Leslie Konrad

Namun, meski sudah punya ciri khas, kalau mau main ke ranah out of your comfort zone, itu pastinya akan lebih baik kan?

Nambah ilmu itu nggak pernah ada ruginya.
Somehow, pasti akan kepakai di suatu waktu nanti.

Banyak "hal baru" yang bisa dipelajari oleh para bloggers. Hal baru seperti apa? Apakah yang harus kekinian? Nggak juga.

Yang bisa memutuskan mana hal baru yang harus dipelajari adalah si blogger sendiri. Please noted, bahwa yang dijadikan tolok ukur janganlah asal ikut trend ya. Tetapkan tujuan dulu, baru kenali kebutuhanmu. Nah, dengan mengenali kebutuhan, kamu baru bisa deh mencari apa yang bisa kamu gunakan.

Misalnya nih, buat kamu yang merasa gaya tulisan belum terlalu oke, lalu mengambil kursus menulis online tahun ini.

Atau kalau saya sih, pengin punya beberapa vlog pribadi untuk mendukung blog ini. Juga pengin menambah jenis konten buat portal yang saya asuh. So, saya pikir, saya akan mulai dari belajar bikin video yang bener. Lebih spesifik lagi, bikin video yang tanpa ngeliatin muka :)))) Maka saya menargetkan diri, tahun ini harus sudah bisa menghasilkan beberapa screen captured video ataupun stop motion.

Ya kayaknya dua itu lebih cocok aja sih, buat blog menulis saya dan juga hobi nggambar saya.
Kalau yang hobinya make up, kali nggak cocok itu jenis videonya :D

Itulah maksudnya, yang bisa memutuskan "hal baru"-nya adalah si blogger sendiri. Kan tiap orang beda-beda ya, kebutuhannya pun.

Jadi, kamu mau mempelajari apa nih tahun ini?


4. Membuat produk sendiri


Monetizing blog itu nggak melulu berarti job review, content placement, reportase event, affiliates dan lain-lain di mana kita, istilahnya, memasarkan produk orang lain.

Menjadi blogger itu bisa mendapatkan pemasukan dari banyak hal!
Termasuk membuat produk sendiri.

Pasti sudah tahu blog dzofar.com kan?
Blog tersebut merupakan salah satu blog yang berhasil membuat dan menjual produk sendiri.

Kalau yang di luar negeri ya, misal Master Neil Patel. Dia menjual produk sendiri melalui blognya. Dan, nggak usah ditanyalah, berapa penghasilannya dari jualan produk sendiri ini.
Yang pasti lebih besar berkali-kali lipat dari sebungkus gudibek. #eh

Maka, ini juga jadi niat saya banget untuk tahun ini, adalah mulai mengeluarkan produk sendiri. Nggak mesti saya jual juga sih, karena penghasilan dari blog itu, buat saya, juga nggak melulu soal duit yang langsung datang ke dompet.

Networking, kesempatan untuk diundang sebagai narasumber, kesempatan untuk berbagai proyek baru, mendapatkan trust and authority, itu juga saya hitung sebagai penghasilan blog. Karena dari berbagai kesempatan pun, saya akhirnya bisaaaa aja mendapatkan penghasilan, yang kalau dirunutkan ternyata berawal dari blog.

Saya sudah membuktikannya berulang kali.


5. Konsisten, konsisten, dan konsisten

Image via Three Card Poker

Konsistensi menjadi hal yang penting dalam blogging. Kenapa? Karena blogging is not sprint. It's marathon! Nggak bisa instan.

So, semua resolusi atau niat di atas nggak bakal bisa terealisasi tanpa konsistensi. Mau belajar video ini itu, semua akan sia-sia kalau saya nggak mulai mengalokasikan waktu sejak sekarang.
Jadi, PR saya awal tahun ini, adalah mengatur ulang waktu saya, di mana saya harus membuat waktu untuk mempelajari hal baru yang saya pengin tersebut, lalu membuat waktu juga buat nyelesaiin proyek, dan juga update blog ini.

*elap kringet*
*elap ingus*

Huhuhu. Tiba-tiba saja saya sudah mewek. Bisa nggak yaaa? T___T
Tapi harus bisa!!! *mengepalkan tangan ke udara*

Konsisten ngeblog juga nggak berarti harus one day one post. BAGUS banget kalau kamu bisa. Tapi kalau enggak, ya yang penting update terus ya. Tentukan saja, berapa kali dalam seminggu.

Saya sendiri tahun ini, kayaknya bakalan agak mengurangi update artikel di blog ini, karena saya sedang ada "niat" di portal sebelah. Tapi, janji deh, saya tetep akan nulis di sini minimal seminggu sekali, di hari Sabtu atau Minggu. Ya, mungkin bakalan ada update pada tengah minggu sih. Tapi yang pasti saya akan selalu menulis di weekend.

Dan, ingat, niat kamu di awal tahun ini! Ingat, dan lakukan hal-hal yang perlu untuk mewujudkannya.

Itulah yang namanya konsistensi.



Nah, itu dia beberapa resolusi atau niat yang bisa blogger (saya) lakukan demi blog dan tulisan yang lebih baik di tahun 2017 ini.

Ehtapi masih ada satu lagi ding, yang paling penting.

NGEBLOG DENGAN BAHAGIA.

Nah!
Ini yang terpenting ya, gaes!
Jangan melakukan apa pun yang nggak bikin kamu hepi. Begitu kamu melakukan satu dua hal tanpa kebahagiaan menyertaimu di dalamnya, percaya deh, nggak bakalan tahan lama deh. Apalagi soal ngeblog.

Coba ya, adakah di antara kamu yang niat awal ngeblog bukan untuk menjadi hepi?
Kayaknya sih nggak ada ya. Kasihan bener kalau ada ya :-|

Maka, tahun ini, cobalah untuk ngeblog demi kebahagiaan. Oke kalau kamu mau menuruti semua kata orang, bahwa ngeblog itu sebaiknya begini. Nulis itu sebaiknya begitu.
Tapi, porsikan artikel-artikel tertentu yang ... yah, pokoknya yang bikin kamu hepi deh. Keluar dari semua aturan. Keluar dari semua tekanan.
So, misalnya, kamu laris sebagai job reviewer, sesekali PERLU banget kalau kamu juga menulis bebas lepas tanpa dibebani iklan. Yes? Hehehehe.

Atau yang biasanya sirik dan nyinyir sama blogger lain, sesekali PERLU banget pasang kacamata kuda, dan nggak perlu liat sekitar. *dikeplak*

Yes, be happy, fellas!
Let's be a happier blogger this year!

You Might Also Like

13 comments

  1. Saya selalu menantikan postinganmu mbak. Selalu penasaran mbak carra mau bahas apa lagi. Terkadang kalau jenuh nulis artikel saya milih nulis surat cinta. Cheesy sih tapi saya suka dan beberapa pembaca juga.

    Semangat untuk tahun 2017

    ReplyDelete
  2. Setuju banget punya ciri khas, belajar terus dan konsisten, makasih sharingnya mbak 😊

    ReplyDelete
  3. Nangis bareng mbak bikin resolusi n management waktu. Hiks... Berasa banget skrg.

    Personality ini yg penting banget. Kalau Raditya Dika dah mulai fokus di youtube sptnya. Brsn ngomong ke blogger gini: kecuali dirimu sudah punya fanbased sendiri... Sulit sukses kl gak diingat orang.

    ReplyDelete
  4. Tulisan yang renyah tapi padat ilmu. Selalu syukaaaa! Siap laksanakan, mba Carra ;).

    ReplyDelete
  5. Saya sudah membuat produk sendiri mbak. Tapi masih kurang kresss.... masih perlu banyak belajar lagi.

    ReplyDelete
  6. Yeah.. Bener banget apalagi tau mempertahankan konsistensi berlabel unik. Itulah salah satu cara yang buat blog melejit.

    ReplyDelete
  7. Banyak masukan dari tulisan diatas. Masih perlu belajar banyak. Baru tahu tentang Chika Nadya. Thanks for sharing mba Carra

    ReplyDelete
  8. Mencari ciri khas itu butuh waktu banget. Dan sampe sekarang saya belum tau ciri khas saya. Jalan keluarnya adalah tetap menulis sampai akhirnya menemukan gaya sendiri.

    Thanks for remindernya, Mbak. Selamat tahun baru :)

    ReplyDelete
  9. Sekali lagi dapat pompaan semangat darimu mba

    ReplyDelete
  10. Konsisten ngeblog itu susah bgt ya. Ada kalanya males, gak ada wkt, dll. Tau2 udah beberapa bln berlalu sama sekali gak ngeblog. Ini emang kuncinya. Tanpa konsistensi, ilmu vlog, ilmu nulis, dll gak ada artinya. Makasih atas pencerahannya ��

    ReplyDelete
  11. Branding diri, itu kayaknya yang paling susah ya Mba. Tapi sekali dapet, orang gak akan pernah lupa. Makasih postingannya yang renyak Mba Carra. Aku belajar banyak dari blog ini. :)

    ReplyDelete
  12. Pengin sih belajar bikin Vlog biar tambah semangat ngeblognya :)

    ReplyDelete
  13. time for branding, huhu PR bgttt

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog