Smart Blogging Indonesia - Konsep dan Apa yang Membedakannya dengan Workshop Blogging yang Lain



Hae!
Sudah kenal dengan Smart Blogging Indonesia? Belum? Kenalan dulu gih. Hahaha.

Berawal dari akhir tahun 2016 yang lalu, saat aku, Mbak Indah Juli dan Atanasia Rian bertemu di satu event. Dodolnya kita, seperti biasa, duduk di belakang dan malah ngerumpi. Sebenarnya sih Mbak Indah sudah sejak lama sih mengutarakan kalau pengin bikin kelas belajar bersama. Ya, tadinya saya, Mbak Indah sama Mbak Lusi sih biasanya yang suka belajar kelompok :))) Tapi akhirnya Mbak Indah kepengin juga ngajakin yang lain.

Tapi, ya biasalah ya. Sibuk sama sibuk, akhirnya ya cuma sekadar wacana.

Tapi di akhir 2016 kemarin, kok ya kita jadi serius. Rian yang secara kebetulan ada di TKP pas saya sama Mbak Indah ngerumpi, akhirnya jadi "korban" juga diajakin. Karena kondisi waktu itu nggak memungkinkan untuk diskusi lebih lanjut, maka kita pun janjian lagi untuk ketemuan.

Singkat cerita, saya, Mbak Indah dan Rian akhirnya ketemuan lagi untuk membahas rencana kami secara lebih serius. Mbak Lusi juga diajakin sih, tapi waktu itu blio nggak bisa. Jadi ya sudah, bertiga aja. Dari hasil ketemuan itu, kita sudah ada timeline, sudah ada target pelaksanaan, target cari tempat, dan semua target sudah ada. Karena terpenggal libur Natal dan Tahun Baru, plus ada kegiatan KEB, kemudian rencana ini pun harus kami undur sampai Februari.

Puji Tuhan, akhirnya, kemarin kita launch juga Smart Blogging Indonesia ini.


Apa sih Smart Blogging Indonesia?



Smart Blogging Indonesia adalah penyelenggara kelas blogging offline. Yes, offline. Kami memang belum merencanakan untuk mengadakan kelas online.

Kenapa?

Karena metode belajar kami yang berbeda, sehingga kalau di-online-kan rasanya akan agak lebih susah. Metode belajar kami membutuhkan tatap muka, dan interaksi langsung. Memang terdengar tradisional banget sih ya, cara belajarnya.

(((tradisional)))

Hari gini gitu? Masa' masih offline? Teknologinya dong dipakai!

Lahiya, teknologinya dipakai memang. Insya Allah sih nanti bakalan live juga. Tapi untuk metode belajarnya, kita akan pakai cara lama, karena kita anggap itu akan lebih efektif ngaruhnya bagi si peserta (dan kita sendiri).

Jadi begini.
Metode belajar kami nanti adalah private mentoring.
Maksudnya gimana?
Misalnya nih, di pertemuan pertama ada Mbak Lusi yang akan menjadi pemateri. Untuk teori, peserta dianggap bisa membaca sendiri dari ebook yang akan dibagikan. Paling ya dibahas sedikit-sedikitlah ya, atau kalau ada pertanyaan. Selanjutnya, langsung praktik. Apa yang diberikan oleh Mbak Lusi dalam ebook modulnya, langsung dipraktikkan, dengan dimentorin Mbak Lusi langsung. Jadi yang mentok ide, bisa langsung nanya ke Mbak Lusi dan akan dibantuin. Gitu deh, istilah praktisnya.

Di pertemuan kedua sama saya nanti juga gitu.
Saya sendiri sebenarnya paling susah juga kalau disuruh ngasih tip menulis. Saya lebih suka langsung kasih lihat contoh sebelum dan sesudah saya edit, lalu silakan dibandingkan. Seperti yang biasa saya lakukan di Rocking Mama Writing Lab. Dengan adanya metode belajar langsung praktik ini, saya bisa lebih enak ngasih saran. Yang ini sebaiknya begini saja, yang bagian situ diginiin aja supaya begini begitu.
Tahu kan ya, maksudnya?

Setiap akhir sesi nanti, peserta kelas akan diberikan tugas yang harus dikerjakan, untuk kemudian digunakan pada sesi berikutnya.

So, pada akhirnya nanti konten yang dibuat oleh peserta, mulai dari ide, sampai kontennya tereksekusi itu jadi satu flow. Kami akan memastikan, apakah konten yang sudah kita bangun bersama itu bakalan jadi konten yang berkualitas, yang mana nanti akan ditutup oleh Mbak Indah Juli dengan adanya evaluasi selama belajar bareng dan ada wisuda juga.

Nah, saat nanti konten tulisan kamu sudah oke, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menambahkan beberapa konten lain yang perlu, seperti vlog, infografis, foto-foto yang bagus, bahkan sampai Facebook dan Instagram Ads.

Nah, itulah nanti materi kelas blogging advanced. Di sini sudah bukan saya, Mbak Lusi atau Mbak Indah yang akan kasih materi, karena kami pun merasa masih belum cukup ilmunya. Kita akan minta teman-teman yang lebih ahli untuk ngasih sharing langsung. Kita sudah menghubungi beberapa pihak, dan semua sudah bersedia. Tinggal tektok lagi saja nanti.

Yes, itu dia konsep utama dari Smart Blogging Indonesia.

Dengan konsep seperti ini, kita mengharapkan, since kamu sudah tahu cara memasak konten yang benar, maka kamu pun bisa menerapkannya di setiap konten yang akan kamu buat, karena kamu sudah praktik langsung. Nggak cuma menerima materi, ngopi materi, ditulis ulang di blog, lalu malah dianggurin :))
Yang kayak gitu udah banyak.
Smart Blogging Indonesia nggak mau begitu.

Kalau kamu nanti gabung di Smart Blogging Indonesia, jangan fokus ke Smart Blogging Indonesia-nya, dengan menuliskan laporan workshop atau review workshop. Yang penting, kamu bisa menghasilkan konten yang berkualitas nanti setelah selesai mengikuti kelas-kelas ini. Dengan kamu berhasil bikin konten yang bagus, Smart Blogging Indonesia sudah akan ter-endorse dengan sendirinya kok :)))

Nah, gimana?
Masih belum yakin mau gabung ke Smart Blogging Indonesia?
Boleh kok nanya-nanya lagi kalau misal masih ragu. Boleh ke akun media sosial Smart Blogging Indonesia, boleh juga ke Mbak Indah, Mbak Lusi, Rian, atau saya. Kami akan segera jawab, jika memang kami bisa menjawabnya.

Untuk detail acaranya, kamu bisa lihat di web Smart Blogging Indonesia. Atau saya kopaskan saja lagi ya di sini.

Kelas Blogging Offline Angkatan I - Level Intermediate

 

 

Pertemuan I

Waktu: 4 Maret 2017 pukul 13.00 - 15.00 WIB
Materi: Eksplorasi Ide Menulis
Sesi:
  • Idea mining: bagaimana dan di mana kita bisa mencari ide menulis
  • Pengolahan ide: ide bisa datang dalam berbagai bentuk dari berbagai macam cara. Bagaimana kita mengolahnya menjadi materi yang matang untuk kemudian ditulis.
Pemateri: Lusi Tris (www.beyourselfwoman.com)

Pertemuan II

Waktu: 11 Maret 2017 pukul 13.00 - 15.00 WIB
Materi: Mengolah Konten Kreatif
Sesi:
  • Merumuskan outline
  • Menulis dan mengembangkan konten
Pemateri: Carolina Ratri (www.carolinaratri.com)

Pertemuan III

Waktu
18 Maret 2017 pukul 13.00 - 15.00 WIB
Agenda:
  •     Forum Bebas
  •     Evaluasi
  •     Wisuda
Moderator: Indah Julianti Sibarani (www.indahjulianti.com)

Peserta

  • Terbatas untuk 15 orang
  • Peserta wajib sudah punya blog minimal berumur 1 bulan.

Tempat

Melting Pot Yogyakarta
N-Design
Jl. Suryodiningratan 37B Mantrijeron Yogyakarta




 Rundown acara

12.00 Registrasi
12.30 Pembukaan
13.00 Sesi I
13.45 Istrahat
14.00 Sesi II
14.45 Pemberian Tugas
15.00 Penutup

Investasi (untuk 3 kali pertemuan)


  • Early bird (13 - 27 Feb 2017): Rp 200.000
  • Reguler (28 Feb - 3 Mar 2017): Rp 250.000

Fasilitas


  •  Ruang belajar nyaman dan asyik dengan Wifi cepat
  •  Modul materi dalam bentuk ebook
  •  Private mentoring
  •  Free minum dan snack
  •  Mendapatkan prioritas untuk melanjutkan ke kelas advanced

Pendaftaran


  •  WA 081510021195
  •  Email smartbloggingid@gmail.com


Untuk informasi lebih lanjut dan detail, kamu bisa menghubungi Smart Blogging Indonesia di:

  • Facebook Fanpage: Smart Blogging Indonesia
  • Twitter @SmartBloggingId
  • Instagram@SmartBloggingId
Nah, jadi semoga lebih jelas ya, mengenai kelas blogging Smart Blogging Indonesia ini, dan apa bedanya kelas Smart Blogging Indonesia dengan workshop blogging lainnya. Ya, karena ini bukan workshop, tapi lebih merupakan blogging academy.

So, kapan kamu mau registrasinya? Masih ditunggu sampai tanggal 27 Februari kok, untuk early bird-nya :D

8 comments:

Rotun DF said...

Ini aku mupeng amaaaat. Nanti akan ada pendaftaran2 selanjutnya kan, Mba? Maksudnya angkatan 1, 2, 3 dst?
Doakan aku jadi pindah ke Jogja ya, udah ada bau2nya sih ini, cuma fixnya teteup nunggu SK turun :p. Sukses untuk Smart Blogging Indonesia \m/

Ucig said...

Aku juga sama kayak nyak Rotun hehe...mau ikutan
Aku harus gimana.. Juga penasaran wisudanya mbaa hihi
Sukses ya.. Klo di Jakarta, senggol ya mba...

Sary Melati said...

(((belajar kelompok))) :v :v :v
Sukses ya mamak2, semoga melahirkan blogger2 berkualitas ^^

Timo said...

Wah ditunggu di kota2 lain nih :)

innnayah said...

super keren. dan ini sebenernya bisa jadi alasan buat main ke JOgja juga,,,tapi sayang jaraknya kedeketan antara pertama ama kedua...hiks.

Heni Prasetyorini said...

kelas tatap muka, didahului dengan pemberian ebook (jika via online), maka istilahnya adalah metode belajar Blended Learning, yaitu pperpaduan kelas tatap muka dan cara online. Taktik ini bagus dengan kebutuhan calon peserta dari negeri tercinta ini. Menurut pengalamanku, memang cara belajar online itu ada susahnya. Biasanya pelajar belum punya greget banyak untuk buka pelajarannya lagi via online.

menarik juga dengan target output workshop, bukan sekedar review acara lalu dijadikan lomba.
menurut pengalaman juga, untuk kelas dgn detil materi diatas, sepertinya diperlukan basic kompetisi peserta yg udah ngeh komputer dan internet ya mbak, mungkin itu perlu dijelaskan di awal.

jika tidak, mungkin sih, bisa menghambat kelas belajar bersama karena ada yang masih gaptek banget.
atau memang dirancang juga untuk yang benar2 pemula dan benar2 belum terbiasa dgn browser, bisa dijelaskan juga di awal dan dirancang pembelajaran sehingga kelasnya bisa smooth.

sukses buat Smart Blogging Indonesia.
Saya aja kadang sampai memimpikan ada jurusan blogging di SMK di negeri ini :)
maybe someday ya...

maaf jika ada kata yang kurang berkenan, saya sekedar share dari pengalaman utak atik beberapa tahun di bidang Teknologi Pendidikan. sekali lagi, sukseeesss barokah mulia sehat sejahtera membahana sejagad raya sentausa. ganbatte!

Carolina Ratri said...

Iya, sepertinya dari syarat yang peserta harus sudah punya blog berumur minimal 1 bulan, itu sudah jelas sih, Mbak Heni. Level juga sudah dijelaskan kalau kita intermediate. Jadi diharapkan peserta memang sudah nggak ada yang gaptek dan sudah bisa mengoperasikan blog.
Lebih lanjut soal intermediate ini, sudah dijelaskan pula oleh Mbak Lusi di blogpostnya yang juga menjelaskan tentang Smart Blogging Indonesia.

Terima kasih komennya ya :)

Carolina Ratri said...

Oh iya. Dan juga sudah dijelaskan di laman FAQ di web Smart Blogging Indonesia ;)

Instagram