Punya Cerita Kisah Hidup yang Inspiratif? Tulis untuk #KisahSaya Rocking Mama Yuk!

Kemarin adalah International Women's Day. Entah kenapa, akhirnya membuat saya kepikiran soal pelecehan seksual yang sering diterima ...



Kemarin adalah International Women's Day. Entah kenapa, akhirnya membuat saya kepikiran soal pelecehan seksual yang sering diterima oleh kaum perempuan.

Tapi nggak kebetulan sih, bahwa saya pernah mengalaminya sendiri. Dulu, saya pernah menuliskannya di blog lama yang matik itu. Komennya buanyaaaaaaaakkkkk buanget! Sampe ratusan, dan semuanya cerita mengenai pelecehan seksual yang pernah dialami masing-masing. NGERI, gan! Ada yang benar-benar mengerikan, sampai saya sendiri speechless terus baper lagi.

Saya sebenarnya masih dalam usaha untuk melupakan peristiwa itu. Nggak mau ngomongin lagi. Meskipun saya nggak akan melupakannya, tapi dengan nggak ngomongin lagi sedikit banyak saya bisa get over it.

Tapi setelah dipikir-pikir, kok ya peristiwa seperti ini juga makin sering saja saya dengar sehari-hari? Is there nothing we can do? Bahkan untuk sesama perempuan, yang kita lihat di jalan dan mengalami pelecehan seksual? Bahkan kita sendiri mentolerir tindakan pelecehan seksual karena saking biasanya terjadi.

Sedih nggak sih?
Ya gitu deh, akhirnya saya tulis.

Dari artikel saya di Rocking Mama itu, akhirnya saya kepikiran untuk membuat artikel seri #KisahSaya.

Sebenarnya sebelumnya ada beberapa kisah nyata yang ditulis juga oleh para penulis Rocking Mama. Ada Mbak Dessy Natalia cerita soal KDRT yang dialaminya, Yashinta yang cerita soal anaknya yang indigo, dan ternyata semuanya tuh bisa menjadi inspirasi pembaca Rocking Mama lho.

Makanya, saya mengajak teman-teman, baik yang sudah lama menulis atau yang belum, untuk ikut bercerita di Rocking Mama.



Berikut saya kopasin ketentuannya ya dari web Rocking Mama.

  1. Tuliskan cerita dalam format .doc atau .docx, sepanjang minimal 700 kata.
  2. Cerita boleh merupakan pengalaman nyata pribadi ataupun orang lain. Namun, untuk pengalaman orang lain, harus menyertakan izin tertulis bahwa cerita tersebut boleh ditayangkan di Rocking Mama. Silakan cantumkan keterangan jika nama ingin disamarkan.
  3. Cerita tersebut belum pernah dipublikasikan di media lain.
  4. Kirimkan cerita sebagai lampiran dan email ke hello@rockingmama.id. Lengkapi dengan data diri (yang tidak akan kami sebarkan) meliputi nama pena (jika ada), nama lengkap, alamat + kodepos, no HP yang bisa dihubungi serta nomor rekening yang masih berlaku.
  5. Cerita dipublish atas nama Rocking Mama, namun akan menyantumkan nama Mama sebagai penulis di akhir cerita (jika Mama menginginkan)
  6. Setiap cerita yang masuk akan diseleksi oleh editor, sehingga memang tidak semua cerita bisa ditayangkan.
  7. Rocking Mama akan menayangkan #KisahSaya maksimal 2x sebulan. Sehingga jika dalam sebulan sudah ada 2 cerita yang ditayangkan, maka penayangan cerita berikut yang lolos seleksi akan dijadwalkan pada bulan berikutnya.
  8. Setiap cerita yang ditayangkan akan mendapatkan kompensasi sebesar Rp 100.000.
  9. Keputusan editor adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Mengapa tulisannya harus dikirimkan, dan bukan dipost sendiri seperti biasanya? Ya, siapa tahu, si penulis ingin dirahasiakan identitasnya. Pastinya kalau ditulis atas nama Rocking Mama akan lebih terlindungi hak privasinya ya.

Tapi, sebenarnya sih, kalau mau menulis sendiri juga boleh kok. Jangan lupa sertakan hashtag #KisahSaya di judul ya. Supaya saya tahu bahwa tulisannya ditujukan untuk rubrik #KisahSaya.

Ah, semoga banyak yang kirim ya. Kalau banyak tulisan bagus dari #KisahSaya ini, kayaknya mau saya bukuin ah, nanti :D

Nah, gimana? Tertarik untuk ikutan nulis?
Ayo, saya dan Ranny siap menunggu kiriman tulisan kamu :)

You Might Also Like

6 comments

  1. Temen aku ada yang pengen ceritanya ditulis. Semoga ada waktu untuk ketemu dan mendengarkan ceritanya.

    ReplyDelete
  2. Mudah2an saya bisa kuatin hati utk ikutan mbak :)

    ReplyDelete
  3. Mau cerita ttg vbac di RM. Belum kesampean. Ah to do list....
    Lagi ngubek2 ke blog mu mbaa.. makasih yaa

    ReplyDelete
  4. pengen ikut. nggak ada deadlinenya kan mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada. Kalau ada, langsung tayang :)

      Delete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog