Selamat Hari Blogger Nasional! - Sebuah Catatan Perjalanan Blogger 2006 - 2016

Selamat Hari Blogger Nasional! Padahal saya tadi baru saja ngaku kalau lagi males nulis dan update blog sejak ... Senin minggu yang la...



Selamat Hari Blogger Nasional!

Padahal saya tadi baru saja ngaku kalau lagi males nulis dan update blog sejak ... Senin minggu yang lalu. Iya, sudah 2 mingguan saya kumat.
Juga bukan kebiasaan saya ikutan latah nulis begini. Biasanya sih kalau sudah banyak yang bahas dan nulis, ya saya mah males bahas lagi. Hahaha. Iya, saya mah gitu anaknya. Malas ikut-ikutan. :)))

Tapi, merenungi Hari Blogger Nasional hari ini, tiba-tiba saja saya kangen dengan blogging gaya lama. Yang asal mbacot, nggak pernah butuh outline atau research.
So, saya memutuskan hari ini saya mau mbacot bebas di sini. Mau dibaca atau enggak terserah.
Dan, karena udah lama nggak mbacot bebas, saya juga bingung mau nulis apa. Jadi, saya mau cerita aja perjalanan ngeblog saya dari awal. Sampai sekarang.

Mind you, ini nggak tahu nanti bakalan panjang apa pendek, penuh dengan typo apa enggak. Saya memutuskan akan menulis saja, dan nanti nggak akan ada self editing. So, enjoy spontanitas ini saja ya.

Saya mulai punya blog beneran pertama di tahun 2008 awal. Saya pertama ngeblog nggak jelas di carratri.wordpress.com. Silakan kalau mau berkunjung, karena masih ada sampe sekarang. Meski nggak pernah saya update lagi. Saya biarkan ada, nggak saya delete buat kenang-kenangan bahwa saya dulu pernah juga menjadi blogger alay. Tahun 2006 saya pernah di multiply sih. Tapi ya gitu deh, hilang ketiup angin. Dan nggak kayak teman lain yang berusaha menyelamatkan postingannya saat multiply matik, saya mah cuek aja. Soalnya ya, tulisan saya nggak mutu sih. Hahaha. Tapi yang di wordpress masih ada.

Isinya? Segala macam. Kebetulan juga punya blog di wordpress itu, saya kondisinya baru aja nikah. Jadi isinya ya cerita pribadi sama si solmet. Haha.

Tahun 2008, pas setelah anak saya yang pertama lahir, saya menarik diri dari dunia blog, karena banyak sekali masalah pribadi. I was at the lowest point of my life. Dan itu terjadi sampai tahun 2010, setelah anak kedua lahir.
Puji Tuhan, semua terlalui dengan baik. Meski sekarang kalau ingat ya, ngeri-ngeri sedap. Ada penyesalan terbesar yang nggak bisa saya tukar dengan apa pun yang sudah saya raih sekarang.

Tapi ya sudahlah ya. Everyone has their own battle kan ya?
Singkat cerita, saya pun mulai balik ke blog di akhir 2010, saat hidup saya sudah tertata dengan baik.

Tahun 2010, saya pindah ke blog dengan domain sendiri www. redcarra.com. Self hosted wordpress. Saat itu lagi semangat-semangatnya saya nguprek blog. Gayanya, saya pengin mempelajari wordpress lebih jauh. Pengin bikin template sendiri, pengin ngulik bagian dalemnya sendiri. Pokoknya, saya sok jagoan!

Selama 6 tahun saya ngeblog di self hosted wordpress, banyak sudah yang saya dapatkan. Tahun 2013, bahkan sesaat setelah saya bergabung, saya sudah langsung diajak untuk menjadi salah satu makmin di Kumpulan Emak Blogger oleh Mira Sahid. Ya, pastinya saya maulah ya. Orang saya waktu itu kan masih sok jagoan. Masih suka utak atik ina inu.

Pengalaman menjadi makmin itu luar biasa. Mulai dari ngurusin member (meski yang bertugas langsung ke member adalah MakTe Sary Melati), tapi dulu makminnya diwajibkan untuk berinteraksi secara intens dengan emak-emak member lho. Setiap share di grup, harus dijempolin. Kalau ada yang nanya, harus dijawabin. Ya, sebenarnya sih nggak disuruh atau diwajibkan juga sih, tapi serasa bertanggung jawab aja gitu. Kan admin, masa nggak bantuin member. Iya nggak sih?

Di KEB juga akhirnya saya kenalan sama yang namanya job review. Meski job review pertama saya bukan dari KEB sih, tapi dari klien langsung. Tapi saya tahu, kalau orang yang menghubungi saya adalah member KEB juga. Job review pertama saya adalah sabun Dove. Bayarannya? LUMAYAN. Kalau sekarang ya bisa dapet Acer Liquid lah ya. Itu kan mayan banget buat pemula. Hahaha.

Selama ngeblog di redcarra.com itu ada banyak tawaran content writing juga yang mampir. Mulai dari ngisi webnya satu produk susu secara teratur. Saya sempat jadi content writer dan buzzernya selama 1 tahun. Terus, ada tawaran lagi ngisi webnya satu merek sabun cuci pakaian. Sempat ngisi 3 artikel, dan bayaran per artikelnya juga lumayan banget.

Selain tawaran menulis, saya juga sempat diajak seseorang untuk ngadmin akun publik yang punya follower 25ribuan. Hahaha. Waktu itu angka segitu angka yang nggilani bukan? Followernya anak-anak abg yang kalau nulis kadang pakai bahasa planet. Hadeh. Udahlah, yang namanya salah akun, salah jadwal itu mah sering! Saya cuma bertahan berapa lama ya, 1 bulan apa ya? Lupa. Tapi itu pengalaman berharga banget dah!

Di tahun 2013 itu, saya juga sempat ditarik menjadi admin Warung Blogger, bareng Bli Ari Tunsa, Kang Lozz, Kang Baha, dan Teh Epi Sri Rezeki. Tapi lagi-lagi saya nggak tahan lama. WB waktu itu udah rame banget. Saya nggak kuat :)) Apalagi saya juga masih makmin KEB. Kesannya maruk banget, jadi admin di banyak grup yah. Hadeh. Kayak nggak ada orang lain. Maka genap beberapa bulan, saya pun mengundurkan diri.

Tahun 2014, saya mengatakan nggak kuat lagi untuk menjadi makmin KEB. KEB yang semakin besar menuntut para admin untuk lebih fokus dan perhatian. Saya merasa nggak sanggup. Apalagi saya juga baru saja menerima pekerjaan baru sebagai staf promosi di sebuah penerbit buku di Yogyakarta. Saya takut, fokus saya bercabang yang berakibat nggak bagus buat semuanya. Akhirnya dengan berat hati, saya pun mengembalikan mandat sebagai Makmin Gambar pada Founder KEB kesayangan saya, Mira Sahid. Pas banget waktu itu KEB baru saja selesai mengadakan perhelatan Srikandi Blogger 2014. Dan saya dengan menguatkan diri mengatakan nggak sanggup lagi menjadi makmin.

Ahhh, saya memang gampang menyerah kalau sudah terlalu riweuh mah. Hahahaha. Siapa yang bilang jadi makmin itu enak heh? :)))

Maka kemudian saya memulai "perjalanan" saya sendiri.
Bisa dibilang tahun 2016 merupakan titik balik "hidup" saya di dunia maya.

Dimulai dengan redcarra.com yang kemudian terserang virus malware yang mematikan. Hasil tulisan saya selama 6 tahun hilang lenyap tak berbekas! Nggak ada yang bisa saya selamatkan sama sekali! Bahkan untuk masuk ke cpanel saja, ada peringatan bahwa alamat web tersebut penuh dengan malware. Nangis? Jelas. Saya pernah cerita di sini.

Maka kemudian, saya membangun kembali "dunia" saya di CarolinaRatri.com. Mulai lagi dari nol. Tapi justru itu membuat saya punya kesempatan untuk rebranding diri saya sebagai blogger. Saya ingin menjadikan blog ini sebagai reference blog bagi blogger lain. Bukan karena saya lebih pintar, tapi karena saya akan menuliskan catatan-catatan pembelajaran saya mengenai dunia content writing, content marketing, dan freelancing di sini. Kalau ada yang mau ikut belajar ya, ayo. Kalau mau menambahi, saya juga akan seneng banget.

Tahun 2015 akhir itu juga menjadi momen penting.
Saya yang tadinya ngeblog pokoknya menulis saja apa yang saya mau, lalu konsisten share di media sosial, tiba-tiba dicolek oleh seseorang yang saya tahu banget dia adalah seorang entrepreneur muda Indonesia yang cukup sukses. Mas Brilliant Yotenega, founder nulisbuku.com.
Nggak disangka, beliau mengajak saya bergabung ke Zetta Media, startup besutannya. Saya diminta untuk membangun satu portal khusus bagi mama-mama muda.

Saya langsung setuju? Jujur, pas ditawarin saya ngeblank. Saya nggak bilang setuju dan mau atau enggak. Saya cuma nanya, "Terus, apa yang harus saya lakukan sekarang?"

Hahahaha. Dan beliau pun membimbing saya selangkah demi selangkah.

Yes. Semua hanya karena Mas Ega melihat share blogpost saya di Facebook, lalu datang ke blog dan membacanya. Padahal beliau juga nggak pernah ngomen dan nge-like. :)))) Jaranglah.
Tapi malah langsung datang menawarkan sesuatu!

Sumber: Quotefancy


Moral of the story is ... just write! Just blog! Nggak usah baper kalau nggak ada yang ngomen, nggak ada yang ngelike, nggak ada yang visit. Saya dulu nggak peduli juga. Pokoknya saya mau menulis. Saya hanya percaya, bahwa kalau saya konsisten dan persisten, maka saya pasti akan mendapatkan sesuatu, apa pun itu.

Sekarang, saya hanya menikmati saja apa yang saya lakukan. Saya punya "jalan" saya sendiri dan saya akan konsisten menjalaninya. Karena ya gitu, saya anaknya paling males ikut-ikutan :))

Saya jarang ikutan event. Saya jarang ikut lomba. Saya sekarang juga jarang dapat job review. Tapi saya terus menulis. Saya masih percaya, bahwa persistence always pays off. Meski kalau lagi dijalani tuh, antara kebodohan sama persisten itu bedanya cuma tipiiiis banget. Hahaha.
Bukan saya sombong kalau nggak ikutan event atau lomba.
Yang saya cintai adalah kegiatan "menulis"nya. Maka itulah yang saya lakukan.
Sampai kapan pun.
Sampai saya nggak diizinkan menulis lagi oleh Tuhan.

Tapi meski saya jarang ngevent atau ngelomba, kamu tetap mau kan jadi temen saya?

So, akhir kata.
Selamat Hari Blogger Nasional, Bloggers!
Nikmati prosesmu, apa pun itu. Yakin saja, suatu hari nanti akan ada hasil dan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Salam dari Jogja.

You Might Also Like

45 comments

  1. Yang saya cintai adalah kegiatan "menulis"nya. Maka itulah yang saya lakukan.
    Sampai kapan pun.
    Sampai saya nggak diizinkan menulis lagi oleh Tuhan.

    Like this. Tetaplah menulis. Menulis a la Mba Carra. Dan saya akan selalu mjd pembaca setia tulisan-tulisan Mba Carra :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awwww, Mbak Dini. What can I do without you, my fav writer :-*
      Tetep nulis bareng aku ya, Mbak. *peluk*

      Delete
  2. asik baca cerita pengalamannya mba Ratri selama berkecimpung di blogsphere :))
    ikut-ikutan bikin tulisan hari blogger nasional aahh...

    ReplyDelete
  3. Seru banget pengalaman Mbak Carra, banyak pelajaran untuk ngeblog yang bisa dipetik. :)
    Selamat hari blogger nasional! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat hari Blogger Nasional, Agung!
      Tetap semangat ngeblog ya, dan makasih sudah mau baca :)

      Delete
  4. Mbaaaaa...aku pengen banget ketemu dirimu ki piye caranee?? T____T
    Aku hanyut banget baca ini. Maklumlah aku emak labil yang kalau dapet info atau dapet ilmu langsung pengennya dipraktekkin. Mirip mamah muda yang kebingungan ngambil aliran parenting mana yang akan diikuti, terus labil ikut sana sini, hiks.

    Moral of the story is ... just write! Just blog! Nggak usah baper kalau nggak ada yang ngomen, nggak ada yang ngelike, nggak ada yang visit. Saya dulu nggak peduli juga. Pokoknya saya mau menulis. Saya hanya percaya, bahwa kalau saya konsisten dan persisten, maka saya pasti akan mendapatkan sesuatu, apa pun itu <<<< NOTED.

    Konsisten dan persisten itu yang sulit puol.
    Pas abis baca ginian semangat, yes aku mau konsisten.
    Pas balik badan liat krucils dua lalu bilang, tapi aku sibuk jeh. Bisa nggak ya?
    *dilempar bakiak sama Mba Carra* >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dapat ilmu dan langsung dipraktikkan, itu kan bagus, Nyak. Tapi seiring waktu, pilahlah mana yang akan dilakukan, mana yang kurang memberikan manfaat. Ambil positif, yang negatif tinggalin. Kalau semua-muanya dilakukan, kadang malah nggak efisien :)
      Buat waktu untuk menulis, Nyak. Misal di sela-sela kerepotan ngurus bocah, apakah ada waktu 10 - 15 menit saja? Kalau ada, coba itu dikonsistenkan menulis. Nggak harus langsung selesai kan? Separagraf, dua paragraf cukup. Besok ada waktu lagi (kalau bisa sih waktunya sama), nulis lagi. Waktu yang sama akan membuat ritme dalam kegiatan, sehingga ketika nggak dilakukan serasa nagih.

      Semoga ada rezeki untuk kopdar ya, Nyakkkk :-* peluk dari Jogja.

      Delete
  5. Aku baca sampe habis mbak Ratri...salut dengan perjalananmu di dunia blogging :) aku baru aja mau, tadinya udah diajak teman buat mulai,tapi alasan sibuk di RS .. :D sekarang rada sedikit menyesal .but better late than never ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Mbak Dewi :)
      Nggak ada kata telat buat mulai nulis.

      Delete
  6. Mba Carra...selamat hari blogger jugaak...
    I will mba...
    Aku sedang menikmati saja proses ngeblog sbg me time ku.
    Btw dirimu salah satu blogger favorit versi saya lho hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun, favorit mba carra entah kenapa... Kadang ngga perlu alasan utk sesuatu yg kita suka :)) apaan iniii cigggg..
      Perjalanannya panjang ya mba.. Meski aku juga ngga selalu komen, aku favoritin embaaa hihiii

      Delete
    2. Mbak Ophi, aku sudah mampir tadi pagi. Terima kasih banyak ya.
      It's been an honour for me! *menjura*

      Mbak Ucigg, nggak apa-apa nggak dikomen mah. Saya sudah ikhlas sejak dulu kala, Mbak. Hahahaha. Asal Mbak Ucig tetep mau nulis bareng aku. Makasih yaaaah.

      Delete
  7. Mba Carra, mba Carra....
    Tulisannya selalu bikin baper.

    Haaha...jadi susah banget buat gak baper.

    Semoga saya bisa lebih baik lagi.

    Selamat Hari Blogger Nasional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa? Bikin baper??? Oh tidaaaak. Hahahaha. Ga maksud. Yah, biar semangat aja yahhh hehehehe.
      Selamat hari blogger nasional, Mbak Lendy.

      Delete
  8. Gak salah memang saya angkat guru seorang Manth.. eh Mbak Carra. Semoga saya juga bisa konsisten sama komitmen baru yang menggelora setelah baca beberapa tulisan hari ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manth ... apaan?
      Manthuk-manthuk?
      Bahahahahaha.

      Semangat, Mas Dan. Yes, you can do it. Kembali ke fitrah. Halah. Hahahaha.

      Delete
  9. Hah >.<
    Saya nggak bisa ngebayangin hasil tulisan selama 6 th hilang tak berbekas itu. Sakitnya dimana-mana tuh rasanya.
    Saya mengawali ngeblog, karena nulisnya adalah kenikmatan. Saya takut kalau kehilangan kenikmatan itu, karena mau nulis terlalu banyak mikirnya, menulis tapi ngerasa bukan diri saya lagi, waduh jangan sampai deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menulis adalah kenikmatan.
      Setuju bangeeeeetttt.
      Apalagi kalau tulisannya makin bagus seiring kita nambah skill nulis. Betul nggak sih? :)

      Delete
  10. Suhu beneran ini mah kalau lihat perjalanannya. Angkat topi deh Rat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Shanty ah hahahaha. Malu aku.

      Delete
  11. Mbak Carra memang oyeee..
    Aku akui Mbak, sejak kenal dirimu di Monday Flash Fiction, benar2 membiusku buat terus nulis. Sekarang, malah nulis khusus tentang blog. Sukaaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, kapan kita ngefiksi lagi, Ri? :)))
      Blog fiksiku udah bau kuburan. :))))

      Delete
  12. Tetap menulis walo apapun yg terjadi

    ReplyDelete
  13. hallo mbak carra
    mbak keren ^_^ perjalanannya inspiratif banget
    gx kebanyak tulisan seabrek hilang tanpa bekas >.<
    duh bacanya bikin semangat mbak,
    konsisten itu yang sulit, tapi bukan berarti gx bisa ya
    makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsisten itu sulit. Banget.
      Tapi, betul, bukan berarti nggak bisa :D
      Semangat yaaa...

      Delete
  14. Junior mohon bimbingan kaka, keren banget pengalamannya, pemula aja bisa dapet senilai acer liquid :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((junior)))
      Kan sekarang lebih banyak tuh pada dapetnya. Bisa pada senilai Ipad kan? Hihihihi.

      Delete
  15. Mbak carra selamat hari blogger.

    Jujur rujukan saya untuk menulis konten blog yang baik itu ya dari blog


    Saya jadi belajar banyak bagaimana membuat konten bergizi dan diajak nyemplung bareng dirockingmama

    Semoga selalu semangat dalam menularkan ilmu-ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Tikha, makasih yaaaa sudah mau nulis bareng aku di Rocking Mama.
      Moga-moga terus semangat nulis yaaaa.

      Delete
  16. mbk raaa, duuhh pengalamanmu luar biasak mbk,
    tengkiu bgd sharingnya loh, dikau mmg oye pakek bangt nget nget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awwww. Sama-sama, Mbak Inda.
      You're awesome too! :-*

      Delete
  17. Replies
    1. Makasih ya, Mbak Kania, sudah baca :)

      Delete
  18. Selamat hari Blogger Nasional juga mbak Carra, duuh ternyata buat sampai ke titik ini mbaknya harus banyak melalui perjuangan dulu, ya. Salut banget mbak! (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada yang instan. Beneran.
      Hehehe.

      Delete
  19. tulisan spontan aja menarik, seru aja nyimaknya...
    aku blogging jaman pitas geocities setelah itu males, baru sekarang mulai2 lagi..tapi ya cuma nyobain2 aja, pengen ketawa nginget jaman dulu itu belum ada reply2an kayak gini jadi kalau mau tau jawaban temen kudu intip blog mereka satu2 itu jadi repot juga ngeblog sambil jawabin tulisan semua..nggak heran jadi males

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Udah ngeblog zaman Geocities! *sungkem pada mahaguru*

      Delete
  20. Mommy.... Hiks, aku jadi flashback mengenang masa2 saat kita bersama. Dan meski sekarang dirimu bukan pengurus lagi, terima kasih karena telah hadir dan pamit dengan penuh cinta, bahkan sampai sekarang, dirimu masih ada buat KEB. Maafkan kalau selama perjalanan menjadi Makmin aku suka bawel Yaa. Semoga kita terus bisa bersilaturahmi, saling mensupport, dan terus menyebarkan semangat ngeblog. Lov u mommy Carra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhuuuuu. Jadi pengin nangis.
      Pelukin Makpon kenceeeeeeng :-***

      Delete
  21. Mom Carra, emang super keren deh.
    Dirimulah yg membuatku memberanikan diri untuk belajar nulis fiksi. Thanks a lot! Meski sekarang aku sudah nggak pernah nulis fiksi lagi hiks.
    Tetaplah menulis, tetap berbagi ya. Smoga suatu saat kita bisa kopdaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnnnnn.
      Makasih ya, MakLi. Udah jadi sahabatku. Peluuuuk.

      Delete
  22. Mbak, terimakasih sharingnya. Menginspirasi sekali untuk terus menulis :)

    ReplyDelete
  23. Mba apa yang harus kita lakukan untuk melindungi blog kita dari serangan virus seperti virus malware itu ? 😃

    ReplyDelete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog