Membuat Konten Visual yang Menarik untuk Mendukung SEO

by - Mei 10, 2021

Membuat Konten Visual yang Menarik untuk Mendukung SEO

Optimasi untuk search engine, atau SEO, juga dilakukan untuk media gambar lo, bukan hanya konten artikel saja.  Hal ini bisa kamu lakukan asalkan bisa merangkai atau membuat gambar berkualitas yang menarik perhatian para user lainnya.

Namun, sebelum melakukannya, ada baiknya, kamu tahu lebih dahulu mengenai apa saja jenis gambar atau konten visual yang dapat dipakai untuk ditambahkan dalam konten tulisanmu di blog. Selain itu, pastikan untuk selalu optimalisasikan gambar atau apa saja bentuk konten visualmu tersebut agar lebih mudah ditemukan, baik di media sosial maupun di mesin pencari.

Gambar yang baik dan menarik haruslah memiliki berbagai komponen pendukung, seperti headline yang menarik, visual yang ciamik sehingga pembaca akan memperhatikan gambar tersebut, eye catching, serta penempatan gambar yang proporsional.

5 Jenis Visual Konten yang Dipakai untuk Memperkaya Konten

Sebelum menambahkan image atau gambar yang menarik, kamu harus tahu apa saja jenis-jenis visual konten tersebut. Berikut beberapa tipe konten visual menarik yang bisa kamu gunakan.

1. Infografis

Konten visual satu ini biasa digunakan di website yang dimiliki perusahaan, pribadi, pemerintah, dan lainnya. Pasalnya, infografis ini memberikan informasi yang dibutuhkan dengan cara yang ringkas dan menarik.

Namun, beberapa pihak menganggap bahwa memakai infografis sudah terlalu sering atau terlalu mainstream. Sedangkan beberapa pihak lainnya tidak menyukai konten visual tersebut.

Walaupun demikian, pemakaian infografis masih memiliki banyak efek positif. Pasalnya, saat ini masih banyak pembaca yang menyukai infografis daripada harus membaca artikel dengan teks yang panjang. Infografis biasanya memang disukai karena lebih mudah dimengerti, sehingga lebih sering dishare. Kamu akan memperoleh banyak link dari sini. 

Buatlah konten visual tersebut semenarik mungkin, memiliki informasi yang berguna, dan mudah dipahami. 

2. Foto ilustrasi

Jika blog kamu memiliki foto ilustrasi yang berkualitas tinggi, maka ini bisa jadi faktor sangat penting dalam membangun link building melalui gambar. Namun, pastikan untuk mengoptimasi gambar tersebut sesuai kaidah SEO ya, karena kaitannya nanti ke page load speed time jika tidak dioptimasi dengan baik. Foto yang terlalu besar akan memperlambat loading time blog, dan ini akan sangat berpengaruh bagi SEO.

Kalau kamu enggak punya gambar sendiri, kamu bisa menggunakan berbagai image yang free royalti dari banyak website penyedia photo stock. Ingat, hanya gunakan royalti free image dari public domain ya! Jangan pernah asal ambil dari Google.

3. Foto Behind the scene

Konten visual lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah foto behind the scene. Mengapa? Karena biasanya foto-foto ini akan banyak bercerita, dan bisa memancingmu untuk bercerita lebih banyak.

Everybody loves stories, right?

4. Statistik Berbentuk Tabel, Grafik, dan Peta

Salah satu konten visual yang banyak digunakan adalah tabel atau grafik statistik. Selain itu, juga bisa memakai peta dengan informasi tertentu di dalamnya. 

Sebenarnya, hal ini biasa digunakan dalam bidang penelitian. Namun, kamu bisa memanfaatkan hal ini sehingga tema yang diangkat pada konten blog kamu terlihat lebih relevan, reliable, dan lebih berkualitas.

5. Gif dan Meme

Dua konten visual ini juga bisa kamu gunakan untuk konten sendiri. Biasanya sih, ada unsur humor di dalamnya, sehingga konten jenis ini banyak pun yang suka. 

Jika kamu belum memakainya untuk blog kamu, maka coba gunakan sekarang juga. Karena Gif dan Meme bisa dipakai dan didesain sesuai dengan isi tema dan konten yang kamu miliki.

Membuat meme sendiri itu gampang banget kok. Kamu bisa memakai meme generator untuk membuat meme tersebut. Sedangkan, gambar GIF itu juga banyak banget, biasanya juga dengan bebas bisa dipakai. Asal sesuaikan dengan kontenmu, pilih yang relevan, biasanya the magic can happen soon.


3 Cara Optimasi Konten Visual

1. Tambahkan caption

Menambahkan caption pada alt text gambar akan meningkatkan peluang untuk dibaca sampai 16%, demikian menurut PRSA. Selain itu, dengan memakai caption para pembaca paham gambar yang dipakai serta hubungannya dengan artikel yang ada.

2. Optimasikan nama file

Nama file yang pendek, relevan, dan mengandung kata kunci akan memudahkan untuk memperoleh SEO yang lebih baik.

3. Gunakan Alt Teks

Jika internet yang dimiliki tidak lancar, maka gambar yang ada tidak akan muncul dan digantikan dengan teks. Inilah yang disebut dengan alt text dan jika dipasang dengan kata kunci yang tepat maka dapat meningkatkan SEO websitemu.

Nah, demikianlah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk optimasi terkait gambar atau konten visual di dalam blogmu. Jangan biarkan pembaca bosan dengan hanya menyajikan tulisan, tetapi perkayalah dengan konten visual, apa pun jenisnya.

Semoga bermanfaat ya.


You May Also Like

5 comments

  1. Ilmu baru nih. Pas lagi PR banget buat bikin image-image menarik di blog.

    BalasHapus
  2. Ilmu yang sangat bermanfaat terutama bagi para beginner blogger untuk meningkatkan trafik pengunjung di blognya masing - masing.

    BalasHapus
  3. Wah, bermanfaat banget artikel nya, sangat membantu sekali.
    Terimakasih ya.

    BalasHapus
  4. Wah menarik, saya baru banget mulai bikin blog. Saya pikir bikin blog itu cuma tinggal tulis-tulis aja ternyata banyak banget yang harus diperhatikan, termasuk SEO yang merupakan hal baru buat saya.

    BalasHapus
  5. Infografis selalu challenging buat blogger mager kayak saya. Pdhl kalau ada itu, tulisan di blog memang lebih hidup dan memudahkan pembaca. Semoga aku bisa terapin semuanya. :D

    BalasHapus