Masih Kekurangan Ide? 30 Ide Blogpost Buat Sebulan Ini Bisa Kamu Pakai!

Masih Kekurangan Ide? 30 Ide Blogpost Ini Bisa Kamu Pakai! Di artikel blog ini beberapa waktu y...

Masih Kekurangan Ide? 30 Ide Blogpost Ini Bisa Kamu Pakai!

Di artikel blog ini beberapa waktu yang lalu saya pernah share tentang cara brainstorming ide liar ala saya. Nah, di artikel ini saya coba untuk share 30 ide mentah nih buat kamu yang mungkin masih kesulitan untuk meliar brainstorming ide.

Mengapa 30?

Siapa tahu ada yang mau one day one post selama sebulan. Pas jadinya ya, 30. Yaaa, kalau bulannya berumur 31 hari, ya berarti yang satu ntar bisa curhatan geje. Hahaha. Sesekali kan perlu juga ya, ada postingan nggak jelas :D

Anyway, masing-masing ide di bawah ini adalah ide mentah. Kamu bisa mengembangkannya lagi, dan list ini bisa kamu rotasi aja tiao bulan karena memang saya carikan topik ide yang bakalan ada ceritanya terus tiap bulan, dengan asumsi kamu bakalan punya pengalaman berbeda pula di setiap waktu.

30 Ide Blogpost untuk Sebulan yang Bisa Kamu Pakai


1. Behind the scene: the look of your blog or business


Barangkali kamu melakukan sesuatu untuk blog kamu? Misalnya kamu sekarang mulai mempraktikkan jurus-jurus memotret untuk bisa menghasilkan foto-foto yang bagus untuk blog kamu. Bisa kamu ceritain tuh, gimana perjuangannya sebagai artikel blogpost. Atau kamu punya bisnis apa? Jualan buku? Mungkin kamu bisa cerita tuh, pas kamu lagi kulakan, misalnya.

2. Round up helpful posts and link to other bloggers


Nah, yang ini pengin saya lakukan nanti beberapa bulan sekali, rencananya. Kadang saya memang menemukan tulisan-tulisan keren dari para blogger. Memang akan sedikit butuh usaha sih buat round up. Tapi pengiiiin banget saya lakukan. Misalnya seri tips SEO terbaik, seri tips menulis terbaik, seri tips presentasi terbaik. Round up ini semacam kumpulan artikel gitu deh. Di blog luar sering banget saya temui artikel jenis ini. Di sini, belum terlalu banyak. Padahal kalau dilihat blogger sini lebih suka blogwalking dan komen. Tapi jarang yang nge-round up ya :D
So, temukan blog yang berniche sama dengan blog kamu, kumpulkan artikel yang bermanfaat untukmu, jadikan blogpost. Mayan, bisa jadi bookmark juga untukmu kan?

3. Feature a professional in your field


Kamu bekerja di bidang apa? Penulisan? Pemasaran? Desain?
Bisnis kamu di bidang apa?

Temukan satu orang yang kira-kira sangat menginspirasi, lalu lakukan wawancara. Tanya resep suksesnya, tanya tips-tipsnya, tanya pengalamannya. It will be a great post.

4. Feature the people you work with


Sehari-hari biasa bekerja dengan siapa?
Cari waktu, luangkan waktu, lakukan wawancara sedikit. Interviewnya juga yang ngobrol santai aja, tanyakan bagaimana rasanya bekerja di bidang yang sedang digeluti sekarang. Ada nilai tambah enggak buat dia, suka duka dia melakukan pekerjaannya dan seterusnya.
Yang bekerja kantoran, pasti gampang. Yang bisnis sendiri, bisa juga tuh mewawancarai vendor barangkali?

5. Write a review


Yeah, sesekali lakukan review karena kamu memang suka menggunakan produk tertentu, bukan karena dibayar. Sudah banyak cerita beberapa orang yang kemudian bisa mendapatkan job review yang sesungguhnya, setelah mereka melakukan review dengan sukarela.


Postingan roundup - Cara bagus untuk bikin backlink.


6. Repurpose old blog posts with a round up


Nah, kalau blog kamu berniche, tentu kamu sudah banyak menulis seputar niche kamu kan? Sebulan sekali, kamu bisa melakukan round up. Misalnya best-viewed articles of the month. Atau most commented articles of the month. Atau resep kue bulan ini. Atau tips parenting bulan ini. Dan seterusnya.
Selain bisa jadi resume dan portfolio, round up seperti ini juga akan bagus untuk blog kamu karena ada internal link ke blog kamu sendiri.

7. Create a blog series on a project


Sekarang lagi ngerjain apa?
Boleh banget lho, ditulis di blog per tahap nya. Bisa jadi catatan juga untuk ke depannya kan? Nggak perlu panjang-panjang juga malahan. Kalau perlu hanya dengan foto-foto aja juga oke.

8. Infographic day


Kayaknya seru juga ya, kalau ada postingan infografis sekali sebulan. Tentang apa pun. Misalnya bikin resep masakan, dibikin infografis. Atau ada info 10 tempat asik buat nongkrong di Jakarta, dibikin infografis. Atau tips jalan-jalan bareng balita, dibikin infografis.
Jangan mikirin hasilnya. Biarin aja apa adanya. Yang penting prosesnya kan?
Pertama bisa mulai bikin yang simpel dulu, baru ke yang lebih kompleks.

9. Highlight one of your business project, products or services.


Melakukan throwback sesekali juga oke lho. Pernah ada proyek apa? Atau pernah bikin sesuatu, yang belum pernah dipublish di blog?
Nah, tulis deh sekarang.

10. Write out a list of FAQs


Lakukan pengumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung atau pembaca blog kamu. Lalu jadikan satu dalam satu postingan. Misalkan, FAQs mengenai tips bikin MPASI, atau FAQs jualan sepatu, dan seterusnya.

Yuk, tukeran guest post!


11. Undang teman blogger untuk menulis guest post


Saya pernah bahas mengenai guest blogging ini, termasuk etikanya. Dan, ini akan saya lakukan lagi, membuka guest post. Tapi yang ini, saya yang akan meminta teman blogger untuk menulis. Jadi, bukan nunggu ada kiriman.
Tunggu ya, barangkali kamulah yang akan saya colek ;)

12. Profile a few loyal readers of your blog


Sudah punya pembaca tetap? Ayo, coba tampilkan profilnya di blog kamu. Apalagi kalau sama-sama blogger :D Bakalan menarik deh.

13. Resep / tips sukses di niche yang kamu geluti


Apa sih profesi kamu? Taruhlah, guru.
Kamu bisa menulis tips dan trik seputar profesimu. Misalnya, tips mengajar fisika tanpa bikin siswa bosan. Mungkin tips ini umum diketahui oleh para guru, tapi mungkin jadi pengetahuan baru lho buat kita-kita yang bukan guru. Dan, mungkin juga, ada orangtua yang merasa tertolong dengan artikel semacam ini.

14. Create a collection of inspiring motivaing quotes of famous people


Saya pernah melakukannya di artikel ini. Dan pasti akan saya lakukan lagi. Banyak quotes bertebaran di internet. Kamu bisa dengan gampang googling. Jadikan satu, jangan lupa tulis sumber-sumber quotes tersebut.

15. Agenda bulan ini


Ada kursus yang mau diambil? Atau pengin melakukan sesuatu yang lain dari rutinitas bulan ini? Atau ada harapan akan sesuatu bulan ini?
Kamu bisa menuliskannya di sebuah artikel.

Weekend itu pasti seru! Nggak harus cerita perjalanan yang jauh-jauh kan?

16. So, I spend last weekend by doing ...


Ini cerita tentang weekend kamu.
Setiap orang pasti punya kegiatan istimewa pas weekend kan? Yang di luar rutinitas.
Ayo, ceritakan di blog.

17. Nobody knows that I ...


Ini postingan narsis. Tapi seru juga lho, dilakukan sesekali.
Ceritakan mengenai diri kamu yang belum pernah diketahui orang. Nggak, bukan maksudnya terus harus buka borok sendiri sih :)))
Misalnya gini. Saya, barangkali nggak banyak yang tahu, benci upacara pemakaman. Yes, I hate funerals. Saya nggak suka suasananya, bahkan sampai mual kalau saya harus menghadiri pelayatan terlalu lama. Makanya saya selalu menghindar kalau ada yang mengajak saya hadir di pelayatan. Ya, semacam trauma sih. I know.
Hahaha. Kamu pasti punya cerita semacam itu.

18. Profile your role model


Saya pernah merencanakan untuk menulis profil penulis-penulis yang saya kagumi, dan bukunya saya koleksi. Ada di blog buku saya, di sini. Harusnya kemudian saya nulis tentang Korrie Layun Rampan, Eka Kurniawan, Seno Gumira, dan seterusnya. Tapi mandek :)) Jangan ditiru ya!
Kalau kamu punya profil seseorang yang mengagumkan untukmu, coba riset mengenai dirinya lalu rangkum dalam sebuah tulisan. Akan lebih bagus lagi, kalau kamu berhasil interview juga.

19.  Write an open letter


Surat terbuka. Pernah ngehits beberapa waktu yang lalu. Dan, kayaknya masih enjoyable buat dibaca. Misalnya, a letter for my 10-years-old self, surat untuk almarhum ayah, surat untuk penjaga palang pintu kereja api yang kulihat pagi tadi, surat untuk mas pengamen yang ngeramein bis kota hari ini dan seterusnya.
Lucu kan?

20. Photo round up


Kamu banyak menghadiri acara bulan ini?
Kumpulkan foto-fotonya, bikin slideshow lalu tampilkan di blog. Semacam kaleidoskop bulanan deh.

Pastikan foto-fotonya 'layak' untuk ditaruh online ya!

21. What would you love to learn?


Pengin mempelajari sesuatu yang lain?
Biasa nulis, terus sekarang pengin menambah keterampilan motret, misalnya?
Apa yang kamu harapkan dengan penambahan keterampilan tersebut? Apa yang akan kamu lakukan untuk menambah keterampilanmu? Dan seterusnya.

22. Book I've read or movies I've watched


Reviewnya juga nggak perlu kayak para blogger review itu juga kok. Kamu bisa menemukan style review kamu sendiri. Misalnya, kamu jadi menemukan gaya parenting baru setelah nonton film I Don't Know How She Does It-nya Sarah Jessica Parker. Atau misalnya kamu menemukan trik memasak tertentu setelah membaca buku novel yang di dalamnya ada kisah seorang chef. Anything.

23. Playlist of the month


Bulan ini kamu lagi seneng dengerin lagu-lagu apa saja? Mengapa kamu suka? Cerita apa yang kamu tangkap di balik lagu tersebut?
Atau kamu punya story dengan sebuah lagu?

24. Pick out 5 influential bloggers that inspire you


Pilih 5 blogger yang menurutmu moncer di bulan ini, lalu bikin round up. Apa yang kamu suka dari mereka? Mengapa mereka 'pantas' masuk ke daftar round up kamu? Apa keunggulan mereka? Dan seterusnya.

25. What is your 5 biggest distractions and how you deal with it


Pilih 5 hambatan yang paling menyulitkanmu untuk maju bulan ini. Males nulis? Nggak pede?
Kenapa? Apa yang kamu rasakan?
Kamu nggak harus menceritakan hal-hal yang terlalu pribadi juga di sini. Pilih hambatan jenis personal aja. Yang harus kamu perbaiki tentang diri kamu sendiri, misalnya.


Kesalahan ada, untuk dicatat dan dipelajari. Lalu temukan cara untuk memperbaikinya.


26. What you should avoid and try to fix


Ini kaitannya dengan  ide no. 25 di atas. Kalau sudah tahu the biggest mistakes atau the biggest distractions, tentunya langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memperbaikinya bukan? Apa yang akan kamu lakukan? Apa hasil yang kamu harapkan?

27. The day in the life of a ____ like


Isi titik-titik di atas dengan pekerjaan kamu.
Dalam satu hari yang produktif, coba kamu rekam apa saja yang kamu kerjakan seharian itu. Kumpulkan fotonya. Lalu ceritakan dalam sebuah blogpost.
It will be a great story, I'm sure.

28. Favorite blogpost you read on your fellow bloggers


Ini kayak yang round up poin no. 2 di atas. Tapi kalau di atas lebih ke round up artikel sejenis, kalau ini lebih random. Find anything interesting, and put them up on one blogpost.

29. What have you learned this month


Kalau tadi postingan mengenai apa yang ingin kamu pelajari, sekarang kamu tulis deh apa yang sudah kamu pelajari selama sebulan ini.
Share mengenai ilmu baru kamu, nggak akan bikin ilmumu berkurang. Nggak akan bikin kualitas dirimu menurun.

30. Host a quiz or giveaway


Nah, ini nih.
Kuis atau giveaway nggak perlu hadiah yang terlalu wah! Bisa hadiah-hadiah kecil, macam pulsa atau voucher apalah apalah. Apalagi kalau kamu langganan menang ini itu. Ketimbang hadiah numpuk, kalau ada yang nggak kepake, mending di-giveaway-kan. Nambah teman, bikin seru, dan pasti bikin orang senang.
Sesuaikan aturan giveaway-nya ya. Karena hanya untuk seseruan, nggak usahlah bikin pertanyaan atau rules yang belibet. Yang gampang aja.
Saya pernah secara periodik bikin Pesta Fiksi di blog fiksi saya. Hadiahnya? Ya, cuma 1 buku. Waktunya? Cuma 1 minggu. Tapi lumayan kok. Bikin fresh. Hehe. Kamu bisa update blog, juga peserta giveawaynya. Atau kalau mau lebih praktis, bikin giveaway yang jawabannya ditulis di kolom komen aja. Lebih gampang.

Nggak harus berhadiah mahal dan banyak!


Hmmm ... jadi pengin bikin giveaway kecil-kecilan lagi. Tapi ini juga masih ada BookReview Contest ya. Ntar aja deh, kalau yang ini udah selesai :D
Udah ikutan belum? Lagi ada BookReview Contest untuk buku saya Blogging: Have Fun and Get the Money lho :D

Nah, gimana?
Udah siap untuk produktif menulis?
Yuk! :)

You Might Also Like

24 comments

  1. Beruntung nyasar disini.. jadi terinspirasi ^^

    ReplyDelete
  2. wow...yg ga pernah kepikiran ternyata bisa jadi bahan ya.. keren mba Carra

    ReplyDelete
  3. Semaleman nongkrong disini dapet banyak banget ilmu-ilmu untuk serius ngeblog!

    Terima kasih mba Carra :)
    Semoga terus menginspirasi para blogger newbie seperti saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puji Tuhan :D
      Semoga benar-benar bermanfaat ya :)
      Terima kasih banyak.

      Delete
  4. 30 ide yang brilian, deh! Mantap! Ada beberapa yang sudah saya praktekkan. Yang lainnya, siap dieksekusi. Thanks mbak.. :)

    ReplyDelete
  5. Waayy...kece. Langsung bookmark dan menyusun rencana eksekusi ^^
    Thanks for the sharing

    ReplyDelete
  6. Mksh banyak Mba atas sharringnya.. Ternyata banyak ide yg kita bisa tuliskan itu berasal dari hal2 ringan yg tak kita pikirkan sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) kita hanya perlu peka saja.
      Selamat nulis.

      Delete
  7. Huaaaa.. Buanyak ya ternyata. Apa juga bisa jadi tulisan sebenarnya, tapi ya balik lagi.. Kadang kepentok sama hal-hal yg memang dibatasi. Ya kaya aku gini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Memang ada batasan-batasan tertentu ya kadang, dan (sedihnya) kadang batasan itu justru datang dari diri sendiri :)
      Just keep sharing ya, Terren ^^

      Delete
  8. Mulai bookmark blog ini. Ada banyak yang biSa dipelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw. Makasih ya :D
      Selamat nulis!

      Delete
  9. Ide memang bertebaran di mana-mana, challengenya lebih pada diri sendiri. Dari beberapa yang di atas, saya sudah pernah bikin yang #24 and you are one of them. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, dan makasih banget for having me there ya :-*

      Delete
  10. Wuah sharingnya lengkap bangeeett.
    Langsung bookmarked *kapan prakteknyaa?? :D

    ReplyDelete
  11. Hi Mbak Carra, salam kenal ya! (:

    Aku sering banget baca artikel 30 blog post ideas di luar sana, dan rata-rata sama aja dan nggak begitu menarik untuk dibahas. Beruntung banget nemu blog Mbak Carra, 30 idenya langsung aku catet lho di agenda buat bahan nulis bulan depan pas liburan :D

    Thank youuu for sharing!

    Jane
    http://janefromtheblog.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya, sudah baca :)
      Nanti kalau sudah ada yang ditulis, boleh lho aku dicolek ;)

      Delete

Silakan masukkan link blog Anda dalam kotak ID yang sudah disediakan.
Semua komen yang berisi link hidup, will go straight to spam.

Search This Blog